Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal BukuWarung Aplikasi Catat Keuangan dan Pembayaran Digital

apa itu bukuwarung

Terkait BukuWarung, sebenarnya pada artikel sebelumnya mengenai "Keunggulan dan Keuntungan Jadi Agen PPOB BukuWarung" di sana setidaknya sudah dijelaskan sedikit mengenai BukuWarung ini sebagai Aplikasi PPOB yang menunjang Pembayaran Digital sehingga dapat digunakan untuk transaksi Pulsa, Token Listrik, Top UP E-Wallet termasuk berkirim uang.

Oleh karena itu, pada ulasan kali ini. Kita akan sedikit menyelisik apa sih itu bukuwarung? sebuah aplikasi pembayaran digital yang katanya bebas biaya administrasi.

Apa Itu BukuWarung?

Dilansir dari website resminya, Dijelaskan bahwa BukuWarung adalah sebuah aplikasi pembukuan UMKM yang tujuan mengapa dibuatnya aplikasi tersebut untuk memberikan kemudahan kepada pelaku atau pemilik usaha dalam melakukan pencatatan / pembukuan usaha.

Jika dahulu mencatat pembukuan usaha masih dilakukan secara manual bermediakan buku, kini dengan perkembangan zaman yang makin canggih pembukuan usaha bisa dilakukan menggunakan handphone atau ponsel seluler tentunya dengan memanfaatkan Aplikasi BukuWarung ini.

Sehingga selain menjadi lebih efisien perhitungan pembukuan usaha menjadi lebih mudah karena dapat diatur dan dimanajemen dengan baik memanfaatkan aplikasi BukuWarung.

Dengan aplikasi seperti ini, pelaku usaha tidak lagi repot jika hanya ingin menghitung keutungan dan kerugian toko, seperti: berapa modal yang telah dikeluarkan serta berapa pendapatan yang sudah dipatakan, bahkan lebih mudah melakukan pengecekan stock produk atau barang secara realtime dan masih banyak lagi.

Apa Manfaat Aplikasi BukuWarung?

Jika pertanyaannya adalah apa saja menafaat yang bisa didapatkan dengan aplikasi BukuWarung. Mungkin ini manfaat aplikasi BukuWarung yang sesuai dengan keingintahuan Anda.

  1. Aplikasi BukuWarung memiliki Size yang kecil sehingga lebih ringan saat digunakan di ponsel.
  2. Bisa digunakan bahkan tanpa koneksi internet.
  3. Memiliki Fitur pengingat lewat SMS. Salah satunya pengingat jatuh tempo pembayaran utang yang harus segera dilaporkan ke pelanggan yang utangnya belum lunas. Fitur ini dapat disetel sesuai keinginan.
  4. Mudah dipahami karena aplikasi BukuWarung memiliki antarmuka yang Human Friendly sehingga mudah dioperasikan.
  5. Dapat digunakan secara bersamaan pada beberapa HP yang berbeda.
  6. Bisa melakukan Transfer antar Bank dan Gratis Biaya Admin.
  7. Bisa digunakan untuk berjualan Pulsa dan Token Listrik
  8. Bisa digunakan untuk melakukan Top Up E-Wallet / Dompet Elektronik lain seperti: OVO, GoPay, ShopeePay, dll.
  9. Bisa digunakan sebagai alat untuk mempermudah dalam mencatat Pembukuan Keuangan Usaha.
  10. Bisa digunakan untuk menginput stock barang dan mengetahui jumlah stock barang secara realtime tanpa perlu menghitungnya secara manual.
  11. Bisa mencatat utang pelanggan dan mengirimkan penagihan utang kepada contact pelanggan.
  12. Bisa melakukan pengaturan untuk menghitung pendapatan dan pengeluaran secara otomatis di minggu pertama, bulan pertama atau dalam waktu yang ditentukan sesuai keinginan, perbulan, harian, bahkan mingguan.
  13. Dan masih banyak lagi yang bisa Anda eksplore sendiri di Aplikasi BukuWarung.

Siapakah Pendiri BukuWarung?

Dikutip dari dailysocial.id, Disebutkan BukuWarung didirikan oleh Abhinay Peddisetty dan Chinmay Chauhan di akhir tahun 2019 kemarin. Dimana keduanya saat itu masih berkerja di Carousell. Sebelumnya mereka berdua juga pernah meniti karier di Grab, Belong dan Near.

Setelah selama 15 tahun mereka aktif mengembangkan layanan pembayaran dan finansial untuk segmen UKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Cikal bakal inilah yang kemudian menghadirkan Aplikasi BukuWarung saat ini.

Jenis Usaha Seperti Apakah Yang Cocok Menggunakan BukuWarung?

Aplikasi BukuWarung dapat digunakan secara universal. Ini artinya meski aplikasi ini mengusung pembayaran digital yang sangat familiar digunakan beberapa Aplikasi PPOB untuk menjual pulsa, token listrik, paket data, transfer uang dan topup e-wallet.

Nyatanya fitur utama BukuWarung adalah untuk mengelola dan menghitung sebuah pembukuan usaha yang dilakukan secara digital. Dimana dengan perhitungan yang akurat dan fitur-fitru penunjang kebutuhan pengelolaan keuangan dan informasi stock barang, dll dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Oleh karena itu, bila setiap usaha yang dijalankan membutuhkan pencatatan atau pembukuan usaha yang lebih baik dan sistematis sehingga dapat menjadi bahan untuk mengevaluasi pencapaian sebuah usaha dan sebagai bahan untuk menentukan langkah strategis ke depannya.

Maka penggunaan Aplikasi BukuWarung cocok dan sangat membantu pada Jenis usaha Anda saat ini.

Apakah Penggunaan Aplikasi BukuWarung Gratis?

Terkait hal ini, pada website resminya pihak BukuWarung telah menjelaskan bahwa semua fitur yang terdapat pada aplikasi BukuWarung dapat digunakan secara full dan gratis. Selain itu, mereka juga mengklaim bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk menerapkan biaya penggunaan aplikasi.

Tidak perlu khawatir bahwa penggunaan aplikasi BukuWarung akan terbatas karena masalah biaya penggunaan. Sebab selain gratis dengan keseluruan fitur yang bisa digunakan juga terdapat keuntungan lain seperti gratis biaya admin pada fitur pembayaran digital BukuWarung.

Apakah BukuWarung Aman?

1. Dilihat dari Jaminan Kemanan Data

Dari segi keamanan Data! BukuWarung memberikan jaminan keamanan seperti informasi yang dicatat di dalam aplikasi tidak akan hilang. Semuanya tersimpan dengan baik di dalam server., sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan kehilangan data tersebut seperti ketika mencatat pembukuan usaha secara manual.

Selain bisa diakses dimanapun ketika sedang membutuhkannya, BukuWarung juga dapat diakses secara offline yang mana data offline tersebut yang tersimpan di dalam ponsel akan secara realtime di-backup pada penyimpanan server BukuWarung.

Cara ini menjadi sisi dua mata pisau yakni selain data bisa diakses offline pengguna juga bisa mengaksesnya secara online.

Jadi jika sewaktu-waktu pengguna dapat akan mengganti ponsel lain untuk membuka akun BukuWarung maka Ia akan mendapatkan kembali seluruh data yang pernah tercatat pada ponsel sebelumnya karena data yang tersimpan di server secara otomatis dapat ditampilkan pada ponsel baru.

2. Dilihat dari Keamanan Akun

Sementara untuk keamanan akun seperti tindakan hacking atau pencurian akun. Hal ini sama seperti aplikasi finansial lainnya.

Dimana peretas dapat saja membobol akun pengguna akibat kelalain pengguna menjaga keamanan ponsel seperti ponsel terserang virus yang menyebabkan peretas mampu membaca selurh aktivitas pada ponsel pengguna.

Selain itu, pengguna bisa saja terkena modus penipuan yang mengatas namakan pihak BukuWarung sehingga meminta informasi pengguna seperti kode OTP, email, dan password informasi-informasi sensitif lainnya.

Oleh karena itu, keamanan utama yang perlu diperhatikan dalam menjaga keamanan akun pengguna adalah Pengguna sebaiknya menjaga keamanan ponsel dari serangan virus atau malware serta sebisa mungkin paham dan mengetahui modus-modus penipuan mengatasnamakan pihak BukuWarung.

Sebagai landasan! Pihak BukuWarung tidak akan pernah meminta informasi seperti iming-iming hadiah dengan meminta Kode OTP atau password kepada pengguna. Jika Ada pihak yang mengaku-ngaku dari BukuWarung dan meminta informasi kode OTP ataupun password akun BukuWarung Pengguna.

Maka dapat dipastikan, tindakan tersebut merupakan Modus Penipuan untuk mencuri akun pelanggan BukuWarung.

Jadi, tidak perlu ragu, sebab BukuWarung selain bisa lebih menguntungkan juga aman dan tentunya lebih ramah dan mudah untuk digunakan.

Mau dimanfaatkan sebagai Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha bisa sekali, mau digunakan sebagai Aplikasi PPOB Pembayaran Digital sangat bisa sekali. Terutama bagi pengguna / agen yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan melalui layanan jasa PPOB BukuWarung.

Demikian, semoga ulasan singkat kami kali ini mengenai aplikasi BukuWarung bisa sedikit memberikan informasi yang sekiranya dapat berguna atau bermanfaat untuk teman-teman pembaca semua.

Posting Komentar untuk "Mengenal BukuWarung Aplikasi Catat Keuangan dan Pembayaran Digital"