Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Meta Deskripsi di Blogger Blogspot

cara memasang meta deskripsi

Meta Deskripsi - Apa sih yang dimaksud meta deskripsi? dalam pengertian umum meta deskripsi merupakan sebuah tag HTML yang ditempatkan di bagian <head> yang bertujuan untuk menampilkan informasi singkat mengenai isi sebuah halaman website atau postingan blog pada halaman hasil pencarian oleh mesin pencari.

Oleh karena itu, tujuan penggunaan meta deskripsi ini dimaksudkan sebagai informasi dasar yang dapat dibaca atau dilihat oleh calon pengunjung pada halaman hasil pencarian di mesin pencari.

Dengan begitu, calon pengunjung dapat dengan lebih jelas mengetahui apa yang disajikan oleh halaman web tersebut sesuai dengan informasi yang ingin ia ketahui. Berikut contoh sebuah hasil meta deskripsi yang disajikan pada hasil pencarian mesin pencari.

cara memasang meta deskripsi di blogger blogspot

Pada umumnya meta deskripsi ini jika tidak dikustomisasi oleh blogger maka mesin pencari akan secara otomatis melakukan crawl sebuah meta deskripsi singkat yang diambil dari isi artikel umumnya pada awal paragraf atau berdasarkan kata kunci yang dicari oleh user.

Oleh karena itu, dengan memasang meta deskripsi, diharapkan fokus keyword yang digunakan pada sebuah postingan blog bisa menjadi lebih maksimal dengan adanya meta deskripsi ini. Selain itu, proses ini mendukung analisis yoast seo untuk blogspot seperti pada penggunaan yoast seo di blog wordpress.

Cara Memasang Meta Deskripsi di Blogger Blogspot

Bagi pengguna blogger blogspot memasang meta deskripsi sebenarnya cukup mudah. Caranya sebagai berikut:

1. Login ke blogger melalui draft.blogger.com

2. Klik pada menu "Setelan" lalu cari dan pilih "Tag Meta"

cara memasang meta deskripsi di blogger blogspot

Selanjutnya yang perlu dilakukan hanyalah mengaktifkan tombol penelusuran dan menuliskan deskripsi singkat tentang blog.

Jika blog anda membagikan konten teknologi dan review gadget deskripsi penelusuran dapat di isi dengan "Blog Tentang Teknologi dan Review Gadget" atau disesuikan berdasarkan kebutuhan.

Sampai di sini meta deskripsi di blogger sudah berhasil diaktifkan. Selanjutnya setiap kali membuat poastingan baru di blog. Kita juga bisa membuat meta deskripsi untuk postingan blog dengan cara berikut:

Cara Memasang Meta Deskripsi Pada Postingan Blogspot

Ulasan di atas adalah cara mengaktifkan meta deskripsi pada halaman depan blog yang memang perlu diaktifkan sehingga pemasangan meta deskripsi pada setiap halaman postingan di blogspot bisa dilakukan secara manual.

Pemasangan meta deskripsi pada postingan blogspot secara manual dapat dilakukan setiap kali membuat postingan baru atau ketika melakukan pengeditan pada artikel lama.

Caranya cukup dengan menuliskan deskripsi singkat tentang isi sebuah artikel maksimal terdiri dari 150 karakter pada setelan entri "Deskripsi Penelusuran" postingan blog. Seperti gambar berikut:

cara memasang meta deskripsi

Anda dapat memasang meta deskripsi postingan sesuai keinginan. Akan sangat baik bila meta deskripsi pada postingan yang dibuat memuat kata kunci dan bersifat persuasif sehingga mampu mengundang rasa ingin tahu dan klik dari pengunjung.

Yap... kira-kira hanya sesingkat itu, semoga celoteh ini berkesan positif dan bermanfaat untuk Anda

Posting Komentar untuk "Cara Memasang Meta Deskripsi di Blogger Blogspot"