Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog di Blogger Blogspot

cara membuat blog di blogger

Cara membuat blog di blogger ternyata sangat mudah, siapa pun di era kemajuan teknologi seperti sekarang dengan memanfaatkan media informasi pasti dapat membuat blognya sendiri. Cukup melalui mesin pencari segala informasi yang dibutuhkan dengan mudah ditemui.

Seperti ulasan matahaya kali ini, mungkin akan bermanfaat untuk teman-teman pemula yang baru dan akan memulai membuat blog nya sendiri.

Pada dasarnya banyak platform yang dapat kita manfaatkan untuk membuat blog diantaranya: wordpress, weebly, joomla, blogger atau blogspot dan masih banyak lagi.

Dalam ulasan ini, matahaya akan mengulas cara membuat blog secara mudah menggunakan platform blogger.com atau blogspot.

Platform blogging yang satu ini terbilang cukup mudah digunakan dan cukup powerfull meski sebenarnya dapat dibuat secara gratis.

Ini dikarenakan dalam prakteknya pembuatan blog di blogger blogspot tidak memerlukan layanan hosting untuk menyimpan file coding sebuah web.

Selain itu, blog langsung dapat di-onlinekan menggunakan subdomain blogspot yang dikemudian hari dapat dikustomisasi atau diganti dengan menggunakan domain sendiri. Seperti blog matahaya ini yang menggunakan domain www.matahaya.com.

Persiapan Sebelum Membuat Blog di Blogger Blogspot

Tahapan pertama sebelum membuat blog di blogger alangkah baiknya Anda sudah punya atau memiliki akun email. Lebih disarankan jika menggunakan email GMail atau email dari google. Jika sudah ada maka kita lanjutkan pembahasannya.

1. Menentukan Jenis Blog Yang Akan Dibuat

Langkah ini, sebisa mungkin telah dikonsepkan sejak awal. Jenis blog apakah yang akan kita buat? apakah blog yang dibuat adalah blog pribadi, blog untuk tujuan promosi atau bisnis ataukah blog untuk berbagi informasi tentang suatu topik yang merupakan hobi atau keahlian kita, dll.

Dengan membangun konsep ini di awal sebelum membuat blog, kita akan tahu arah blog yang dibuat prospek ke depannya akan diarahkan bagaimana dan seperti apa. Hal ini, penting agar kita bisa menargetkan bagaimana blog yang dibuat nantinya bisa dikembangkan dengan baik.

Baca juga: Jenis-jenis blog yang perlu diketahui blogger pemula

2. Menentukan Nama Domain Blog

Membuat blog di blogger atau blogspot sebenarnya blog sudah langsung dapat di-onlinekan menggunakan subdomain gratis yaitu blogspot. 

Akan tetapi, jika memiliki dana lebih kita bisa membeli sebuah domain khusus untuk nama blog kita sehingga alamat situs blog menjadi mudah diingat dan tidak menggunakan blogspot lagi. 

Baca Juga: Cara Ganti Subdomain Blogspot Jadi .COM / .ID, dll

3. Menyiapkan Template Blog

Supaya tampilan sebuah blog menjadi lebih menarik atau lebih profesional, persiapan ketiga disarankan untuk menyiapkan sebuah template/tema blog yang nantinya dapat digunakan untuk mengubah tampilan sebuah blog menjadi tampak lebih profesional.

Untuk mendapatkan template blog dapat di download pada situs-situs penyedia template blog untuk blogspot atau dengan membeli template premium.

Baca Juga: Cara Ganti Template Blogger Blogspot

N.B - Langkah ke 2 dan 3 hanyalah opsional saja, jika tidak diperlukan kita masih bisa melewatinya. Mengganti domain dan template dapat dilakukan dikemudian hari.

Cara Membuat Blog di Blogger Blogspot

Sekarang mari ikuti cara membuat blog di blogger dengan mudah, pada panduan di bawah ini:

1. Buka browser dan pergi ke www.blogger.com

Langkah pertama silakan kunjungi alamat www.blogger.com lalu setelah halaman blogger.com terbuka. Silakan langsung saja memilih "CREATE YOUR BLOG" terlihat seperti gambar!

cara membuat blog di blogger

2. Login GMail.

Setelah memilih create your blog selanjutnya kita akan diarahkan untuk login menggunakan GMail. So, pastikan Anda telah memiliki akun email Gmail lalu login menggunakan akun email tersebut.

3. Membuat Judul Blog

Jika sudah berhasil login menggunakan email GMail. Selanjutnya kita akan diarahkan untuk menentukan nama blog yang kita inginkan. Jika pada langkah satu kita telah mengonsepkan jenis blog yang akan dibuat.

Maka untuk menentukan Judul Blog tentu akan menjadi lebih mudah. Sebagai contoh kita akan membuat blog pribadi atas nama Rizal Saijati, berarti cukuplah kita menuliskan nama tersebut menjadi judul blog.

membuat blog di blogger

4. Membuat Alamat Blog (Subdomain Blog)

Setelah membuat Judul Blog langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat alamat blog. Kita gunakan saja "rizalsaijati.blogspot.com" mengikuti Judul Blog karena contoh blog yang dibuat merupakan blog pribadi.

membuat blog di blogger

N.B - Jika terjadi pesan kesalahan bahwa alamat blog tidak tersedia atau sudah digunakan. Maka silakan mengganti alamat blog sampai kira-kira alamat blog yang dimasukkan tersedia dan dapat digunakan.


5. Mengatur Nama Tampilan

Setelah selesai membuat alamat blog, berikutnya silakan untuk mengatur nama tampilan atau nama yang dilihat oleh pengunjung. Silakan bisa memakai nama asli ataupun nama alias sebagai identitas digital pada blog yang telah dibuat.

Di sini, kita gunakan saja nama tampilan juga sama yakni atas nama "Rizal Saijati"

membuat blog di blogger

Selesai

Sampai pada langkah ini, setelah memilih selesai artinya kita sudah berhasil membuat blog di blogger. Selanjutnya, kita akan diarahkan ke halaman dashboard blogspot kurang lebih seperti gambar di bawah ini: 

membuat blog di blogger

Pada halaman dashboard inilah segala kustomisasi blog dapat dilakukan. Mulai dari posting atau buat artikel, mengganti tema / template blog, mengatur tata letak blog, hingga mengganti subdomain blogspot dengan domain sendiri yang sebelumnya telah dibeli pada layanan penyedia domain.

Jika ingin melihat bagaimana tampilan blog pertama kalinya, bisa langsung dengan memilih menu "Lihat Blog" di sudut kiri bawah dashboard blogger.com.

Kira-kira hanya seperti itu.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog di Blogger Blogspot"