Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Hosting? dan Bagaimana Kegunaan dan Manfaatnya?

apa itu hosting?

Apa yang dimaksud dengan Hosting? Kenapa saya sering mendengar istilah ini di beberapa forum blogging? Jika sobat pernah berpikiran seperti ini, maka kita adalah orang yang sama.

Jauh sebelum mengenal blog atau blogging istilah hosting membuat saya cukup penasaran. Apa itu hosting?

Sebenarnya apa kegunaan, fungsi dan manfaatnya bagi blog sampai-sampai hosting disebut sebagai salah satu elemen penting untuk membuat blog atau website selain domain.

Pengertian Hosting

Melansir ulasan dari domainesia.com hosting dijelaskan sebagai media yang digunakan untuk menyimpan sekumpulan data baik dalam bentuk tulisan, gambar, video maupun audio yang dapat diakses secara online atau melalui website.

Sementara ulasan lain menurut sekawanmedia.co.id hosting adalah layanan online yang digunakan untuk menyimpan dan mengelola sekumpulan data dari sebuah website atau aplikasi web yang dapat ditampilkan atau diakses bermediakan internet.

Jadi website atau blog yang biasanya kita akses melalui internet sebenarnya merupakan sekumpulan data yang terdiri dari gambar, audio, video serta teks baik yang berupa script serta basis data (database) yang disimpan di dalam sebuah hosting.

Dalam prakteknya hosting akan menjadi sebuah server yang menyimpan seluruh data sebuah web baik dalam bentuk blog atau aplikasi berbasis web yang dihubungkan melalui jaringan internet sehingga dapat ditampilkan atau diakses pengguna / pengunjung.

Tentunya sekumpulan data tersebut telah diprogramkan sedemikian rupa melalui penulisan coding yang rumit sehingga sekumpulan data yang tersimpan di dalam hosting tersebut dapat ditampilkan dalam bentuk website, situs blog maupun aplikasi berbasis web yang memudahkan pengguna atau pengunjung menggunakan atau menelusuri isi di dalamnya.

Untuk membuat hosting bisa online secara life time dan dapat diakses kapan dan dimana saja melalui internet salah satu alternatif yang banyak digunakan oleh pengembang web, penulis blogger, dan pengembang aplikasi berbasis web adalah dengan menyewa sebuah layanan web hosting dan menyimpan sekumpulan data dari website, blog atau aplikasi mereka ke sebuah layanan web hosting tersebut.

Kegunaan dan Manfaat Hosting

Sebagian besar, apa saja yang menjadi kegunaan dan manfaat hosting sudah diulas pada topik pengertian hosting di atas. Namun secara teknis kegunaan dan manfaat hosting digunakan untuk:

1. Membuat Website / Blog

Dengan memiliki hosting pengguna bisa dengan leluasa mengunggah website / blog miliknya nya di dalam sebuah server hosting yang memungkinkan website atau blog tersebut kemudian dapat diakses melalui internet oleh siapa, kapan dan di mana saja.

2. Membuat Aplikasi Berbasis Web

Dengan hosting memungkinkan pengembang aplikasi dapat membangun aplikasi web mereka dan projek-projek mereka lainnya baik supaya bisa diakses dengan mudah menggunakan aplikasi dari smartphone ataupun untuk tujuan membangun sebuah sistem seperti pendaftaran online, pengembangan sistem aplikasi seperti pada situs jual beli online, dan lain sebagainya.

3. Membuat Email Profesional untuk Bisnis

Jika memiliki sebuah hosting sudah tentu juga memiliki sebuah domain sebagai nama atau alamat sebuah web atau situs blog. Penggunaan domain yang terhubung dengan hosting dapat dimanfaatkan pengguna terutama dalam membangun website bisnis disertai email profesional yang menggunakan domain sendiri.

Jika misalnya email yang didaftarkan secara gratis berupa xx@gmail.com, @yahoo.com ketika memiliki sebuah hosting umumnya ada layanan tambahan dari penyedia web hosting untuk menciptakan email profesional yang diambil dari nama domain yang terhubung pada hosting.

Misalnya domain tersebut adalah "www.matahaya.com" maka email profesional yang bisa didapatkan berupa email yang menggunakan nama domain tersebut seeperti "admin@matahaya.com" yang tentunya lebih profesional karena menggunakan nama domain atau alamat situs web kita sendiri.

Intinya dari tiga hal di atas kegunaan hosting dapat dimungkinkan pengguna untuk menyimpan sekumpulan data multimedia mereka baik berupa script, database, video, dan lain-lain ke dalam sebuah hosting yang kemudian sekumpulan data tersebut dapat ditampilkan dalam bentuk website, blog, aplikasi web dan sejenisnya.

Keamanan Hosting

Apakah hosting aman untuk menyimpan sebuah data web?

Beberapa layanan hosting memberikan berbagai pelayanan yang diusahakan secara optimal dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna hosting. Salah satunya adalah keamanan hosting. 

Oleh karena itu, jaminan keamanan sebuah hosting selain merupakan tanggung jawab penyedia hosting juga merupakan tanggung jawab pengguna hosting. Oleh karena itu salah satu langkah memproteksi keamanan sebuah hosting web bagi website yang umumnya ditawarkan oleh penyedia layanan web hosting adalah penggunaan SSL.

Perlindungan Website dengan SSL

Untuk keamanan sebuah website penyedia layanan web hosting menyarankan pengguna untuk melindungi data website mereka dengan melakukan instalasi SSL pada Hosting yang mereka gunakan. Tujuannya untuk melindungi website dari serangan beberapa malware, virus, indikasi spam termasuk serangan DDOS, dan lain sebagainya.

Intinya pengamanan sebuah website selain dengan memproteksi keamanan hosting umumnya juga terdapat pada kelemahan sebuah sistem website yang dibangun.

Untuk itu, perlu dengan cermat bagi Anda atau siapapun yang akan membangun sebuah website atau blog menggunakan hosting untuk mencari atau menyewa layanan penyedia hosting yang cukup terpercaya dan berpengalaman di bidang tersebut.

Hal ini sebagai langkah awal untuk meminimalisasi kenyamanan kita dalam membangun sebuah web, blog atau aplikasi yang membutuhkan sebuah hosting sebagai elemen pendukungnya.

Demikian, mungkin hanya itu saja yang bisa matahaya bagikan mengenai apa itu hosting? dan Bagaimana Kegunaan dan Manfaatnya?

Semoga sepenggal dua penggal ulasan di atas bisa sedikit memberikan penjelasan untuk sobat pembaca blog ini. Sekian...

Posting Komentar untuk "Apa itu Hosting? dan Bagaimana Kegunaan dan Manfaatnya?"