Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Kelebihan dan Kekurangan by.U setelah Sebulan Pemakaian

Review Kelebihan dan Kekurangan Kartu By.u Setelah Sebulan Pemakaian

Hampir dua bulan ini, saya telah menggunakan kartu by.u untuk kebutuhan akses internet saya. Terutama untuk kebutuhan ngeblog, melakukan streaming video youtube, mengakses whatsapp, instagram, tiktok, snack video dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, di satu bulan pertama berlalu saya telah merasakan lumayan banyak manfaat menggunakan kartu by.u sebuah provider digital yang dikeluarkan oleh Telkomsel. Untuk Anda yang ingin menggunakan atau mendapatkan kartu by.u Anda bisa melakukan pemesanan via aplikasi byu atau melalui tautan berikut:

Selain memiliki banyak kelebihan.. Kartu by.u juga memiliki beberapa kekurangan. Setidaknya ini berdasarkan pengalaman pemakaian pribadi. Karena itu, kekurangan kartu by.u bersifat subjektif tergantung kenyamanan masing-masing orang.

Walau seperti itu, saya sendiri mengakui bahwa kekurangan kartu by.u hanyalah masalah sederhana dan mungkin bukanlah sebuah kekurangan. Sebab, ini hanya berkaitan dengan cara mengecek pulsa dan melakukan pembelian paket / kuota internetnya saja.

Dimana hal tersebut hanya dapat dilakukan melalui aplikasi by.u. Karena tidak ada dial *363# maupun dial *888# seperti pada kartu telkomsel lainnya.

Untuk lebih jelasnya berikut ulasan lengkap saya mengenai kelebihan dan kekurangan kartu by.u setelah sebulan pemakaian.

🔔 Kelebihan dan kekurangan kartu by.u dalam ulasan berikut merupakan sebuah review berdasarkan pengalaman setelah sebulan lebih pemakaian dan bukan merupakan artikel content placement. Oleh karenanya murni penilaian peibadi dan mungkin akan berbeda dengan pendapat dari pengguna lain. Meski begitu, saya akan mengulas secara jujur kesan yang saya dapatkan ketika menggunakan kartu by.u ini.

Kelebihan Kartu By.u

Pertama hal yang akan dibahas mengenai kartu by.u ini adalah kelebihan yang saya dapatkan selama sebulan pemakaian. Di antaranya:

1. Tersedia Paket Internet Unlimited

Sangat jarang bahkan mungkin saja tidak ada pada kartu seluler lainnya yang memberikan layanan akses internet unlimited tanpa FUP (batas pemakaian wajar).

Karena menyediakan paket unlimited tanpa batas pemakaian wajar. Akses internet menggunakan kartu by.u selama pemakaian tidak mengalami penurunan kecepatan. Ini terasa sangat aman dan dapat menghemat pengeluaran dan penggunaan kuota internet.

kartu by.u

Terutama jika kita menggunakan paket internet unlimited 1.5 Mbps/30 Hari seharga Rp.140.000. Paket yang saat ini saya gunakan.

Terasa seperti menggunakan Internet Wifi tetapi dapat dibawa ke mana saja, karena dalam bentuk kartu seluler (Sim Card). Sangat fleksibel bahkan untuk ke luar rumah pun ini sangat aman, yang penting jaringan seluler telkomsel tersedia.


2. Terdapat Banyak Varian Paket Unlimited Yang Bisa Dipilih Suka-suka

Jika saja menganggap bahwa paket unlimited 1.5 Mbps/30 Hari seharga Rp140.000 masih kemahalan? maka kita masih bisa memilih paket internet unlimited lainnya dengan variasi harga dan masa waktu aktif yang berbeda di antaranya:

  1. Paket Unlimited 1.5 Mbps/7 Hari seharga Rp 40.000
  2. Paket Unlimited 1 Mbps/1 Hari seharga Rp 10.000
  3. Paket Unlimited 1 Mbps/6 Jam seharga Rp 4.000
  4. Paket Unlimited 1 Mbps/3 Jam seharga Rp 2.500, dan
  5. Paket Unlimited 1 Mbps/1 Jam seharga Rp 1.000 perak.

Jadi, kita bisa memilih paket internet unlimited di by.u sesuai kebutuhan yang diinginkan. Keren bukan?

3. Paket Internet Tidak Dibagi-bagi Jaringan, Lokasi Maupun Aplikasi

Satu lagi kelebihan yang menarik dari kartu by.u ini adalah paket internet yang diberikan merupakan paket utuh tanpa dibagi-bagi berdasarkan lokasi, jaringan ataupun aplikasi. Daftar paket utuh di by.u dapat digunakan untuk kebutuhan akses internet apa pun dan dimanapun.

Berikut daftar harga paket internet utuh di by.u yang dapat kita gunakan.

  1. Paket Internet 50 GB/30 Hari seharga Rp 120.000,
  2. Paket Internet 35 GB/30 Hari seharga Rp 100.000,
  3. Paket Internet 12 GB/30 Hari Rp 50.000,
  4. Paket Internet 5 GB/14 Hari Rp 15.000,
  5. Paket Internet 10 GB/1 Hari seharga Rp 10.000,
  6. Paket Internet 2 GB/3 Hari Rp 9000, dan
  7. Paket Internet 1 GB/1 Hari Rp 4000.

Banyak pilihan paket yang dapat disesuaikan, sehingga memudahkan kita sebagai pengguna by.u untuk membeli paket sesuai kebutuhan. Baik untuk kebutuhan kuota harian, mingguan, maupun bulanan.

4. Bisa Mengatur Kuota dan Masa Aktif Sesuai Keinginan

Selain memilih kuota internet yang telah tersedia pada paket by.u. Pengguna juga dapat mengatur sendiri jumlah kuota dan batas masa aktif kuota internet, melalui menu atur kuota sendiri pada aplikasi by.u. Kelebihan ini mungkin tidak dimiliki oleh provider lain.

5. Dapat Mengatur Kuota Topping Sesuai Keinginan

Mengatur kuota topping mungkin sangat bermanfaat dan dapat digunakan untuk Anda yang membutuhkan kuota internet khusus untuk membuka atau mengakses aplikasi tertentu. Misalnya mengatur kuota topping khusus untuk mengakses youtube saja, whatsapp saja, facebook, instagram, termasuk untuk topping kuota nelpon all operator / ke sesama pengguna by.u.

topping byu

Secara sepintas kuota topping mungkin tidak dibutuhkan bagi yang menggunakan paket unlimited by.u. Tetapi bagi pengguna yang mungkin di rumah sudah terdapat akses Wifi, penggunaan kuota topping sangat mungkin dibutuhkan terutama ketika sedang ke luar rumah. Misalnya mengatur topping whatsapp untuk kebutuhan komunikasi.

Kuota Topping yang dapat dibeli pada aplikasi by.u diantaranya:

  1. Kuota WhatsApp
  2. Kuota Akses Youtube
  3. Disney Hotsar
  4. Aplikasi Viu
  5. Aplikasi Vidio.com
  6. Facebook
  7. Instagram
  8. Twitter
  9. Tiktok
  10. Zenius
  11. Ruang Guru
  12. Joox
  13. Spotify
  14. Line,
  15. Roaming (Singapura, Philipina, dan Thailand), dan
  16. Kuota Nelpon sesama by.u atau ke semua operator

6. Jenis Pembayaran Beragam untuk Top Up Pulsa dan Beli Paket Internet di By.u

By.u merupakan produk serba digital yang dikeluarkan oleh telkomsel sehingga semua transaksi pembelian kartu by.u, pembelian paket internet, harus diakses secara digital melalui aplikasi resmi by.u. Kecuali untuk melakukan pengisian pulsa.

Pengisian pulsa dapat dilakukan melalui order aplikasi by.u, top up melalui aplikasi e-wallet, atau membeli pulsa seperti biasa di konter pulsa atau outlet resmi yang menjual pulsa seluler telkomsel.

metode pembayaran byu

Terdapat ragam pembayaran by.u dan ini sangat memudahkan. Jenis pembayaran yang tersedia di by.u diantaranya adalah:

  1. Dompet LinkAja
  2. GoPay
  3. OVO
  4. DANA
  5. ShopeePay
  6. Transfer Virtual Account (Bank Mandiri, BCA, BNI, dan Bank Permata)
  7. Kartu Kredit
  8. Indomaret, dan
  9. Alfamart
  10. Termasuk pembayaran / pembelian paket menggunakan pulsa dari by.u.

Dengan terdapat banyak pilihan pembayaran. Pembelian paket internet dan layanan by.u lainnya menjadi lebih mudah.

Baca juga: Cara Beli Paket Internet By.u Menggunakan Pulsa

7. Bisa Bikin Nomor Sesuai Keinginan Maksimal dengan Menambahkan 4 Angka Unik

Saat pertama kali melakukan pesanan kartu by.u! Pelanggan dapat mengatur sendiri nomor by.u yang diinginkan. Maksimal dapat memasukkan 4 angka unik untuk membuat nomor by.u yang sesuai keinginan.

Sebagai contoh jika saya memiliki nomor telkomsel simpati dengan 4 angka terakhir adalah 3122 maka saya bisa menambahkan angka 3122 tersebut untuk mendapatkan akhiran angka yang sama pada kartu by.u yang saya order melalui aplikasi.

8. Aman untuk Streaming Film maupun Video dengan Paket Unlimited Tanpa FUP

streaming unlimited kuota byu

Kelebihan kartu by.u lainnya secara umum menyasar kepada pengguna yang hobi melakukan streaming video. Misalnya menonton video youtube, menonton film di netflix, viu, iflix dan aplikasi streaming video lainnya.

Bagi pengguna yang memiliki satu frekuensi dengan saya. Tentu melakukan streaming video atau untuk sekadar nonton drakor jadi aman dan lancar jaya ketika menggunakan kuota unlimited dari by.u. Nggak perlu takut lagi bakalan habis kuota tiba-tiba.


9. Pulsa By.u Tidak Akan Terkuras Saat Tiba-Tiba Kuota Internet Habis

Jika pada kartu seluler lainnya ketika kuota internet habis maka pulsa secara otomatis akan tersedot menggantikan biaya akses internet. Maka ketika menggunakan by.u hal tersebut tidak akan terjadi.

Ini artinya, pulsa kita akan tetap aman meski kuota internet di by.u telah habis. Dikarenakan secara otomatis akses internet akan terputus kecuali untuk mengakses aplikasi by.u yang nyatanya gratis tidak membutuhkan kuota internet.

10. Akses Aplikasi By.u Tidak Membutuhkan Kuota Internet

Pastinya jika kuota internet kita habis bisa saja kita tidak bisa membuka aplikasi mana pun yang membutuhkan akses ke internet. Beda dengan aplikasi by.u. Meski sedang tidak memiliki kuota sekalipun, aplikasi by.u masih dapat diakses menggunakan jaringan 4G LTE.

Ini dikarenakan akses aplikasi by.u sama sekali tidak membutuhkan kuota internet. Cukup kartu by.u yang digunakan terhubung ke jaringan 4G maka aplikasi by.u dapat diakses dengan mudah. Sekadar cek pulsa, cek kuota, mengisi pulsa, isi paket dan lain sebagainya.

11. Masa Aktif Kartu Selamanya

Menggunakan kartu by.u kita tidak perlu kuatir tentang masa aktif / masa tenggang kartu berakhir. Ini dikarenakan kartu by.u akan aktif selama kita masih terus menggunakannya. Jadi meski tak selalu diisi pulsa atau kuota. Selama kartu by.u masih diakses melalui aplikasi by.u kartu akan tetap aktif.

Kecuali jika selama 30 hari lebih kartu by.u tidak terkoneksi dengan jaringan provider by.u maka kartu akan otomatis dinonaktifkan. So, dengan terus menggunakan kartu by.u maka kartu akan terus aktif selama terus digunakan.

12. Isi Pulsa Kartu By.u Bisa Langsung Melalui Konter HP

Meski untuk melakukan pembelian paket harus melalui aplikasi by.u nyatanya untuk melakukan pengisian pulsa di by.u cukup mudah. Ini dikarenakan pengisian pulsa by.u dapat diisi layaknya seperti melakukan pengisian pulsa pada kartu telkomsel lainnya.

Bedanya di by.u, tidak ada menu dial *363# ataupun *888#. Oleh karena itu, untuk mengecek pulsa dan melakukan pembelian paket wajib melalui aplikasi resmi by.u.

Cara lain untuk membeli pulsa di by.u bisa langsung menggunakan e-wallet OVO, Dana atau e-wallet lainnya termasuk melalui aplikasi PPOB seperti aplikasi Agen Pulsa.

Kekurangan Kartu By.u Berdasarkan Pendapat Pribadi

Selain memiliki banyak kelebihan, berikut beberapa kekurangan by.u yang sebenarnya tidak terlalu bermasalah bagi saya pribadi. Tetapi tetap saja informasi ini cukup penting sebagai pertimbangan bagi pengguna baru.

Berikut beberapa kekurangan by.u

1. Kartu By.u Tidak Dijual Secara Bebas

Untuk anda yang ingin membeli kartu by.u maka anda tidak dapat dengan mudah mendapatkan kartu by.u dengan mencarinya pada konter-konter yang ada di dekat rumah.

Ini dikarenakan pembelian kartu by.u hanya dapat dilakukan melalui Boothcamp resmi by.u yang saat ini tersedia di 8 kota di Indonesia. (Baca: cara beli kartu by u.) atau melalui GraPARI, Indomaret maupun Alfamart yang sebelumnya sudah harus diorder melalui aplikasi atau website resmi by.u.

2. Transaksi Pembelian Kartu By.u dan Kuota Internet dan Paket Lainnya Harus Melalui Aplikasi

Untuk membeli kartu by.u. hanya dapat dilakukan melalui aplikasi resmi by.u. Oleh karena itu, sebelum mendapatkan kartu by.u.

Anda harus menginstal aplikasi by.u dan mendaftarkan akun by.u terlebih dahulu menggunakan nomor HP, email, maupun akun facebook, barulah kemudian Anda dapat melakukan pembelian paket internet, paket nelpon, dan topping kuota di by.u.

Untuk mempermudah sebaiknya anda menginstal aplikasi by.u dan anda bisa memesan kartu by.u tersebut melalui tautan berikut:

Mengapa anda perlu menginstal aplikasi by.u dikarenakan by.u tidak menyediakan menu dial. Semua akses transaksi dilakukan melalui aplikasi seperti cek pulsa, beli kuota internet, beli paket nelpon, dan lain sebagainya.

Selain itu, jika anda akan memesan kartu by.u. Anda bisa memilih mengambil sendiri baik melalui pilihan pengambilan Indomaret, Alfamart, melalui GraPARI Telkomsel atau pun pilihan pengantaran kartu dikirim ke alamat rumah dengan menggunakan metode pembayaran yang bisa Anda sesuaikan.

3. Jika Memilih Pembelian Kartu By.u Diantar Ke Rumah Anda Perlu Menunggu

Bagi sebagian orang menunggu mungkin hal yang cukup menjengkelkan. Apalagi jika waktu tunggu tersebut ternyata lama. So, karena itulah waktu menunggu kiriman kartu by.u tiba ke alamat ikut saya masukkan sebagai salah satu kekurangan by.u.

Saya sendiri menunggu kurang lebih 4 hari sampai kartu by.u tiba dan diantarkan oleh ekspedisi JNE ke alamat saya.

4. Ada Biaya Ongkir Untuk Metode Pesan Kartu Pilihan Antar Ke Rumah

Saat memesan kartu by.u saya menggunakan alamat dengan wilayah pengantaran adalah kota gorontalo. Dan biaya ongkos kirim yang harus saya bayarkan sebesar Rp10.000-, Mungkin nominal ini cukup kecil, tapi kalau ongkirnya gratis kan pasti lebih seru.

Sementara untuk pilihan ambil sendiri tidak jadi masalah, karena cukup membayar harga kartu dengan harga yang sesuai pada paket pembelian by.u lalu diambil sendiri melalui GraPARI, Indomaret atau Alfamart sesuai pilihan pengambilan yang diinginkan.

5. Tidak Tersedia Menu Dial Langsung

Jika pada kartu-kartu produk telkomsel lain kita bisa melakukan pengecekan pulsa dan pembelian paket melalui dial telepon di *888# atau *363#. Pada kartu by.u hal tersebut tidak dapat dilakukan. Karena untuk mengakses semua itu perlu menggunakan aplikasi by.u.

Jadi itulah beberapa kelebihan dan kekurangan by.u yang bisa saya bagikan melalui blog matahaya.com ini.

Demikian, semoga bermanfaat! Jika Anda punya pertanyaan dapat langsung disampaikan melalui kolom komentar postingan ini. Terima Kasih!

Posting Komentar untuk "Review Kelebihan dan Kekurangan by.U setelah Sebulan Pemakaian"

Berlangganan via Email