Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengirim Tulisan Ke Basabasi.co

Cara Mengirim Tulisan Ke Basabasi.co

Sebenarnya dalam satu ulasan matahaya mengenai mendapatkan uang dari menulis / mengirim cerpen online telah dijelaskan juga mengenai cara mengirim tulisan ke basbasi.co. Namun tentu tidak semua pembaca yang datang ke blog ini dapat langsung membaca ulasan tersebut.

Karena itulah, kali ini matahaya menerbitkan artikel ini dengan harapan teman-teman pembaca yang sedang bertanya mengenai cara mengirim tulisan ke basabasi.co bisa sedikit terbantu, khususnya bagi teman yang belum tahu caranya.

Sebenarnya mudah saja untuk mengirim tulisan Anda ke pihak basabasi.co!

Yang sulit adalah proses seleksi tulisan yang dikirimkan dapat diterima atau tidak oleh tim kurator basabasi. Meski demikian, tetap langkah utama adalah mengirim tulisan dulu, coba mencoba dan mencoba lagi.

Tentang Basabasi.co

Basbasi.co adalah situs publikasi online yang digagas oleh Diva Press dan #Kumpulan Fiksi. Tempat kongkow dan bercerita ini, memiliki cita-cita yang sangat muluk begitulah pihak basabasi mengklaim diri mereka.

Dimana mereka memiliki impian untuk dikenal luas, diperbincangkan, disegani serta dicatat dalam kitab-kitab sejarah literasi Indonesia.

Setiap hari selalu ada tulisan baru yang diterbitkan oleh mereka, kecuali pada hari libur nasional. Ada banyak kolom atau topik tulisan yang mereka gagas. Di antaranya: menjadikan kolom celoteh setiap (Senin), puisi (Selasa), artikel ringan (Hibernasi) (Rabu), esai (Kamis), cerpen (Jumat), dan resensi pada hari (Sabtu).

Tulisan-tulisan yang diterbitkan adalah karya siapa pun yang telah melewati proses kurasi oleh tim basabasi dan dinyatakan lolos.

Selain itu, bagi penulis umum dapat mencoba kolom hibernasi karena sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi menulis topik tren di media massa, hobi, film, fashion, pengalaman menarik, seni, dunia kreatif dan hal-hal umum lainnya yang dapat disajikan dengan bahasa ringan dan boleh agak liar.

Wah... nakal juga yah ide kreatif pihak basabasi ini!

Silakan coba deh mengirim tulisanmu ke sana!Siapa tahu karyamu lolos dan dimuat! 👌 kan lumayan bisa dapat cuan untuk sekadar beli kuota dan supaya bisa mengirim tulisan lagi. 😀


Syarat Mengirim Tulisan Ke Basabasi.co

Sebelum mengirim tulisan berikut beberapa syarat dan pedoman yang harus dipenuhi ketika akan mengirim tulisan ke basabasi.

  1. Karya yang dikirimkan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun baik cetak maupun digital
  2. Setiap karya yang berhasil dipublikasikan akan mendapatkan fee: cerita pendek Rp300.000, puisi Rp250.00, esai Rp300.000, rehal buku atau resensi Rp200.000 dan hibernasi (artikel ringan) Rp200.000.
  3. Naskah akan otomatis dinyatakan tidak lolos seleksi apabila karya yang dikirimkan tidak dimuat atau tidak mendapatkan informasi setelah 2 (dua) bulan sejak karya dikirimkan.
  4. Tema, gaya cerita, aliran, eksplorasi, dan panjang karya dalam bentuk cerpen dalam bebas. Tetapi perlu diketik dalam 1.5 spasi dengan margin: 4 atas, 3 bawah, 4 kiri, dan 3 kanan.
  5. Karya puisi yang dikirim harus 5 - 10 puisi per pengiriman dengan genre dan tema bebas.
  6. Esai ilmiah, mendalam, teoritik-analitik, reflektif dengan gaya bahasa dan penyajian ringan, tidak kaku seperti makalah maupun puisi. Selain itu minimal terdiri dari 3 halaman dengan 1.5 spasi.
  7. Panjang rehal buku atau resensi adalah 3 - 4 halaman dengan 1.5 spasi. Wajib disertai coverbuku. Buku yang diresensikan bisa dari penerbit mana pun, dan berumur tidak lebih dari 6 bulan. Khusus tulisan resensi bersumber dari buku-buku terbitan DIVA Press Group akan mendapatkan tambahan reward (1 eks buku DIVA).
  8. Hibernasi berisi bahasan segala sesuatu kekinian, menjadi tren di media massa, hobi, film, musik, fashion, seni, dunia kreatif, pengelaman hidup, serta hal umum lainnya. Disajikan dengan bahasa ringan dan panjang 3 - 4 halaman, 1.5 spasi.
  9. Tulisan dikirim ke email: gerobaknaskah@basabasi.co dengan subjek email disesuaikan dengan jenis tulisan / naskah yang dikirimkan (Puisi/Cerpen/Esai/Rehal Buku/Hibernasi)
  10. Penulis WAJIB menyertakan data diri seperti: nama, nomor dan nama rekening, akun medsos, foto pribadi, dan keterangan lainnya yang dianggap perlu (data diri DILETAKKAN di halaman terakhir naskah) bukan di badan email atau pada file terpisah.
  11. Fee akan ditransfer paling lambat dalam waktu satu minggu setelah karya Anda dipublikasikan. Biaya transfer antar bank ditanggung oleh penulis. Kecuali Bank Mandiri.
  12. Penulis boleh mengirimkan karya lebih dari satu, dan selalu akan dimuat apabila lulus seleksi tim kurator basabasi.

Cara Mengirim Tulisan Ke Basabasi.co

  1. Tulis cerita / naskahmu menggunakan program pengolah kata seperti MS. Office.
  2. Beri format margin 4-4-3-3 dan spasi tulisan 1.5 spasi.
  3. Kirim naskah melalui email: gerobaknaskah@basabasi.co.
  4. Tentukan subjek email sesuai jenis naskah yang dikirimkan. Misalnya Subjek: PUISI jika Anda ingin mengirim naskah puisi ke basabasi.co.
  5. Masukkan naskah yang dikirimkan dalam bentuk lampiran dokumen.
  6. Tulis salam yang sopan pada badan email. Bisa berisi permohonan dan penjelasan singkat tentang tulisan yang dikirimkan.
  7. Teruskan mengirim naskah lainnya atau menunggu informasi naskah sebelumnya. maksimal selama dua bulan.

Nah... itulah ulasan yang bisa matahaya bagikan kali ini. Semoga artikel mengenai cara mengirim tulisan ke basabasi.co ini bisa bermanfaat untuk teman pembaca sekalian.

Posting Komentar untuk "Cara Mengirim Tulisan Ke Basabasi.co"