Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sepele, Tapi Beginilah Cara Orang Menyadap SMS Anda

Beginilah Cara Orang Menyadap SMS Anda

Beginilah Cara Orang Menyadap Isi SMS Anda - Pernah berpikir nggak kalau tanpa kita sadari bisa saja isi sms di ponsel kita ternyata telah disadap oleh orang lain. Eits... hal ini bisa terjadiđź‘˝ dikarenakan pemicu masalah seperti ini didasarkan oleh banyak alasan. Seperti, dikarenakan kita memiliki musuh dalam selimut yang ingin mengetahui apa yang sering bicarakan di sms.

Bahkan bisa saja kamu memiliki pasangan yang sering curiga dan sewaktu-waktu dia khawatir kalau kamu punya selingkuhan. Makanya tanpa sadar, bisa jadi isi SMS kita telah disadap oleh orang-orang dengan alibi seperti ini (bisa: teman, pasangan, atau musuh) Anda. 

Entahlah... apapun itu, tapi spekulasinya bisa saja seperti di atas. Justru malah orang terdekatlah yang paling memungkinkan dapat menjalankan aksi penyadapan seperti ini.

Sebenarnya yang perlu kita ketahui adalah fitur penyadapan yang dibahas pada ulasan ini sebenarnya memiliki tujuan positif di mana penggunaannya dapat dimanfaatkan oleh orang tua untuk memantau aktivitas percakapan anaknya.

Meski demikian karena hal seperti ini sifatnya sangat privasi. Maka, apapun itu yang namanya tindakan menyadap percakapan orang lain adalah tindakan yang tidak baik dan bisa saja berakibat melanggar hukum. Sekalipun itu dilakukan orang tua kepada anaknya.

Jadi, sangat penting untuk diingat bahwa menghargai privasi orang lain itu penting, sementara menyadap privasi orang lain bisa saja membuat anda melanggar hukum dan dapat diproses hukum. Sekalipun itu adalah orang terdekat anda.

Cara Orang Menyadap SMS Anda

Jadi, beginilah cara sadap sms yang umumnya dijalankan oleh orang-orang tak bertanggung jawab untuk melanggar privasi Anda.

1. Memanfaatkan Fitur Auto Copy SMS yang disediakan Operator Telekomunikasi

Fitur auto copy adalah salah satu fitur yang dibenamkan oleh beberapa provider telekomunikasi yang dapat dimanfaatkan untuk menyalin SMS dari nomor yang satu dikirim juga ke nomor yang lainnya. Sehingga mereka yang memiliki nomor lebih dari satu dapat terbantu untuk menerima sms yang sama pada nomor lainnya.

Kemudian hal ini dimanfaatkan untuk melakukan tindakan penyadapan SMS dengan menyalin isi sms orang lain ke nomor miliknya sehingga mereka dapat memantau isi SMS yang ada pada nomor orang yang disadap.

2. Dilakukan Melalui Ponsel Target, Dengan Alasan Pura-pura Meminjam Ponsel

Mula-mula orang yang akan melakukan penyadapan SMS memanfaatkan fitur auto copy yang disediakan provider telekomunikasi dengan cara meminjam terlebih dahulu ponsel target. Lalu melakukan serangkaian perintah untuk mengaktifkan fitur auto copy untuk dikirimkan ke nomor ponsel sang penyadap.

Setiap operator atau provider telekomunikasi memiliki perintah yang berbeda untuk mengaktifkan fitur auto copy / sms copy ini. Diantaranya:

2.1 Cara Mengaktifkan Fitur Auto Copy SMS pada Provider Telkomsel

Jika kartu perdana ponsel anda menggunakan provider telkomsel seperti Kartu Simpati maupun Kartu AS. Maka biasanya perintah auto copy dapat dijalankan dengan cara:

  1. Melakukan Dial *500*22#  Pada ponsel target
  2. Memilih 2. Auto Copy dilanjutkan lagi dengan memilih 1. Aktifkan untuk mengaktifkan fitur auto copy SMS.
  3. Setelah fitur Auto Copy SMS telah aktif. Selanjutnya dilanjutkan dengan mengetik SMS dengan format YTAM(spasi)NOMORPENYADAP  lalu sms tersebut dikirim ke nomor 5522.

Setelah itu pulsa pada nomor ponsel target akan terpotong Rp1000 rupiah yang akan otomatis diperpanjang setiap bulannya.

Dengan demikian, setelah pelaku penyadapan berhasil melakukan aktivasi layanan ini, maka setiap sms yang diterima korban juga diketahui oleh si penyadap. 

Cara Mengantisipasi Tindakan Penyadapan pada Kartu Prabyar Telkomsel

Untuk mengantisipasi penyadapan pada kartu prabayar telkomsel supaya jangan mudah disalahgunakan orang lain. Langkah yang harus anda lakukan adalah:

Pertama

Jangan mudah meminjamkan HP kepada orang lain, kecuali mereka dapat dipercaya itupun anda harus selalu memeriksa HP anda setelah mereka meminjam. Semisal mengecek pulsa, sms masuk, dan sejenisnya.

Kedua

Jangan lupa bahwa sebisa mungkin lakukanlah pengecekan fitur auto copy setelah meminjamkan HP ke teman. Apakah fitur copy SMS sedang aktif atau diaktifkan oleh orang lain atau tidak. Caranya dengan melakukan dial *500*22# lalu cek info layanan. Jika sedang aktif, segera non aktifkan jika anda tidak pernah menjalankan perintah tersebut.

2.2 Cara Mengaktifkan Fitur Auto Copy pada Operator Indosat

Sementara bagi pengguna operator telkomsel seperti kartu Im3 pemanfaatan layanan ini memiliki tarif 200/bulan dengan 500/sms dan berikut cara mereka mengaktifkannya untuk tujuan meng-copy sms korban.

  1. Melakukan Dial ke *123*600#
  2. Lalu pilih Auto Copy lalu pilih Ya untuk menyetujui
  3. Selanjutnya si penyadap akan mengirimkan nomor korban dan nomor miliknya untuk menerima isi sms korban.

So dengan demikian jika anda menjadi korban, maka pelaku penyadapan akan dengan mudah mengetahui isi percakapan anda di SMS. 

Untuk mengantisipasinya. Sama seperti saran di atas bahwa anda harus selalu berhati-hati ketika meminjamkan ponsel ke teman. Setelahnya lakukan pengecekan dengan melakukan dial ke *123*600# lalu pilih Stop untuk memberhentikan layanan copy sms yang diaktifkan orang lain tanpa sepengetahuan anda.

2.3 Cara Mengaktifkan Fitur Auto Copy pada Operator XL

Sementara bagi anda pengguna kartu XL maka pengaktifan sms copy ini umumnya dilakukan dengan cara berikut:

  1. Melakukan dial ke *123*571# 
  2. Memilih menu Asisten, dilanjutkan dengan memilih Auto Copy
  3. Menunggu konfirmasi operator XL, lalu memilih Ya
  4. Setelah mendapatkan SMS konfirmasi, ketik Copy On(spasi)NomorTarget lalu kirim ke 799

Jadi, untuk mengantisipasi hal seperti ini silakan rutin lakukan pengecekan nomor anda apakah aktif dan sedang menjalankan perintah sms Auto Copy atau tidak. Jika sedang aktif sementara bukan anda yang melakukannya maka bisa dipastikan SMS anda diketahui oleh penyadap.

So, sekali lagi jangan gampang meminjamkan ponsel ke teman, dan selalu periksa ponsel Anda setelah meminjamkannya kepada orang lain.

Selain itu, untuk memberhentikan layanan auto copy pada operator XL silakan lakukan sms dengan perintah STOP COPY kirim ke 799.

3. Memantau Isi SMS Korban

Setelah berhasil melakukan penyadapan pada nomor ponsel kita. Maka penyadap akan dengan leluasa untuk menggunakan informasi tersebut sesuai keinginannya. Jika ditujukan untuk tindakan kejahatan tentu saja hal tersebut akan merugikan diri kita.

So, berhati-hatilah dengan tindakan pembajakan seperti ini yang mungkin selalu kita anggap sepele.

Demikian, semoga ulasan sederhana ini ada manfaatnya.

N.B

Materi dalam ulasan ini dilakukan untuk tujuan informasi saja, penyalahgunaan materi di dalamnya menjadi tanggung jawab anda.

Posting Komentar untuk "Sepele, Tapi Beginilah Cara Orang Menyadap SMS Anda"