Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang Iklan Adsense di Tengah Postingan Blog

cara pasang iklan adsense tengah postingan

Menjadi seorang blogger serta sebagai salah satu publisher dari google adsense pasti mempunyai motivasi tersendiri mengenai alasan penting untuk memasang iklan adsense di tengah artikel postingan blog.

Alasan utamanya, tentu untuk meningkatkan potensi volume klik iklan dari pengunjung dan pembaca blog.

Apalagi saat ini kita ketahui bahwa google sangat merekomendasikan blog-blog dan situs online dari setiap publisher mereka menggunakan situs blog yang telah memiliki fitur responsif dan amp, dimana kedua fitur tersebut dikhususkan untuk menjaring pembaca blog yang saat ini membaca artikel online lebih banyak menggunakan ponsel ketimbang komputer atau laptop.

Oleh karenanya, pada blog-blog yang sudah responsif dimana menjaring pembaca blog yang mayoritasnya menggunakan ponsel seluler seperti android dan iphone. Tentu penting memasang iklan di tengah artikel postingan blog mereka, agar pembaca blog yang menggunakan ponsel seluler bisa mendapatkan referensi iklan adsense di dalam atau tengah artikel blog yang sedang dibacanya.

Lokasi Penempatan Iklan Dalam Postingan

Lokasi-lokasi yang sangat direkomendasikan untuk menempatkan iklan di dalam postingan artikel blog diantaranya: pada bagian atas, bagian tengah, dan di akhir postingan artikel blog.

Namun pada artikel kali ini, matahaya akan mengulas tutorial sederhana mengenai cara memasang iklan adsense hanya di tengah postingan blog saja.

Cara Pasang Iklan Adsense di Tengah Postingan

Nah, karena sudah penasaran, simaklah tutorialnya pada ulasan berikut:

Langkah 1

Pada Tahap pertama ini, silakan masuk ke menu Tema > Edit HTML. Lalu carilah kode <data:post.body/> dan gantilah kode tersebut dengan kode di bawah ini:

<div expr:id='&quot;post1&quot; + data:post.id'/>  

 <div class='googlepublisherads' style='margin:20px 0'>  

 <center>  

 Letakan kode unit adsense hasil parse di sini  

 </center>  

 </div>  

 <div expr:id='&quot;post2&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>  

 <script type='text/javascript'>  

 var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);  

 var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);  

 var s=obj1.innerHTML;  

 var t=s.substr(0,s.length/2);  

 var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);  

 if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}  

 </script>  

Langkah 2

Lalu, silakan untuk mengganti "Letakan kode unit adsense hasil parse di sini" dengan kode iklan adsense yang teman-teman miliki. Tetapi sebelumnya silakan melakukan parse kode iklan adsensenya terlebih dahulu.

PERHATIAN!

Saat menjalankan tutorial di atas! Nantinya saat teman-teman mencari kode <data:post.body/> di dalam template blog. 

Biasanya kode <data:post.body/> terdapat sebanyak tiga kode di dalam template blog. Oleh karena itu silakan untuk mencoba satu persatu kode tersebut, kode mana kira-kira yang bisa diganti dengan kode iklan google adsense di tengah postingan blog.

Pada pengalaman saya biasanya pada kode ke tigalah, baru kode iklan tengah postingan di atas sukses saya terapkan pada template blog.

Jika sudah sukses memasukan kode iklan tengah postingan yang ditandai pada halaman isi artikel blog sudah muncul tulisan "Letakan Kode Unit Adsense Hasil Parse Di Sini" pada tengah artikel blog kita.

Maka berarti saatnya untuk mengganti tulisan tersebut dengan kode atau unit iklan adsense kita yang sudah di parse sebelumnya.

Langkah 3

Untuk yang belum tahu di mana harus mem-parse unit iklan adsense-nya, kita bisa menggunakan tools dari blogcrowds.com pada tautan berikut: http://www.blogcrowds.com/resources/parse_html.php

cara pasang iklan tengah postingan

Nantinya, unit iklan google adsense yang sudah di-parse tersebut digunakan untuk mengganti "Letakan Kode Unit Adsense Hasil Parse Di Sini"

Setelah berhasil memasang unit iklan adsense hasil parse-nya di dalam template blog, menggunakan kode iklan tengah postingan di atas. Maka silakan kembali untuk melihat hasilnya di salah satu artikel blog teman-teman.

Jika ulasan di atas masih dirasa kurang, silakan untuk menonton tutorial memasang kode iklan adsense tengah postingan blog pada video (vlog) youtube berikut:

Demikian semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan membantu...

5 komentar untuk "Cara Pasang Iklan Adsense di Tengah Postingan Blog"

  1. min, kenapa tulisannya "The widget settings in widget with id AdSense1 is not valid. An internal error occurred. Please try again." selalu muncul ketika sya edit HTML?

    BalasHapus
  2. Apakah bisa pasang baner di tengah postingan tanpa memiliki AdSanse?

    BalasHapus
  3. Sekarang nggak perlu di parse lagi ... work kok

    BalasHapus