ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Setiap blogger pasti pernah mengalami masa sulit ini. Dimana ia sudah susah payah menulis banyak artikel tetapi page views blog tidak pernah meningkat. Bahkan sebaliknya page views blog malah semakin menurun.

Apa sebenarnya yang salah?

Jika Page Views Blog tidak Meningkat! Apa yang harus dilakukan?

Secara garis besar setiap blogger sudah melakukan aktivitas yang sewajarnya seperti menulis artikel dan memperbanyak postingan, melakukan sharing artikel ke beberapa media sosial, melakukan submit blog / artikel melalui google search console, menulis artikel sendiri dan menghindari copas, dan masih banyak lagi.

Tetapi tetap saja page views blog tidak meningkat.

Jika hal ini sering terjadi, tentu akan muncul banyak pertanyaan di benak blogger? Apa sebenarnya yang salah sehingga page views blog belum juga meningkat? Padahal ia sudah melakukan berbagai tips dan trik serta teknik-teknik SEO.

Tetapi belum juga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Perlu diketahui bahwa setiap teknik SEO yang dipraktekan perlu disesuaikan dengan perkembangan SEO saat ini. Artinya SEO jadul dan SEO modern tentu lebih maksimal SEO modern. Meski demikian, di atas semua itu! Ada kualitas konten yang menjadi poin paling utama.

Sebagai contoh jika anda menulis artikel namun tidak memperhatikan kualitas informasi di dalamnya. Maka sudah tentu hal itu akan menurunkan kualitas isi dari artikel yang dibuat.

Sehingga meski pada beberapa kesempatan awal artikel memiliki reputasi yang baik di mesin pencari karena dioptimasi dengan SEO bisa saja secara pelan-pelan posisi tersebut akan bergeser digantikan artikel lainnya yang lebih berkualitas.

Mengapa hal ini terjadi?

Mesin pencari terutama google saat ini akan terus melakukan crawl terhadap situs atau blog dan melakukan pelacakan bagaimana respon atau aktivitas pengunjung terhadap blog atau konten situs. Apakah artikel yang ditulis disukai pengunjung atau hanya dilihat sebentar saja lalu ditinggalkan?

Jika artikel yang dikunjungi hanya dilihat sebentar lalu ditinggalkan maka gagal lah usaha yang dilakukan karena hal itu akan menurunkan citra artikel yang ditulis dan pelan-pelan menurun juga popularitas nya di mesin pencari.

Mengapa hal itu terjadi?

Mesin pencari menurunkan popularitas blog misalnya seperti blog yang hanya dikunjungi sebentar oleh pengunjung itu karena mesin pencari adalah sebuah bisnis internet yang ingin memberikan pelayanan yang baik terhadap setiap penggunanya.

Dasar inilah yang membuat mesin pencari bersama algoritma mereka terus menerus melakukan crawl sebuah situs blog dan mengidentifikasinya. Apakah isi blog tersebut berkualitas dan memuat informasi yang dibutuhkan pengunjung atau tidak?

Jika sebuah blog atau artikel blog dinilai buruk dan tidak memuat informasi yang dibutuhkan pengunjung internet. Maka tentu saja blog atau konten artikel yang sudah ditulis susah payah tersebut tak dapat diharapkan mendapatkan posisi tertinggi pada hasil serp mesin pencari.

Itulah mengapa untuk mendukung optimasi SEO yang dilakukan, seorang blogger harus mementingkan bagaimana kekuatan konten miliknya. Apakah artikel yang ia tulis memiliki kekuatan informasi atau masih kurang?

Dengan terus meningkatkan kekuatan informasi yang relevan dalam konten blog miliknya maka hal itu akan sangat membantu untuk meningkatkan kualitas artikel atau konten blognya.

Bagaimana mengukur kualitas itu?


Secara garis besar untuk mengukur kualitas tersebut adalah:

  1. Memperkaya isi artikel blog dengan informasi yang relevan
  2. Mengisi artikel dengan sub bagian atau materi yang saling berhubungan
  3. Menyisipkan sumber valid jika diperlukan.
  4. Totalitas

1. Memperkaya isi artikel blog dengan informasi yang relevan

Isi artikel blog tanpa informasi yang kaya dan tidak relevan akan berdampak buruk bagi kepuasan pembaca. Dengan demikian untuk memenuhi kualitas ini maka blogger dituntut untuk menyajikan sebuah artikel yang memuat banyak informasi yang berkesinambungan baik antara judul dengan isi konten maupun sub bab di dalam artikel.

2. Mengisi Artikel dengan sub bagian yang saling berhubungan

Pada bagian ini, langkah paling sederhananya adalah blogger sebisa mungkin mengurutkan informasi secara terstruktur dan membaginya ke dalam beberapa sub bagian di dalam artikel. Hal ini secara khusus akan membuat pembaca lebih mudah mengikuti ulasan yang sedang dibagikan oleh blogger pada artikel yang ditulisnya.

3. Menyisipkan sumber valid jika diperlukan

Melengkapi isi artikel dengan sumber valid adalah langkah yang baik untuk meningkatkan tingkat kepercayaan pembaca terhadap sebuah artikel yang ditulis oleh blogger. Dengan melakukan hal ini maka isi artikel bukan hanya akan semakin kaya informasi melainkan akan menjadi lebih kredibel.

Sumber valid tersebut bisa berupa kutipan, data eksperimen dan informasi lainnya yang dianggap penting untuk melengkapi artikel yang ditulis.

4. Totalitas

Yang dimaksudkan totalitas di sini adalah menyajikan tuntas permasalahan yang dibahas di dalam sebuah artikel blog.

Dengan melakukan hal ini, maka tulisan blogger akan menjadi lebih lengkap sehingga pembaca yang membutuhkan informasi tersebut tidak lagi pergi ke lain hati untuk mencari informasi relevan lainnya pada blog-blog lain.

Totalitas ini kadang bisa dilakukan di dalam satu artikel utuh atau dibagi ke dalam beberapa bab pada artikel terpisah. Namun di dalam setiap artikel tersebut menyajikan link hidup yang mengarahkan pembaca bahwa ulasan yang dibagikan berkesinambungan antara satu artikel lain dengan yang lainnya.

Hal ini dapat dilakukan seperti bab bab di dalam buku.

Selanjutnya setelah kualitas tersebut dibangun di dalam sebuah artikel. Maka blogger juga perlu mengoptimasi SEO pada blog miliknya termasuk pada artikel yang ditulisnya.

Langkah Optimasi SEO seperti apa yang harus dilakukan?


- Optimasi SEO pada blog

  1. Mengoptimasi tampilan blog menjadi responsive / atau kompatibel dengan perangkat mobile, pc, dan tablet.
  2. Kecepatan pemuatan halaman blog
  3. Menghubungkan blog dengan mesin pencari. Misalnya menggunakan google search console untuk optimasi SEO blog di google search engine.

- Optimasi SEO pada artikel 

Untuk melakukan optimasi SEO pada artikel beberapa hal utama yang bisa dilakukan adalah:
  1. Melakukan riset keyword / kata kunci. (Dengan melakukan riset kata kunci maka blogger akan lebih leluasa mengulas konten berdasarkan judul atau topik yang sedang trend atau memiliki banyak peminat terhadap topik tersebut).
  2. Membangun kualitas konten
  3. Memberikan link hidup pada salah satu kata kunci yang ditargetkan di dalam artikel.

Baca Juga: Cara Menggunakan Yoast SEO di Blogger - 😊

Langkah lainnya yang bisa dilakukan adalah melakukan promosi konten di media sosial secara bertahap atau tidak berlebihan. Sebab jika terindikasi spam hal tersebut akan berdampak buruk bagi blog.

Demikian beberapa hal yang bisa diupayakan oleh blogger jika page views blog tidak meningkat.

Semoga ulasan sederhana ini memiliki manfaat yang diharapkan.

Salam damai...

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.