ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Membuat subdomain sendiri dari domain utama yang kita miliki, ternyata nggak ribet-ribet amat.

Cara Membuat Subdomain di Blogger dari Domain Utama

Bagi setiap blogger yang sudah memiliki blog di blogspot dan menggunakan custom domain TLD terutama yang berbayar dan dibeli pada layanan penyedia hosting. Mungkin saja punya keinginan untuk membuat subdomain sendiri dari domain utama yang dimilikinya.

Ternyata meski kita hanya memiliki sebuah domain tanpa membeli hosting kita bisa membuat domain turunannya atau yang disebut subdomain dari domain utama yang kita miliki tanpa perlu masuk cPanel apalagi membeli hosting. Cukup memiliki domain utama saja...

Nah, oleh karena itu dalam tutorial kali ini saya akan memberitahu caranya untuk membuat subdomain mu sendiri dan langsung bisa untuk dihubungkan ke blogger blogspot tanpa ribet.

Langkah 1
Siapkan dulu nama subdomain yang diinginkan! Misalnya: catatan.winkamaru.com 

Catatan:
Subdomain adalah domain turunan dari domain utama, yang bisa dibuat secara gratis. Tidak perlu melakukan pembelanjaan langganan lagi. Cukup hanya memperpanjang layanan domain utama kita saja. Subdomain bisa terus aktif mengikuti domain utama.

Langkah 2
Masuklah ke WebHost tempat kamu membeli domain. Lalu lakukan record CNAME pada Control Panel Domain atau Penyetingan DNS / Record Domain.

Kebetulan saat saya melakukan custom subdomain yang dihubungkan ke blog saya. Saya menggunakan layanan Web Host dari exabytes.co.id, sehingga untuk masuk kepada Penyetingan Record Domain cukup melalui menu Domains > Manage DNS > Edit Zone

Langkah 3
Silakan untuk menambahkan Host Record baru, seperti saat pertama kali melakukan custom domain utama. Kira-kira seperti gambar di bawah:

Saat menambahkan Record CNAME - ghs.google biasanya untuk domain utama kolom Name hanya diisi dengan 'www' tetapi karena di sini kita ingin mengaktifkan subdomain maka masukan seperti 'www.catatan' atau dengan subdomain yang diinginkan.

Langkah 4
Selanjutnya tambahkan 4 DNS Records dengan memasukan IP atau Hostname blogger yaitu:

  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.32.21
  • 216.239.38.21

Caranya adalah dengan menambahkan host record baru bertipe 'A' satu per satu seperti gambar berikut:

Pada kolom Name masukan 'catatan' tanpa 'www' sebagai subdomain yang akan dibuat, tambahkan ketiga record lainnya sehingga terdapat 4 record yang tersimpan seperti gambar berikut:

Langkah 5
Selanjutnya submit subdomain yang sudah dibuat di blogspot. Masuk ke menu Setelan > Dasar > Tambahkan Domain Khusus seperti gambar berikut dan lakukan penyimpanan.

Setelah sukses menyimpan hasil submit subdomain, maka selamat sekarang blog kita dengan subdomain baru sudah bisa diakses.

Note...!
Ini pilihan saja, sebaiknya saat memasang subdomain anda di blogspot. tidak perlu menyertakan "www" cukup langsung memasukkan subdomain misalnya: "catatan.winkamaru.com". 

Gambar di atas menunjukkan saya memasukkan juga "www" tapi sekarang, telah saya ganti tanpa "www" lagi.

Contoh hasil dari membuat subdomain sendiri dari tutorial ini bisa diakses di: https://catatan.winkamaru.com

Perhatian!
Jika saat klik simpan mengalami kegagalan, perhatikan dengan baik bahwa semua Host Record telah terpasang dengan benar. Selain itu biasanya kita harus menunggu maksimal selama 24 jam sampai proses resolved DNS Selesai.

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.