ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
"Kiat berangkat haji meskipun penghasilan kecil adalah salah satu bentuk ikhtiar umat muslim untuk bisa menunaikan ibadah haji dan menunaikan rukun islam yang ke lima."

Kiat Agar Bisa Berangkat Haji Meskipun Penghasilan Kecil

Dalam rukun Islam yang kelima memang disebutkan haji bagi yang mampu, dalam artian umat muslim yang dari segi keuangan mampu diwajibkan bagi mereka untuk menunaikan ibadah haji.

Dimana nantinya dapat melihat secara langsung Mekkah dan juga peradaban agama Islam pertama kali di sana, menapaktilasi perjuangan Rasul dalam menyebarkan ajaran agama Islam.

Tentunya hampir semua umat Islam mengidam-idamkan hal tersebut bukan. Namun tidak dapat dipungkiri juga jika seandainya biaya yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan haji ini juga sangat mahal. Mulai dari setoran haji dan sejenisnya.

Apalagi bagi mereka yang dari segi gaji atau penghasilan saja masih UMR, tentunya agak sulit jika seandainya harus beribadah ke tanah suci.

Namun tidak perlu khawatir, meskipun gaji Anda pas-pasan bukan hal yang mustahil untuk berangkat ke tanah suci, berikut ini diantara kiat-kiat nya, yaitu:

  1. Prioritaskan, utamakan niat terlebih dahulu, kemudian jadikan hal tersebut sebagai prioritas. Karena jika seandainya hal tersebut sudah menjadi prioritas, tentunya akan semakin mudah bagi Anda di dalam mewujudkannya. Karena berbagai cara akan dilakukan untuk bisa mewujudkannya.
  2. Tekan pengeluaran se bisa mungkin, setelah ada niatan yang kuat, maka upaya selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengimbangi hal tersebut adalah dengan menekan pengeluaran Anda se optimal mungkin. Khususnya adalah hal-hal yang sifatnya tidak penting. Misalnya adalah biaya untuk hangout, belanja atau pun juga rekreasi yang tidak penting.
  3. Membuka tabungan haji, langkah selanjutnya adalah dengan membuka tabungan rencana, produk yang dikhususkan untuk kebutuhan haji atau berangkat ke tanah suci. Nantinya Anda bisa memiliki jangka waktu sesuai dengan kemampuan pembayaran setiap bulannya.
  4. Disiplin di dalam menabung, jika perlu maka nantinya Anda bisa mencari alternatif pekerjaan sampingan untuk menambah pemasukan yang dapat ditabung.

Mudah bukan, mulai terapkan selagi mudah, agar nantinya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa bertandang ke rumah Allah.

Anda bisa menabung di produk tabungan dari Bank Syariah Bukopin yang lebih terjamin kehalalannya.

2 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.