ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Sebenarnya yang perlu diketahui mengenai cara mendapatkan uang gratis tanpa modal di internet itu tidak benar-benar gratis. Bagaimanapun untuk mengakses internet anda tentu memerlukan dana untuk biaya akses internet. Kecuali anda nebeng pada wifi tetangga secara gratis.

uang

Memanfaatkan internet untuk mendapatkan uang terbilang sangat potensial dan menjanjikan. Apalagi dengan banyaknya pertumbuhan industri kreatif di bidang digital seperti membuka banyak peluang-peluang baru kepada siapa saja untuk memanfaatkan hobi, keahlian dan bakat menjadi sumber income.

Dalam ulasan ini matahaya akan membagikan beberapa hal yang memungkinkan bagi anda mencobanya dan mulai mengumpulkan penghasilan anda dari internet secara gratis bahkan tidak membutuhkan modal. Paling tidak hanya memerlukan data atau biaya data untuk akses internet saja.

Berikut beberapa hal yang bisa anda coba untuk menghasilkan uang gratis serta tanpa modal dengan memanfaatkan internet.

1. Menjadi Penulis Konten

Jika Anda menyukai menulis terutama jenis tulisan untuk keperluan konten pada website dan blog sejenis tutorial, tips, maupun yang lainnya. Maka mencoba cara ini adalah langkah yang tepat.

Menjadi penulis konten adalah benar-benar gratis karena anda menjual keahlian anda sendiri. Hal tersebut tentu tidak ada modal yang perlu dipersiapkan. Kecuali kemantapan diri dan rasa percaya diri saja.

Untuk mendapatkan uang dengan menjadi penulis konten. Maka Anda perlu melakukan promosi ke beberapa grup online dan menawarkan jasa menulis kepada mereka 'blogger' atau pemilik situs web mengenai jasa dan harga yang anda tawarkan. Ini adalah langkah promosi gratis yakni memanfaatkan media sosial.

Namun, jika itu masih terasa sulit. Maka Anda bisa mencoba untuk menjadi penulis konten pada beberapa situs online yang menerima pendaftaran penulis konten dan membayar mereka dari tulisan-tulisan yang mereka buat.

Untuk itu anda mungkin perlu membaca ulasan kami di bawah ini:

Baca: Cara Mendapatkan Uang dari Menulis di Tulisancku.Co.Id

Jenis konten yang dapat anda tulis beragam baik itu menulis atau mengirim cerpen, puisi, artikel tips, tutorial dan masih banyak lagi. Termasuk juga tulisan opini.

Baca Juga:

2. Memanfaatkan YouTube

Platform YouTube adalah salah satu industri kreatif yang gratis dan terbuka untuk siapa saja membuat akun dan mengupload video. Tidak hanya itu, jika pemanfaatan YouTube diarahkan secara kreatif untuk menyajikan video-video unik yang mendatangkan banyak penonton. Maka hal tersebut bisa menjadi sumber penghasilan.

Sumber penghasilan tersebut didapatkan dari sponsor yang menayangkan iklan mereka memanfaatkan layanan periklanan dari PPC Google Adsense. Sehingga setiap video YouTube yang lolos menjadi mitra kerjasama Google Adsense mereka akan mendapatkan penghasilan dengan cara ini.

Sementara itu, pendapatan lain yang bisa didapatkan adalah ketika video yang dibuat mendapatkan sponsor langsung dari pihak pengiklan tanpa perantara google adsense. Yakni endorsement.

Namun perlu diingat sesuatu yang ada harganya tentu ada nilai dan kualitasnya. Untuk mencapai hal tersebut anda perlu memiliki kanal youtube yang sudah cukup populer ditandai dengan ribuan atau jutaan subscriber (pengikut) di YouTube.

3. Memanfaatkan Instagram

Dengan instagram anda juga bisa memperoleh penghasilan tanpa modal dari internet. Anda hanya perlu membuka jasa anda menerima tawaran kerjasama pengiklan (endorsement) untuk mendapatkan bayaran.

Tentu saja karena pihak pengiklan tidak ingin merasa rugi maka semuanya kembali kepada asasnya 'ada nilai ada harganya'.

Artinya konten instagram / akun instagram anda setidaknya memiliki jumlah pengikut yang besar diantara ribuan atau puluhan ribu.

Umumnya ada dua cara mendapatkan uang dengan memanfaatkan instagram.

Pertama, anda akan ditawarkan langsung oleh pihak pengiklan dan kedua, anda perlu mendaftarkan akun anda ke layanan platform influencer marketing lalu menerima tawaran task instagram yang sesuai dan mengerjakan task tersebut untuk mendapatkan bayaran.

Beberapa platform influencer marketing yang bisa anda coba seperti:

1. Sosiago
2. AllStars

Diantara kedua platform di atas yang paling direkomendasikan mungkin adalah AllStars. Karena platform tersebut lebih sering menyediakan task untuk instagram. Sementara Sosiago task instagram tidak terlalu sering kecuali task untuk post blogger akan lebih direkomendasikan ke Sosiago.

4. Memanfaatkan Blog (Blogging)

Membuat blog itu gratis kalau blog yang dibuat menggunakan platform blogger.com dengan ekstensi situs blog akan menjadi seperti: 'blogsaya.blogspot.com'.

Meski gratis dan subdomain nya juga gratis blog dengan blogspot dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Terutama dan mungkin hanya satu-satunya yakni melalui layanan periklanan PPC Google Adsense seperti YouTube.

Bedanya konten YouTube adalah Video dan konten blog adalah artikel.

Kenapa saya mengatakan bahwa sumber pendapatan utama blog dan satu-satunya mungkin hanya google adsense dikarenakan hanya google adsense saja yang bisa digunakan untuk memonetisasi blogspot dengan iklan.

Sementara jika berharap dari sumber lain seperti endorsement akan lebih sulit. Karena pihak pengiklan biasanya mengincar situs-situs blog yang sudah menggunakan domain premium. Seperti: 'blogsaya.com' tidak lagi menggunakan blogspot.

Begitupun jika ingin mendaftar ke Sosiago Influencer Marketing untuk mendapatkan task posting artikel dan mendapatkan bayaran pengiklan biasanya mematok syarat blog sudah menggunakan domain premium. Yakni domain yang berdiri sendiri tidak bergantung pada blogspot.com lagi.

Baca Juga:

Langkah lain yang mungkin bisa dicoba untuk mendapatkan uang melalui blog gratis adalah menawarkan jasa atau keahlian seperti: desain vector, jasa buat desain undangan, dan masih banyak lagi yang dapat dieksekusi tanpa mengeluarkan modal.

Baca juga:

5. Isi Survey Berbayar

Isi survey berbayar bisa dibilang merupakan cara yang benar-benar gratis dan tanpa modal untuk mendapatkan uang di internet. Yang perlu anda kerjakan hanyalah mendaftar akun pada layanan survey berbayar menggunakan email aktif.

Lalu anda akan mendapatkan kiriman survey via email untuk dikerjakan dan mengumpulkan poin. Setelah poin cukup. Poin tersebut dapat ditukarkan menjadi uang atau hadiah menarik lainnya.

survey online yougov

Salah satu survey online berbayar yang mungkin bisa matahaya rekomendasikan adalah YouGov.

Mengisi survey di yougov sangat mudah bahkan hampir setiap hari anda bisa mendapatkan survey baru untuk dikerjakan.

Bila poin dari mengisi survey sudah terkumpul sekitar 5000 poin dapat langsung ditukarkan dengan 25 dollar singapura yang dikirim ke paypal dan dapat dikonversi ke rupiah apabila ditransfer ke rekening bank melalui paypal.

Baca: Cara Daftar Paypal Indonesia Tanpa Kartu Kredit


Demikian, mungkin sekian dulu ulasan matahaya mengenai cara mendapatkan uang gratis tanpa modal di internet. Semoga beberapa ulasan di atas dapat bermanfaat untuk teman pembaca.

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.