Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Supaya Diterima Add Site Review Adsense

Syarat Supaya Diterima Add Site Review Adsense

Agar bisa diterima add site review google adsense maka blog yang akan kita daftarkan sebaiknya telah memenuhi syarat dasar oleh google adsense. Syarat-syarat pengajuan add site review adsense agar mudah diterima tidak hanya berdasarkan pada kualitas konten blog saja. Banyak hal yang perlu dilakukan sehingga pengajuan yang kita lakukan bisa diterima.

Oleh karena itu, ulasan matahaya kali ini, akan mengulas beberapa pengalaman yang pernah dilakukan saat melakukan pengajuan google adsense serta beberapa tips tambahan yang perlu diterapkan sehingga blog memenuhi syarat dan berkesempatan diterima sebagai mitra google adsense.

Supaya Diterima Add Site Review Adsense

Ada beberapa syarat yang sebaiknya kita penuhi terlebih dahulu untuk mengajukan blog ke google adsense. Sebab kebanyakan penolakan pengajuan add site review adsense ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa pertimbangan ini, yang kadang dianggap sepele. Diantaranya adalah:

1. Umur Pemilik Akun Blog

Untuk mengajukan blog sebagai mitra google adsense maka akan dibutuhkan informasi berupa identitas salah satunya adalah KTP. Jika kita menggunakan identitas KTP otomatis minimal telah berusia 18 tahun ke atas.

So, jika pengajuan add site review adsense ini dilakukan menggunakan identitas yang belum memenuhi syarat umur minimal 18 tahun atau belum memiliki KTP. Biasanya akan ditolak.

Solusinya jika usia kita belum mencapai 18 tahun ke atas maka bisa menggunakan identitas orang tua / wali.

2. Umur Blog / Domain / Subdomain

Tidak pasti sebenarnya umur blog harus sudah berapa lama untuk diajukan ke google adsense. Berdasarkan pengalaman, saya pernah mengajukan blog umur 3 tahun ke google adsense namun masih ditolak. Tetapi diterima ketika mengajukan blog baru berumur hampir 6 bulan.

Oleh karena itu, berdasarkan pertimbangan tersebut! Alangkah baiknya blog yang didaftarkan setidaknya sudah memiliki umur beberapa bulan dengan konten blog yang cukup. Dalam 6 bulan sudah tentu akan banyak artikel yang telah Anda buat.

Tips Diterima Add Site Review Adsense

Baiklah sekarang kita akan masuk pada beberapa tips dasar supaya pengajuan add site review google adsense diterima.

1. Baca Kebijakan Program Adsense

Sebagai langkah awal mengetahui kebijakan program google adsense adalah cukup penting. Sebab ini adalah langkah dasar yang perlu blogger atau calon mitra adsense ketahui sebelum mengajukan blog mereka ke google adsense.

Selengkapnya terkait kebijakan program google adsense adsense silakan baca di sini!

2. Hasilkan Banyak Konten Yang Sekiranya Baik

Kita bisa menulis konten apa pun di blog. Namun ketika akan diajukan atau saat melakukan site review adsense perhatikan kelayakan konten blog. Sebaiknya buatlah konten yang menurut Anda cukup berkualitas, informatif, dan benar-benar dibutuhkan pembaca atau pengunjung.

Kalau perlu, lakukanlah riset keywoard untuk menciptakan konten yang banyak dicari pengguna internet. Sebab salah satu faktor penilaian site review adsense adalah kepopuleran konten atau blog memiliki lalu lintas pengunjung yang ramai.

Sangat lebih baik lagi bila konten yang dibuat adalah murni tulisan sendiri atau bukan merupakan konten copy paste yang dapat terdeteksi sebagai duplicate content oleh google sehingga membuat citra blog menjadi buruk.

Kalau pun akan menuliskan konten blog orang lain di blog sendiri. Sebaiknya ditulis ulang dengan gaya penulisan sendiri serta mencantumkan sumber resmi artikel yang ditulis ulang tersebut pada akhir postingan.

Salah satu tips menciptakan konten yang baik dan berkualitas untuk diajukan ke google adsense adalah kelengkapan konten. Jika perlu sertakan informasi tambahan seperti ilustrasi / gambar, serta video untuk melengkapi beberapa informasi penting dalam konten blog Anda.

Meski tidak ada yang bisa memastikan kualitas sebuah konten bermanfaat atau tidak untuk pembaca. Tetap saja, dengan memberikan kelengkapan informasi pada konten kita, tentu hal tersebut akan menghadirkan kesan positif dan seakan-akan artikel tersebut berkualitas meski sebenarnya biasa saja.

3. Lengkapi Informasi Tentang Blog Anda

Informasi tentang blog adalah salah satu faktor pendukung untuk menyertakan informasi pemilik blog dan apa yang dibagikannya dalam blog tersebut. Oleh karena itu, lengkapi informasi tentang blog Anda dengan membuat:

3.1 Membuat Halaman Pendukung

Halaman pendukung yang sebaiknya ada di dalam blog anda adalah halaman: (1) About, bisa berisi informasi tentang blog anda atau diri anda sebagai pengelola / pemilik blog tersebut. (2) Contact, halaman yang dapat digunakan pengunjung untuk menghubungi anda, (3) Privacy Policy, (4) Disclaimer, (5) Daftar Isi blog / Sitemap.

Dalam kasus saya saat mengajukan add site review google adsense! Saya hanya membuat 3 menu halaman pendukung yakni menu: About, Kontak, dan Daftar Isi blog atau sitemap.

Baca Juga: Pengalaman Saya Diterima Google Adsense

3.2 Membuat Menu Navigasi

Halaman pendukung juga bagian dari menu navigasi namun perannya sebagai informasi atau sebagai identitas situs. Menu navigasi lainnya adalah menyertakan beberapa halaman lain di blog yang umumnya dikelompokkan berdasarkan label dan kategori.

Berdasarkan ulasan sugeng.id sangat disarankan untuk tidak memasang menu navigasi yang mengarah ke halaman label atau kategori saat akan mengajukan blog ke google adsense. Sangat dianjurkan untuk membuat menu navigasi pada halaman yang mengarah langsung pada postingan anda.

Nanti setelah diterima google adsense barulah anda boleh menggantinya dengan halaman label / kategori di dalam blog anda.

Meski demikian, salah satu blog yang saya ajukan masih menggunakan menu navigasi yang mengarah pada halaman label / kategori dan itu tidak menjadi masalah.

Sebab berdasarkan pengamatan penulis hal itu akan menjadi masalah ketika halaman label tersebut di crawl / terindex di mesin pencari sehingga mengakibatkan terjadinya duplicate konten pada blog karena halaman label / kategori ikut terindeks di mesin pencari.

Oleh karena itu salah satu tips menghindari hal tersebut adalah memasang tag nofollow pada tautan navigasi yang mengarah ke label untuk memberitahu mesin pencari supaya tidak mengindeks halaman label / kategori pada menu navigasi blog anda.

Sementara solusi lainnya adalah membeli template blog yang sudah dioptimasi secara baik untuk mendukung SEO dan tidak menyebakan duplicate content akibat label dan kategori. Silakan beli template premium untuk blog Anda.

3.3 Pasang Widget Pendukung di Blog

Ada beberapa widget pendukung yang sebaiknya dipasang dalam blog anda. Diantaranya: widget recent post / artikel populer, arsip blog, kategori / label, dan paling utama adalah profil anda (profil yang digunakan untuk mengajukan blog ke adsense). Anda bisa memasang widget profil blogger yang menggunakan nama asli sesuai identitas KTP dan deskripsi singkat tentang Anda.

4. Dapatkan Pengunjung Ke Blog Anda

Tidak mesti harus mendapatkan ribuan atau jutaan pengunjung. Setidaknya blog yang akan diajukan tersebut sebaiknya meski sedikit harus ada pengunjungnya. Tidak perlu pengunjung utama harus dari google. Bisa saja anda memanfaatkan media sosial seperti facebook atau twitter.

Blog saya, yang diajukan ke google adsense saat itu kadang hanya mendapatkan 10 page views perhari dan disetujui.

5. Rutinlah Buat Artikel Baru Selama 7 Hari

Tips terakhir yang mungkin sangat penting adalah ketika sedang masa add site review adsense dilakukan. Sebaiknya targetkan selama 7 hari berturut-turut anda menerbitkan sedikitnya satu artikel baru setiap harinya.

Pengalaman saya saat masuk tahap add site review google adsense. Setiap hari (waktu pagi) saya menerbitkan satu artikel baru. Hingga pada hari ke tiga - ke empat saya menerima email dari google adsense kalau blog saya telah diterima dan sudah bisa menayangkan iklan dari google adsense.

Mengapa ini saya lakukan, sebab menurut beberapa sumber, ini agar blog yang diajukan ke google adsense dianggap sebagai sebuah blog aktif.

6. Gunakan Domain TLD (.COM, .ID) dll.

Saat mengajukan blog ke google adsense. Saya menggunakan blog yang sudah menggunakan domain premium saat itu adalah doman indonesia (.ID) serta merupakan konten personal yang hanya berisi cerita atau catatan harian. 

So, anda juga bisa menerapkan tips ini untuk mengajukan blog ke adsense menggunakan domain yang sudah TLD / berbayar. 

7. Lengkapi Profil Google Adsense Anda

Untuk memenuhi syarat adsense gunakan identitas asli sesuai KTP serta anda sudah harus berumur di atas 18 tahun atau digantikan wali. Oleh karenanya pada informasi profil akun adsense masukan data personal anda dengan lengkap. Nama, alamat, email, dan tanggal lahir anda.

Jika tidak melengkapi informasi tambahan ini maka pengajuan akun adsense anda biasanya tidak akan divalidasi.

Penyebab Add Site Review Adsense Ditolak

Ada banyak penyebab mengapa pengajuan add site review adsense ditolak. Paling umum adalah konten blog tidak memadai. Sementara itu, berdasarkan banyak keluhan blogger yang mengajukan blog ke google adsense paling sering ditolak karena:

1. Domain Blog Tidak Dapat Ditemukan

Domain blog tidak ditemukan paling sering terjadi karena blogger mengajukan pendaftaran ke google adsense menggunakan nama domain yang tidak diaktifkan atau tidak terhubung dengan hosting. Baik hosting sendiri maupun hosting gratis seperti dari blogger.com.

Penyebab-penyebab tersebut seperti:

1.1 Mengajukan domain blog tanpa 'www'

Saya pernah menemukan salah satu keluhan blogger menanyakan masalah ditolak add site review google adsense karena situs tidak ditemukan. Usut punya usut dia mengajukan nama domain blog yang tidak diaktifkan.

Yakni ia mengajukan domain 'https://namadomain.com' tetapi alamat tersebut tidak diaktifkan atau tidak dialihkan otomatis dari non www ke www pada subdomain blognya yang aktif menggunakan 'www' di 'www.namadomain.com'

Masalah ini sebenarnya dapat diatasi dengan membuat pengalihan otomatis dari tanpa www ke menggunakan www.

Jika menggunakan blogger saat melakukan custom domain pastikan anda mencentang redirect non www ke www seperti gambar di atas.

1.2 Menggunakan https://namasitusblogspot.com

Sebenarnya daftar google adsense menggunakan blogspot itu bisa saja. Tapi yang fatal adalah ketika yang tadinya alamat situs blognya adalah https://namasitus.blogspot.com didaftarkan langsung melalui google adsense dengan memasukkan domain https://namasitusblogspot.com.

Ini jelas keliru, meski domain https://namasitusblogspot.com tersebut diajukan maka akan terjadi penolakan dikarenakan situs tersebut tidak ditemukan karena alamat tersebut hanya ditemukan apabila diakses melalui: https://namasitus.blogspot.com ada tanda 'titik' atau (dot) sebelum blogspot.com.

Kesalahan ini terjadi karena memaksakan pengajuan adsense langsung melalui dashboard google adsense. Padahal bagi blog yang menggunakan platform blogger dan masih menggunakan subdomain gratis (blogspot.com) maka untuk mengajukan blog ke google adsense dapat dilakukan langsung dari blogger dengan mengaktifkan menu penghasilan.

2. Ditolak Google Adsense Karena Situs Belum Siap

Jika ditolak oleh google adsense dengan pernyataan bahwa situs belum siap ini artinya kemungkinan besar saat blog direview,kita melakukan perombakan besar-besaran pada blog seperti sering melakukan pergantian template atau sering mengubah struktur dan desain blog.

Untuk menghindarinya pastikan tidak ada lagi yang perlu anda ubah saat blog sedang diajukan add site review adsense sampai akhinrya kita menerima email add site review adsense kita ditolak atau diterima.

Demikian, informasi yang bisa matahaya bagikan syarat diterima add site review adsense, semoga bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Syarat Supaya Diterima Add Site Review Adsense"

Berlangganan via Email