ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Kekeliruan di dalam berbahasa indonesia yang baik dan benar memang seringkali terjadi. Baik di dalam bahasa lisan maupun dalam bahasa tulis. Seperti halnya kekeliruan penulisan kata merubah dan mempesona.

kekeliruan penulisan kata merubah dan mempesona

Agak sulit memang bagaimana mengetahui bahwa bahasa yang kita gunakan sebenarnya keliru dan ternyata tidak sesuai dengan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia).

Tetapi sebagai anak muda yang mencintai bahasa Indonesia. Kita mungkin patut mengetahui bagaimana menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, sopan dan beretika serta yang terpenting adalah mengetahui kekeliruan atau kesalahan berbahasa yang dilakukan.
Lebih-lebih kekeliruan di dalam bahasa tulis.


Postingan berikut, bukan ingin menyampaikan rasa sok dan paling tahu oleh penulis. Melainkan hanya sebuah referensi sederhana untuk mengetahui kekeliruan penggunaan kata merubah dan mempesona di dalam Bahasa Indonesia yang selama ini sudah dianggap tabu oleh banyak orang.


Kekeliruan Penulisan Kata Merubah dan Mempesona


Kekeliruan penggunaan kata merubah dan mempesona sudah dianggap biasa. Sehingga kata ini seringkali dianggap tidak mengapa untuk digunakan. Toh, dalam penggunaannya sifat kata tersebut mampu bersifat komunikatif dan banyak digunakan di dalam percakapan maupun bahasa tulis.

Sebenarnya jika hanya mengarah kepada sifat kata yang masih bersifat komunikatif untuk digunakan memang tidak menjadi masalah.

Hanya saja jika mengacu kepada KBBI atau Pedoman berbahasa Indonesia yang baik dan benar sudah tentu mengetahui penggunaan kata yang benar dan baku adalah bentuk kepedulian dan kecintaan kita terhadap bahasa Indonesia itu sendiri.

Olah karenanya berikut akan diulas kata baku merubah maupun mempesona yang sebaiknya anda gunakan di dalam berbahasa Indonesia lisan maupun tertulis.


1. Mana yang Benar Merubah atau Mengubah?


Anda mungkin sering dilema terhadap kedua kata ini. Sebenarnya mana yang mestinya digunakan dan sesuai tuntunan KBBI?

Merubah atau kah mengubah yang benar?

Sebenarnya jika dilihat sepintas lalu kata 'merubah' berasal dari kata dasar 'ubah' yang mendapatkan imbuhan atau awalan 'Me'

Namun ketika imbuhan 'me' + 'ubah' menjadi 'merubah' maka disana sebenarnya telah terjadi kekeliruan. Sebab seharusnya yang terjadi ketika kata 'ubah' mendapatkan awalan 'me' adalah menjadi 'mengubah'

Mengapa demikian?

Di dalam bahasa Indonesia kita tidak menemukan awalan 'mer' melainkan 'me' dan 'meng' sehingga 'me' + 'ubah' menjadi 'merubah' dapat kita sebut sebagai penulisan kata tidak baku dari kata 'mengubah'

Ada metode sederhana untuk menyelesaikan permasalahan ini. Yakni dengan membuat tabel perbandingan terhadap kata dalam bahasa Indonesia yang memiliki awalan kata bervokal 'U' seperti kata 'ubah'.

Setelahnya silakan tambahkan awalan 'me' dan perhatikan apa perubahan yang terjadi terhadap kata tersebut. Sebagai contoh anda mungkin bisa melihat tabel gambar di bawah ini.

kekeliruan penulisan kata merubah dan mempesona

Anda bisa mengumpulkan beberapa kata dasar dengan awalan bervokal 'U' lalu melakukan pengujian kata dengan menambahkan awalan 'me' seraya memperhatikan bagaimana bentuk perubahannya.

Dengan cara yang sederhana seperti ini, kita bisa mengidentifikasi kata dan perubahannya. Sehingga bisa memutuskan bahwa penggunaan kata 'merubah' adalah bentuk tidak baku karena tidak sesuai dengan kaidah di dalam bahasa Indonesia.


2. Mana yang Benar Mempesona dan Memesona?


Sekarang bagaimana dengan kedua kata ini. Mempesona atau kah Memesona!

Sebenarnya mana bentuk baku dan tidak baku pada ke dua kata tersebut?

Masih sama seperti di atas! Kata mempesona juga berasal dari kata dasar 'pesona' yang mendapatkan awalan 'me'.

Namun yang membedakannya adalah pada kata 'mempesona' huruf 'p' tidak mengalami peluluhan seperti pada kata dasar lainnya yang mendapatkan awalan 'me' akan mengalami peluluhan pada awalan kata dasar berkonsonan 'p'.

Seperti pada perubahan kata: 'me' + 'pukul' menjadi 'memukul' dan bukan 'mempukul'.

Banyak yang menganggap bahwa penggunaan kata 'mempesona' itu sudah sesuai kaidah Bahasa Indonesia. Padahal nyatanya bila ingin mengikuti kaidah bahasa indonesia yang benar maka penggunaan kata 'memesona' lah yang lebih tepat.

Untuk melakukan pengujian. Anda bisa mencobanya pada kata dasar lain yang memiliki awalan berkonsonan 'p' lalu ditambahkan imbuhan 'me' lalu lihat bagaiamana perubahannya.

Kekeliruan Penulisan Kata Merubah dan Mempesona

Agak sulit memang untuk menentukan kekeliruan terhadap penggunaan kata baku maupun tidak baku.


Namun dengan sedikit usaha, seperti membuka KBBI dan melakukan uji kata secara sederhana kita dapat mengelompokkan penggunaan kata yang sebaiknya digunakan di dalam bahasa tulis maupun bahasa lisan.

Demikian ulasan matahaya.com kali ini mengenai kekeliruan penulisan kata merubah dan mempesona.

Lakukan pengecekan melalui kbbi.web.id. Semoga bermanfaat...

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.