ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Cara Mereview Buku – Menulis atau membuat review buku dilakukan sebagai langkah awal mendokumentasikan hasil bacaan sebagai catatan pribadi yang suatu waktu dapat dibaca kembali.

Manfaatnya sangat banyak, salah satunya adalah kita bisa kembali untuk melihat intisari-intisari buku yang sudah pernah dibaca sebelumnya bila kapasitas otak yang terbatas ini sudah mulai memudar.

Walau demikian manfaat utama dari review buku adalah untuk membantu orang-orang yang sedang bingung memilih buku bacaan yang baik bagi dirinya. Sehingga suatu waktu calon pembaca akan mendapatkan informasi bermanfaat seperti kesan dari sebuah buku, hal-hal yang menarik dari buku tersebut dan masih banyak lagi.

cara mereview buku

Berdasarkan hal tersebut maka penulisan review buku sebaiknya menyajikan ulasan yang memberikan penjelasan lengkap serta sesuai dengan kebutuhan calon pembaca. Beritahu mereka manfaat yang akan didapatkannya dan mengapa penting membeli buku tersebut sebagai teman baca mereka.

Bagi penjual buku yang direview buku-bukunya tentu sangat mengharapkan penulisan review buku yang berkualitas dan memberikan ketertarikan kepada pembaca sehingga buku-buku mereka mendapatkan penjualan yang bagus. Sementara sebagai seorang reviewer ini akan menjadi sumber income melalui jasa mereview buku untuk tujuan komersil.

Selain itu kegiatan menulis review buku ini akan menjadi sumber income bagi penulis dengan membagikan tulisan-tulisan review atau resensi mereka ke beberapa media online yang menerima rubrik tulisan 'resensi / review buku' seperti di media online basabasi.

Baca juga: Cara Mendapatkan Honor dari Menulis Puisi di BasaBasi.co

Berikut ini, dirangkum dari berbagai sumber inilah langkah-langkah review buku yang dapat anda lakukan untuk mereview buku pertama anda.

Cara Mereview Buku


1. Mulailah untuk Melihat Buku Secara Menyeluruh

Pada langkah awal ini sebelum menulis review buku sebaiknya anda perhatikan buku yang akan direview secara menyeluruh. Sebaiknya jangan langsung membaca buku tersebut. Lihat dulu buku dari sampul / desain ilustrasi covernya. Perhatikan apakah terdapat iklan atau promosi di dalamnya atau tidak?

Buka juga tiap lembaran buku, namun jangan langsung membacanya. Lihat bagaimana tipografi atau penampilan isi buku apakah rapi dan disusun untuk enak dibaca atau seperti apa? Kebanyakan pembaca akan menilai sesuatu dari yang terlihat jika sampulnya menarik dan unik hal tersebut akan menjadi salah satu yang mungkin menarik sebagai kesan anda dan informasi kepada pembaca lain.

Dengan membangun kesan pertama dalam review buku yang anda lakukan secara tidak langsung review buku yang anda lakukan akan jadi lebih menarik.

2. Berikan Gambaran Terkait Identitas Buku

Memberikan gambaran terkait identitas buku merupakan satu faktor penting dalam mereview sebuah buku. Anda bisa menggambarkan identitas buku yang paling standar kepada pembaca dengan memberikan informasi tentang penerbit buku, bagaimana cara dan dimana anda mendapatkan buku tersebut, berapa harganya, nomor ISBN, genre, termasuk siapa penulis buku tersebut.

Anda juga bisa menambahkan kutipan menarik berdasarkan ulasan tokoh yang umumnya terdapat di sampul buku jika hal tersebut anda anggap cukup menarik.

Setelahnya silakan berikan gambaran singkat terhadap isi buku tersebut. Namun poin yang harus selalu anda ingat adalah menghindari penyajian informasi spoiler apalagi tentang plot twist yang terdapat dalam buku dan menceritakan endingnya.

Hal tersebut akan menghilangkan keinginan atau rasa ingin tahu pembaca terhadap buku yang anda review. Jadi, biarkan pembaca mengetahui intisari dari buku tersebut sehingga membangkitkan rasa penasaran mereka.

3. Buatlah Kerangka Catatan

Membuat kerangka catatan untuk review buku akan membantu anda dalam penulisan review buku yang lebih baik. Meski kerangka catatan ini tidak akan dimasukkan ke dalam review. Nyatanya ini sangat bermanfaat untuk memberikan anda panduan dalam menulis review buku yang teratur atau lebih terstruktur.

Anda bisa memulainya dari hal yang sederhana misalnya di dalam jumlah bab / chapter kita mencatat setiap poin-poin penting yang mungkin akan dimasukkan ke dalam review. Lalu terus dilanjutkan untuk mendapatkan banyak informasi tentang isi buku tersebut, manfaat dan kesan yang didapatkan termasuk tokoh-tokoh buku bila ada, bagaimana karakter mereka dan masih banyak lagi.

Dengan membuat kerangka catatan ini akan membantu anda untuk menyimpulkan isi dan tujuan buku tersebut yang dapat melengkapi review buku anda untuk menjadi lebih baik dan informatif untuk pembaca.

4. Membuat Daftar Pertanyaan Pembantu

Sesuai namanya daftar pertanyaan pembantu ini akan membantu anda untuk mengidentifikasi isi buku berdasarkan kesan umum yang ingin anda ketahui termasuk mungkin ingin diketahui pembaca. Dengan membuat daftar pertanyaan anda akan mampu menyajikan review yang lebih lengkap.

Daftar-daftar pertanyaan tersebut misalnya:

  1. Buku tersebut bercerita tentang apa?
  2. Bagaimana penulis bercerita dalam buku tersebut?
  3. Bagaimana alur ceritanya?
  4. Hal apa yang paling berkesan dari buku tersebut?
  5. Siapakah tokoh yang anda suka / benci? Berikan alasannya!
  6. Apa pesan moral yang anda temukan dalam buku tersebut?
  7. Apalah setelah membaca buku tersebut anda akan mencari buku lain dari penulis yang sama?
  8. Apakah harga buku tersebut sesuai dengan apa yang kamu dapatkan ketika membaca buku tersebut?
  9. Dan masih banyak lagi daftar pertanyaan pembantu review yang bisa anda buat.

Dengan membuat daftar pertanyaan pembantu tersebut anda dapat memfokuskan hal-hal apa saja yang anda dapatkan ketika membaca buku tersebut dan mungkin saja akan menjadi informasi tambahan untuk melengkapi review buku yang sedang anda lakukan.

Sebisa mungkin anda bisa menjawab daftar pertanyaan pembantu tersebut setelah menyelesaikan kegiatan membaca buku yang akan anda review tersebut.

5. Buatlah Kesimpulan Tentang Buku Tersebut

Kesimpulan tentang buku yang anda review bisa dideskripsikan dalam beberapa kalimat saja. Dilanjutkan dengan penilaian anda terhadap buku tersebut apakah layak dibaca atau seperti apa? Berikan kesimpulan dan penilaian yang jujur juga sertakan alasan anda.

Hal tersebut akan membantu pembaca untuk memutuskan akan membeli buku yang sudah anda review tersebut atau tidak. Berikan juga review bintang akan kesan anda terhadap buku tersebut baik dimulai dari 1 - 5 bintang atau 1 - 10 bintang sesuai indikator penilaian yang anda inginkan.

6. Rekomendasikan Buku Sesuai Kebutuhan Pembaca

Sebisa mungkin anda merekomendasikan buku yang sudah direview tersebut berdasarkan genre dan kira-kira cocok untuk siapa dan kalangan mana saja. Apakah untuk orang tua, anak-anak, remaja, dll. Dengan begitu review anda akan memberikan gambaran kepada pembaca apakah buku tersebut cocok untuk mereka atau tidak.

7. Periksa / Revisi Kembali

Langkah terakhir silakan untuk memeriksa review buku yang sudah anda tulis tersebut. Periksa apakah review anda sudah menjelaskan aspek-aspek penting di dalam buku tersebut? Siapa target pembaca anda dan lain-lain. Edit review buku yang sudah anda tulis lalu selesai.

Selain ke tujuh langkah-langkah di atas saat mereview buku! Ada lagi satu tips penting yang sebaiknya juga anda lakukan. Terutama bagi penulis review buku pemula.

Tips penting tersebut diantaranya:

8. Membaca Buku Yang Sudah Pernah Direview Seseorang

Untuk mereview buku sudah tentu hal penting yang harus dilakukan reviewer adalah membaca dan memahami isi buku lalu menuliskan review / kesan yang mereka dapatkan. Tapi langkah ini umumnya dilakukan bagi mereka yang sudah terbiasa menulis review buku.

Oleh karena itu bagi seorang yang masih pemula membaca buku yang sudah direview seseorang akan membantu mereka menilai sendiri apa yang mereka dapatkan di dalam buku yang dibacanya lalu membandingkannya dengan review yang telah ditulis seseorang.

Langkah ini adalah tips sederhana bagi penulis review buku pemula untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai cara mereview buku berdasarkan apa yang ditemukannya pada tulisan review orang lain.

Demikian, semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.