ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Jika Anda sedang mencari cara mendapatkan uang dari menulis cerpen. Maka ini mungkin akan menjawab keingintahuan Anda tersebut. Menulis cerita yang menghasilkan uang saat ini dapat dilakukan di mana saja.

Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Cerpen

Telah banyak media-media online yang menjembatani penulis untuk menerbitkan karya-karya mereka lalu mendapatkan uang atau penghasilan.

Orang bilang beda zaman beda juga progresnya. Jika dahulu menulis cerpen maupun cerita dapat dikirimkan pada berbagai media cetak seperti koran dan majalah! saat ini hal tersebut tampaknya mulai tergantikan dengan perkembangan media digital yang ditandai dengan adanya berbagai media online dan platform menulis online seperti wattpad, storial, dan sejenisnya.

Baca Juga: Cara Agar Mendapat Uang dari Menulis di Wattpad

Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Cerpen

Mendapatkan uang dari menulis cerpen saat ini bisa ditempuh dengan 5 cara berikut:

1. Kirim Cerpen Milikmu ke Majalah dan Koran

Mendapatkan uang dari menulis cerpen dengan cara pertama ini adalah langkah umum yang biasanya dilakukan oleh banyak penulis cerpen. Saat ini format media-media tersebut mungkin sudah ada yang berubah bentuk menjadi media digital. Meski demikian sebagian dari media-media tersebut masih menerima kiriman cerpen dari para cerpenis untuk pembaca mereka.

Honor menulis dengan cara ini cenderung baik terutama jika cerpen yang ditulis tersebut diterima dan dipublikasikan oleh media-media besar seperti kompas, media Indonesia, dll.

Untuk tahap ini Anda bisa mencari email redaksi media majalah dan koran tersebut lalu mengirimkan cerpen-cerpenmu melalui surel.

Selain itu, jika di daerah Anda terdapat koran lokal yang memiliki rubrik cerpen minggu cobalah untuk mencari informasi. Sebab kemungkinan besar koran-koran daerah menerima kiriman cerpen untuk setiap penulis dan memberikan honor kepada mereka bila cerpen yang dikirimkan berhasil dimuat.

Langkah ini tidak hanya berlaku bagi koran daerah di kota Anda. Anda juga bisa mengirim ke koran-koran di daerah lain. Selama alamat email redaksi untuk rubrik cerpen ada di tangan Anda.

So, mari mencari uang dari menulis cerpen yang dikirimkan pada media koran dan majalah di Indonesia.

Baca Juga: Tulis Cerpen Online Dapat Uang? Kirim ke 8 Situs ini

2. Kirim Cerpen Anda Ke Situs Web Penerima Rubrik Cerpen

Salah satu situs web yang memiliki rubrik cerpen dan menerima kiriman cerpen serta memberikan honor apabila cerpen-cerpen tersebut berhasil dimuat adalah “basabasi.co”.

Situs Web ini menyajikan banyak jenis tulisan seperti esai, resensi, kumpulan puisi, termasuk cerpen dan membuka peluang bagi penulis untuk mengirimkan karya-karya mereka di sana lalu mendapat uang dari honor menulis bila karyanya berhasil dimuat atau dipublikasikan di basabasi.co.

Baca Juga: Keuntungan Menulis di Wattpad

3. Tulis Cerpen Pada Platform Menulis Online

Salah satu platform menulis online yang cocok bagi penulis novel atau penulis cerpen untuk menerbitkan secara mandiri karya-karya mereka secara digital adalah storial.co.

Melalui storial.co karya-karya Anda cerpen maupun novel dapat dimonetisasi sehingga Anda sebagai menulis akan mendapatkan storial royalty apabila mendapatkan kunjungan pembaca premium di storial.

Fitur monetisasi terbaru pada platform storial ini disebut sebagai storial premium chapter sehingga setiap karya yang masuk ke dalam kategori premium chapter secara otomatis akan memberikan benefit kepada penulisnya. Lihat: Fitur Berbayar Storial!

Baca Juga: 9 Situs Online Tempat Kirim Cerpen Online Dapat Uang

4. Membuat Buku Kumpulan Cerpen

Setiap cerpen yang Anda kirimkan ke media cetak biasanya hak cipta atas sebuah karya tersebut berada di tangan penulisnya. Mengingat hal tersebut karya-karya Anda yang mungkin sudah dimuat di beberapa media bisa kembali dibukukan menjadi kumpulan cerpen baik melalui self-publish maupun menggandeng penerbit.

Khusus untuk menggandeng penerbit saat ini terdapat banyak sekali penerbit-penerbit indie yang menerima naskah untuk dibukukan.

Di penerbit indie setiap naskah yang dikirimkan pasti akan dibukukan selama penulis memenuhi ketentuan yang ditetapkan penerbit indie seperti membayar biaya penerbitan ISBN, biaya revisi, layout, dll. Kemudian buku dipublikasi secara profesional dalam bentuk cetak dan digital.

Setiap buku yang sudah dipublikasikan: cetak maupun digital tersebut dapat dipromosikan sendiri oleh penulis atau penerbit indie yang bersangkutan. Untuk kemudian penulisnya akan mendapatkan royalty bila ada buku yang terjual seusai kesepakatan bersama antara penulis dan pihak penerbit indie.

5. Muat Cerpen di Blog yang Di-monetize

Alternatif lain untuk mendapatkan uang dari menulis cerpen adalah dengan mengandalkan usaha sendiri melalui penerbitan cerpen pada blog personal yang di-monetize.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Profesional di Blogger.com

Penghasilan menulis cerpen pada blog yang di-monetize bersumber dari iklan yang tayang di dalam konten blog.

Tantangan terbesar untuk menghasilkan uang dari menulis cerpen pada cara ini adalah Anda selaku penulis perlu memiliki sebuah blog yang sudah di-monetize oleh layanan PPC seperti google adsense maupun mgid.

Baca juga: Cara Saya Diterima Publisher Google Adsense Full Approved

Dengan memiliki sebuah blog yang telah di-monetize dengan iklan. Maka Anda selaku penulis cerpen dapat membagikan cerpen-cerpen digitalmu secara online dan gratis kepada pembaca. Lalu mengumpulkan penghasilan melalui earning iklan yang tayang di blog.

Demikian, cara mendapatkan uang dari menulis cerpen yang mungkin layak untuk dicoba! Semoga bermanfaat...

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.