ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Cara Membuat Website - Saat ini telah tersedia jutaan ulasan terkait cara membuat website yang bertebaran di internet. Oleh karenanya setiap orang meski tak memiliki keahlian coding mampu membuat website nya sendiri secara mudah dan dalam beberapa langkah praktis.

cara membuat website

Memiliki sebuah situs web sudah menjadi suatu kebutuhan umum di zaman seperti sekarang. Banyak orang di berbagai belahan dunia telah memanfaatkan website sebagai media mereka untuk mengembangkan bisnis, membangun sebuah marketplace, toko online dan lain sebagainya.

Seiring dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi yang semakin pesat seperti sekarang. Kini setiap orang mampu membuat website mereka sendiri baik secara gratis maupun berbayar.

Tidak hanya itu, bahkan untuk kalangan pemula sekalipun dengan adanya berbagai platform blog dan CMS open source memungkinkan setiap orang dapat membuat website mereka secara mandiri, mudah dan praktis.

Ini dikarenakan, komunitas online yang berkembang telah memberikan akses informasi yang cukup banyak sehingga referensi apapun yang dibutuhkan oleh seorang pemula mengenai cara membuat website dapat dengan mudah didapatkan di internet.

Bagi pembaca yang tertarik untuk membuat website nya sendiri terlepas dari tujuan utama pembuatan website yang diinginkan. Entah untuk tujuan bisnis seperti membangun toko online atau sebagai website pribadi untuk menyalurkan hobi menulis dan berbagi informasi. Mungkin ulasan berikut ini akan sedikit membantu keingintahuan Anda tersebut.

Cara Membuat Website dalam 5 Langkah Praktis


1. Tentukan Ide dan Topik Website Anda

Sebagai langkah awal sebelum membuat website. Kita perlu menentukan Ide dan Topik website yang akan dibuat nantinya. Penentuan ide dan topik cukup penting ditentukan di awal-awal pembuatan website sebagai langkah antisipasi sehingga kita tidak bingung nantinya setelah website berhasil dibuat.

Topik sebuah website bisa saja beragam. Hal ini bisa jadi dipengaruhi oleh minat atau keahlian yang dimiliki oleh pemiliknya.

Anda dapat dengan bebas menentukan ide dan topik website sesuai keahlian atau berdasarkan hal-hal yang ingin Anda tempatkan di dalam website anda nantinya.

Sebagai referensi tipe-tipe website bisa berupa situs e-commerce (toko online), website edukasi untuk membagikan informasi pendidikan atau website sekolah, website berita, blog, maupun portofolio untuk mengenalkan bisnis atau jasa dan keahlian Anda kepada pengunjung atau calon pelanggan.

2. Tentukan Platform Website yang Akan Digunakan

Saat ini ada banyak sekali platform gratis dan open source yang bisa Anda gunakan untuk membangun atau membuat website Anda secara mudah, gratis maupun berbayar. Diantaranya wordpress, Drupal, Joomla, Weebly, blogger dan masih banyak lagi.

Namun yang paling banyak digunakan untuk membuat website profesional adalah wordpress dan disusul blogger sebagai platform blog gratis terutama untuk membuat situs web berupa blog profesional.

Wordpress sendiri sebenarnya adalah CMS Website open source yang bisa didapatkan secara gratis. Hanya saja, untuk membuat website dari CMS Wordpress pengguna perlu menyewa hosting dan domain sehingga website bisa disimpan secara online dan supaya dapat diakses publik.

Jadi, membuat website menggunakan CMS Wordpress dibutuhkan cukup modal untuk melakukan pembayaran hosting dan nama domain. Bukan untuk pembelian CMS Website nya. Sebab, CMS Wordpress nya sendiri gratis dan open source. (Bebas dimodifikasi berdasarkan kebutuhan)

Sementara platform blogger adalah alternatif lain untuk membuat situs web berupa blog yang pengelolaannya gratis dan sama sekali tak mengeluarkan biaya apa-apa, kecuali data untuk akses internet dan biaya pembelian nama domain (jika dibutuhkan).

Baca: 7 Langkah Membuat Blog Profesional di Blogger

3. Siapkan Nama Domain untuk Website

Untuk membuat website profesional menggunakan wordpress maka kita membutuhkan sebuah nama domain. Penyiapan nama domain sangat penting dilakukan mengingat nama domain akan menjadi identitas situs web Anda dan sebagai sebuah branding ke depannya.

Sehingga memilih dan menggunakan nama domain yang tepat adalah hal utama yang perlu dilakukan.

Langkah ini biasanya perlu diterapkan ketika akan membuat website menggunakan wordpress yang di hosting sendiri. Selain itu, umumnya setiap kali melakukan pembelian hosting biasanya di sana sudah include dengan pembelian nama domain. Jadi, dapat dilakukan sekaligus.

Sementara ketika menggunakan blogger.com tahap ini dapat diacuhkan bila hanya akan menggunakan subdomain bawaan blogger yaitu blogspot. Namun jika suatu waktu ingin memiliki nama domain yang profesional, kita masih dapat menggantinya menjadi domain sendiri seperti .com atau .id.

Baca: Cara Membeli Domain di Niagahoster

Ada beberapa tips sederhana yang mungkin dibutuhkan ketika akan melakukan pembelian nama domain. Salah satunya adalah menghindari penggunaan nama domain yang mirip dengan nama brand domain milik orang lain atau perusahaan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti claim hak mengenai branding.

Selengkapnya mengenai tips membeli domain sebaiknya silakan baca ulasan blogger sugeng.id

Baca: 10 Tips Memilih Nama Domain untuk Blog

4. Memilih Hosting yang Sesuai Kebutuhan

Setelah ketiga tahap di atas terpenuhi, satu lagi proses yang tidak kalah penting adalah penentuan hosting yang sesuai kebutuhan. Kebutuhan di sini dimaksudkan bukan hanya terkait pada harga yang murah saja melainkan kualitas sebuah hosting penting juga untuk diperhatikan.

Dalam hal ini, sangat dianjurkan bagi Anda untuk membeli dan menyewa hosting pada situs-situs layanan penyedia web hosting yang sudah teruji dan terpercaya.

Sebaliknya meski sebuah hosting dijual dengan harga mahal jangan terburu-buru melakukan pembelian, sebab terkadang mahal pun bukan penentu sebuah kualitas. Oleh karenanya saya memiliki dua rekomendasi untuk layanan penyewaan hosting dan domain yang mungkin sesuai untuk Anda.

  • Niagahoster.co.id (Gunakan kode kupon “a-WINKAMARU” untuk mendapatkan potongan harga sebesar 5% saat melakukan pembelian hosting di Niagahoster)
  • Exabytes.co.id

Dua layanan penyedia hosting dan domain di atas sudah cukup teruji dan terpercaya. Saya saat ini menggunakan keduanya untuk layanan domain saya.

Langkah ke empat ini, hanya dilakukan apabila Anda ingin membangun website profesional secara mudah menggunakan CMS Wordpress. Sementara bagi yang ingin membuat situs web berbasis blog menggunakan blogegr.com langkah ini dapat diacuhkan.

Sebab, pembuatan web menggunakan blogger tidak memerlukan penyewaan hosting. Kita hanya membutuhkan nama domain khusus bila akan mengganti blogspot dengan nama domain sendiri.

Baca: Cara Mengganti Blogspot Menjadi .COM, .ID, DLL

5. Menginstal Website dan Modifikasi

Setelah berhasil membeli hosting dan domain selanjutnya bagi Anda yang akan membuat website menggunakan wordpress maka Anda perlu melakukan instalasi website wordpress Anda pada hosting yang sudah dibeli dan menghubungkannya dengan nama domain Anda.

Tidak perlu khawatir! Proses penginstalan website berbasis wordpress dapat dilakukan secara mudah dan hanya dalam hitungan beberapa menit saja website Anda langsung jadi.

Bahkan di beberapa layanan penyedia hosting seperti niagahoster dan exabytes Anda dapat melakukan instalasi wordpress secara otomatis.

Setelah website wordpress Anda berhasil dibuat. Selanjutnya tinggal melakukan modifikasi dengan memilih berbagai jenis tema (tampilan website) siap pakai.

Di wordpress tersedia banyak tema siap pakai yang gratis serta ribuan tema premium yang berbayar bila menginginkan kualitas yang lebih baik. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

Bahkan untuk melengkapi kualitas website yang Anda buat tersebut. Tersedia juga banyak plugin wordpress yang bisa membantu website menjadi lebih SEO, cepat diakses, support amp, dan masih banyak lagi.

Baca: Cara Install Wordpress di Localhost (offline)

Sementara bagi yang menggunakan platform blogger.com! Anda tidak perlu melakukan instalasi website. Sebab website di blogger.com sudah dihost langsung oleh google. Perusahaan yang mempopulerkan blogger.com menjadi salah satu platform blog gratis yang memiliki banyak peminat.

Langkah yang perlu Anda lakukan hanyalah memodifikasi tampilan situs web Anda menjadi tampak profesional menggunakan tema / template siap pakai yang telah di-custom oleh banyak blogger mastah saat ini.

Baca: Cara Mengubah Tampilan Blog Jadi Keren dan Menarik (Panduan Blogger.com)

Sebisa mungkin ketika akan memilih tema / template website. Hindari menggunakan tema / template yang dibajak. Sebaiknya jika tema dan template tersebut tersedia secara premium maka lebih baik untuk membelinya langsung pada pembuatnya.

Ini perlu dilakukan! Sebab selain sebagai bentuk penghargaan terhadap hak cipta juga kita akan mendapatkan banyak dukungan atau support dari pembuat tema / template website yang kita gunakan.

Sehingga, jika ada masalah mengenai tema / template yang kita gunakan. Si pembuat template dapat membantu dan mengarahkan kita untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada.

Itulah, langkah-langkah umum yang bisa Anda ikuti untuk membuat website Anda secara mudah meski tidak memahami coding sama sekali.

Demikian! Jika memiliki pertanyaan jangan sungkan untuk berkomentar. Hal tersebut berguna bagi saya ke depannya dalam mengembangkan blog dan konten situs saya supaya dapat bermanfaat bagi kita semua.

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.