ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh: On
Apakah menulis cerita di wattpad bisa menghasilkan uang? jawabannya tentu saja bisa! Saat ini wattpad telah membangun sebuah fitur baru yang disebut wattpad paid stories. Sehingga penulis wattpad bisa mendapatkan uang dari wattpad ketika ada pembaca premium membaca karyanya yang masuk sebagai cerita premium di wattpad.
Apakah Menulis di Wattpad Bisa mendapatkan Uang?
halaman home di wattpad
Diupdate 22 Desember 2019

Menulis cerita di wattpad kini bisa dapat uang? - Saya tidak tahu mengapa banyak orang yang akhir-akhir ini nampaknya mulai mengiprahkan hobi dan aktivitas menulis mereka untuk menghasilkan uang. Beberapa diantaranya adalah seperti mencari informasi mendapatkan uang dari menulis di wattpad.

Padahal, kalau dipikir-pikir menulis adalah sebuah hobi yang dibangun dengan rasa tanggung jawab serta kecintaan terhadap belajar dan literasi. Yah, kira-kira seperti itu.

Menulis bukan hanya soal perkara untuk mendapatkan uang melainkan termasuk salah satu cara belajar dalam mengasah keterampilan berpikir, berimajinasi, menganalisis hingga menyelesaikan masalah.

Hal ini dikarenakan pada prosesnya. Menulis, melewati banyak fase seperti: membaca, menyimak, mengolah serta menyaring informasi, diskusi yang kemudian berakhir dengan menulis.

Ada satu platform menulis yang saat ini sangat digandrungi anak-anak muda terutama para remaja yang memiliki hobi menulis.

Selain itu, platform ini ternyata dibuat khusus untuk menampung para pembaca dan para penulis baik pemula maupun tingkat lanjut supaya dapat membagikan karya dan mendapatkan banyak pembaca melalui platform tersebut.

Wattpad nama platform yang dimaksudkan tersebut umumnya menampung tulisan-tulisan berupa cerita pendek, novel, puisi bahkan beberapa tulisan yang menceritakan pribadi seorang penulisnya.

Sehingga, wattpad menjadi sebuah platform unggul untuk menampung penulis dan pembaca bergabung secara gratis dan saling memberi dukungan terhadap hobi keduanya.

Penulis menjamu yang hobi membaca, pembaca menikmati jamuan penulis. Ke dua hobi tersebut bertemu dalam satu platform wattpad yang dapat diakses via web dan aplikasi di ponsel android.

Sedikit tentang wattpad telah dijelaskan di atas!

Namun, pada beberapa kasus banyak teman-teman yang bertanya bagaimana cara mendapatkan uang di wattpad?

Apakah Menulis di Wattpad bisa Mendapatkan Uang?

Saat ini melalui fitur paid stories penulis cerita bisa memiliki penghasilan hanya jika karyanya masuk ke dalam cerita wattpad premium. Meski demikian cerita berbayar di wattpad saat ini masih bersifat undangan.

Artinya hanya karya-karya tertentu di wattpad yang berkualitas, orisinal, serta memiliki popularitas yang baik atau diminati banyak pembaca yang umumnya akan mendapatkan undangan menjadi cerita wattpad premium dan menghasilkan uang.

Nantinya karya-karya di wattpad akan diseleksi oleh pakar editorial wattpad dalam berbagai genre yang mereka yakini disukai pembaca.

  • Agar cerita wattpad yang anda buat dapat dipromosikan wattpad atau untuk dipertimbangkan menjadi cerita premium. Anda bisa mengirim secara manual cerita anda melalui form google formulir aplikasi promosi cerita wattpad di sini.

Selengkapnya baca: https://www.wattpad.com/paidstories/writers-eng/

Sebelum Diupdate

Jujur, sebelum mengenal dan memahami apa itu wattpad saya juga berpikiran yang sama bahwa menulis di wattpad kita bisa mendapatkan bayaran. Layaknya menulis di UC news, Babe News, Jalantikus, dan beberapa platform lain yang memberikan bayaran untuk setiap penulisnya.

Misalnya saja babe news yang membayar penulisnya per artikel yang terbit mulai 50.000 IDR hingga 100.000 IDR dengan minimal penarikan dana mulai dari 200.000 IDR

Jangan Lewatkan:

Sayang! Kenyataan yang ada bahwa wattpad tidak membayar para penulisnya.

Wattpad memang untuk saat ini tidak membayar penulisnya, namun anda tetap bisa mendapatkan uang dengan menulis di wattpad. Silakan baca ulasan saya di: "Alternatif lain Agar Menulis di Wattpad Bisa Dapat Uang" - Update...

Jadi...
Jika, teman-teman memiliki hobi menulis memang bisa saja memanfaatkan blog. Tetapi pada kondisi tertentu blog umumnya membagi informasi dengan berbagai macam topik.

Sementara wattpad adalah platform yang menampung siapa saja yang hobi menulis cerita fiksi, seperti: cerpen, puisi, dan karya-karya literasi.

Sehingganya minat pembaca dan penulis wattpad dapat dikategorikan peminat dan penikmat karya-karya seni dan sastra.

Satu hal yang menjadi momok menarik menulis di wattpad, teman-teman bisa menulis cerita bersambung yang dapat selalu di-update sesuai jadwal yang ditentukan.

Menulis novel bersambung, menulis kumpulan cerpen, kumpulan puisi, menjadi sangat mudah dengan memanfaatkan platform wattpad.

Di sana juga, teman-teman bisa menambahkan cover tulisan ibarat cover buku yang mewakili isi tulisan teman-teman.

Mengapa itu semua bisa dilakukan?

Hal ini dikarenakan wattpad adalah ibarat platform yang mampu menampung tulisan teman-teman yang dapat dikemas layaknya sebagai sebuah ebook sehingga mudah diakses atau dibaca secara online melalui web browser atau ponsel android.

Tak banyak informasi yang akan saya tulis mengenai wattpad, kesimpulan akhir dari tulisan ini saya hanya ingin menyampaikan bahwa menulis di wattpad kita tidak akan mendapatkan uang atau bayaran.

Wattpad hanya sebuah platform gratis yang menyediakan peluang untuk pembaca dan penulis bertegur sapa secara online melalui tulisan dan bacaan. Sehingga membangun interaksi dan komunitas online dalam membangun hubungan atau perkenalan.

Namun sebagai sebuah informasi seseorang bernama Erisca Febriani dengan tulisannya di wattpad yang terkenal dengan Dear Nathan mendapatkan sebuah keberuntungan. Tulisan-tulisan yang dibuatnya tersebut dilirik oleh salah satu penerbit buku. Tulisannya di wattpad kini telah dibukukan dan telah terbit bahkan difilmkan.


Baca Juga: Dari Penulis Wattpad, Kini Mereka Jadi Penulis Buku Sukses

Jadi, kemungkinan mendapatkan uang dari menulis di wattpad barangkali yang dimaksud orang-orang di luar sana adalah potensi tulisan akan mendapatkan lirikan dari penerbit buku yang ada di indonesia. (Semoga saja bukan isapan jempol yah...)

Informasi ini saya dapatkan dalam satu ulasan oleh salah seorang blogger di artikel blognya. Hanya saja saya sudah lupa nama blog yang sempat saya kunjungi waktu itu. Silakan kamu temukan referensi nya sendiri yah... please googling. Hehehe....

Jika kamu ingin mendapatkan uang dari menulis melalui platform menulis sejenis wattpad, kamu bisa mencoba menuangkan tulisan kamu di Plukme. Lebih lengkap mengenai bagaimana mendapatkan uang dari menulis di Plukme, silakan...

Baca: Plukme: Jadikan Tulisanmu Menghasilkan Uang dari Internet (Review)

Meski tulisan ini sederhana! Semoga bisa memberikan penawar dahaga akan rasa penasaran teman-teman yang sedang ingin mencari cara mendapatkan uang dari menulis cerita di wattpad.

Salam nulis, sukses selalu...

*Jika berkenan, bagi yang telah lama mengenal wattpad. Silakan mengoreksi beberapa pembahasan saya bila terdapat ulasan yang keliru...

2 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

  1. Replies
    1. Terima kasih tanggapannya kawan ONI, iya sama-sama dan semoga berfaedah!

      Delete