ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Persaingan di dunia blogging adalah hal mutlak yang perlu dilakukan blogger atau pelaku IT yang memanfaatkan website untuk menjalankan bisnis online mereka. Blogger salah satunya, melalui blognya tentu berharap situs yang dikelolanya tersebut mampu bersaing di halaman mesin pencari dan mendapatkan pengunjung organik guna mendongkrak perkembangan blognya.

Bisa dibilang usaha-usaha untuk membuat blog mampu bersaing di halaman pencarian dapat dilakukan dengan beragam cara. Salah satunya adalah dengan membangun backlink.

Pengertian dan Manfaat  Backlink Bagi Kelangsungan Blog

Sebuah blog yang memiliki banyak backlink berkualitas akan berpengaruh dalam meningkatkan domain authority blog sehingga hal tersebut sangat baik sebagai upaya meningkatkan popularitas blog di mata mesin pencari.

Bagi Anda yang mungkin membutuhkan supaya blognya mampu bersaing di halaman pencarian: google, bing, yahoo, yandex, dll. Maka mengoptimalkan backlink adalah langkah penting yang perlu diterapkan bagi blog anda.

Pengertian Backlink Secara Umum

Sebagai blogger yang masih pemula. Mungkin saja anda akan bertanya mengenai apa itu backlink? dan bagaimana peranannya dalam mendongkrak popularitas blog di mesin pencari. Jika demikian, semoga ulasan ini akan menjawab keingintahuan anda.

Secara umum kita dapat mengartikan backlink sebagai sebuah link yang berasal dari sumber website lain ke website yang lainnya. Oleh karenanya secara sederhana backlink bisa dibilang sebagai sebuah tautan hidup yang berada dari sumber website satu dan mengarah ke website lain ketika diklik oleh pengunjung.

Karena itu, tidak mengherankan bila backlink saat ini banyak digunakan untuk mengoptimasi blog dengan beragam titik navigasi di internet yang mampu memberitahukan kepada robot mesin pencari mengenai kualitas konten dan jaringan link kepada user atau pengguna internet.

Karena itu, backlink dipercaya sebagai salah satu kebutuhan SEO yang sangat penting untuk meningkatkan popularitas situs di mesin pencari.

Meski demikian, tidak ada cara pasti berapa banyak kualitas sebuah backlink akan memberikan hasil terbaik bagi blog di mesin pencari. Sebab, dalam praktiknya backlink adalah upaya untuk memberikan signal kepada mesin pencari mengenai artikel-artikel terkait dalam topik serupa sehingga artikel-artikel tersebut ikut menjadi prioritas mesin pencari.

Oleh karenanya kebutuhan menciptakan backlink yang benar-benar berkualitas adalah hal utama sehingga memudahkan mesin pencari membaca tautan terkait tersebut dan membangun jaringan yang saling menguntungkan untuk setiap situs.

Berikut istilah-istilah umum mengenai backlink yang mungkin perlu anda ketahui:

1. Link Juice

Ketika sebuah halaman web / halaman postingan blog menautkan sebuah link yang mengarah ke dalam website kita. Misalnya untuk memberikan navigasi halaman dan artikel terkait kepada pengunjung yang mengarah ke blog atau situs anda maka backlink yang demikian disebut sebagai link juice atau sering disebut sebagai inbound link.

Penggunaan link juice dipercaya banyak blogger selain memberikan pengalaman yang ramah bagi pengunjung hal ini juga mampu meningkatkan otoritas domain (DA) sebuah blog atau situs web.

2. Link Nofollow

Sesuai namanya link nofollow adalah sebuah tautan yang berada pada website lain namun tidak memberikan kontribusi apa-apa pada link tersebut. Penggunaan tag nofollow ini akan memberitahukan kepada robot mesin pencari bahwa tautan yang dikaitkan tidak diizinkan untuk di-crawl oleh mesin pencari. Sehingga meski mendapatkan backlink, setiap tautan yang diberi tag nofollow tidak akan berdampak apa-apa di mesin pencari.

Meski demikian, pemanfaatan link nofollow ini juga berguna sebagai titik navigasi yang mungkin saja bisa mendatangkan pengunjung menuju tautan tersebut meski mesin pencari akan mengacuhkan nya untuk menjadi artikel terkait yang diprioritaskan muncul di halaman pencarian.

3. Link Dofollow

Jenis link dofollow adalah kebalikan dari link nofollow. Secara default setiap link yang ditambahkan ke dalam postingan web akan menjadikan link tersebut sebagai link dofollow kecuali mendapatkan tindakan manual oleh user untuk menjadikannya nofollow. Jika link dofollow ini terdapat di dalam website lain.

Maka link tersebut akan dikirimkan kepada mesin pencari untuk ikut mengcrawl tautan tersebut sehingga mendapatkan prioritas serupa dan berpengaruh meningkatkan popularitas link di halaman pencarian.

4. Linking Root Domain

Jenis link ini hanya mengacu pada jumlah backlink yang menuju ke website kita dari nama domain utama yang unik. Bahkan bila sebuat situs lain telah dikaitkan dengan website kita sebanyak apa pun, hal tersebut tetap dianggap sebagai link dari satu root domain saja.

5. Low Quality Link

Sebuah backlink selain datang dari situs-situs yang berkualitas di internet bisa juga berasal dari situs-situs yang tidak berkualitas. Sehingga hal tersebut memberikan link dengan kualitas rendah bagi blog atau situs anda. Oleh karenanya jenis backlink seperti ini perlu dihindari karena akan berdampak buruk bagi blog di mata mesin pencari.

Salah satu langkah untuk mengantisipasi hal ini adalah dengan selalu berhati-hati ketika akan menggunakan jasa backlink yang berada di internet. Pastikan bahwa jasa yang digunakan benar-benar memberikan backlink yang berkualitas bukan malah sebaliknya.

6. Internal Link

Penggunaan jenis link ini biasanya digunakan dalam domain atau pada situs web (blog) yang sama. Misalnya link yang menuju dari halaman satu ke halaman lainnya. Fungsi dari internal link akan merekomendasikan tautan-tautan terkait kepada pengunjung sehingga memudahkan mereka membaca artikel-artikel terkait di dalam blog tersebut.

7. Anchor Text

Sebuah teks yang digunakan untuk menyisipkan sebuah tautan link di dalamnya. Penggunaan anchor text ini dilakukan sebagai upaya untuk memberitahukan robot mesin pencari seperti: google, bing, yahoo maupun yandex. Sebab, backlink dengan anchor text dipercaya sangat berguna dalam mengoptimasi kata kunci tertentu untuk mendapatkan dukungan di hasil pencarian.

Manfaat Backlink Bagi Situs Web (Blog)

Berdasarkan ulasan di atas kita ketahui bahwa peranan dan manfaat backlink bagi situs web (blog) salah satunya adalah mendongkrak popularitas situs web (blog) di mesin pencari sehingga blog atau website menjadi mudah muncul di halaman pencarian.

Namun tidak semua backlink akan memberikan bobot yang sama. Sebab, hanya backlink yang berkualitas lah yang mampu mendongkrak otoritas situs web (blog) di mesin pencari.

Sebagai ilustrasi:

Jika sebuah situs A adalah sebuah Toko Buku Online, lalu mendapatkan backlink dari situs B yang merupakan situs review dan resensi buku. Maka situs A akan mendapatkan backlink yang berkualitas dan sangat berharga. Ini dikarenakan topik yang dibahas adalah sebuah ulasan mengenai buku atau memiliki keterkaitan antara satu dan lainnya.

Intinya backlink yang berkualitas adalah backlink yang datang dari blog atau situs web yang memiliki topik-topik serupa dan masih terkait satu sama lainnya.

Dengan demikian bisa dibilang backlink yang berkualitas umumnya datang secara alami atau tidak kita rekayasa. Oleh karenanya untuk menghindari hal ini penting bagi kita menghindari praktek-praktek buruk pemerolehan backlink seperti: membeli backlink tidak berkualitas, membangun jaringan pertukaran link, pemerolehan link yang tidak relevan dengan situs.

Sebab jika dipaksakan maka mesin pencari akan menganggap tindakan tersebut adalah tindakan SEO yang buruk karena berupaya memanipulasi mesin pencari dengan cara yang tidak dianjurkan.

Akibatnya situs atau blog akan mengalami deindex atau popularitasnya di mesin pencari semakin menurun.

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link hidup tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.