ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Cara install wordpress di localhost adalah salah satu langkah untuk mencoba dan belajar membuat website berbasis CMS wordpress di localhost secara offline sebelum menggunakan wordpress pada hosting online untuk membuat website atau blog profesional.

Cara Install Wordpress di Localhost, Dilengkapi Gambar!

Bisa dibilang wordpress adalah salah satu CMS website siap pakai yang dibagikan secara gratis dan bersifat open source atau dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan penggunanya. Meski gratis dan open source nyatanya wordpress menjadi salah satu CMS website yang sangat populer dan paling banyak digunakan di dunia.

Bahkan banyak website besar yang kita kenal saat ini tanpa kita sadari membangun dan membuat website mereka menggunakan CMS wordpress. Diantaranya:
Selengkapnya lihat pada halaman ini!
Berdasarkan hal tersebut, membuat website berbasis wordpress merupakan langkah tepat bagi Anda yang ingin memiliki sebuah website profesional untuk membangun bisnis atau hobi berbagi informasi melalui situs web personal (blog).

Cara Install Wordpress di Localhost


Bagi pemula langkah tepat sebelum menggunakan wordpress yang dihosting secara online adalah dengan mencoba memasang wordpress secara offline melalui localhost di komputer (pc / laptop).

Dengan menggunakan wordpress secara offline Anda dapat belajar bagaimana cara memodifikasi tampilan situs web, memasukkan menu navigasi, mengisi artikel dan gambar, serta masih banyak lagi.

Setelah memahami penggunaan seluruh item yang ada di wordpress untuk membuat website secara mandiri melalui localhost komputer. Barulah langkah selanjutnya adalah membuat website secara serius yang dapat diakses secara online dengan cara menginstall nya melalui hosting online.

1. Siapkan Paket yang Dibutuhkan

Sebelum menginstall wordpress di localhost persiapkan dulu paket yang dibutuhkan. Ada dua paket yang diperlukan yaitu xampp server dan CMS wordpress. Anda bisa mengunduh kedua paket tersebut melalui tautan di bawah ini:

  • Xampp (untuk menjalankan website offline melalui localhost)
  • Wordpress (paket CMS website open source untuk membuat website)

2. Install Xampp Server di Komputer (pc / laptop)

Langkah pertama paket yang perlu diinstal adalah xampp server yang berfungsi untuk menjalankan website wordpress secara offline pada komputer yang digunakan.

Untuk mempermudah ulasan ini, saya telah membuat sebuah video singkat yang dapat Anda ikuti mengenai cara install xampp di komputer windows yang digunakan sebagai server localhost wordpress.

3. Membuat Buat Database

Setelah berhasil memasang xampp di komputer. Langkah selanjutnya sebelum menginstall wordpress di localhost kita perlu membuat database untuk wordpress terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut:

Langkah 1 - Silakan buka atau jalankan aplikasi xampp terlebih dahulu dengan mengaktifkan Apache dan MySQL.

Apache dan MySQL perlu diaktifkan terlebih dahulu agar website wordpress dapat dijalankan secara offline melalui localhost. Untuk mengaktifkannya tinggal memilih 'start' pada pilihan Apache maupun MySQL.

Dapat dilihat seperti gambar di bawah:


Langkah 2 - Selanjutnya buka “localhost/dashboard/” pada browser yang Anda gunakan lalu pilih “phpMyAdmin


Langkah 3 - Lanjutkan dengan memilih menu database lalu masukkan nama database yang anda inginkan.

Anda dengan bebas dapat membuat nama database sesuai keinginan.  Dalam contoh ini saya membuat database baru dengan nama 'websaya'. Silakan diikuti atau disesuaikan!

Lalu pilih “create” untuk melakukan pembuatan database baru. Lihat seperi gambar berikut:


Langkah 4 - Setelah berhasil membuat database baru. Silakan pilih menu “Privileges” dilanjutkan dengan memilih “Add user account


Langkah 5 - Pada pilihan “login information” silakan buat user baru dengan memasukan username, password database, dan host name adalah “localhost” karena kita akan menjalankan wordpress secara offline.


Silakan masukkan username dan password untuk database anda sesuai keinginan. Anda juga dapat menggunakan 'generate password' untuk mendapatkan variasi password otomatis. Namun pada langkah ini kita menginput password database secara manual tanpa 'generate password'.

Langkah 6 - Selanjutnya gulir mouse ke arah bawah lalu ceklist pada pilihan “Grant all privileges on database websaya” dan “cek all” pada global privileges.


Langkah 7 - Terakhir untuk menyelesaikan pembuatan database wordpress di localhost. Silakan gulir kembali mouse ke arah bawah lalu pilih “GO” sehingga database wordpress siap digunakan.


4. Cara Install Wordpress di Localhost

Setelah berhasil membuat database langkah selanjutnya adalah mulai menginstall website wordpress. Caranya adalah sebagai berikut:

Langkah 1
Copy dan pastekan file zip wordpress yang sudah Anda download sebelumnya di dalam folder “htdocs” yang terletak pada folder ‘xampp’ serta secara default berada di drive c. Lalu, jangan lupa untuk file zip wordpress tersebut tampak seperti gambar di bawah:

Cara Install Wordpress di Localhost, Dilengkapi Gambar!

Langkah 2
Setelah file zip wordpress berhasil di-extract akan terdapat satu folder bernama 'wordpress'. Nama folder tersebut dapat diubah sesuai keinginan misalnya dengan nama 'websaya'

Cara Install Wordpress di Localhost, Dilengkapi Gambar!

Langkah 3
Selanjutnya buka alamat 'localhost/websaya' pada browser web yang anda gunakan (google chrome, firefox, dll) sehingga akan muncul halaman instalasi wordpress seperti berikut pada browser yang anda gunakan. Lalu pilih "let's go" untuk melanjutkan proses instalasi wordpress di localhost.

Cara Install Wordpress di Localhost, Dilengkapi Gambar!

perhatikan bahwa 'websaya' disesuaikan dengan nama folder berisi file wordpress yang berada di dalam folder 'htdocs'. Jadi jika anda membuat nama folder sendiri silakan sesuaikan dengan nama folder instalasi wordpress yang anda buat.

Langkah 4
Selanjutnya masukkan nama database, username, hostname localhost dan password database yang sudah anda buat sebelumnya. Jika sudah silakan pilih 'submit'

Cara Install Wordpress di Localhost, Dilengkapi Gambar!

Perhatikan bahwa nama database, username, dan password database harus benar. Sesuai dengan informasi user database yang telah dibuat sebelumnya. Sebab, jika username dan nama database salah maka instalasi wordpress di localhost tidak dapat dilanjutkan (akan terdapat pesan kesalahan).

Langkah 5
Jika berhasil dan penerapan yang dilakukan sudah benar. Maka silakan pilih 'run installation' untuk segera menginstal paket wordpress di localhost.

Cara Install Wordpress di Localhost, Dilengkapi Gambar!

Langkah 6
Selanjutnya silakan masukkan informasi nama situs web wordpress yang anda inginkan. Lalu pilih 'install wordpress'. Misalnya seperti gambar berikut:

Cara Install Wordpress di Localhost, Dilengkapi Gambar!

Langkah 7
Jika instalasi berhasil akan muncul halaman kurang lebih seperti gambar di bawah. Silakan lanjutkan dengan memilih 'log in' menggunakan username dan password yang sudah dibuat pada langkah 7 sebelumnya.

Cara Install Wordpress di Localhost, Dilengkapi Gambar!

Langkah 8
Masukkan username dan password wordpress anda. Lalu login

Cara Install Wordpress di Localhost, Dilengkapi Gambar!

Selesai!

Setelah menyelesaikan langkah 8 maka proses install wordpress di localhost pun selesai dan berhasil. Selanjutnya anda bisa mencoba sendiri item yang ada di wordpress. Seperti: mengganti tema, menulis artikel, menginstal plugin, dan masih banyak lagi.

Meski website wordpress ini dijalankan secara offline, kita tetap bisa memanfaatkan banyak fitur penting seperti menginstal plugin, dll. Selain itu, jika suatu saat ingin meng-online website wordpress yang sudah dibuat di localhost maka cukup memindahkan file wordpress localhost ke hosting online sehingga website anda dapat diakses secara publik.

Demikian ulasan saya kali ini mengenai 'cara install wordpress di localhost dilengkapi gambar' semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat buat sobat pembaca sekalian.

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link hidup tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.