ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Dewasa ini blog tidak lagi dijadikan sebagai situs web personal yang hanya membagikan jurnal pribadi seperti catatan harian dan curhatan semata. Blog juga dapat dimanfaatkan sebagai sebuah situs web untuk tujuan bisnis. Seperti membuat toko online, landing page, portofolio, maupun blog informasi berupa tips panduan tutorial dan masih banyak lagi.

Untuk membuat blog ada banyak platform yang bisa digunakan di antaranya wordpress, weebly juga  blogger.com.

7 Langkah Membuat Blog Profesional Menggunakan Blogger.com

Dalam tulisan ini tidak semua platform blog akan ikut diulas. Tulisan ini hanya dikhususkan sebagai materi sederhana mengenai cara membuat blog profesional menggunakan platform blogger.com yang dinaungi oleh Google perusahaan terbesar saat ini di bagian teknologi.

Salah satu produk google yang mungkin tidak asing lagi di telinga teman-teman tentunya adalah mesin pencari mereka google.com yang saat ini banyak digunakan orang-orang di seluruh dunia untuk mengakses dan mencari informasi di internet.

Seperti judulnya: tulisan ini hanya akan membahas langkah-langkah sederhana membangun dan membuat situs web profesional berbasis blogger. So, silakan ikuti ulasannya di bawah ini:

1. Tentukan Jenis atau Tipe Blog Anda

Sebelum masuk pada proses pembuatan situs web menggunakan blogger ada baiknya bagi Anda terutama yang masih pemula untuk menentukan jenis atau tipe blognya terlebih dahulu.

Tidak mengapa jika blog Anda adalah blog personal yang membagikan pengalaman Anda sehari-hari. Asalkan Anda yakin bahwa tulisan-tulisan Anda bermanfaat dan akan mendapatkan pembaca maka itu adalah langkah yang cukup baik.

Jenis blog terlampau sangat banyak dan variatif. Contoh blog matahaya.com sendiri adalah salah satu jenis blog informatif yang mengulas hal-hal yang berkaitan dengan teknologi internet seperti blogging, bisnis online, google adsense dan juga berbagai informasi lainnya. Sehingga blog ini bisa dibilang sebagai blog gado-gado.

Anda bisa membuat blog dengan jenis dan topik yang lebih spesifik semua berdasarkan keahlian dan keinginan Anda akan membagikan jenis konten seperti apa di blog Anda nantinya.

Tidak ada batasan yang perlu Anda khawatirkan untuk tahap ini.

Hanya saja ketika Anda mampu menentukan jenis dan tipe blog secara tepat sesuai passion yang Anda sukai. Maka itu, adalah langkah awal yang cukup baik. Sebab, topik yang tepat untuk blog Anda adalah jawaban kesuksesan blog itu kedepannya.

Jadi, ketika Anda mampu membangun konten blog yang berkualitas karena sesuai dengan keahlian yang Anda miliki. Maka informasi-informasi tersebut akan menjadi bermakna dan bermanfaat sebab Anda benar-benar menguasai konten-konten yang Anda bagikan.

Baca: Jenis-Jenis Blog yang Perlu Diketahui Blogger Pemula

2. Menyiapkan Nama Domain untuk Blog

Saat ini, jenis domain yang cukup populer umumnya adalah ekstensi .COM karena merupakan sebuah ekstensi domain populer yang banyak digunakan di seluruh dunia. Harga domain ini pun cukup terjangkau hanya berkisar seratus ribuan per tahun.

Bagi blogger pemula, mungkin akan merasa enggan untuk menggunakan nama domain profesional untuk blognya dengan alasan tidak memiliki dana untuk membeli domain. Padahal jika dirata-ratakan harga domain .COM seratus ribuan sebenarnya hanya 10 ribuan per bulannya. Ini sudah cukup murah dan sangat terjangkau bahkan untuk kantong anak kost-an sekalipun.

Selain ekstensi .COM domain populer lainnya yang bisa Anda pilih adalah domain ccTLD Indonesia seperti domain .ID/ .CO.ID / .MY.ID, dan lain-lain.

Meski memiliki fungsi yang sama ekstensi domain .ID sangat cocok dan tepat digunakan apabila blogger ingin membangun blog profesional yang menyasar pengunjung atau pembaca dari Indonesia.

Ini dikarenakan domain .ID akan diprioritaskan mesin pencari pada hasil pencarian oleh user atau pengunjung yang berlokasi di Indonesia. Sehingga bagi Anda yang ingin mendapatkan pelanggan dari Indonesia penggunaan domain .ID ini cukup tepat.

Meski demikian mengenai harga umumnya domain .ID memiliki rentan harga yang lebih mahal ketimbang domain .COM.

Baca Juga:

Namun jangan khawatir! Baru-baru ini salah satu layanan web hosting dan domain sedang memberikan promo domain Indonesia murah. Namun khusus untuk ekstensi domain .MY.ID yang dibanderol dengan harga Rp 12.000 per tahun.

Bahkan domain .MY.ID tersebut dapat langsung diklaim aktif selama 10 tahun dengan harga kurang lebih adalah Rp 180.000,-

Bayangkan! itu adalah penggunaan domain dengan masa aktif sepuluh tahun lamanya.

Sehingga ketika Anda berhasil mendapatkan domain .MY.ID ini! Maka artinya kita tidak perlu repot-repot memikirkan perpanjangan domain setiap tahunnya. Karena domain Anda hanya akan diperpanjang setelah sepuluh tahun berikutnya.

Baca:

3. Memilih Jenis Template untuk Situs Web (Blog) Anda

Sebenarnya langkah ini bisa jadi langkah terakhir! Tapi saya sengaja menempatkannya pada langkah ke tiga dengan alasan bahwa pemilihan jenis template untuk tampilan sebuah website perlu sedini mungkin dipikirkan.

Selain itu, saat ini dunia blogging telah banyak berkembang! Sekarang setiap blog memiliki jenis HTML yang berbeda. Yakni blog dengan fitur AMP dan Blog dengan fitur Non AMP (jenis blog biasa atau umum).

Jadi, pemilihan jenis template ini akan berpengaruh pada proses blogging Anda nantinya.

3.1 Memilih Template Non AMP

Pemilihan jenis Template Blog Non AMP sebenarnya sudah default apabila menggunakan template bawaan blogger. Namun beberapa fitur pada template bawaan blogger umumnya masih tampak sederhana dengan fitur dan desain yang mungkin terlihat biasa-biasa saja.

Oleh karenanya dalam memilih jenis template blog non amp ini. Sebaiknya pilih dan gunakan template-template premium yang memiliki kualitas yang cukup baik dan mumpuni untuk perihal SEO, Kecepatan, Responsif, dan Desain yang keren.

Baca Juga: Pertanyaan: Haruskah Blog Memiliki Tampilan yang Menarik?

Meski tidak gratis! Template premium memiliki kualitas yang lebih baik ketimbang template-template gratis yang banyak dibagikan di internet. Tetapi, tetap saja menggunakan template gratis bukanlah hal yang merugikan. Selama, template tersebut bersih dari script jahat seperti spam maupun virus.

3.2 Memilih Template AMP

Menggunakan template AMP berarti secara tidak langsung Anda akan membuat blog yang mendukung fitur amp blog. Fitur amp adalah salah satu fitur yang saat ini dikembangkan untuk memberikan kecepatan akses super kilat pada blog yang ditemukan melalui penelusuran mesin pencari seperti google search.

Meski memiliki keunggulan tersebut tidak jarang penggunaan blog dengan fitur amp terkesan lebih sulit dioperasikan terutama untuk blog yang menggunakan platform blogger.com.

Sebab, untuk membuat konten blog mendukung fitur amp ini. Maka penulis blog perlu melakukan tindakan manual pada konten blognya agar mendukung amp. Seperti melakukan pengaturan gambar, video, tulisan dan masih banyak lagi.

Baca Juga:

Oleh karena itu, sebagai langkah awal gunakanlah terlebih dahulu template blog biasa yang umum digunakan saat ini.

Hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam pemilihan template blog selain desain yang menarik dan responsif, kecepatan loading, dan struktur data yang mendukung SEO adalah hal utama yang perlu Anda perhatikan.

4. Membuat Email Terlebih Dahulu

Satu hal yang cukup penting sebelum membuat blog adalah membuat email untuk blog Anda. Tidak mengapa menggunakan email gratisan baik dari yahoo maupun gmail. Hanya saja karena kita akan membuat blog menggunakan blogger.com akan lebih mudah jika membuat blog menggunakan email gmail.

Baca Juga:

Langkah ke empat ini dapat Anda acuhkan apabila sudah memiliki email yang akan digunakan untuk membuat blog Anda di blogger.

5. Membuat Blog

Sekarang setelah 4 langkah di atas Anda penuhi. Silakan masuk ke tahap pembuatan blog.

Karena kita akan membuat blog menggunakan blogger.com maka langsung saja buka tab baru pada browser Anda dan kunjungi situs: blogger.com

Lalu pilih sign up untuk membuat blog Anda.

Untuk mempermudah Anda silakan ikuti tutorial / panduan membuat blog di blogger pada video saya di bawah ini:Dengan mengikuti panduan membuat blog pada video di atas! Saya mengganggap anda telah berhasil membuat blog.

6. Ganti Desain Blog dengan Template Custom

Pada langkah ke tiga di atas! ketika Anda sudah memiliki sebuah template blog yang memiliki desain menarik dan responsive, mendukung SEO dan memiliki loading yang cepat.

Kini saat nya template yang Anda miliki tersebut di install ke blog Anda sehingga tampilan blog Anda menjadi lebih bagus dan tampak profesional dengan template premium yang sudah Anda pilih.

Untuk mengganti template blog dapat dilakukan secara mudah! Untuk itu Anda bisa membaca ulasan saya yang lain pada artikel berikut.

Baca: Cara Mengganti Template Blog di Blogger.com

7. Ubah Subdomain Bawaan Blogger (Blogspot) dengan Nama Domain Sendiri

Selanjutnya karena blog yang dibuat menggunakan blogger.com akan memberikan kita sebuah nama subdomain yakni blogspot sehingga blog menjadi kurang profesional. Maka untuk menggantinya cukup mudah.

Jika, pada langkah ke dua di atas Anda sudah menyiapkan sebuah nama domain khusus untuk blog Anda. Maka silakan hubungkan blog yang baru Anda buat tersebut dengan domain yang sudah Anda miliki.

Namun jika Anda belum menyiapkan nama domain untuk blog Anda. Maka silakan terlebih dahulu untuk membeli domain melalui:


Jika anda membeli hosting dan gratis domain melalui Niagahoster! Silakan menggunakan Kode Kupon Niagahoster "a-WINKAMARU" tanpa tanda petik untuk Mendapatkan Potongan Harga Sebesar 5% (Lumayan) | Kode kupon hanya berlaku untuk hosting.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Domain .COM dengan Harga 10 Ribuan Saja

Tak perlu khawatir menghubungkan domain dengan blog dapat dilakukan dengan cukup mudah. Untuk itu saya telah membuat panduan menghubungkan domain Anda dengan blogspot pada artikel berikut:

Baca:

Setelah berhasil mengikuti seluruh langkah-langkah membuat blog profesional di dalam artikel ini. Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah menulis konten untuk blog dan mulailah untuk memperkenalkan bisnis dan hal-hal yang Anda sukai kepada pengunjung.

Demikian, jika memiliki pertanyaan lain! Jangan sungkan untuk berkomentar sehingga saya dapat terus mengembangkan blog ini untuk tetap maju dan menyediakan informasi blogging yang bermanfaat untuk teman-teman pembaca. Salam! (WK)

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link hidup tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.