ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Dari Mana Blogger Dapat Uang? – Jika Anda baru pertama kali mendengar istilah blogger sebagai sebuah pekerjaan freelance yang umumnya dijalankan oleh orang-orang di zaman milenial seperti sekarang ini kemungkinan Anda akan memiliki beberapa pertanyaan.

Darimana Blogger Mendapatkan Uang?

Seperti: apa itu blogger?, apa jenis pekerjaan yang seorang blogger lakukan?, dan bagaimana mereka mendapatkan uang dari profesi tersebut?.

Secara sederhana blogger dapat diartikan sebagai seseorang yang menjalankan aktivitas ngeblog memanfaatkan internet dengan cara membagikan tulisan atau konten berupa artikel di dalam sebuah situs online yang umumnya dikelola secara personal melalui situs pribadi mereka yang disebut sebagai blog (media berbagi catatan online di internet).

Melalui blog atau situs online tersebutlah seorang blogger menjalankan aktivitas menulisnya untuk membagi konten berupa catatan-catatan harian maupun tips, opini dan lain sebagainya. Konten-konten tersebut dapat bersifat personal seperti buku diary online serta dapat bersifat menghibur dan memberikan informasi bermanfaat yang mengedukasi pembaca.

Ini dikarenakan, setiap blogger adalah orang yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang beragam. Sehingga hal ini pula yang membuat isi sebuah blog oleh masing-masing blogger umumnya akan beragam disesuaikan dengan minat yang dikuasai atau disenangi oleh si blogger. Penulis konten di blog.

Seiring dengan berbagai perkembangan di era teknologi seperti saat ini terutama kebutuhan manusia untuk memanfaatkan internet. Memberikan banyak peluang-peluang baru bagi seorang blogger. Salah satunya adalah memanfaatkan blog untuk menghasilkan uang.

Dari Mana Blogger Dapat Uang?

Ada banyak sumber pendapatan blogger dengan memanfaatkan blog yang dimilikinya namun hal paling utama dari semua itu adalah dari media periklanan atau dari pihak advertiser (pengiklan) dan jasa.

Beberapa hal tersebut! Mengenai blogger dapat uang dari mana saja, di antaranya adalah:

1. Blogger Dapat Uang Melalui Kerja Sama Content Placement Blog

Kerja sama content placement blog adalah bentuk kerja sama antara blogger dan pihak advertiser untuk menerbitkan konten berupa artikel di blog milik blogger dengan beberapa ketentuan yang disepakati antara blogger dan pihak advertiser (pengiklan).

Dari hasil kerja sama yang dijalankan tersebut blogger biasanya akan mendapatkan imbalan berupa bayaran dari pihak advertiser dikarenakan telah menerbitkan iklan dari advertiser melalui media artikel di blog milik blogger.

2. Blogger Dapat Uang Melalui Jasa Pemasangan Iklan di Blog

Seorang blogger yang memiliki popularitas blog yang baik di mesin pencari umumnya menjadi incaran banyak pengiklan untuk mengiklankan bisnis mereka di blog miliknya. Entah melalui jasa kerja sama content placement blog yang sudah dijelaskan di atas, atau melalui jasa pemasangan iklan banner berupa gambar bergerak maupun infografis.

Berdasarkan kerja sama melalui jasa pemasangan iklan di blog antara blogger dan pihak advertiser melalui pemasangan iklan banner. Si blogger pun mendapatkan bayaran yang nominalnya tergantung dari bentuk kerja sama dan kesepakatan yang disetujui oleh keduanya.

3. Blogger Dapat Uang Melalui Monetisasi Blog

Kegiatan monetisasi blog umumnya dilakukan blogger sebagai upaya untuk menghasilkan uang melalui blog yang dimilikinya. Kegiatan ini sebenarnya sama persis dengan kegiatan pada nomor dua di atas.

Hanya saja jika pada bagian dua di atas si blogger melakukan kerja sama pemasangan iklan secara langsung dengan pihak pengiklan. Maka kegiatan monetisasi umumnya ditempuh melalui pihak ketiga.

Di mana si blogger biasanya akan mengajukan blognya kepada perusahaan periklanan seperti Google Adsense, RevenuHits, MgId, dan lain sebagainya.

Bila si blogger diterima menjadi salah satu mitra publisher di perusahaan periklanan tersebut, maka blogger umumnya akan mendapatkan kode iklan khusus dari perusahaan periklanan tersebut yang dapat dipasangkan ke blog untuk menayangkan iklan dan mendapatkan pembayaran dari penayangan iklan di blog milik blogger.

4. Blogger Dapat Uang Melalui Jual Jasa

Penghasilan lain yang bisa didapatkan seorang blogger memanfaatkan blog yang dikelolanya salah satunya adalah melalui penjualan jasa.

Blogger yang orientasinya menghasilkan uang melalui penjualan jasa umumnya akan membuka tawaran jasa di blog miliknya dan bisa mendapatkan penghasilan bila mendapatkan pelanggan yang menggunakan jasa yang ia tawarkan.

Jenis penawaran jasa yang dapat dibuka oleh blogger di blog miliknya cukup beragam, tentunya semua berdasarkan latar belakang keilmuan atau keahlian yang ditawarkan si blogger sehingga ia bisa mendapatkan pelanggan dan bayaran.

Baca juga:

5. Blogger Dapat Uang Melalui Penjualan Online

Dikarenakan blogger memanfaatkan media internet maka tidak mengherankan jika blogger pun bisa melakukan kegiatan jual beli online melalui blog yang dimilikinya.

Banyak hal yang dapat dijual baik itu berupa jasa, produk fisik, maupun produk digital. Entah merupakan barang yang didapatkan dari pihak ketiga maupun barang yang memang diproduksi langsung oleh si blogger. Seperti penjualan ebook (buku digital), buku cetak, menawarkan jasa, dan berbagai hal lainnya yang dapat dijual secara online.

Baca Juga: Ciri-Ciri Blog Berpotensi Memiliki Penghasilan dari Google

Tantangan Blogger dalam Menghasilkan Uang

Untuk menghasilkan uang umumnya blogger mempunyai tantangan tersendiri dalam mengembangkan blog yang dimilikinya supaya mendapatkan nilai dan kualitas yang dapat dipercayai oleh pelanggan maupun pihak pengiklan dan perusahaan advertiser.

Sehingga tuntutan untuk menyediakan mutu dan kepercayaan adalah salah satu nilai jual yang sangat penting dimiliki blogger dalam mengembangkan blog dan melayani pelanggan maupun pihak advertiser yang diajak kerja sama.

Demikian semoga ulasan ringkas ini dapat memberikan sebuah informasi yang bermanfaat.

N.B - Ada banyak cara blogger menghasilkan uang melalui media blog yang dimilikinya. Beberapa ulasan di atas masih bersifat umum dan merupakan gambaran dasar mengenai sumber penghasilan yang dapat dimiliki blogger. So, Anda bisa melengkapi informasi di atas melalui berbagai referensi lain.

Demikian!

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.