ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Jika anda akan memasang iklan di google memanfaatkan Google AdWords atau saat ini sudah menjadi Google Ads. Maka salah satu langkah penting adalah mengisi saldo iklan terlebih dahulu pada akun Google Ads anda.

Saldo iklan tersebut nanti akan digunakan untuk melakukan pembayaran iklan google yang akan diiklankan baik melalui mesin pencari maupun mitra google yang lainnya.

Setidaknya ada dua metode pembayaran iklan yang dapat kita lakukan: Pertama, melalui metode pembayaran kartu kredit. Kedua, membayar dengan rekening bank (debit langsung) atau metode transfer dana menggunakan bank lokal di Indonesia.

Cara kedua adalah alternatif yang sangat bermanfaat dan dapat diterapkan bila kita belum memiliki kartu kredit yang akan digunakan untuk pembayaran iklan otomatis di Google Ads.

Oleh karenanya sebelum melakukan pembayaran kita perlu melakukan penyiapan akun sehingga pembayaran iklan Google Ads dapat diproses melalui transfer dana via atm, mobile banking, dan via teller bank.

1. Tahap Persiapan

Langkah 1
Pada langkah awal silakan lakukan login atau buat akun terlebih dahulu di Google Ads bila belum memiliki akun. (Buka Google Ads Sekarang)

Cara Bayar Iklan di Google AdWords (Google Ads) via Transfer Bank

Silakan lakukan log in atau pilih "mulai sekarang" untuk mendaftarkan akun Google Ads anda hanya dengan akun gmail yang sudah dimiliki.

Langkah 2
Jika Anda baru pertama kali membuat akun Google Ads. Maka selesaikan terlebih dahulu alamat tagihan atau billing address Anda. Misalnya di Negara Indonesia
Juga informasi kontak Anda termasuk informasi NPWP atau dapat dikosongkan jika kita belum memilikinya!
! - Masukkan informasi kontak dan negara yang sesuai dan sebenar-benarnya sebagai alamat tagihan pembayaran anda di Google Ads.

2. Tahap Proses - Pengaturan Transfer Dana Ke Google Ads (Google AdWords)

Setelah menyelesaikan tahap pertama! Selanjutnya pada beranda Google Ads anda silakan masuk ke:

Langkah 1
Silakan klik icon kunci pas "tools & settings" lalu pilih "billing summary". Namun harus dipastikan bahwa Anda telah menyelesaikan tahap penyiapan lokasi negara dan kontak untuk informasi penagihan iklan Google Ads.
Cara Bayar Iklan di Google AdWords (Google Ads) via Transfer Bank
Jika Anda tidak melakukan tahap penyiapan alamat pembayaran! Maka biasanya proses ini akan mengharuskan Anda secara otomatis untuk melengkapi informasi kontak untuk alamat penagihan anda di Google Ads.

Langkah 2
Setelah memilih "Billing Summary". Langsung saja kita memilih pada "Make A Payment" untuk melakukan transfer dana ke Google Ads menggunakan metode transfer bank.
Cara Bayar Iklan di Google AdWords (Google Ads) via Transfer Bank
Langkah 3
Sebelum melanjutkan pengaturan pembayaran! Silakan pilih "Money transfer". Lihat seperti Gambar!
Cara Bayar Iklan di Google AdWords (Google Ads) via Transfer Bank
Langkah 4 - 
Selanjutnya anda akan mendapatkan kode virtual account sendiri yang dapat digunakan untuk mengirim pembayaran saldo iklan ke google ads.

Lihat Tampak Gambar berikut!
Cara Bayar Iklan di Google AdWords (Google Ads) via Transfer Bank
Langkah 5
Silakan lakukan pembayaran iklan google Anda melalui transfer bank baik melalui ATM Bersama, Internet Banking, maupun via teller dengan menginformasikan akan melakukan transfer dana virtual account. Menggunakan kode Bank dan Nomor Virtual Account yang didapatkan.

Penting !

  1. Nomor virtual account yang didapatkan oleh setiap orang berbeda-beda. Ini digunakan untuk melakukan verifikasi identitas pengirim secara otomatis. Sehingga dana yang dikirimkan ke nomor virtual account tersebut akan masuk menjadi saldo iklan sesuai akun google ads masing-masing pengguna. 
  2. Setelah melakukan transfer! Maka pembayaran Anda akan diproses selama 5 sampai 10 hari. Jadi dana yang dikirimkan untuk pembayaran iklan google tidak akan masuk secara realtime melainkan akan diproses manual.
  3. Silakan menentukan jumlah pembayaran yang diinginkan. Selanjutnya silakan ditransferkan menggunakan kode bank, nama bank, dan kode virtual account anda. Setelah top up saldo google ads anda berhasil diverifikasi. Anda sudah bisa melakukan belanja iklan untuk menayangkan iklan anda di google.

  • Jika Anda ingin memiliki sebuah akun pengiklan yang bisa memproses penayangan iklan Anda secara otomatis tayang di google ads juga facebook dan instagram Ads. Maka silakan baca ulasan saya sebelumnya di: Cara Pasang Iklan di Google, Facebook dan Instagram

Demikian, semoga bermanfaat!

N.B
Sekiranya sebelum melakukan pembayaran iklan google ads. Pastikan bahwa Anda sudah mengerti dan memahami banyak hal mengenai teknik beriklan dengan Google Ads. Sebab jika tidak. Maka bisa jadi Anda akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit hanya untuk beriklan di google. Padahal itu mungkin memboroskan.

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link hidup tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.