ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Saat ini jika mau membangun sebuah situs web maupun blog, telah tersedia banyak ekstensi domain yang bisa dipilih.

Bahkan jika Anda adalah blogger atau seorang pelaku IT di Indonesia pasti sudah mengenal salah satu domain Indonesia yang saat ini cukup populer. Yakni domain dengan ekstensi .ID (dot id).

Secara prinsip, memang semua fungsi dan manfaat domain sama saja yakni sebagai nama dan identitas sebuah situs web supaya mudah diingat sehingga dapat dikunjungi pengunjung di lain waktu hanya dengan mencari atau mengakses langsung situs web melalui domain.

Makin unik dan simpel sebuah nama domain situs web maka akan sangat baik dalam meningkatkan branding dan membuat sebuah situs web menjadi populer (mudah dikenali).

Manfaat dan Keunggulan Menggunakan Domain ID Indonesia

Di luar sana banyak blogger yang dilema, salah satunya bingung hendak memilih domain .id atau .com serta ekstensi domain lainnya untuk situs web (blog) yang akan dibuatnya nanti.

Hal utama yang mungkin dipikirkan oleh blogger atau si pembuat situs web (blog) didasari oleh harapan bahwa menggunakan domain --.com atau .id-- mana yang akan lebih menguntungkan dan bagus untuk kelangsungan sebuah situs web (blog) yang mereka bangun.

Untuk itu, bersamaan tulisan ini saya ingin sedikit mengulik pesona domain ID terutama manfaat dan keunggulan ketika menggunakan-nya dirangkum dari beberapa sumber online terpercaya.

Alasannya dikarenakan domain ID adalah salah satu domain yang cukup populer dibicarakan di kalangan blogger terutama di awal tahun 2019 kemarin.

Mengenal Peran Domain ID untuk sebuah Situs Web Blog di Indonesia

Domain ID adalah salah satu ekstensi domain Indonesia yang diperuntukkan bagi situs web yang bersifat personal seperti blog.

Namun tetap saja, hal tersebut tidak dibatasi apabila penggunaan domain ID ini digunakan untuk membangun sebuah situs web komersial maupun web informatif seperti blog berita.

Selain itu, peran utama domain ID sengaja dipersiapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai upaya untuk mencegah penyebaran hoax dan informasi berbahaya yang dimuat dalam situs web (blog).

Sehingga kontrol penggunaan situs web yang menggunakan domain Indonesia dapat dengan mudah ditangguhkan oleh PANDI (Pengelola Domain Internet Indonesia) apabila sebuah situs diketahui melakukan tindakan melanggar hukum yang berlaku di Indonesia.

Meski demikian, peran domain ID juga sangat bermanfaat terutama bagi pelaku IT seperti blogger yang ingin mengembangkan situs web nya. Salah satunya adalah situs web dengan domain ID akan dengan mudah ditemukan oleh pengguna internet dari Indonesia serta dapat diakses dengan cepat dikarenakan domain name server-nya (DNS) berada di Indonesia.

Bahkan saat ini, demi meningkatkan kecepatan domain ID bagi pengguna luar Indonesia, PANDI selaku pengelola domain Indonesia berencana memasang server DNS domain Indonesia di China sehingga bisa mempercepat akses domain oleh pengguna atau pengunjung situs web di Eropa maupun Amerika Serikat. (menkominfo dalam tekno.kompas.com).

Manfaat yang Didapatkan Ketika Menggunakan Domain ID (Indonesia)

Umumnya menggunakan domain kelas atas atau premium memiliki banyak keuntungan dan keunggulannya tidak terkecuali bagi yang menggunakan domain ID atau domain TLD Indonesia lainnya.

Adapun beberapa manfaat dan keunggulan menggunakan domain ID (Indonesia) diantaranya:

1. Situs Memiliki Identitas Jelas (Sehingga Mudah Dipercaya)

Kehadiran domain ID (Indonesia) dimaksudkan untuk memberikan transparansi kepada pengunjung internet untuk mengetahui pemilik sebuah situs web yang berdomain ID. Ini dikarenakan dalam proses pendaftarannya domain ID mensyaratkan penggunanya untuk menyertakan identitas yang legal berupa KTP serta beberapa dokumen lainnya jika dibutuhkan.

Meski persyaratan tersebut sedikit memberatkan, tetapi mengingat betapa pentingnya keamanan website Anda maka menyertakan identitas diri atau perusahan yang resmi atas kepemilikan sebuah domain dapat meningkatkan tingkat kepercayaan sebuah website baik berdasarkan penilaian user (pengunjung) maupun mesin pencari (search engine).

2. Domain ID Memiliki Akses yang Stabil dan Cepat

Di atas sudah sempat disinggung bahwa salah satu manfaat menggunakan domain ID adalah akses yang stabil dan cepat terutama oleh pengguna atau pengunjung yang datang dari Indonesia. Ini dikarenakan domain name server-nya (DNS) berada di Indonesia.

Oleh karenanya situs web yang menggunakan domain ID sangat cocok bagi situs / blog yang memang mengincar pembaca, pengunjung, maupun konsumen yang datang dari Indonesia seperti blog dan situs web yang berisi artikel dan informasi berbahasa Indonesia sehingga tidak cocok untuk membangun blog bule.

3. Mesin Pencari Akan Memprioritaskan domain ID di Wilayah Indonesia

Selain memberikan akses yang cepat secara teori berdasarkan domain name server-nya. Domain ID juga akan diprioritaskan oleh mesin pencari untuk mudah ditemukan terutama oleh pengguna yang berada di wilayah Indonesia.

Ini dikarenakan domain ID telah dikenali oleh mesin pencari sebagai sebuah domain web yang dikhususkan digunakan oleh pengguna atau pelaku IT di Indonesia seperti blogger Indonesia. (dewaweb.com)

Melihat hal ini, maka keuntungan menggunakan domain ID salah satunya adalah memberikan kesempatan bagus bagi sebuah situs web yang mengincar konsumen Indonesia untuk mendapatkan banyak pengunjung yang diutamakan dari wilayah Indonesia.

Maka nya saat ini situs-situs komersial yang mengincar konsumen dan pengunjung dari Indonesia biasanya akan menggunakan domain Indonesia seperti ID untuk personal dan CO.ID untuk penggunaan situs web komersial seperti situs toko online, blog berita, dan sejenisnya.

4. Domain ID Baik untuk SEO

Melanjutkan poin 3 di atas mengenai mesin pencari akan memprioritaskan domain ID mudah ditemukan oleh pengguna internet di Indonesia mengindikasikan penggunaan domain ID sangat tepat bagi pelaku IT atau blogger di Indonesia untuk membangun sebuah situs web / blog yang mudah ditemukan di mesin pencari.

Hal ini tentu akan sangat bagus sekali serta sebuah harapan yang baik bagi sebuah situs blog untuk mendapatkan banyak pengunjung dan meningkatkan popularitas sebuah situs web yang mengincar konsumen maupun pengunjung yang diutamakan dari Indonesia.

5. Lebih Banyak Pilihan Domain yang Dapat Dipilih

Setidaknya untuk saat ini mendaftarkan domain ID masih tersedia banyak pilihan dan mudah didaftarkan dikarenakan belum banyak pengguna internet yang mendaftarkan domain ID. Sehingga dengan mudah kita masih bisa mendaftarkan domain ID dengan nama yang unik.

Seperti kita ketahui bahwa umumnya mendaftarkan nama sebuah domain web dengan yang diinginkan sangatlah sulit, sebab rata-rata nama domain unik dan yang kita anggap cukup bagus ternyata sudah tidak tersedia karena telah diklaim oleh orang lain.

Oleh karena nya karena domain ID masih tergolong baru, maka umumnya Anda masih bisa mendaftarkan domain ID yang cukup unik dengan mudah.

So, buruan daftarkan domain ID Anda segera mungkin sebelum diklaim oleh orang lain.

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link hidup tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.