ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Ada banyak keuntungan menulis di wattpad yang bisa diperoleh para penulisnya yang gigih dan serius menulis tulisan bermanfaat serta disukai banyak pembaca wattpad.

Hal tersebut seperti yang dilakukan beberapa penulis buku sukses ini. Mereka awalnya sebelum menjadi terkenal dan dikenali sebagai penulis buku sukses, nyatanya awal karir mereka sebagai penulis dimulai melalui wattpad.

Dari Penulis Wattpad, Kini Menjadi Penulis Buku Sukses

Di luar sana banyak penulis pemula yang terobsesi mengenai uang, lebih-lebih mengenai cara mendapatkan uang dari menulis. Padahal sebuah tulisan yang bermanfaat dan disukai banyak pembaca tidak selamanya bisa menghasilkan uang. Kecuali tulisan tersebut dikomersialkan seperti dibuat dalam bentuk buku cetak, maupun ebook digital yang perjual belikan.

Ingat menulis di wattpad Anda tidak akan mendapatkan bayaran, kecuali Anda memiliki strategi khusus untuk membuat tulisan-tulisan Anda di wattpad bisa menghasilkan uang seperti yang Anda inginkan.

Sebab fungsi utama wattpad hanyalah sebagai platform digital yang dapat dimanfaatkan setiap penulis baik pemula, menengah, dan profesional untuk menerbitkan karya-karya mereka secara digital melalui internet.

Layaknya seperti menulis online di blog, hanya saja wattpad memiliki komunitas yang cukup banyak. Dilansir oleh okezone.com setidaknya saat ini wattpad memiliki 15 juta pengguna setiap bulannya. Tidak hanya itu, karena sistem yang dibangun wattpad layaknya seperti media sosial. Maka setiap yang terdaftar di wattpad akan bisa melakukan aktivitas menulis dan membaca serta interaksi lainnya.

Itulah mengapa banyak orang tertarik dengan wattpad sebab aktivitas menulis yang mereka lakukan di wattpad sangat berpotensi untuk mendapatkan tanggapan dari para pembaca wattpad lainnya yang umumnya terkadang merangkap sebagai penulis di wattpad.

Interaksi tersebut memiliki kesan positif yang membuat wattpad dilirik banyak penerbit untuk melihat tulisan-tulisan populer wattpad. Jika ada yang dianggap layak biasanya penulisnya akan mendapatkan tawaran supaya tulisan-tulisan tersebut diterbitkan dalam bentuk buku cetak.

Hal seperti ini nyatanya telah dialami oleh beberapa penulis buku sukses berikut yang mengawali karir menulis mereka melalui wattpad (platform digital tempat menulis dan berbagi cerita).

Siapa saja mereka?

Mari kita kenali siapa tahu salah satu atau beberapa dari mereka ada yang telah menjadi idola Anda.

1. Erisca Febriani

Siapa yang nggak kenal penulis wattpad Erisca Febriani yang dikenal gara-gara karya pertama yang ditulisnya di wattpad berjudul Dear Nathan? Rasa-rasanya banyak yang telah mengenalnya lebih-lebih bagi mereka yang telah lama bergabung di wattpad.

Sebagai seorang novelis asal Lampung kelahiran 25 Maret 1998 yang gemar menulis. Hobi Erisca pada awalnya tidak mendapatkan dukungan orangtuanya. Hingga akhirnya ia malah memutuskan untuk mencoba menulis di wattpad demi menyalurkan hasrat menulis yang digemarinya.

Tulisan pertamanya Dear Nathan yang menjadi populer karena disukai oleh banyak pengguna internet mampu membawa karyanya tersebut dari tulisan online di wattpad menjadi buku cetak.

Bahkan, cerita yang ditulisnya tersebut --berkisah mengenai kisah cinta masa remaja Nathan dan Salma-- telah diangkat menjadi sebuah film yang diperankan oleh Jefri Nichol dan Amanda Rawles.

Setelah aktivitas menulis di wattpad yang ditekuninya berbuah manis, Erisca Febriani lantas tidak mau berpuas diri. Wanita yang berkuliah di Universitas Lampung Jurusan Agroteknologi ini masih terus berkarya.

Selain Dear Nathan karya pertamanya yang mendulang sukses, Ia juga telah menerbitkan beberapa buku lain diantaranya Serendipity, Sekeping Hati, dan Hello Salma. Buku-buku tersebut dapat Anda cari di toko-toko buku di kota Anda.

2. Valerie Patkar

Dari hobi membaca Valerie Patkar pun iseng melakukan kegiatan menulis, salah satu platform yang menggugah keinginannya untuk menulis adalah Wattpad. Ia telah membagikan tulisannya di wattpad sejak tahun 2015 dan kebanyakan karya yang ditulisnya bergenre romance.

Tulisan-tulisan Valerie Patkar tampak populer karena banyak mendapatkan pembaca. Hingga kemudian, nasib baik pun menghampirinya. Dimana salah satu karangan yang ditulisnya di Wattpad mendapatkan perhatian penerbit.

Tepat bulan maret 2018, Claires, buku pertamanya yang diadaptasi dari Wattpad akhirnya diterbitkan menjadi buku cetak bahkan berhasil masuk ke dalam deretan buku-buku best seller.

3. Michelle J.

Penulis buku yang satu ini mungkin bisa dibilang orang baru dalam dunia tulis menulis. Awalnya tujuan Michelle J. Menulis cerita di Wattpad untuk mengikuti lomba menulis bersama teman-temannya dan akan mendapatkan hadiah es krim apabila berhasil mendapatkan pembaca terbanyak.

Ia pun berhasil menyelesaikan tulisannya hanya dalam waktu sekitar seminggu untuk sebuah tulisan yang diberi judul The Nerd Can Fight.

Siapa yang menyangka kalau-kalau tulisannya 'The Nerd Can Fight' tersebut ternyata membawanya menjadi pemenang. Tulisan yang dibagikannya dalam bahasa inggris itu telah dibaca sebanyak 6,8 juta orang dengan 56% diantaranya adalah pembaca dari Amerika Serikat.

Tidak hanya mendapatkan hadiah es krim. Tulisan yang dibuatnya saat berusia 14 tahun tersebut ternyata mendapatkan lirikan salah satu penerbit. Kini tulisan yang dikarangnya tersebut tidak hanya tersedia dalam bahasa inggris, The Nerd Can Fight juga telah diterbitkan dalam Bahasa Indonesia.

Tulisan yang dibuatnya tersebut cukup menggugah hati dan banyak menjadi inspirasi bagi pembacanya dikarenakan novel tersebut bercerita tentang anak-anak yang tetap semangat mengejar impiannya meski mereka sering di-bully.

Sungguh sebuah tulisan yang inspiratif...

4. Almira Bastari

Almira B. sudah gemar menulis sejak duduk di bangku sekolah dasar, kemudian ketika masuk SMA, Ia mulai menulis novel. Selama sembilan tahun menulis, Ia kemudian mencoba membagikan tulisan karangannya tersebut ke Wattpad.

Hasilnya karangan yang dibagikannya tersebut mendapatkan respon positif dan banyak pembaca serta mendapatkan angin segar karena novel pertamanya berjudul Melbourne (Wedding) Marathon (2017) dilirik penerbit.

Kemudian pada tahun 2018, Almira kembali meluncurkan novel lagi. Berjudul Resign!. Karya yang satu ini pun mendapatkan perhatian banyak pencinta buku. Alhasil hanya membutuhkan waktu empat bulan sejak penerbitan, Resign! sudah dicetak ulang sebanyak empat kali.

Ini adalah pencapaian luar biasa bagi seorang penulis buku.

Resign! adalah sebuah buku karangan Almira Bastari yang mengisahkan empat karyawan kantoran yang menamakan kelompok mereka sebagai cungpret alian "kacung kampret". Mereka berempat sedang berada diambang batas kesabaran menghadapi perilaku si bos.

Oleh karenanya keempatnya pun berlomba untuk resign. Nantinya, siapa yang cabut terakhir harus mentraktir yang menang di salah satu restoran mewah.

Bumbu cerita resign dibalut dengan lelucon yang menghibur sehingga menjadi salah satu referensi bacaan yang menarik.

Bagaimana! Apakah Anda tertarik dan terinspirasi dari kisah penulis wattpad di atas? yang kini sukses menjadi penulis buku?

Jika iya, silakan menyempatkan berkomentar dan semoga bermanfaat...

Note...
Tulisan di atas merupakan saduran dari artikel blog gramedia.com pada tulisan berjudul "Berawal dari Wattpad, Mereka Jadi Penulis Buku Sukses"

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link hidup tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.