ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Kasus penjambretan, pencurian, pembegalan, serta macam kriminalitas jalanan lainnya tak juga kunjung berkurang malah setiap hari semakin bertambah dan menjadi-jadi.

Hal seperti ini seharusnya menjadi salah satu perhatian utama pemerintah guna memberikan rasa aman pada masyarakat terutama ketika sedang berada di jalanan.

Kurangi Kriminalitas Jalanan dengan Panel Surya

Terlebih ketika peraturan-peraturan hukum yang dibuat tak juga mampu memberikan efek jera bagi para pelaku kriminalitas ini.

Tingginya angka kriminalitas di Indonesia ternyata tak hanya dilakukan oleh penjahat-penjahat baru, tetapi juga dilakukan oleh penjahat-penjahat kambuhan yang telah keluar masuk penjara hingga lebih dari satu kali.

Penjahat-penjahat kambuhan ini membuktikan bahwa penerapan hukum Indonesia masih kurang tegas dalam menindak setiap pelaku sehingga mereka tidak memiliki ketakutan dan tobat melakukan tindakan kejahatan yang biasa mereka lakukan di jalanan.

Apabila hukum-hukum yang dinilai kurang tegas masih saja diberlakukan dan tidak cukup memberikan solusi dan rasa aman.

Maka hal ini tentu akan semakin meningkatkan kekhawatiran masyarakat selama berada di luar rumah terutama di jalanan. Sebab kejahatan bisa terjadi kapan saja dan tidak bisa diduga-duga.

Oleh karena itu, kebutuhan masyarakat akan rasa aman selama bepergian seharusnya menjadi target utama dan serius diperhatikan oleh pemerintah.

Sebab bila pemerintah mampu menciptakan dan menjaga rasa aman untuk masyarakat. Maka bisa dipastikan hal tersebut akan turut membantu pemerintah dalam menggaet lebih banyak investor dan wisatawan mancanegara untuk berinvestasi sekaligus menikmati pesona Indonesia.

Mengingat faktor keamanan adalah salah satu kunci kemajuan sebuah negara, terutama dalam memberikan tingkat kepercayaan kepada wisatawan mancanegara terkait terkontrolnya sistem untuk mencegah tindakan kriminalitas jalanan merajalela.

Apabila peraturan hukum untuk menindak pelaku kejahatan sulit dan belum mampu memberikan efek jera bagi pelaku kriminalitas jalanan serta memakan waktu yang panjang untuk diubah atau ditemukan solusi dan penerapannya yang tepat sasaran.

Maka pemerintah seharusnya memikirkan solusi lain untuk mengatasi atau mengurangi kejahatan-kejahatan yang terjadi di jalanan.

Seperti mengadakan penyediaan lampu jalan di beberapa ruas jalan yang masih sepi dan dianggap gelap terutama pada malam hari atau melakukan penambahan kamera pemantau di setiap sudut jalan yang rawan terhadap aktivitas kriminalitas jalanan.

Ini sangat bermanfaat untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dan memudahkan aparat keamanan lebih mudah dalam mengontrol tindakan-tindakan kejahatan yang banyak terjadi di jalanan.

Penambahan kamera pemantau maupun lampu jalan memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi biaya perawatan yang berkelanjutan setelah alat-alat tersebut terpasang dengan baik.

Namun hal seperti ini seharusnya tidak menjadi soal. Terlebih saat ini telah banyak dijual alat-alat penghemat listrik terbaik yang dapat menjawab kecemasan-kecemasan akan beban biaya tagihan listrik setiap bulannya.

Jika pun masih merasa terbebani dengan biaya listrik setiap bulannya, maka pemilihan lampu jalan bisa juga dialihkan menggunakan lampu bertenaga surya yang telah disematkan panel surya terbaik yang mampu bekerja hingga bertahun-tahun lamanya.

Apalagi mengingat kelebihan lampu panel surya ini yang lebih minim perawatan dibandingkan dengan lampu listrik. Maka dengan adanya realisasi solusi ini, tentunya diharapkan akan dapat membantu mengurangi angka kriminalitas jalanan di Indonesia.

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link hidup tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.