ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Mungkin bukan lagi sebuah informasi yang baru bagi Anda. Bahwa mendapatkan pundi-pundi uang dari youtube adalah sesuatu yang sudah sangat populer akhir-akhir ini.

Jika Anda mencari referensi online di internet mengenai cara mendapatkan uang dari youtube maka akan bertebaran berjuta-juta artikel yang siap Anda baca dan pelajari.

Cara Youtuber Mendapatkan Pundi-pundi Uang dari Youtube

Kepopuleran youtube di Indonesia telah menarik simpatik banyak orang termasuk kalangan entertainment seperti artis, komedian dan para konten kreator. Ini dikarenakan melalui youtube setiap orang bisa berbagi video online dan mendapatkan kepopuleran di sana.

Tidak kalah pentingnya, bahkan oleh banyak netizen muncul istilah 'youtube lebih dari TV' dikarenakan saat ini semua orang tanpa terkecuali bisa mencapai sukses nya di youtube tanpa melalui media promosi seperti di televisi.

Jika dahulu untuk menjadi terkenal seseorang berusaha untuk masuk tv? Maka di zaman milenial seperti sekarang untuk menjadi terkenal telah banyak media yang dapat digunakan. Salah satunya adalah YouTube.

Youtube lebih dari TV bukan lagi istilah baru. Hal ini dikarenakan konten dan video-video yang disajikan di youtube dapat diakses kapan saja oleh pengguna internet di manapun berada.

Selain itu tersedianya berbagai konten di youtube membuat youtube menjadi sebuah tempat yang menjadi pilihan banyak orang untuk mencari panduan atau informasi tertentu yang disajikan dalam bentuk video.

Tidak hanya menjadi terkenal, populer dan mendapatkan banyak fans. Melalui youtube seseorang bisa meraup pundi-pundi uang dengan menjadi publisher yang mengiklankan produk-produk advertiser baik melalui endorsement maupun monetisasi video youtube melalui google adsense serta layanan periklanan lainnya.

Namun berdasarkan peraturan terbaru youtube baru-baru ini. Setiap orang yang akan menjadi mitra youtube dan me-monetisasi video mereka dengan iklan setidaknya telah memiliki sebuah kanal youtube yang memenuhi standar dan pedoman youtube.

Syarat tersebut adalah kanal youtube yang akan dimonetisasi wajib memiliki 1.000 subscriber atau pelanggan dan telah menayangkan video dengan jumlah 40.000 jam kali ditonton dalam 12 bulan terakhir.

Hal tersebut berlaku bagi kanal youtube yang akan menjalankan kerja sama monetisasi video youtube melalui google adsense maupun media periklanan lain yang telah menjadi anggota youtube verified.

Sementara jika melalui metode endorsement hal tersebut dapat dilakukan secara mandiri berdasarkan kerjasama Youtuber dan Advertiser.

Salah satu video endorsement bisa dilihat pada video yang dibuat oleh Youtuber bernama Chandra Liow di kanal youtubenya. Bisa dilihat pada video berikut:Video tersebut adalah salah satu contoh bentuk kerjasama Youtuber dalam hal ini Chandra Liow dengan pihak Advertiser dalam membuat konten YouTube yang berisi iklan oleh pihak Advertiser (Sponsor).

Melihat hal ini! Mungkin muncul pertanyaan di benak Anda. Sebenarnya bagaimana cara youtuber mendapatkan pundi-pundi uang dari youtube?

Apa saja yang mempengaruhinya?

Ada banyak cara yang dilakukan oleh YouTuber untuk mendapatkan uang dari youtube. Namun poin paling penting yang mempengaruhi besar kecilnya jumlah penghasilan seorang youtuber dipengaruhi oleh jumlah views atau jumlah tontonan video.

Semakin tinggi views sebuah video milik seorang youtuber yang sudah di-monetisasi. Maka akan semakin tinggi pula kesempatan yang dimilikinya untuk meraup pundi-pundi uang.

Oleh karena nya berikut cara-cara umum yang dilakukan para YouTuber untuk mendulang kesuksesan dan mendapatkan penghasilan dari youtube.

1. Memanfaatkan Video Viral

Memanfaatkan video viral atau video yang memiliki trending yang cukup tinggi di internet adalah salah satu langkah penting yang banyak dimanfaatkan para youtuber demi mendatangkan banyak penonton pada video mereka.

Contoh pemanfaatan video viral bisa berupa video reaction, video cover lagu dan yang sejenisnya.

Makanya ketika muncul sebuah lagu yang hits ramai-ramai para youtuber cover melakukan cover lagu tersebut demi mendapatkan jumlah penonton yang banyak.

Bahkan meski tidak bisa mengcover lagu sekalipun seorang youtuber masih bisa membuat video reaction terhadap video-video trending sehingga terkena imbas dan video mereka bisa mendapatkan banyak penonton.

Berikut salah satu bentuk video reaction yang dibuat oleh Nihongo Mantappu.Jenis video reaction seperti ini memang rawan terkena copyright. Sehingga untuk mengatasinya baiknya Anda tidak mengaktifkan monetisasi video khusus pada video reaction tersebut.

Tidak perlu khawatir biasanya pembuat video reaction tetap mendapatkan penghasilan melalui bagi hasil yang terapkan oleh pemilik konten asli yang digunakan dalam materi video reaction. Selain itu hal ini memiliki dampak yang besar untuk mendapatkan banyak penonton karena membicarakan sebuah konten youtube yang tengah viral atau trending.

Jenis video seperti ini tidak bergantung pada video music yang viral saja termasuk tidak hanya video yang viral di youtube. Hal ini berlaku umum.

Oleh karenanya video-video viral selain video musik dan video dari youtube tetap bisa dibuat reaction nya. Syarat mutlaknya video tersebut wajib sedang viral atau trending.

2. Melakukan Kolaborasi dengan YouTuber Lain

Tidak mudah memang melakukan kolaborasi dengan youtuber lain lebih-lebih jika kanal youtube kita belum cukup populer dan dikenal banyak penonton youtube. Pun jika akan melakukan kolaborasi dengan Youtuber yang telah memiliki popularitas pasti akan membuat minder.

Namun tetap saja. Langkah ini adalah cara yang dilakukan banyak youtuber untuk mendulang pendapatan dan mendapatkan banyak penonton dan penggemar.

Sebab dengan melakukan kolaborasi maka antara ke dua youtuber akan mendapatkan manfaat tambahan seperti mendapatkan subscriber baru yang dimiliki oleh subscriber dari youtuber lain yang diajak melakukan kolaborasi.

3. Membuat Judul Video dan Thumbnail Youtube Clickbait. 

Salah satu strategi yang banyak digunakan youtuber untuk mendapatkan banyak penonton dan pendapatan yang tinggi adalah dengan membuat judul video maupun thumbnail yang clickbait.

Inti dari penggunaan judul video maupun thumbnail clickbait adalah untuk membuat penasaran penonton dan akhirnya mengundang reaksi mereka untuk menonton video yang dibagikan oleh seorang youtuber di kanal youtube mereka.

Meski demikian tidak jarang cara ini sebenarnya banyak yang tidak disukai penonton. Tetapi tetap saja cara ini dinilai sangat efisien membuat penonton menyaksikan video mereka.

Selain itu, penerapan langkah ini bagi youtuber yang tidak mau membuat penontonnya kecewa. Biasanya dengan membuat judul yang menarik dan membuat penasaran penonton disertai gambar atau thumbnail video yang profesional sehingga menarik untuk dilihat.

4. Melakukan Riset Terhadap Minat Penonton YouTube

Melakukan riset terhadap minat penonton youtube biasanya dilakukan sebagai langkah awal seorang youtuber untuk membangun konten atau ide untuk video-video youtube nya nanti.

Riset ini bisa dilakukan dengan mengamati minat penonton youtube lebih cenderung untuk menyaksikan video-video yang seperti apa saja? Sehingga seorang youtuber bisa merumuskan konsep dan ide di video-video nya menyesuaikan dengan topik yang dikuasainya dan mendapatkan penonton.

5. Menayangkan Video Pendek Sebelum Nama Kanal Youtube dan Isi Video Seluruhnya

Jika Anda biasa menonton video-video youtube seperti daily vlog. Maka biasanya akan ada video pendek yang ditampilkan lebih dulu sebelum muncul nama kanal youtube dalam video disusul seluruh isi video ditayangkan.

Cara ini dilakukan untuk menampilkan informasi utama di awal video secara singkat sehingga membuat penonton cukup penasaran dan memutuskan untuk menonton video tersebut hingga selesai atau tidak.

Semakin baik video pendek tersebut memberikan rasa ingin tahu kepada penonton maka akan semakin tinggi video tersebut ditonton hingga selesai.

Salah satu contoh video youtube yang menayangkan video pendek sebelum membahas isi seluruh video. Bisa dilihat pada salah satu video yang dibuat oleh Deddy Corbuzier berikut:Dalam video tersebut bisa dilihat penyajian topik utama dalam video disampaikan secara singkat di awal video.

Hal tersebut kemudian memberikan sebuah pertanyaan dalam benak penonton mengenai informasi yang ingin diketahuinya. Sehingga mampu mengundang rasa ingin tahu penonton dan menonton video tersebut hingga selesai.

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan youtuber untuk mendapatkan penghasilan dari youtube. Cara-cara di atas umumnya dilakukan untuk mendapatkan banyak penonton (jumlah views) dan penghasilan menjadi seorang youtuber di youtube.

Demikian! Semoga bermanfaat...

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link hidup tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.