ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Jika mau ditanyakan sebenarnya banyak hal yang dibutuhkan untuk menjadi youtuber. Tidak hanya peralatan atau alat-alat youtuber saja yang perlu dipikirkan. Sebagai calon youtuber pemula Anda sebaiknya menyiapkan banyak hal tidak hanya bergantung pada peralatan atau perlengkapan menjadi youtuber saja yang dipentingkan.

Anda mungkin paham betul bahwa menjadi youtuber yang sukses dan berpenghasilan bukanlah hal yang mudah.

Oleh karenanya hal yang dibutuhkan untuk menjadi youtuber sebaiknya dilandasi oleh hal-hal berikut ini:

1. Ide atau Topik Kanal Youtube


Ide adalah satu hal yang sangat dibutuhkan seorang calon youtuber sebelum kemudian ia menjadi youtuber dan memulai aktivitas vlogging nya di youtube. Mengenai persoalan menjadi youtuber yang sukses dan menghasilkan uang itu adalah persoalan lain atau hasil yang menjadi target untuk dicapai.

Tetapi untuk membuat kanal youtube menjadi sukses dan diminati penonton. Ide atau topik dari kanal youtube yang akan dibuat perlu dipersiapkan dengan matang.

Contoh Ide Kanal Youtube seperti yang dibangun oleh Boy William. Kanal Youtube nya memang untuk show atau mengajak diskusi tamu seperti pada acara Talk Show di televisi.

Tapi ide dari kanal youtube nya adalah membuat model show yang berbeda melalui kegiatan yang disebut #NebengBoy.

Ini adalah salah satu ide yang menarik dan cukup baru di Indonesia, mengajak seseorang berbicara di dalam perjalanan.Yap... mungkin Anda berpikir bahwa Boy William adalah seorang entertainment atau artis. Sehingga apapun yang dibuatnya pasti bisa mendatangkan banyak penonton ke video youtube miliknya.

Anda benar bahwa seorang yang sudah terkenal seperti Boy William memang mudah saja mendapatkan banyak penggemar. Tapi hal positif yang perlu dipikirkan adalah Jika orang-orang yang sudah cukup terkenal saja memikirkan Ide untuk kanal Youtube yang dibuatnya mengapa kita tidak memikirkan hal yang sama?

Contoh lain! Anda bisa juga melihat bagaimana Kanal Youtube Pak Ndul. Salah satu youtuber yang terkenal dengan tagline-nya "intinya inti, ahlinya ahli, dan core of the coreJika Anda melihat video-video Pak Ndul di Kanal Youtube nya mungkin akan dianggap biasa-biasa saja.

Tapi konsep tersebut ternyata adalah balutan komedi yang dipikirkan dengan matang sehingga menghadirkan jenis video seperti itu. Salah satu ciri khasnya adalah membuat video seperti video amatir dimana kameramen mengajak diskusi tokoh utama layaknya seperti merekam video aktivitas sehari-hari.

Seakan tidak dikonsepkan. Padahal hal tersebut telah dipikirkan dengan matang oleh Pak Ndul. Hal ini sebagaimana diungkapkan beliau dalam salah satu video yang dibuat oleh mantan mentalis Deddy Corbuzier di video berikut:Video Pak Ndul di Youtube memang cukup khas dan unik serta dibaluti dengan komedi yang umumnya merupakan guyonan jawa. Sehingga tidak mengherankan jika video-video beliau ternyata mampu masuk trending youtube Indonesia karena menghibur dan ditonton banyak orang.

Itu adalah salah satu contoh bahwa yang dibutuhkan untuk menjadi seorang youtuber salah satunya adalah ide atau topik konten yang akan dibuat.

Jika seorang calon youtuber pemula tidak merumuskan persoalan ini di awal-awal membangun kanal youtube miliknya. Maka bisa dipastikan akan sulit dirinya menggapai sukses di youtube.

Selain itu yang penting untuk diingat adalah ide adalah hal mendasar yang membuat konten Anda di Youtube dinilai unik karena merupakan sebuah kebaruan.

2. Semangat dan Tidak Mudah Menyerah


Membangun jiwa yang semangat dan tidak mudah menyerah adalah dasar yang setiap saat selalu diingatkan orang-orang sukses. Hal ini dikarenakan sifat semangat dan tidak mudah menyerah sangat bagus membangun kepribadian seseorang untuk terus bertarung hingga titik darah penghambisan.
Jiwa seperti ini penting dan dibutuhkan oleh calon youtuber pemula. Hal ini dikarenakan membangun kanal youtube yang sukses tidak semudah membalik telapak tangan. Ada jutaan video di youtube bersaing untuk mendapatkan banyak penonton atau views.

Sehingganya kesulitan dan persaingan untuk mendapatkan views yang tinggi pasti akan dialami oleh setiap youtuber pemula.

Jika saja semangat tidak ada dan mudah menyerah maka sudah dapat dipastikan youtuber pemula seperti ini tidak akan mencapai suksesnya di dunia per youtube-an.

Semangat dan Tidak Mudah Menyerah akan membangun kedisiplinan seorang Youtuber dalam mengelola kanal youtube yang dibuatnya. Dengan begitu ia akan banyak belajar dari kegagalan dan menemukan solusi-solusi tentang masalah tersebut hingga tercapai apa yang diinginkannya.

So siapkan mental dan tetap semangat juga tidak mudah menyerah.

Jika Anda ingin menjadi Youtuber sukses maka Anda membutuhkan sikap seperti ini.

3. Belajar Editing Video dan Teknik Pengambilan Gambar


Bagaimanapun juga sebagai seorang calon youtuber pemula kemampuan editing video termasuk teknik pengambilan gambar merupakan hal yang dibutuhkan untuk menjadi youtuber mandiri.

Ini dilakukan apabila Anda membangun kanal youtube secara mandiri atau sendiri.

Tetapi jika Anda memiliki cukup dana untuk membiayai jasa editor video dan mempekerjakan orang lain untuk menjadi kameramen Anda. Maka poin ini tidak terlalu dibutuhkan.

Sementara jika Anda memiliki modal yang cukup minim tentu saja semuanya harus bisa Anda lakukan sendiri. Lagian skill seperti ini umumnya wajib dimiliki oleh youtuber yang menjejaki karier dari bawah dengan modal seadanya.

Membuat video secara mandiri untuk youtube sebenarnya tidak begitu sulit. Yang terpenting Anda mengerti bagaimana melakukan cutting video dan metode pengambilan gambar itu sudah bisa dibilang cukup. Bahkan saat ini mengedit video pun sudah bisa dilakukan melalui smartphone. Meski pun tetap saja mengedit melalui PC / Laptop lebih disarankan.

4. Peralatan Youtuber


Setidaknya setelah tiga poin di atas. Hal terpenting lainnya yang dibutuhkan untuk menjadi youtuber adalah peralatan youtuber. Alat-alat yang perlu dipersiapkan bagi Youtuber pemula umumnya adalah:

  1. Kamera (Termasuk Kamera Hape)
  2. Hape (Bisa digunakan untuk editing dan merekam video termasuk Audio)
  3. Laptop (Digunakan untuk mengedit video dengan lebih efisien)
  4. Tripod atau Monopod (Digunakan untuk membantu pengambilan video Anda)
  5. Microphone (Untuk Membantu Anda dalam Menciptakan video dengan Audio yang lebih jernih).
  6. Lampu LED (Untuk Membantu Pencahayaan dalam Pembuatan Video terutama di dalam ruangan)

Untuk lebih lengkap mengenai peralatan penting apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menjadi youtuber pemula. Anda bisa membaca tulisan saya lainnya.

Baca: Cara Jadi Youtuber Sukses dengan Modal Minim

Pada artikel tersebut saya telah membahas 5 Peralatan Youtuber yang bisa didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Sehingga Anda bisa mulai menyiapkan kebutuhan dan peralatan youtube Anda secara mandiri dan mulai menjadi seorang youtuber pemula - menengah - hingga sukses.

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link hidup tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.