ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Menulis adalah aktivitas yang cukup menyenangkan. Senang karena tulisan yang dibuat bisa dibaca banyak orang dan memberikan manfaat baik entah hanya dalam takaran setengah gelas air minum atau penuh dengan nilai yang positif.

Intinya menulis memberikan stimulasi pada kepribadian untuk menjadi seorang pemikir meski tak sekelas filsuf.

Sementara jika melihat pengertian umumnya menulis diartikan sebagai wadah penyampai pesan atau informasi yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca.

Tetapi tidak sedikit juga yang mengartikan menulis sebagai sebuah hal yang tidak punya batas definisi. Masing-masing orang punya kesan dan interpretasinya sendiri.

4 Situs Tempat Menulis Online Terbaik

Tulisan saya kali ini tidak menyinggung persoalan bagaimana mendapatkan uang dari menulis seperti pada tulisan-tulisan saya lainnya di blog ini.

Melainkan secara umum saya akan mengulas empat tempat yang direkomendasikan untuk menulis online.

Bagi peminat literasi! 4 tempat menulis online ini mungkin cocok untuk anda.

1. Blog

Blog adalah salah satu platform digital yang banyak digunakan sebagai media menulis online. Serta pertama kali dipopulerkan blogger.com, yang dimiliki Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh google pada akhir tahun 2002.

Di awal kemunculannya blog menjadi platform digital yang sangat populer dan digemari banyak penulis untuk menuliskan cerita-cerita mereka secara online dan dibaca banyak orang melalui internet.

Jika anda menyukai literasi, hobi membaca dan menulis. Anda bisa memanfaatkan blog untuk kegiatan menulis yang anda senangi tersebut. Selain itu, anda juga berkesempatan mendapatkan banyak teman dengan mengikuti banyak komunitas blogging di internet.

Awalnya blog dibuat sebagai platform yang memediasi para penulis untuk menemukan pembaca atau penggemarnya melalui internet.

Tetapi seiring perkembangannya. Blog kini telah banyak diarahkan sebagai media menulis untuk menghasilkan uang secara online. Baik dibangun secara personal bahkan bersama tim profesional seperti pada blog-blog berita, blog olahraga, blog teknologi dan lain sebagainya.

2. Wattpad

Wattpad adalah salah satu platform menulis yang saat ini menyediakan jutaan genre bacaan yang ditulis oleh banyak penulis.

Wattpad tidak seperti blog. Tetapi platform ini sangat direkomendasikan sebagai tempat menulis online dikarenakan setiap penulis wattpad memiliki kesempatan yang sama untuk menuliskan cerita mereka dan dibaca banyak orang.

Hal ini dikarenakan wattpad adalah sebuah platform yang mempertemukan dua hobi yakni pembaca dan penulis. Ini terjadi dikarenakan tulisan wattpad sangat beragam dan menyediakan bacaan-bacaan yang cukup berkualitas.

Melalui wattpad seorang penulis bisa menuliskan kumpulan ceritanya layaknya buku online yang mudah diakses oleh pembaca melalui internet.

Dapat dibilang wattpad termasuk tempat menulis terbaik untuk penulis tingkat menengah dan profesional. Karena di sana terdapat juga penerbit-penerbit lokal yang mencari tulisan-tulisan populer di wattpad untuk mereka terbitkan.

3. Medium

Meski sebagai salah satu platform menulis yang tergolong baru. Mungkin sudah banyak yang mengenal medium karena popularitasnya. Menulis di medium cukup menyenangkan. Sebab beberapa hari lalu saya telah mencoba menulis satu tulisan perkenalan saya di sana.

Dari beberapa referensi online yang saya baca menjelaskan bahwa medium adalah platform menulis yang menggabungkan antara blog dan sosial media seperti twitter. Oleh karena itu, tempat menulis online ini disebut sebagai medium untuk menengahi ke dua hal tersebut.

Secara garis besar menulis di medium cukup menyenangkan dikarenakan fitur editor text yang dimiliki medium layaknya fitur catatan yang ada di facebook tetapi memiliki fitur yang lebih lengkap. Serta cukup mudah dan ringan digunakan. Membuat aktivitas menulis menjadi sangat nyaman.

Karena medium memiliki sistem seperti twitter. Maka setiap tulisan di medium memiliki kesempatan untuk menjadi trending dan mendapatkan banyak pembaca. Tetapi umumnya tulisan-tulisan yang mampu memuncaki trending medium adalah tulisan-tulisan berbahasa inggris.

4. Plukme

Dibandingkan ke tiga platform menulis online di atas. Plukme adalah satu-satunya platform menulis buatan anak bangsa (Indonesia) yang cocok buat penulis indonesia kelas atas, menengah hingga pemula.

Plukme berdiri secara resmi pada tahun 2017 di bawah naungan PT. SKYCO DIGITAL INDONESIA dan situsnya sempat down pada akhir tahun 2018 kemarin. Namun diisukan akan aktif kembali pada awal mei 2019 mendatang dengan berbagai fitur baru yang luar biasa.

Update 12 November 2019 - (Saat ini plukme nampaknya tidak lagi dapat diakses. Situs tersebut sudah tidak tersedia)

Kemunculan plukme adalah angin segar bagi penulis Indonesia dikarenakan dari banyak platform menulis online di luar sana. Plukme adalah satu-satunya buatan Indonesia serta memiliki beragam fitur yang tidak kalah dengan platform menulis online pada umumnya.

Secara umum saya menilai plukme lebih mirip dengan medium. Sama-sama menggabungkan dua media dalam satu. Yakni menggabungkan media sosial seperti facebook, twitter dan blog dalam satu wadah yang di sebut plukme.

Meski tidak juga bisa disebut sebagai facebook atau twitter atau blog.  

Oleh karenanya, di plukme selain penulisnya (plukers) bisa menerbitkan tulisan berupa cerita layaknya menulis di blog, medium maupun wattpad. Mereka juga bisa menerbitkan tulisan berupa quote atau status layaknya ciutan twitter dan status di facebook.

Setiap tulisan di plukme bisa mendapatkan label favorite apabila tulisan mereka dinilai layak oleh pihak plukme untuk diangkat dan dibaca banyak orang. Bila penulis plukme sudah cukup terkenal maka mereka akan mendapatkan perlakuan khusus seperti memiliki akun verified plukme dan tulisan mereka mudah masuk label favorite.

Selain itu, bila sebuah tulisan memiliki popularitas yang bagus karena mendapatkan banyak pembaca. Maka tulisan yang dibagikan di plukme bisa memuncakki kolom trending layaknya trending pada twitter.

Fitur trending dan tulisan label favorite mirip dengan fitur yang dimiliki medium. Bedanya, di medium tulisan yang memuncaki kolom trending didominasi oleh tulisan-tulisan berbahasa inggris. Tulisan berbahasa Indonesia akan sangat sulit mendapatkan popularitas seperti itu di medium.

Tidak hanya itu, plukme juga membangun sistem earning. Diantaranya:

  1. Memberi benefit pada setiap tulisan yang terbit di plukme bila dinilai layak.
  2. Membaca tulisan Plukers lain akan mendapatkan earning.
  3. Tulisan dikunjungi dan dibaca oleh pengunjung mendapatkan earning tambahan

Selain sebagai platform asli buatan anak bangsa. Menulis di plukme juga sangat dihargai. Sebab merupakan aktivitas yang menyenangkan untuk menyalurkan hobi dan mendapatkan benefit.

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link hidup tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.