ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Nyeri bahu adalah kondisi yang cukup mengganggu. Sebab hal tersebut mampu menurunkan produktivitas kerja anda termasuk aktivitas lain yang biasa anda lakukan sehari-hari.

Ada banyak penyebab nyeri bahu yang sering dialami orang. Salah satunya adalah merasa nyeri pada bahu sesudah memakai tas.
Masalah ini ternyata tidak hanya dialami oleh satu atau dua orang saja. Banyak orang yang mengeluhkan masalah nyeri otot bahu karena membawa tas.

Sebenarnya, ada beberapa kebiasaan sehari-hari anda yang menjadi penyebab nyeri bahu, seperti:

1. Beban yang dibawa terlalu berat

Jika beban tas yang biasa anda gunakan terlalu berat. Maka hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab nyeri bahu yang anda alami.

Hal ini terjadi karena beban tas yang berat tersebut menyebabkan otot persendian anda harus bekerja menjadi lebih keras. Akibatnya jaringan halus yang berada di bahu menjadi aus dan mudah terkena cedera.

Bila anda adalah seorang yang aktif dan selalu berpergian menggunakan tas. Sebaiknya meringankan beban tas anda. Beberapa hal yang bisa anda lakukan misalnya membawa benda yang paling dibutuhkan saja.

2. Membawa beban hanya pada satu bahu

Beberapa orang mungkin termasuk anda memiliki kebiasaan kerja dengan mengandalkan bagian tubuh yang paling kuat saja.

Misalnya jika seseorang yang terbiasa beraktivitas menggunakan bagian tubuhnya yang paling kuat. Maka biasanya tubuh tersebut yang akan menjadi tumpuan mereka.

Seperti jika anda terbiasa menggunakan salah satu anggota tubuh yang kuat sebelah kanan atau sebelah kiri. Maka biasanya anda akan menaruh beban lebih berat pada bagian tubuh yang dirasa kuat.

Hal ini memang tidak terlalu menjadi masalah jika anda mampu mengimbanginya. Sebab salah satu penyebab lain dari nyeri bahu terjadi akibat anda membawa tas dengan satu bahu atau tidak bergantian.

Akibat Anda menggunakan tas hanya dengan satu bahu, lengan yang digunakan sebagai tumpuan tidak akan memperoleh ayunan dengan benar, sehingga berubah menjadi rasa nyeri. Oleh sebab itu, hindari membawa tas pada satu sisi saja.

3. Menggunakan tas dengan bentuk selempang

Sekarang ini, tas dengan bentuk selempang memang banyak dijadikan sebagai pilihan. Padahal, bentuk tas ini dapat menyebabkan sakit punggung terutama di bagian bahu.Menggunakan tas selempang yang memiliki beban lebih berat akan menyebabkan perubahan postur tubuh.

Awal penggunaannya, bahu akan terasa pegal, dan nyeri. Jika dibiarkan secara terus menerus, akan berujung pada terganggunya aktivitas keseharian anda. Oleh sebab itu, saat membawa banyak barang, lebih baik menggunakan tas ransel.

Hal tersebut akan membuat anda lebih nyaman dan tidak mudah mengalami nyeri pada bahu.

4. Terlalu lama membawa beban berat

Mungkin tidak terlalu bermasalah jika beban yang dibawa hanya beberapa menit saja. Tetapi jika hal tersebut terlalu lama. Terutama jika membawa beban berat, maka rasa nyeri akan semakin meningkat.

Untuk mengatasi nyeri bahu karena membawa tas yang berat, Anda dapat membawa tas dengan bergantian atau pindah posisi tubuh.

Hal tersebut berguna agar otot tidak bekerja terlalu keras dan semakin memperburuk postur tubuh. Upayakan mengenakan tas dengan bentuk menyilang.

Selain itu saat nyeri otot datang, Anda bisa langsung menggunakan koyo hangat sachet dengan menempelkan koyo hangat pada bagian yang sakit.

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link hidup tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.