ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Menghilangkan tanggal postingan di blog supaya tidak muncul pada hasil serp mesin pencari. Merupakan salah satu praktik SEO yang saat ini tengah ramai dilakukan oleh banyak blogger profesional.

Penerapan seperti ini pun telah saya terapkan untuk blog ini sekitar dua hari kemarin. Anda bisa melihat perubahannya melalui pencarian “site:www.matahaya.com”.

Ada banyak alasan mengapa menghilangkan tanggal postingan di blog ini cukup penting untuk saya terapkan.

Alasan menghilangkan tanggal postingan di blog diantaranya karena:


1. Agar Tidak Kehilangan Pembaca Blog


Alasan pertama yang membuat saya memilih untuk ikut menghilangkan tanggal postingan di blog, yakni agar blog tidak kehilangan pembaca.

Mengapa demikian?
Bagi anda yang sudah terbiasa mencari informasi di internet melalui mesin pencari (google). Pasti pernah suatu waktu menemukan artikel online melalui hasil penelusuran tersebut yang menampilkan tanggal postingan.

Melihat hal tersebut anda sudah pasti memilih postingan dengan tanggal posting yang paling baru. setidaknya jika nantinya anda menemukan artikel postingan tahun 2014 dan tahun 2019.

Maka anda pasti akan lebih cenderung memilih artikel dengan tanggal posting terbaru yaitu tahun 2019. Meski, artikel yang diposting tahun 2015 memiliki posisi teratas dari postingan tahun 2019 dan masih membahas topik bahkan judul yang sama.

Hal tersebut dikarenakan anda maupun setiap calon pembaca menginginkan informasi yang masih fresh atau dianggap paling baru.

Sebagai seorang blogger kita memang dituntut untuk selalu meng-update artikel postingan yang sudah dianggap kadaluarsa atau sudah tidak relevan lagi dengan waktu saat ini. Sehingga isi artikel di blog tetap terjaga relevansinya setiap waktu dengan topik yang kita bahas.

Tetapi dengan meng-update postingan di blog, tidak membuat tanggal postingan blog yang muncul di mesin pencari dengan tanggal posting terbaru sesuai tanggal update postingan yang kita lakukan.

Sehingga meski tulisan tersebut sudah kita update, pembaca yang menemukan artikel kita di mesin pencari akan menganggap tulisan tersebut sudah usang atau basi. Karena tanggal postingan dianggap sudah terlalu lama atau kadaluarsa.

Sehingga dengan menghilangkan tanggal postingan di blog supaya tidak muncul pada hasil penelusuran, setidaknya penting dilakukan untuk meminimalisir resiko di atas dan blog tidak kehilangan pembaca blog organic (dari mesin pencari) dengan cukup signifikan.

2. Meningkatkan Pengunjung Organik Ke Blog


Memang penerapan ini, tidak akan secara signifikan langsung meningkatkan pengunjung organik datang ke blog dengan cara yang cukup cepat.

Tetapi, setidaknya dengan menghilangkan tanggal postingan blog kita telah mengupayakan agar postingan yang muncul di mesin pencari berpotensi lebih banyak dikunjungi pembaca tanpa melihat apakah postingan tersebut sudah lama atau merupakan postingan baru.

Potensi ini, berdasarkan penilaian saya pribadi penting untuk diambil. Sebab beberapa artikel blog saya yang nangkring di page one google susah dicari bahkan cenderung turun serta dikunjungi pembaca berdasarkan laporan google analytics. Meski beberapa artikel saya tersebut ternyata memiliki peringkat yang cukup baik di mesin pencari.
performa postingan menurun
Setelah melihat status tersebut. Saya berasumsi bahwa kondisi ini dikarenakan artikel-artikel blog pesaing yang muncul pada page one google bersamaan dengan artikel (postingan blog) saya banyak yang tidak lagi menampilkan tanggal postingan.

Hal tersebut yang kemudian membuat performa postingan saya menurun dan lebih jarang dikunjungi pembaca meski memiliki jumlah penayangan halaman di mesin pencari cukup tinggi.

Oleh karenanya untuk memenuhi persaingan tersebut, penting bagi saya menerapkan langkah ini ‘menghilangkan tanggal postingan blog di mesin pencari’ sehingga akan kembali meningkatkan performa postingan blog dan mendapatkan pengunjung organik kembali menjadi pembaca di blog saya.

3. Menguntungkan dari Sisi SEO


SEO atau Search Engine Optimization memang saat ini adalah salah satu praktik untung-untungan karena banyak blogger yang menganggapnya misterius.

Praktik menghilangkan tanggal postingan di blog supaya tidak muncul di mesin pencari memang tidak dijelaskan langsung oleh pihak google bahwa hal tersebut mampu meningkatkan SEO sebuah blog.

Tapi kalau kita mau melihat situs-situs populer seperti Wikipedia bahkan termasuk google. Postingan-postingan yang mereka terbitkan banyak diantaranya tidak menampilkan tanggal postingan pada hasil penelusuran mesin pencari.

Ini berarti praktik menghilangkan tanggal postingan di blog bukan sesuatu yang dilarang. Karena secara resmi tidak ada penjelasan langsung berdasarkan pedoman google webmaster.

Namun jika kita mengacu pada salah satu algoritma google yang akan memberikan perlakuan khusus pada artikel blog yang sering mendapatkan kunjungan pembaca organik dan human friendly untuk diprioritaskan muncul di page one google.

Maka ini mengindikasikan bahwa artikel blog kita akan cukup potensial mendapatkan posisi yang baik pada hasil penelusuran. Karena berpotensi meningkatkan pembaca datang ke blog seperti yang dijelaskan pada poin satu dan poin dua di atas.

Sekarang apa yang akan anda putuskan setelah membaca 3 alasan saya menghilangkan tanggal postingan di blog ini!

Jika anda akan memutuskan hal yang sama? Sebaiknya perhatikan bahwa blog anda membagikan artikel seputar informasi yang selalu membutuhkan update. Seperti blog-blog tutorial yang banyak membagikan artikel how-to atau panduan.

Sebab blog dengan topik seperti ini akan membutuhkan update yang rutin seiring waktu untuk menjaga relevansi artikel dari waktu ke waktu tetap fresh hingga saat ini.

Oleh karenanya, jika blog anda merupakan blog seperti situs berita. Maka anda tidak perlu menghilangkan tanggal postingan blog dikarenakan tanggal postingan tersebut adalah riwayat dokumentasi postingan anda dipublikasikan.

Bagi anda yang ingin menerapkan cara menghilangkan tanggal postingan di blog supaya tidak muncul di hasil penelusuran mesin pencari (google).

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menghilangkan cek list tanggal melalui edit Tata Letak pada bagian ‘blog post’.

Bisa dilihat seperti gambar di bawah ini:
Pentingkah Menghilangkan Tanggal Postingan di Blog?
sumber gambar: winkamaru.com
Setelah menerapkan cara ini, maka tidak serta merta tanggal postingan di blog langsung berhasil disembunyikan pada hasil penelusuran google. Sebab, biasanya kita harus menunggu beberapa waktu hingga seluruh artikel di crawl ulang oleh bot google.

Setelah dua hari menerapkan cara ini pada blog matahaya.com, saya melihat beberapa artikel sudah mulai muncul di penelusuran google tanpa menampilkan tanggal postingan blog.

Mungkin hanya itu, kesan dan alasan saya mengapa akhirnya memilih ikut menghilangkan tanggal postingan di blog seperti yang banyak dilakukan blogger-blogger profesional di luar sana.

Demikian semoga ulasan di atas bisa bermanfaat untuk anda. Jangan lupa jejak ya…

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link hidup tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.