ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Di internet ada berjuta informasi dan artikel-artikel online yang membahas persoalan cara mendapatkan uang online dari internet. Sebagian informasi yang ditemukan beberapa diantaranya ternyata hanya scam (penipuan) dan beberapa diantaranya lagi benar-benar terbukti membayar.

Di masa ini ada banyak sekali peluang mencari uang melalui internet yang terbukti membayar, bahkan beberapa cara mendapatkan uang dari internet tersebut ada yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya maupun modal besar.

Namun perlu diingat!
Bahwa anda tak harus percaya mencari uang gratis dari internet tanpa modal itu nyata. Sebab usaha online yang dilakukan untuk mencari uang di internet adalah kerja nyata dan diperolah melalui proses yang panjang.

Jadi tidak benar bahwa anda bisa mendapatkan uang gratis dari internet, sebab uang online hanya bisa anda dapatkan melalui proses kerja yang bernilai usaha. Meski beberapa diantaranya ada yang nyaris tanpa modal.

Bagi seorang pemula mungkin akan banyak terjebak mengenai persoalan mendapatkan uang gratis dari internet tanpa modal. Ini dikarenakan hal tersebut merupakan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Menurutnya!

Namun dalam prosesnya mereka akan sadar bahwa apa yang mereka kerjakan itu bukanlah perkara mudah.

Sebab cara mendapatkan uang online perlu dilakukan dengan strategi yang cukup jitu sehingga apa yang dikerjakan bisa menghasilkan uang.

Bahkan dalam kondisi yang paling buruk mengenai praktek mendapatkan uang gratis dari internet, banyak yang berakhir pada scam atau penipuan.

Cara Mendapatkan Uang dari Google

Oleh karenanya, dalam tulisan berikut ini saya akan membahas cara mendapatkan uang online di internet melalui kerjasama antara anda dan google. Dimana hal ini sudah cukup terpercaya dan terbukti membayar karena digaungi oleh perusahaan terbesar yakni Google inc.

Bagaimana Google Membayar Anda?


Google memiliki dua platfrom monetisasi konten digital yang dikenal dengan Google Adsense dan Admob.

Kedua platfrom monetisasi tersebut memungkinkan anda untuk menghasilkan uang dari kegiatan monetisasi atau kegiatan menayangkan iklan di dalam produk digital yang anda miliki.

Untuk saat ini setidaknya ada 3 produk digital yang bisa anda manfaatkan untuk menghasilkan uang dari google melalui monetisasi konten dengan iklan. Produk digital tersebut adalah blog, video, dan aplikasi mobile baik untuk android maupun iphone.

Mudahkah Bekerjasama dengan Google dalam Memonetisasi Konten Digital Kita?


Secara sederhana bekerjasama dengan google, anda hanya dituntut untuk membuat produk digital yang original dan mematuhi kebijakan google.

Selanjutnya produk digital tersebut baik blog, video, maupun aplikasi ponsel akan di-monetisasi melalui google adsense atau google admob. Sehingga produk digital anda bisa menayangkan iklan dan mulai mengumpulkan penghasilan.

Penting!
Agar anda bisa memiliki penghasilan dari produk digital anda seperti blog, video dan aplikasi mobile.

Anda harus memastikan bahwa produk anda tersebut dibutuhkan banyak orang. Sebab pendapatan anda datang dari pengunjung blog, penonton video dan pengguna aplikasi anda yang terhubung ke internet.

1. Bagaimana Blog Menghasilkan Uang dari Google?


Blog adalah situs atau website personal yang pembuatannya cukup mudah. Bahkan beberapa diantaranya blog dapat dibuat secara gratis melalui platfrom blog milik google di blogger.com.

Baca: Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Atau silakan tonton video cara membuat blog gratis di bloger:
Agar sebuah blog yang dibuat bisa menghasilkan uang dari monetisasi konten blog melalui program google. Maka sebaiknya blog anda memenuhi beberapa syarat berikut:

Blog Anda Sebaiknya telah Aktif Minimal Selama 6 Bulan


Setelah membuat blog, baik yang dibuat berbayar dan secara gratis melalui platfrom blogspot di blogger.com! Blog yang akan diajukan untuk berkerja sama dengan program google adsense untuk monetisasi blog minimal telah melewati masa pemeliharaan selama 6 bulan.

Ini dilakukan agar blog yang dibuat memiliki cukup waktu untuk diisi dengan konten atau artikel bermanfaat dan berkualitas.

Selain itu, masa tunggu tersebut dimaksudkan agar blog yang akan diajukan melalui monetisasi google adsense memiliki cukup waktu untuk di-crawl robot google sehingga dapat terindex dengan baik di mesin pencari.

Maksud dapat terindex dengan baik di mesin pencari adalah blog yang dibuat sudah dapat ditemukan pengunjung melalui pencarian di internet. Baik menggunakan mesin pencari google atau mesin pencari lainnya seperti bing, yandex, yahoo dan lain-lain.

Topik Blog Wajib Memenuhi Syarat Berdasarkan Kebijakan Google


Untuk bekerja sama dengan google, maka blog yang akan dimonetisasi wajib memuat topik artikel yang mematuhi syarat atau kebijakan google.

Intinya syarat yang penting untuk diperhatikan adalah konten atau artikel di blog sebisa mungkin dapat bermanfaat bagi pembaca atau pengunjung serta konten blog tidak berisi informasi sensitif yang membagikan konten negatif seperti: pornogarfi, perjudian, termasuk menipu atau menyesatkan.

Selain itu blog yang akan diajukan untuk bermitra dengan google harus benar-benar memperhatikan bahwa konten artikel yang disajikan di dalam blog merupakan konten original yang ditulis sendiri. Serta memuat gambar grafis yang tidak berlisensi atau tidak memiliki hak cipta.

Sehingga jika akan mengajukan blog anda bermitra dengan google dalam hal ini melalui monetisasi google adsense. Maka sebaiknya blog yang akan diajukan tersebut tidak berisi konten atau artikel hasil dari tindakan copy paste.

Sebab konten artikel yang memiliki duplikat konten dengan artikel milik orang lain, akan rentan dan gagal diterima untuk bermitra melalui monetisasi google adsense.

Custom Domain atau Alamat Blog Anda Ke Domain Premium / TLD (Opsional)


Sebenarnya menggunakan blog gratis dengan subdomain blog seperti bloganda.blogspot.com yang dibuat melalui blogger.com sudah cukup bagus dan memang dapat diajukan ke google adsense untuk di-monetisasi.

Namun anda bisa mengambil langkah opsional untuk meng-custom domain sendiri di blog anda menggunakan domain premium. Sehingga blog anda menjadi tampak lebih professional.

Selain itu, jika anda mengajukan blog ke google adsense dengan domain milik sendiri maka anda akan mendapatkan akun adsense non hosted (full approved) yang bisa digunakan untuk memonetisasi banyak blog dengan domain maupun subdomain berbeda.

Jadi jika saat ini blog anda masih menggunakan subdomain seperti: bloganda.blogspot.com baiknya anda segera meng-custom-nya menjadi domain premium. Misal: bloganda.com, bloganda.id maupun bloganda.net dan lainnya. Pilih salah satu yang anda sukai.

Saya sendiri menyarankan jika anda ingin menggunakan domain premium untuk blog anda sebaiknya menggunakan domain kelas atas seperti domain.com atau domain lokal Indonesia seperti domain.id (untuk personal dan bisnis), dan domain.web.id (untuk situs / blog personal).

Baca Juga: 6 Alasan Penting Kenapa Blog Perlu Domain Premium TLD

Jika konten blog anda menyasar pengunjung dan pembaca dari Indonesia? Akan lebih baik anda menggunakan domain Indonesia sebab blog anda akan lebih mudah ditemukan pembaca atau pengunjung dari Indonesia.

Meski sebenarnya anda tetap bisa menggunakan domain kelas atas seperti domain.com yang sangat populer digunakan di dunia.

Untuk mendapatkan domain premium buat blog anda dan sebelum di-custom atau dihubungkan ke blog yang masih menggunakan subdomain blogspot. Anda perlu membeli dan memilih sebuah nama domain untuk blog anda pada beberapa layanan web hosting Indonesia.

Baca:

Setelah berhasil membeli sebuah nama domain untuk blog anda, selanjutnya domain tersebut dihubungkan ke blog yang masih menggunakan bloganda.blogspot.com supaya diganti serta dapat diakses melalui domain sendiri seperti bloganda.com.

Gunakan Template Blog Yang Responsive dan Mendukung SEO (Opsional)


Jika anda membuat blog gratis di blogger.com, selain anda mendapatkan gratis subdomain blogspot. Di sana juga terdapat banyak template (theme) blog yang dapat anda pilih untuk menyesuaikan tampilan sebuah blog menjadi lebih menarik.

Namun tentu saja, penggunaan template gratis yang disediakan blogger memiliki keterbatasan tertentu meski template-template tersebut telah mendukung SEO dan cukup responsive.

Keterbatasan utama adalah dari segi desain yang menurut saya template gratis blogger memiliki desain yang cukup standar dengan optimasi SEO yang belum maksimal.

So, anda bisa mengambil langkah opsional ini untuk mencari template-template custom untuk blogspot sehingga tampilan blog anda menjadi lebih menarik di mata pengunjung.

Di internet sudah banyak artikel online yang membagikan template-template berkualitas, responsive dan mendukung SEO. Ada yang dibagikan secara gratis dan ada yang berbayar. Sehingga jika mau memilih yang paling berkualitas tentu saja adalah template blog yang berbayar atau premium.

Baca: Perbedaan Template Blog Premium dan Gratis

Jika anda berniat mengganti template blog anda dengan template custom yang responsive dan mendukung SEO serta memiliki desain yang bagus. Anda bisa mendapatkan template tersebut baik menggunakan versi gratis atau versi berbayar melalui situs penyedia template gratis dan template premium untuk blogspot di tempat-tempat berikut:


Pada ke tiga situs atau blog di atas. Anda akan mendapatkan banyak template custom yang responsive dan telah mendukung SEO. Ada yang dibagikan dalam versi gratis dan juga versi premium. Silakan memilih yang terbaik menurut anda.

Baca: Cara Mengganti Template (Tema) Blog di Blogger

Pentingnya menggunakan template blog yang responsive dan mendukung SEO adalah agar situs atau blog anda menjadi mudah ditemukan pengunjung di mesin pencari.

Sebab jika blog sulit mendapatkan pengunjung maka blog anda akan sulit memperoleh penghasilan dari google meski telah berhasil di-monetisasi dengan iklan.

Ajukan Blog Ke Google Adsense untuk Di-monetisasi (Langkah Akhir)


Setelah blog anda dirasa layak dan memenuhi beberapa syarat utama di atas! Selanjutnya silakan ajukan blog anda untuk menjadi publisher google adsense.

Baca:

Perhatian pengajuan blog untuk di-monetisasi dengan iklan dari google adsense tidaklah mudah seperti yang dibayangkan. Banyak blogger berpengalaman bahkan harus melakukan pengajuan berulang-ulang hingga blog mereka disetujui dan menjadi publisher google adsense.

Jika blog anda nanti sukses dan diterima menjadi publisher google adsense. Selanjutnya silakan mengisi blog anda dengan banyak artikel yang bermanfaat dan berkualitas sehingga mendapatkan banyak pengunjung maupun pembaca dan mulai menghasilkan uang dari penayangan iklan google.

2. Bagaimana Video Menghasilkan Uang dari Google?


Agar video yang anda buat bisa menghasilkan uang dari google, maka video anda harus di-online-kan sehingga dapat dinonton oleh banyak orang melalui internet.

Untuk meng-online-kan video anda supaya dapat dinonton banyak orang melalui internet bisa melalui situs pribadi anda. Misalnya seperti situs tv online yang di-hosting sendiri melalui layanan web hosting atau saat ini lebih umum dibagikan langsung melalui kanal youtube secara gratis.

Daripada ribet membuat tv online menggunakan hosting sendiri karena membutuhkan biaya besar untuk berlangganan hosting. Pilihan terbaiknya tentu saja adalah mengupload video anda ke youtube.

Youtube adalah salah satu platfrom berbagi video nomor satu di dunia yang saat ini telah bekerja sama dengan google adsense untuk memonetisasi konten video dengan iklan dari google.

Oleh karenanya setiap orang yang ingin menghasilkan uang dengan memonetisasi konten video online nya dengan iklan dan mendapatkan penghasilan. Satu-satu nya pilihan terbaik saat ini adalah melalui YouTube.

Berikut beberapa hal yang perlu anda lakukan agar video anda di YouTube bisa di-monetisasi dengan iklan google Adsense:

Membuat Kanal YouTube


Sama seperti membuat blog, untuk membuat kanal youtube sendiri anda perlu membuat akun email gmail.

Setelah memiliki email gmail dari google. Selanjutnya anda hanya perlu melakukan login ke YouTube dan mengaktifkan kanal youtube anda.

Membuat dan Mengupload Video Original


Selanjutnya anda hanya perlu membuat video anda sekreatif mungkin untuk di-upload ke youtube dan mendapatkan banyak penonton.

Penting untuk diingat bahwa anda harus menyajikan video yang tidak berisi claim hak cipta seperti pada penggunaan audio maupun gambar orang lain.

Baca Juga:

Oleh karenanya buatlah video yang original berisi gambar maupun audio untuk sound efek yang free atau memiliki lisensi bebas. Sehingga video anda bisa terhindari dari sanksi copytight akibat menggunakan konten berhak cipta milik orang lain.

Patuhi Peraturan dan Kebijakan YouTube


Pada tahun 2018 kemarin, youtube telah menerbitkan peraturan atau kebijakan baru bagi setiap pengguna yang akan memonetisasi video youtube mereka dengan ketentuan berikut:

  • Kanal YouTube yang memenuhi syarat untuk di-monetisasi setidaknya telah memiliki minimal 1.000 subscriber dalam 12 bulan terakhir.
  • Kanal YouTube baru bisa ditinjuau untuk di-monetisasi apabila telah memiliki 4.000 jam tayang orang menonton video di kanal youtube nya dalam 12 bulan terakhir.
  • Setelah kanal YouTube memenuhi syarat monetisasi, kanal YouTube baru akan ditinjau sebelum bisa menayangkan iklan dari Google Adsense

Peraturan baru YouTube 2018 tersebut dikeluarkan sebagai perbaikan youtube dalam menjaring konten kreator atau pembuat video yang benar-benar serius.

Sebab dalam beberapa tahun terakhir video-video YouTube banyak berisi konten reupload atau banyak berisi video-video upload ulang dari video milik orang lain. Padahal tindakan ini tidak memenuhi syarat kebijakan YouTube termasuk kebijakn Google Adsese karena menggunakan konten milik orang lain.

Jika pada blog hal ini disebut konten copas maka pada video youtube hal itu disebut tindakan konten atau video reupload.

Jadi, apabila ingin video youtube anda bisa menayangkan iklan dari google adsense, maka silakan penuhi syarat dan kebijakan atau peraturan YouTube.

3. Bagaimana Aplikasi Saya Menghasilkan Uang dari Google?


Jika anda memiliki keahlian dalam membuat aplikasi berbasis android maupun iphone. Anda bisa memonetisasi produk aplikasi anda tersebut dengan iklan dari google melalui Google Admob.

Jadi, jika blog dan video youtube di-monetisasi melalui Google Adsense maka aplikasi yang dibuat untuk dijalankan bagi pengguna android maupun iphone dapat di-monetisasi dengan Admob atau Ads for Mobile (iklan untuk ponsel mobile).

Berikut beberapa langkah agar aplikasi anda bisa di-monetisasi dengan iklan Google Admob:

Membuat Aplikasi untuk Ponsel (Android maupun Iphone)


Untuk menggunakan Google Admob dalam memonetisasi produk digital berupa aplikasi yang dapat dijalankan di android dan iphone. Anda harus membuat sebuah aplikasi yang dimungkinkan akan banyak digunakan orang.

Aplikasi yang saat ini paling banyak digunakan orang adalah aplikasi seperti game mobile sederhana yang memberikan reward dari menonton iklan kepada pemainnya.

Jadi untuk menjangkau pasar dan pengguna yang banyak. Setidaknya untuk saat ini aplikasi yang laris adalah aplikasi game mobile di android maupun iphone.

Buatlah aplikasi jenis ini lalu monetisasi dengan google admob untuk mendapatkan penghasilan dari iklan yang tayang dalam aplikasi anda.

Aplikasi Tidak Boleh Berisi Konten Terlarang dan Melanggar Hak Cipta


Anda mungkin bisa saja melakukan cloning aplikasi game android / iphone lain. Lalu di modifikasi sehingga aplikasi tersebut menjadi layak dan seakan buatan anda sendiri. Namun perlu diingat apabila aplikasi tersebut memiliki hak cipta dan di claim oleh pemiliknya.

Maka bisa saja akun admob anda akan dihentikan atau dibanned dan tidak bisa menayangkan iklan di aplikasi yang menggunakan materi hak cipta orang lain tersebut

Pastikan Aplikasi Berjalan Lancar, Lalu Monetisasi dengan Google Admob


Pengajuan monetisasi aplikasi dengan iklan google admob sangat mudah tidak seperti google adsense. Setiap aplikasi yang diajukan ke google admob tidak membutuhkan review yang panjang bahkan dalam sehari saja iklan google admob sudah bisa ditayangkan dalam aplikasi yang di-monetisasi.

Namun tentu saja aplikasi tersebut adalah aplikasi buatan anda dan tidak terindikasi memiliki materi hak cipta orang lain.

So, pastikan aplikasi anda dapat berjalan dengan lancar di android maupun iphone. Lalu silakan monetisasi aplikasi anda kemudian promosikan secara online untuk di download dan digunakan banyak orang.

Strategi Promosi Aplikasi untuk Android


Setelah aplikasi dibuat dan berhasil di-monetisasi, langkah selanjutnya adalah melakukan promosi sehingga aplikasi anda banyak di-download dan digunakan.

Salah satu strategi yang baik untuk mendapatkan banyak pengguna adalah dengan mengupload aplikasi anda ke google playstore.

Namun untuk mengupload aplikasi anda ke playstore anda harus mendaftarkan diri menjadi Developer Google Playstore dengan biaya pembuatan akun sebesar 25$ melalui metode pembayaran kartu kredit.

Setelah memiliki akun Developer Google Playstore barulah anda bisa mengupload aplikasi di Google Playstore sehingga berpotensi mendapatkan banyak pengguna.

Setelah berhasil mengupload aplikasi anda ke playstore strategi selanjutnya anda tinggal mempromosikan aplikasi anda melalui sosial media, blog atau menuggu aplikasi anda diunduh dan digunakan banyak orang.

Strategi Promosi Aplikasi di App Store (aplikasi untuk iphone)


Sama seperti mengupload aplikasi ke playstore, jika anda membuat aplikasi untuk pengguna iphone maka untuk memiliki akun Developer Apple anda dikenakan biaya 99$ pertahun.

Baca: Tips Menjajakan Aplikasi Sendiri di Apps Store, yang ditulis Lucky Sebastian dan dimuat oleh detik.com

Setelah aplikasi berhasil di upload dan lolos review dari pihak apple, barulah anda bisa mempromosikan aplikasi anda sehingga mendpatkan banyak pengguna.

Demikian ulasan saya kali ini mengenai Cara Mendapatkan Uang dari Google melalui monetisasi produk digital: blog, video, dan aplikasi mobile.

Semoga bermanfaat!

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Sebisa mungkin tidak berkomentar dengan tujuan berpromosi disertai link hidup, karena otomatis akan dianggap sebagai tindakan spam.