ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Perkembangan esports di Indonesia mulai berpengaruh sejak tahun 2018 diawali dengan diterimanya esports dalam uji coba kompetisi game pada Asian Games 2018 kemarin. Ini menunjukkan bahwa esports mulai diterima sebagai kategori olahraga seperti permainan catur maupun bridge.

Namun dalam prosesnya, ternyata tidak sedikit orang yang membantah hal ini. Banyak yang mengklaim bahwa esports atau kompetisi gaming adalah sesuatu yang tidak baik karena memiliki dampak negatif dan tidak layak dikategorikan sebagai bagian dari olahraga.

Oleh karenanya saat ini esports memiliki 2 sisi cara pandang dan masih menjadi perdebatan banyak orang.

Manfaat dan Dampak Positif dari Bermain Game

Pada tulisan berikut, matahaya tidak akan banyak membahas persoalan esports masuk dalam ketegori olahraga atau tidak.

Namun, kompetisi gaming yang disebut-sebut sebagai esports ini sudah sangat populer dan diterima dengan baik di beberapa negara seperti eropa, amerika serikat, china termasuk korea selatan karena mampu memberikan sumbangsi pendapatan besar bagi negara melalui iklan, sponsor, dan hak penyiaran dalam pertandingan resmi.

Bahkan dilansir dari liputan6.com salah satu game populer di asia (mobile legends) dalam ajang esports akan dipertadingan di pentas olahraga SEA Games 2019.

Melihat hal ini, nampaknya game tidak lagi dipandang sebelah mata sebagai sesuatu yang berdampak negatif saja. Jauh dari itu game juga memiliki manfaat positif bahkan termasuk bagi kesehatan mental.

Bermain game memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental dan kemampuan berpikir otak. Dikutip dari doktersehat.com, hal tersebut berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal utama American Psychological Association, America Psychologist. Bahkan dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa game aksi (perang dan strategi) lebih besar efek positifnya pada perkembangan kemampuan berpikir, kesehatan mental, dan kehidupan sosial pada anak.

Meski demikian penulis utama Isabela Granic, Profesor Developmental Psikopatologi di Radboud University Nijmegen Belanda mengatakan penelitian penting yang dilakukan beberapa dekade tentang dampak negatif game seperti kecanduan, depresi dan agresi. Hal tersebut penting untuk tidak dihiraukan.

Dalam pandangannya Isabela Granic menyatakan bahwa meski bermain game memiliki dampak positif. Seseorang tidak langsung serta merta lupa bahwa game juga berdampak negatif. Sehingganya anak-anak dan remaja yang dalam masa pertumbuhan perlu adanya pembangunan perspektif yang lebih seimbang antara dunia nyata dan dunia gaming yang mereka ikuti. Sehingga peran orangtua harus ada di sana.

Menurut sebuah studi jangka panjang yang diterbitkan pada tahun 2013 Bermain game dapat membantu anak-anak mengembangkan kemampuan memecahkan masalah, semakin banyak anak-anak memainkan game strategi seperti playing game anak-anak akan lebih mudah menyelesaikan masalah sosial yang dihadapinya. Termasuk kreativitas anak-anak akan meningkat dengan memainkan segala jenis game bahkan game kekerasan.

Ini menunjukkan game tidak hanya bermanfaat dalam membangun kesehatan mental anak, melainkan mampu membuat anak meningkatkan kretifitasnya termasuk mampu menyelesaikan masalah sosial yang dihadapinya.

Manfaat Bermain Game

Selain untuk kesehatan mental, bermain game juga memiliki manfaat positif lain, diantaranya adalah:

1. Meningkatkan Perhatian Visual dan Melatih Fokus


Dalam bermain game, seseorang akan fokus untuk mendapatkan skor terbaik demi meraih kemenangan. Hal tersebut secara tidak langsung melatih koordinasi antara indera pengelihatan dan otak dalam memainkan joystick, keyboard maupun mouse sehingga kontrol dan fokusnya terjaga.

Hal ini secara tidak langsung menyatakan bahwa bermain game mampu melatih sesorang lebih jeli dan meningkatkan kemampuan mempertahankan fokusnya saat dibutuhkan.

2. Meningkatkan Keterampilan


Seseorang yang bermain game biasanya akan mengingat detil penting dari game yang dia mainkan. Mereka juga terkadang akan memperbaiki catatan waktu atau rekor yang mereka buat dalam suatu game setiap saat. Dikutip dari doktersehat.com hal ini berdasarkan sebuah penelitian dari Universitas Rochester menemukan bahwa bermain game dapat meningkatkan persepsi dan keterampilan seseorang.

3. Mengatasi Depresi dan Melatih Kesabaran


Game dapat mengatasi depresi seseorang secara alami dikarenakan pada saat seseorang bermain game hal tersebut spontan akan mengaktifkan syaraf parasimpatis yang mampu mengurangi tekanan penyebab timbulnya stres atau depresi.

Bahkan dalam kondisi tertentu, hal ini mampu melatih kesabaran dikarenakan game yang dimainkan biasanya akan memberikan tingkatan level dan proses yang terkadang cukup sulit untuk diselesaikan. Di sinilah kesabaran dilatih dan seseorang akan belajar bagaimana strategi yang tepat untuk menyelesaikan game yang sedang dia mainkan.

4. Melatih Kekompakan atau Kerjasama TIM


Dalam sebuah permainan game berkelompok (TIM) seperti pada jenis permainan MOBA misalnya Mobile Legends, AOV, dan PUBG.

Seseorang akan dituntut untuk bermain dalam TIM. Dimana hal tersebut akan melatih kerjasama atau kekompakan TIM dalam meraih kemenangan.

Ini secara tidak langsung membangun prinsip tanggung jawab seseorang dalam sebuah komunitas atau kelompok sosial.

5. Melatih Aktivitas Fisik


Meski tidak semua, nyatanya ada beberapa game yang cara bermainnya menuntut seseorang untuk beraktivitas di luar ruangan (outdor).

Salah satu contohnya adalah game fenomenal Pokemon Go yang cara bermainnya mengharuskan pemainnya untuk rajin keluar rumah mencari dan menangkap pokemon virtual melalui layanan lokasi digital seperti Google maps.

Selain itu, game lain yang mengharuskan seseorang terus bergerak untuk memainkannya adalah game konsol interaktif seperti Nintendo Wii atau Xbox Kinect yang dapat memberikan kebugaran bagi pemainnya.

6. Melatih Kemampuan Berbahasa Inggris


Saat ini game yang cukup populer dimainkan adalah game-game online dan umumnya banyak yang menggunakan bahasa inggris. Sehingganya dalam bermain game seseorang bisa belajar dan melatih kemampuan berbahasa inggrisnya.

Selain itu, karena game yang dimainkan dijalankan secara online dan kadang mempertemukan lawan dan teman main dari berbagai negara. Mau tidak mau seseorang akan dituntut untuk sering berkomunikasi menggunakan bahasa inggris bersama teman atau lawan main mereka di game.

7. Mampu Mengontrol Mimpi


Dikutip dari doktersehat.com, peneliti mengatakan bahwa seseorang yang bermain game sebenarnya tengah berlatih mengontrol dunia mimpinya.

Dalam game, seseorang dapat mengontrol lingkungan mereka sehingga secara tidak langsung hal tersebut berpengaruh dalam mengontrol dan mengurangi mimpi buruk mereka dan memberikan kestabilan mental dan emosi.

8. Bisa Menghasilkan Uang


Menghasilkan uang dari bermain game, bukan lagi hal yang baru. Saat ini bermain game tidak hanya digeluti sebagai media hiburan atau rekreasi saja. Lain daripada itu bermain game kini telah menjadi sebuah profesi.

Inilah kemudian muncul istilah gamer dan esports yang saat ini mulai ramai diperbincangkan banyak kalangan.

Banyak media yang digunakan oleh gamer dalam menghasilkan uang, ada yang berprofesi sebagai atlet esports ada juga yang memperoleh penghasilan (uang) melalui aktivitas demonstrasi bermain game.

Hal ini seperti banyak dilakukan gamer melalui aktivitas streaming video maupun melalui video-video permainan gaming yang dibagikan melalui media sosial. Seperti YouTube.

Salah seorang gamer yang cukup sukses melalui aktivitas berbagi video demontrasi permainan game yang dilakukannya adalah Tobias Justin yang saat ini lebih dikenal dengan panggilan Jess No Limit.

Selain sebagai YouTuber Gaming, nyatanya JessNoLimit termasuk salah satu atlet esports Mobile Legends dan tergabung dalam Tim EVOS serta cukup sukses dan memiliki penghasilan yang cukup besar.

Makanya banyak yang menyebutnya sebagai salah satu Gamer sukses dan kaya karena sering gonta ganti mobil.
Di atas adalah salah satu video demontrasi permainan Justin yang dibagikan melalui kanal youtube miliknya 'Jess No Limit.

Jadi, bermain game juga memiliki manfaat dan sisi positif termasuk untuk kreativitas berpikir, kesehatan mental dan menghasilkan uang.

So gunakan dan bermainlah game kesukaanmu dalam batas wajar. Sehingga anda bisa mendapatkan banyak manfaat positif dari aktivitas bermain game yang anda tekuni.

Demikian, semoga bermanfaat...

Referensi Artikel ini Bersumber dari:
  • https://doktersehat.com/manfaat-main-game-bagi-kesehatan-mental/
  • https://jalantikus.com/tips/manfaat-bermain-game-bagi-kesehatan/
  • https://matahaya.com/2019/04/apa-itu-esports.html

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Sebisa mungkin tidak berkomentar dengan tujuan berpromosi disertai link hidup, karena otomatis akan dianggap sebagai tindakan spam.