ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Menggunakan domain gratis untuk blog memang sangat menyenangkan. Sebab blog yang dibuat bisa menjadi tampak professional karena menggunakan domain khusus.

Namun rupanya banyak blogger salah kaprah dan menggunakan domain gratis tanpa banyak pikir panjang.

Padahal penggunaan domain gratis meski menjamin nama sebuah alamat blog maupun website bisa tampak lebih professional, nyatanya penggunaan domain gratis juga memiliki kekurangan seperti mendatangkan efek buruk dan kerugian bagi blog juga website.

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Domain Gratis

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Domain Gratis


Keuntungan dan Kerugian tersebut akan coba saya ulas secara berurutan dimulai dari keuntungan umum menggunakan domain gratis untuk blog maupun website.

1. Keuntungan Menggunakan Domain Gratis


Menggunakan domain gratis memiliki beberapa keuntungan diantaranya:

  • Sesuai namanya domain gratis didapatkan secara gratis atau tanpa mengeluarkan biaya beli
  • Mendapatkan sebuah nama domain khusus yang bisa ditentukan secara bebas
  • Jika domain gratis didapatkan dari promo web hosting maka akan mendapatkan support dari web host yang digunakan
  • Jika domain gratis yang digunakan adalah domain TLD, misal: namakamu.com maka domain akan mudah ditemukan di Google maupun search engine lainnya.
  • Blog atau Website akan lebih professional dimata pengunjung maupun pembaca

2. Kerugian Menggunakan Domain Gratis


Meski menggunakan domain gratis memiliki segudang manfaat juga keuntungan, penggunaan domain gratis juga bisa mendatangkan efek buruk bagi kesuksesan sebuah blog atau website yang sedang kita kembangkan. Beberapa kerugian tersebut diantaranya:

2.1 Domain sulit ditemukan bahkan sulit terindex oleh google (mesin pencari)


Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Domain Gratis

Pada ulasan ini saya sebenarnya membahas persoalan penggunaan domain gratis yang didapatkan dari freenom. Yaitu domain yang berekstensi dot.ML, dot.GQ, dot.CF, dot.GA, juga dot.TK.

Jadi untuk anda yang mendapatkan domain gratis dari promo web hosting hal ini tidak terlalu bermasalah. Anda bisa mengabaikan poin ini.

Bagi anda yang saat ini masih menggunakan domain gratis dari freenom maka segera ganti atau kembalikan domain blog anda ke subdomain karena itu lebih baik. Sebab blog dengan subdomain masih bisa bersaing di google.

Baca Juga:

Sementara domain gratis yang anda dapatkan dari freenom akan mendatangkan efek buruk bagi blog anda, terutama yang menyasar pengunjung dari Indonesia.

Dalam beberapa penjelasan online seperti yang ditulis oleh Fahreza Alatas di blognya Shukan Bhunsun, menjelaskan penggunaan domain gratis yang didapatkan dari freenom akan mendatangkan dampak buruk bagi blog. Diantaranya adalah:

2.1.1 Domain Dianggap SPAM


Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Domain Gratis

Domain gratis yang didapatkan dari freenom tersebut biasanya dianggap sebagai domain spam oleh mesin pencari dikarenakan domain gratis tersebut banyak digunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk membuat web phising, dan web-web penipuan.

Di Indonesia sendiri domain dari freenom ini sudah banyak digunakan untuk menjalankan aksi modus penipuan berhadiah.

Hal ini terjadi karena domain tersebut bisa didapatkan secara gratis dan berlaku selama 1 tahun. Bahkan untuk memperpanjang domain gratis di freenom bisa dilakukan tanpa membayar perpanjangan.

Yakni dengan menghapus domain gratis tersebut lalu mendaftarkan domain baru dengan nama yang sama. Domain gratis tersebut bisa digunakan lagi.

Akibat banyaknya oknum yang menggunakan domain gratis dari freenom untuk menjalankan spam dan aksi penipuan online melalui web palsu. Membuat popularitas domain gratis dari freenom tersebut menjadi buruk dan sulit ditemukan di mesin pencari.

2.1.2 Ektensi Domain Gratis dari freenom Bukan untuk Menyasar Pengguna Indonesia


Domain gratis dari freenom misalnya domain .TK adalah sebuah domain yang letak geografis daerah targetnya berdasarkan wilayah negara tertentu.

Artinya domain tersebut akan sulit bersaing secara internasional termasuk sulit bersaing untuk muncul pada negara seperti Indonesia.

Misalnya:
Jika sebuah blog menggunakan domain Indonesia seperti domain .id, web.id dan exstensi umum yang ada kode id nya. Maka domain tersebut akan diprioritaskan muncul di penelusuran google yang dicari oleh pengguna Indonesia.

Sehingga jika penggunaan domain tersebut digunakan untuk menyasar pengunjung dari negara lain maka akan lebih sulit. Sebab google akan memprioritaskan web yang sesuai berdasarkan letak wilayah pengguna.

Sementara bagi yang ingin menyasar pengunjung internasional biasanya akan menggunakan domain yang sudah cukup populer seperti domain .COM, .NET, .ORG dan sejenisnya.

Artinya sama seperti menggunakan domain gratis dari freenom misalnya domain .TK maka prioritas domain tersebut tidak diutamakan untuk menyasar pengguna Indonesia.

Hal ini kembali diperparah apabila konten blog atau website menggunakan Bahasa Indonesia.

Domain gratis .TK akan sangat sulit bersaing dan menyasar pengguna internet di Indonesia dikarenakan domain .TK menggunakan ekstensi ccTLD domain tingkat teratas untuk Tokelau, sebuah wilayah Selandia Baru di Samudra Pasifik Selatan.

Sehingganya penggunaan domain gratis tersebut akan sangat sulit dimanfaatkan secara maksimal untuk bersaing di mesin pencari Indonesia termasuk bila web atau blog yang dibangun ingin mendapatkan pengunjung dari Indonesia.

2.2 Ada Biaya Perpanjangan Domain


Di atas sudah disebutkan bahwa domain yang didapatkan gratis di freenom biasanya hanya berlaku maksimal selama 1 tahun saja. Kemudian untuk memperpanjang domain tersebut ada biaya yang perlu dibayarkan agar domainnya tetap aktif.

Meski ada trik khusus seperti menghapus pendaftaran domain lalu mendaftarkannya kembali di freenom dan domain bisa lagi digunakan secara gratis.

Sementara bagi anda pengguna domain gratis yang didapatkan dari promo web hosting Indonesia baik domain TLD maupun ccTLD maka biaya perpanjangan adalah salah satu kerugian akibat menggunakan domain gratis.

Hal ini berlaku apabila anda pengguna domain gratis 1 tahun pertama tidak lagi mau memperpanjang umur domain tersebut dikarenakan ada biaya perpanjangan domain.

Biaya perpanjangan domain terkadang cukup mahal, terutama apabila anda menggunakan domain ccTLD dari Indonesia seperti domain .id, web.id dan sejenisnya.

Kerugian tidak memperpanjang umur domain gratis bisa berdampak buruk pada penurunan traffick blog anda. Disebabkan perubahan domain kembali menjadi subdomain bawaan blog seperti blogspot.

Domain gratis memang menggiurkan, tapi ada konsekuensi yang harus diambil. Meski menguntungkan domain gratis bisa saja langkah yang salah untuk diambil bila keputusan belum mantap.

Sebab meski tidak membeli domain, menggunakan subdomain bawaan blog pun sudah cukup baik. Buktinya blog seperti blogspot misalnya! Banyak kok yang masih dapat bersaing dengan baik di mesin pencari.

Mungkin hanya itu dulu beberapa ulasan mengenai keuntungan juga kerugian menggunakan domain gratis yang berdampak buruk bagi blog maupun website anda.

Semoga materi di atas bisa memberikan anda pemahaman baru mengenai penggunaan domain gratis dan hal yang harus anda waspadai.

Sehingga suatu saat sebelum menggunakan domain TLD gratis pikirkan dulu semua persiapan dengan matang dan yakin, seperti memilih, mencari dan membeli domain yang harga perpanjangannya bisa terus anda lunasi.

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Sebisa mungkin tidak berkomentar dengan tujuan berpromosi disertai link hidup, karena otomatis akan dianggap sebagai tindakan spam.