ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Mendapatkan uang dari aktivitas blogging bukan perkara yang mudah. Sebab sebelum sebuah blog benar-benar bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang. Blog wajib memiliki standar kualitas yang cukup baik.

Beberapa diantaranya blog wajib memiliki kualitas artikel yang mumpuni serta memiliki jalur traffick yang terpercaya dan tinggi terutama melalui mesin pencari: google, bing, yahoo maupun share media sosial.

Dalam beberapa tulisan saya yang lain di dalam blog ini, telah beberapa kali menyinggung persoalan cara mendapatkan uang dari blog salah satunya adalah dengan melalui metode content placement selain dari monetisasi konten seperti adsense, revenuehits, Mgid, dan publisher sejenisnya.

Hal ini dikarenakan mendapatkan uang dari blog itu tidak terbatas hanya dari monetisasi konten saja. Seperti yang banyak dilakukan oleh blogger pemula yang saat ini sedang mencari cara mendapatkan uang dari blog dengan menyasar PPC seperti Google Adsense.

Padahal tahu sendiri, mengajukan blog menjadi publisher Google Adsense itu tidak mudah. Saya sendiri sebelum diterima publisher Google Adsense Non Hosted. Harus melalui proses yang cukup panjang.

Bahkan harus bersabar dan membuat blog baru hingga kemudian alhamdulilah akhirnya diterima menjadi publisher Google Adsense setelah puluhan kali ditolak. Solusi diterima google adsense kuncinya memang harus berproses dan terus mencoba.

Kerjasama Content Placement Blog

Bagi anda yang mungkin saat ini sedang kelu dan galau karena selalu saja mendapatkan penolakan dari layanan periklanan seperti PPC Google Adsense, anda tidak perlu merasa khawatir.

Ada cara lain yang bisa anda manfaatkan untuk bisa memiliki pendapatan online dari blog. Caranya adalah tentu melalui kerjasama content placement.

Apa Itu Content Placement?

Istilah content placement adalah suatu aktivitas untuk mempromsikan sebuah produk atau layanan jasa orang lain ke dalam blog milik blogger dalam bentuk konten atau artikel atas persetujuan yang disepakati oleh blogger dan advertiser (pengiklan).

Dalam hal ini seorang blogger selaku pemilik blog biasanya akan diminta untuk menulis sebuah artikel untuk mereview produk atau layanan jasa milik pengiklan dengan menanam beberapa atau satu tautan berupa link dofolow menuju ke website milik pengiklan.

Dari aktivitas tersebut biasanya blogger akan menerima bayaran dari pihak pengiklan berdasarkan kesepakatan. Asyiknya lagi rate atau harga yang ditawarkan ditentukan oleh seorang blogger bukan dari pengiklan.

Sebagai sebuah gambaran harga per artikel content placement bisa ditentukan oleh blogger berdasarkan jumlah kata dalam postingan.

Misalnya rate yang saya tentukan dalam blog ini adalah:
  • Artikel 800 – 1000 kata (Ditulis pihak pengiklan dengan satu tautan link dofolow) rate-nya Rp 300.000,- per artikel. Jika ada penambahan link maka dikenai baiaya tambahan Rp 50.000,-
  • Artikel 800 – 1000 kata (Ditulis sendiri oleh blogger dengan satu tautan link dofolow) rate-nya Rp 500.000,- per artikel. Plus jika ada tambahan link maka dikenai biaya tambahan Rp 50.000,-

Sementara jika ada pengiklan yang memesan content placement dalam beberapa artikel akan ada negosiasi lebih lanjut mengenai harga.

Seperti beberapa bulan lalu waktu saya mendapatkan kerjasama content placement dari salah satu website online shop Indonesia yang memesan jasa matahaya untuk memuat 3 postingan artikel untuk mempromosikan produk mereka.

Selain itu saya membatasi hanya menerima kerjasama content placement dengan konten artikel wajib di atas 800 - 1000 kata lebih, mengingat blog matahaya menyasar penulisan artikel yang panjang.

Jadi anda bisa menentukan sendiri rate blog anda untuk tawaran kerjasama content placement yang akan anda coba nanti.

Di atas adalah contoh dari rate yang saya terapkan untuk kerja sama content placement dalam blog ini. Anda bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan dan keinginan. Namun ingat bahwa pihak pengiklan punya hak untuk menerima dan menolak rate yang kita lakukan.

Jika mereka keberatan dengan rate tersebut biasanya akan ada negosiasi. Jika tidak terjadi negosiasi yang mengutungkan mereka kemungkinan juga mereka tidak akan melanjutkan kerjasama dalam pembuatan content placement dengan blogger.

So, tentukan harga dengan wajar sebab pihak pengiklan juga akan menilai kualitas blog kita sebelum memutuskan untuk melanjutkan kerjasama content placement dengan blogger.

Syarat Penting untuk Mendapatkan Tawaran Kerjasama Content Placement

Sebuah blog yang mendapatkan tawaran content placement dari pengiklan biasanya dinilai berdasarkan kualitas dan keunggulan blog tersebut. Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya.

Beberapa hal yang menjadi syarat penting blog dipercaya pengiklan untuk melakukan kerjasama content placement diantaranya adalah:

Blog Memiliki Tingkat DA dan PA yang Tinggi


Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) adalah poin penting yang selalu diperhitungkan oleh pihak pengiklan untuk mempercayai kualitas blog kita. Hal ini dikarenakan blog yang memiliki DA dan PA yang tinggi mengindikasikan blog tersebut memiliki rangking atau popularitas yang baik di mesin pencari seperti google.

Tentu saja pihak pengiklan akan memilih-milih blog yang memiliki nilai DA dan PA yang tinggi untuk menanamkan backlink mereka di blog yang dimiliki blogger.

Sebab banyak pakar SEO yang mempercayai bahwa backlink yang baik adalah backlink yang didapatkan dari situs maupun blog yang memiliki DA dan PA yang tinggi dikarenakan blog atau website tersebut mendapatkan kepercayaan yang baik dari mesin pencari.

Itulah kenapa pihak pengiklan akan memilih website atau blog yang memiliki nilai DA dan PA yang tinggi. Adapaun standar DA maupun PA yang baik setidaknya ada diangka 10, lebih tinggi akan lebih baik.

Hal-hal yang mempengaruhi tingginya nila DA maupun PA dari sebuah blog adalah konten artikel blog yang berkualitas, SEO, Responsive serta memiliki waktu muat halaman yang cukup cepat.

Spam Score Blog


Spam score yang tinggi pada blog mengindikasikan kualitas blog yang buruk di mata mesin pencari. Akibatnya blog dengan spam score yang tinggi terkadang sulit untuk mendapatkan pembaca organic yang datang berdasarkan hasil penelusuran mesin pencari.

Spam yang tinggi dapat terjadi bila konten dalam blog berisi informasi sensitif seperti konten perj*dian, p*rn*grafi, penipuan, maupun banyak melanggar pedoman mutu google webmaster. Seperti banyak melakukan tindakan Black Hat SEO yang tidak direkomendasikan oleh mesin pencari. Terutama Bing dan Google.

Hal inilah kemudian yang membuat pihak pengiklan tidak melirik blog untuk diajak dalam kerjasama pembuatan content placement.

Sebab jika pihak pengiklan manamkan baclink mereka ke website atau blog yang memiliki kualitas buruk di mata mesin pencari maka hal tersebut akan memberikan dampak yang berbahaya pada website mereka.

Jumlah Pengunjung dan Page Views Blog


Faktor lain yang membuat pengiklan mau menanamkan backlink mereka ke blog atau website kita adalah jika blog atau website memiliki jumlah pengunjung maupun page views yang tinggi dan ramai setiap harinya.

Makin banyak pengunjung datang ke blog setiap hari maka akan membuat pengiklan percaya dan mau melakukan kerjasama content placement dengan blogger.

Tak ada standar yang pasti mengenai jumlah pengunjung maupun page views blog yang disukai pengiklan. Namun makin tinggi jumlah pengunjung maupun page views maka blog akan makin berpotensi mendapatkan peluang kerjasama content placement dari pihak advertiser (pengiklan).

So, SEO menjadi standar paling penting untuk meningkatkan pengunjung dan page views blog anda.

Strategi Membuka Jasa Kerjasama Content Placement

Untuk menjalankan strategi membuka jasa content placement, selain anda harus melihat beberapa syarat penting yang harus dipenuhi blog, seperti yang telah diulas di atas.

Beberapa langkah ini dapat anda lakukan untuk mengundang calon pengiklan memesan jasa content placement di blog yang anda miliki.

Strategi tersebut diantaranya:

Buat Halaman Kontak di Blog


Pentingnya membuat halaman kontak di blog dikarenakan melalui jalur inilah calon pengiklan yang tertarik dengan blog yang anda miliki bisa menghubungi anda secara langsung.

Dalam halaman kontak anda bisa menuliskan informasi kontak anda atau membuat form contact khusus yang bisa langsung digunakan oleh pengunjung maupun calon pengiklan yang ingin menghubungi anda.

Dengan begitu anda akan mendapatkan email dan ajakan kerjasama dari pengiklan jika blog anda menurut mereka layak dan berkualitas untuk mempromosikan produk maupun layanan jasa yang mereka miliki.

Buat Halaman Profil Blog


Halaman profil blog bisa saja berisi informasi mengenai blog dan konten yang dibagikan di dalam blog, seperti halaman profil pada navigasi menu ‘ABOUT’ dalam blog ini.

Selain itu, jika blog anda merupakan blog pribadi. Maka halaman profil (about) bisa saja berisi informasi tentang diri anda dan apa yang akan anda bagikan dalam blog yang sedang anda kelola.

Deskripsikan diri anda pada halaman profil dengan cukup ringkas dan jujur. Sebab pihak pengiklan bisa saja memerlukan informasi diri anda untuk bisa dipercaya dalam kerjasama yang akan dilakukan nantinya.

Buat Halaman Periklanan (Advertise)


Kalau boleh jujur dalam blog ini saya tidak membuat halaman perikalanan. Sebab untuk periklanan mandiri saya membuat wdiget banner khusus yang mengarah ke kontak WhatsApp saya secara langsung. (mungkin nanti akan saya buat, lihat-lihat dulu…)

Sehingganya calon pemasang iklan bisa langsung berkomunikasi dengan saya melalui chating whatsapp. Khusus jika mereka ingin memasang iklan banner di blog ini.

Namun sebagai sebuah strategi bagi anda yang ingin mendapatkan peluang kerjasama content placement.

Membuat halaman periklanan (Advertise) sangat bermanfaat dikarenakan di sana anda bisa langsung menuliskan rate atau harga kerjasama content placement. Sehingga pihak pengiklan akan langsung tahu berapa dana yang harus mereka keluarkan untuk memesan jasa content placement maupun jasa periklanan yang anda buat.

Saya sendiri beberapa kali mendapatkan tawaran kerjasama content placement oleh pengiklan melalui halaman kontak. Rate dan negosiasi harga dari kerjasama tersebut dilakukan melalui komunikasi via email maupun whatsapp.

Cara ini menurut saya hanyalah alternatif, dibuat sangat penting tidak dibuat juga tak mengapa.

Membuat Postingan Promosi Jasa


Selain beberapa hal di atas anda juga bisa membat postingan khusus mengenai informasi jasa content placement anda.

Anda bisa membuat postingan promosi mengenai jasa content placement yang anda tawarkan. Sebab pengiklan bisa saja mencari informasi jasa content placement melalui internet.

Jika mereka menemukan artikel anda tentang jasa content placement yang anda tawarkan. Hal tersebut menjadi nilai yang sangat baik untuk mendatangkan calon pengiklan ke blog anda.

Untuk itu, sebaiknya anda mempunyai strategi SEO yang baik sehingga tulisan promosi anda mengenai jasa content placement dapat ditemukan dengan mudah di mesin pencari.

Oleh karenanya jika tulisan promosi jasa anda tersebut ditulis pada halaman statis, pastikan postingan tersebut tidak dicekal seperti di block oleh robot.txt sehingga sulit muncul di mesin pencari.

Buat Faktur Tagihan / Invoice


Faktur tagihan atau invoice biasanya akan diminta oleh pengiklan yang menawarkan kerjasama content placement dengan anda.

Invoice ini berisi informasi seperti rekening penerima pembayaran dan jenis kerjasama yang dilakukan antara blogger dan pihak pengiklan.

Dengan melakukan beberapa langkah dan persiapan di atas. Tugas selanjutnya bangunlah blog anda dengan serius dan bertanggung jawab.

Sebisa mungkin tulisalah artikel-artikel original di blog anda, sebab artikel yang original akan sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog karena memiliki potensi SEO yang baik dan sangat dihargai oleh mesin pencari.

Sebaliknya hindari memosting artikel di blog dari hasil copas, hal tersebut akan menurunkan kualitas dan citra blog anda di mesin pencari.

Fatalnya lagi jika artikel copas tersebut dilaporkan melalui DMCA Google oleh pemiliknya, maka artikel hasil copas biasanya akan di take down dan tidak akan muncul di mesin pencari lagi.

Jika sudah begitu maka DA dan PA blog pasti akan jatuh, karena citra blog menjadi buruk di mata mesin pencari.

Oleh karenanya persiapkan diri dengan mantap, berusaha dengan jujur. Selanjutnya menunggu…, insya allah akan ada tawaran kerjasama content placement dari pengiklan untuk blog anda. Selamat mencoba!

Sekian dan semoga bermanfaat! Jangan lupa jejak…

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link hidup tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.