ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Bagi orangtua yang memiliki bayi prematur, sebaiknya jangan terlalu bersedih dalam merawat bayinya. Sebab sebagai orangtua, selain kita harus cermat dan berhati-hati dalam merawat bayi. Kita juga wajib memenuhi kebutuhan bayi.

Sebagai contoh dalam memandikan anak kita harus cermat memperhatikan beberapa hal penting seperti yang diulas dalam https://www.sleekbaby.co.id dimana setiap kali akan memandikan bayi misalnya ketika menggunakan sabun cair?

Cek Yuk Kebutuhan Apa Saja yang Diperlukan Oleh Bayi Prematur

Maka sebagai bunda, kita perlu memperhatikan terlebih dulu kadar pH yang dimiliki sabun cair tersebut.

Saat membersihkan tubuh si kecil biasanya sebagai ibu kita akan menggunakan sabun khusus yang berbeda dengan sabun bagi orang dewasa. Selain itu, diketahui bahwa sabun mandi cair untuk bayi memiliki kadar pH khusus yang harus sesuai dengan kulit si kecil.

Oleh karena itu, sebagai ibu kita perlu memperhatikan kadar pH yang dimiliki sabun mandi cair bayi sehingga bisa dengan cermat memilih sabun mandi yang aman untuk buah hati kita.

Seperti apa kaitan kadar pH sabun dengan kulit bayi?

pH adalah singkatan dari potensial Hidrogen atau hidrogen potensial yang mana setiap satuan pH dibuat untuk menunjukkan seberapa kuat asam suatu zat.

Pada orang dewasa tingkat keasaman yang ditunjukkan oleh pH umumnya berada di angka 7 atau mendekati 7 yang dipengaruhi oleh keringat dan kelenjar sebaceous pada kulit. 

Begitupun pada bayi, dengan adanya tingkat keasaman pada kelenjar sebaceous membuat bunda perlu berhati-hati terhadap pH yang digunakan pada sabun mandi terlebih adalah dalam mencari dan memilih sabun mandi cair untuk bayi dengan kadar pH yang sesuai.

Oleh karenanya, bunda perlu memilih sabun mandi cair untuk bayi dengan pH yang sesuai dengan kulit bayi. Diantaranya menggunakan sabun dengan kadar pH yang lebih rendah dari yang digunakan orang dewasa. Diantaranya adalah dengan menyesuaikan pH sabun mandi dengan keseimbangan pH kulit bayi di antara 5,5.

Dengan menyesuaikan kadar pH yang sesuai bagi kulit bayi maka bunda telah melakukan perawatan terbaik untuk membuat si kecil senantiasa terlindungi sepanjang hari serta terhindar dari bahaya iritasi sabun cair.

Salah satu yang bisa menjadi pilihan bunda adalah menggunakan produk Sleek Baby. Karena harga produk sleek baby selain cukup terjangkau bisa juga digunakan pada bayi dengan kulit sensitif.

Sistem kekebalan tubuh bayi prematur bisa dibilang mungkin lebih lemah daripada bayi lahir genap bulan, sehingga bayi prematur lebih rentan terhadap infeksi dan perlu mendapatkan perhatian dan kebutuhan khusus dalam perawatannya.

Penting bagi bunda untuk selalu menghindari sumber infeksi bagi bayi, dengan cara mencuci tangan sebelum memegang bayi. Serta sangat penting untuk selalu mengingatkan semua orang yang ingin memegang bayi Anda agar melakukan hal yang sama. Selain itu, jangan lupa bersihkan juga mainan dan ruangan bayi secara teratur.

Selain bunda memperhatikan pola tidur bayi prematur yang dapat meningkatkan kesehatannya. Karena mendapatkan kualitas tidur yang baik. Bayi juga perlu diimunisasi untuk menguatkan sistem kekebalan tubuhnya. 

Penting untuk diketahui bunda bahwa bayi prematur mungkin akan menghabiskan waktu tidurnya lebih lama dibandingkan bayi normal, tetapi dalam periode yang lebih singkat. 

Oleh karena itu, sebaiknya tempatkan bayi dalam posisi telentang saat tidur. Hal ini penting dilakukan sebab bertujuan untuk mengurangi risiko bayi mati mendadak (SIDS).

Jika dirasa otot leher bayi cukup kuat setelah beberapa bulan sejak kelahiran, Anda bisa menempatkan bayi pada perut anda atau pada alas yang lembut saat ia bangun. Hal ini dapat melatih dan membantu bayi menopang kepalanya sendiri secara alami.

Penuhi juga nutrisi bayi dengan makanan sehat dan tepat sesuai dengan tumbuh kembangnya. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai kesulitan apa saja yang Anda temukan dalam merawat bayi Anda, seperti kesulitan dalam menyusui serta yang semisalnya.

Dokter mungkin juga akan memberikan beberapa vitamin dan zat besi yang diperlukan bagi bayi untuk mendukung pertumbuhannya. Serta, memberikan imunisasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi.

Dokter dapat menilai pertumbuhan bayi Anda dari berat badan bayi dan menilai sejauh mana perkembangan bayi dari apa saja yang sudah bisa bayi Anda lakukan. Selain tiu, dokter juga mungkin akan melihat perkembangan penglihatan dan pendengaran bayi.

Sehingga nya, dalam memperhatikan kebutuhan apa saja yang diperlukan bayi prematur. Bunda juga perlu selalu berkonsultasi dengan dokter untuk selalu memeriksa kesehatan bayi serta cermat dalam memilih produk-produk perawatan yang aman dan dibutuhkan bayi.

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link hidup tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.