ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Ingin menulis puisi online dan dibayar? Itu mungkin satu harapan dan alasan mengapa anda bertemu artikel blog saya di sini.

Sebelum melanjutkan, sebenarnya dalam beberapa bulan terakhir saya telah menulis dua artikel mengenai cara menjadikan tulisan online menghasilkan uang. Diantaranya tempat menulis cerpen online dan mendapatkan uang serta cara mendapatlan uang dari menulis cerpen dan puisi di plukme, sebuah platform menulis online buatan anak bangsa.

Lanjut…

Pada ke dua tulisan tersebut, sebenarnya saya telah secara umum mengulas bagaimana mendapatkan uang dari menulis puisi online dan mendapatkan uang (bayaran).

Namun untuk lebih spesifik dan terperinci. Saya berpikir tak ada salahnya jika pada artikel ini saya akan membahas secara khusus bagaimana agar keinginan anda dalam menulis puisi dan dibayar menjadi bermakna dan bermanfaat.
Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Puisi
cara mendapatkan puisi dari menulis puisi
Perlu diingat tulisan berikut hanya akan menggambarkan bagaimana cara mendapatkan uang dari menulis puisi tidak menjamin bahwa anda akan mendapatkan penghasilan yang besar.

Sebab persoalan untuk mendapatkan hasil yang besar dari menulis puisi ada banyak faktor yang melatarbelakangi nya. Sebisa mungkin anda diharap bijak menanggapi tulisan berikut.

Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Puisi

Untuk mulai mendapatkan uang dari menulis puisi online, bisa anda lakukan melalui beberapa media online dan cara-cara berikut:

1. Menulis Puisi Online di Plukme

Setidaknya untuk saat ini plukme sebagai platform menulis online belum dapat digunakan. Sebab situs sedang dalam keadaan maintenance (perbaikan) dan pengembangan fitur.

Namun menulis puisi online di plukme memang sangat potensial, sebab setiap tulisan di plukme akan dihargai dengan sekian pluk antara 1000 pluk – 10.000 pluk. Dimana setiap 1000 pluk setara dengan 1000 IDR.

Kabar Gembira: Layanan Plukme Akan Aktif Kembali Awal Mei 2019

2. Menulis Puisi Online di Wattpad

Meski kita ketahui bersama bahwa saat ini wattpad belum membayar setiap penulisnya. Wattpad adalah salah satu platform menulis online yang cukup potensial untuk mendapatkan uang.

Penting diketahui bahwa komunitas wattpad cukup banyak, di sana terdapat banyak pengguna yang ingin mendapatkan bacaan menarik setiap saat. Bahkan beberapa penerbit ternama banyak juga berada di wattpad. Mereka biasanya akan melihat jenis-jenis tulisan yang populer dan banyak dibaca oleh pengguna wattpad.

Dan kalau beruntung, tulisan penulis wattpad yang populer biasanya akan mereka (penerbit) lirik untuk naik cetak menjadi buku dan dijual dibanyak toko buku secara offline maupun online.

Namun tentu saja cara -mendapatkan uang di wattpad- ini mengharuskan anda untuk membuat tulisan berupa kumpulan puisi yang cukup populer dan mendapatkan banyak pembaca di wattpad.

Tidak hanya puisi, di wattpad anda juga bisa menulis cerita berupa cerpen maupun novel.

3. Menulis Puisi Online di Vebma

Vebma adalah salah satu platform menulis umum baik artikel, berita tips termasuk tulisan sastra berupa cerpen maupun kumpulan puisi.

Hanya saja, sistem pembayaran menulis di vebma ditentukan oleh jumlah views atau penayangan. Sehingga pendapatan seorang penulis puisi di vebma bergantung pada tinggi rendahnya tulisan puisi tersebut dikunjungi pembaca.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Menulis di Vebma

4. Menulis Puisi di Blog Sendiri

Anda mungkin sudah tahu bahwa menulis di blog bisa mendapatkan uang dari google serta beberapa media periklanan atau advertise lainnya.

Namun saat ini orang-orang yang memanfaatkan blog untuk mendapatkan uang banyak mengincar program kerjasama monetisasi konten melalui google adsense.

Mengapa saya menyinggung ini? Bahwa dengan menulis puisi di blog, anda bisa berkesempatan mendapatkan uang dan dibayar google?

Alasan mendasar dari persoalan ini adalah, sebuah blog biasanya berisi konten berupa tulisan. Tulisan di blog bisa beragam terserah penulis blognya ingin mengisi tulisan jenis apa di blognya.

Jika anda memiliki hobi menulis kumpulan puisi, maka anda bisa membuat blog khusus yang berisi kumpulan-kumpulan puisi karyamu sendiri. Lalu blog tersebut kamu daftarkan ke google adsense sehingga blogmu bisa menayangkan iklan dan mulai menghasilkan uang.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Blog Gratis di Blogger

Namun perlu diingat, bahwa potensi besar kecilnya penghasilan anda dari penayangan iklan google di blog puisi yang anda dibuat. Ditentukan oleh tinggi rendahnya pengunjung melirik dan membaca puisi-puisi anda di blog.

Semakin banyak pengunjung membaca puisi-puisi anda di blog maka semakin berpotensi untuk anda memiliki penghasilan yang lumayan dari google.

Selain itu tantangan terbesar bagi anda yang ingin mendapatkan uang dari menulis puisi online dengan cara membuat blog puisi yang dimonetisasi iklan adalah anda harus bisa mendatangkan pengunjung ke blog anda melalui mesin pencari. Sangat disarankan!

Solusi ke dua anda harus cermat dalam membagikan konten atau puisi-puisi blog anda melalui media sosial dengan cara yang benar sehingga tidak dianggap sebagai SPAM dan menyulitkan blog puisi anda menjadi berkembang dan sukses mendapatkan uang secara online.

5. Kirim Puisi Anda Ke Beberapa Media Online

Jika empat cara di atas belum juga memuaskan dahaga anda mengenai cara mendapatkan uang dari puisi-puisi online yang anda tulis.

Maka langkah terakhir anda bisa mengirimkan puisi online anda tersebut ke beberapa media yang menerima naskah puisi untuk diterbitkan secara online.

Berikut beberapa media online yang bisa anda coba untuk mengirimkan naskah / kumpulan puisi anda sehingga mendapatkan bayaran (honor) dengan nilai yang cukup fantastis untuk mengajak gebetan makan bakso-nya emak.

5.1 BASABASI.CO

Tempat Kongkow dan Bercerita begitulah saya mengenal BasaBasi.co saat membaca tulisan online mereka yang cukup menarik dan fresh. Sebab banyak tulisan segar disana yang mampu diteguk dengan nyaman.

Tidak hanya tempat membaca yang adem. Basibasi.co juga menerima naskah puisi untuk diterbitkan secara online di situs mereka dengan bayaran sekitar Rp 250.000,-

Berikut syarat dan cara mengirim puisi online anda ke BasaBasi.co

  • Naskah yang dikirimkan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun (cetak maupun digital).
  • Setiap naskah puisi yang berhasil dimuat akan mendapatkan fee sebesar Rp 250.000.
  • Jika dalam dua bulan sejak pengiriman atau tidak mendapatkan informasi akan dimuat maka otomatis naskah dinyatakan tidak lolos seleksi.
  • Naskah puisi ditulis dengan ketentuan (margin 4 atas, 3 bawah, 4 kiri, 3 kanan) serta berisi minimal 5 – 10 puisi pe pengiriman. Genre dan tema puisi bebas.
  • Naskah puisi anda dikirim ke email: gerobaknaskah@basabasi.co dengan subjek jenis naskah adalah (PUISI)
  • Sertakan identitas anda dengan lengkap. Nama, alamat lengkap, nomor rekening, akun media sosial, foto pribadi serta keterangan lain yang dianggap perlu. (Data diri diletakkan di halaman akhir karya puisimu) Badan email biarkan kosong.
  • Fee akan ditransfer paling lambat satu minggu setelah naskah anda dimuat. Biaya transfer antar bank (kecuali Bank Mandiri) ditanggung oleh penulis.
  • Anda diperkenankan mengirimkan naskah sebanyak-banyaknya dan akan lolos dimuat bila lulus seleksi tim kurator basabasi.co.
  • Jika karya anda berhasil dimuat, maka anda akan mendapatkan 1 t-shirt (kaos) basabasi. Namun hanya untuk karya pertama saja tidak untuk seterusnya.

So, jika berminat dan ingin mencoba silakan untuk mengirim naskah kumpulan puisi anda ke gerobaknaskah@basabasi.co untuk diseleksei oleh tim kurator basbasi.co.


Semoga ini menjadi jawaban anda mengenai cara mendapatkan uang dari menulis puisi online yang anda cari selama ini.

5.2 Kirim Puisi Anda Ke Media Masa Terkenal

Untuk mencoba mengirim naskah puisi anda ke media masa terkenal. Anda bisa mengirimkan kumpulan puisi anda ke:
Media Email Redaksi Honor
Kompas nusantarabertutur@gmail.com Rp 550.000
Jawa Pos editor@jawapos.co.id, Rp 700.000
Tempo sastra@tempo.co.id Rp 600.000
Untuk saat ini, mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan. Silakan anda mencari referensi email redaksi lain yang menerima naskah puisi untuk dipublikasikan.

6. Menulis Puisi Singkat (Quote) di Kaos

Selain cara-cara di atas! Ternyata menulis puisi di media kaos menjadi salah satu cara tersendiri dan terbilang unik untuk memperoleh penghasilan online.

Cara ini adalah dengan menulis puisi dalam bentuk quote singkat, lalu puisi tersebut dicetak ke kaos lalu dijual secara online.

Cara ini bisa dilakukan bagi anda yang suka menulis quote-quote puitis maupun mengambil quote puitis dari puisi-puisi sastrawan (penyair) kesukaan anda.

Jangan khawatir memproduksi kaos dan menjual kaos desain sendiri saat ini sudah cukup mudah. Bahkan anda bisa memulainya tanpa memiliki modal sama sekali.

Yang dibutuhkan hanyalah akses internet dan model desain dari anda. Maka kaos anda sudah bisa dijual secara online. Proses produksi, pengemasan dan pengiriman tidak dilakukan oleh anda.

Caranya adalah dengan mendesain kaos mu sendiri di ciptaloka.

Melalui layanan dropshipper yang mereka sediakan. Di sana anda bisa membuat toko online kaos quote puisi mu sendiri. Selanjutnya bila produk kaos quote puisi tersebut terjual anda akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan.

Berikut contoh penampakan toko saya di ciptaloka.


Di sana saya hanya meletakkan desain. Selanjutnya proses produksi, pengemasan, dan pengiriman dilakukan oleh pihak ciptaloka.

Setiap produk kaos yang terjual kita akan mendapatkan keuntungan penjualan. Sebab harga jual bisa diatur sendiri dari harga modal awal yang telah ditentukan pihak ciptaloka.

Tulisan ini bukan bermaksud berpromosi!

Melainkan memberikan solusi lain bagi pencinta puisi yang ingin mengabadikan puisi-puisi ciptaannya dalam bentuk kaos, menjualnya secara online dan mendapatkan uang. Itu saja!

Sampai pada pembahasan ini, saya pikir cukup!

Semoga setiap ulasan di atas bisa memberikan solusi atau gambaran baru bagi anda yang saat ini sedang ingin mendapatkan penghasilan dari puisi-puisi yang telah anda tulis.

Sekian! Semoga bermanfaat...

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Sebisa mungkin tidak berkomentar dengan tujuan berpromosi disertai link hidup, karena otomatis akan dianggap sebagai tindakan spam.