ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Banyak teman-teman calon penulis di luar sana mungkin punya keinginan yang sama mengenai bagaimana cara mendapatkan uang dengan menulis cerita di wattpad.

Saya dalam beberapa kesempatan sebenarnya sudah pernah membuat beberapa tulisan yang membahas tentang wattpad.

Beberapa tulisan tersebut diantaranya mengenai: lima (5) keuntungan menulis cerita di wattpad dan menjawab pertanyaan tentang apakah menulis di wattpad bisa mendapatkan uang?

Dalam ulasan tersebut saya menjelaskan beberapa persoalan terkait manfaat menulis di wattpad yang bisa dijadikan sebagai peluang penulis untuk mendapatkan banyak fans atau jutaan pembaca. Termasuk potensi sebuah tulisan di wattpad yang bisa dilirik penerbit untuk djadikan karya utuh dalam bentuk buku.

Agar Menulis di Wattpad Bisa Mendapatkan Uang

Sejujurnya di tulisan ini saya ingin mengatakan bahwa menulis di wattpad adalah sebuah opsional atau pilihan saja. Sebab wattpad merupakan sebuah platfrom menulis yang mempertemukan dua hobi antara penulis dan pembaca.

Mengenai mendapatkan uang di wattpad sebenarnya saat ini khusus untuk pengguna wattpad Indonesia, belum ada sistem monetisasi konten wattpad atau sistem bayar penulis seperti menulis di plukme yang ada sistem benefit-nya.

Artinya! Menulis di Wattpad sebenarnya tidak mendapatkan bayaran, karena setelah tulisan diterbitkan dan dibaca banyak orang. Penulis wattpad hanya mendapatkan respon pembaca berupa komentar atau like.

Inilah kemudian yang saya sebut tadi bahwa menulis di wattpad adalah sebuah peluang bagi penulis pemula untuk memperkenalkan diri dan mendapatkan banyak fans atau jutaan pembaca.

Termasuk untuk penulis professional yang ingin mempromosikan karya atau buku nya.

Tapi yang namanya sebuah usaha, pasti akan ada saja jalan keluar nya.

Karena tulisan saya kali ini membahas cara agar menulis di wattpad bisa mendapatkan uang!

Maka saya akan menuntaskan pembahasan saya sehingga anda yang membaca ini tidak kecewa dan merasa ditipu.

Cara Agar Menulis di Wattpad Bisa Mendapatkan Uang


Sebelum lanjut, mungkin perlu diketahui teman-teman calon penulis wattpad. Bahwa wattpad sebenarnya memiliki sistem monetisasi earn money writing seperti yang bisa anda lihat melalui screenshot yang telah saya ambil pada halaman wattpad futures di bawah ini:

Agar Menulis di Wattpad Bisa Mendapatkan Uang

Tulisan pada screenshoot di atas setidaknya menjelaskan bahwa melalui wattpad futures seorang penulis wattpad dapat menghasilkan uang dari tulisan mereka melalui monetisasi untuk menampilkan iklan di antara bab-bab atau tulisan cerita yang ditulisnya.

Tetapi -setidaknya- untuk saat ini, wattpad futures masih terbatas pada penulis yang tergabung dalam program wattpad stars serta fitur ini masih tahap beta atau uji coba. Wattpad saat ini sedang mencari insentif baru untuk menghargai karya-karya penulis mereka nanti di masa mendatang.

Selain itu di dalam FAQ wattpad juga telah dijelaskan bahwa hanya beberapa penulis paling berpengaruhi di wattpad yang akan menerima bagi hasil dari iklan wattpad. Penulis-penulis tersebut termasuk wattpad stars dan penulis-penulis terpilih dalam program beta eksperimental dari wattpad futures yang saat ini telah ditutup.

Jadi, untuk saat ini setidaknya penulis wattpad tidak akan mendapatkan uang dari wattpad secara langsung. Sebab saat ini program wattpad futures yang diharapkan sebagai alternatif untuk mendapatkan uang dari menulis cerita di wattpad nyatanya masih dalam tahap uji coba atau eksperimental.

Ufft.., Berarti tidak ada keuntungan menulis cerita di wattpad dong kalau begini!

Pupuslah sudah harapanku, hehehe…

Jangan galau kawan!

Bukankah kamu sendiri tahu bahwa ada banyak jalan menuju roma? Tak ada rotan maka akar pun jadi?

Jika wattpad tidak membayar penulisnya maka anda sendiri yang harus memikirkan bagaimana cara agar bisa mendapatkan uang dari menulis di wattpad.

Oleh karenanya supaya tidak mengecewakan anda, berikut cara agar tulisan ceritamu di wattpad bisa mendapatkan uang.

Tips atau cara berikut saya rangkum dari banyak sumber termasuk dari beberapa pendapat pribadi.

1. Jadikan Tulisanmu di Wattpad Menjadi Buku


Jika pembaca wattpad anda sudah jutaan, tidak ada salahnya tulisanmu di wattpad itu dijadikan buku lalu dijual. Sebab pembaca yang jutaan itu telah memberikan bukti bahwa tulisan anda di wattpad cukup menarik dan layak untuk dibukukan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat tulisan atau ceritamu di wattpad diterbitkan menjadi buku. Beberapa cara tersebut diantaranya:

1.1 Terbitkan Tulisanmu di Wattpad Menjadi Buku Secara Indie


Menerbitkan tulisanmu menjadi buku melalui penerbitan indie sebenarnya sangat efektif dan efisien serta lebih direkomendasikan. Sebab dengan menerbitkan buku secara indie dapat dilakukan dengan sistem Pre Order (PO).

Dimana buku dapat diterbitkan dalam jumlah kecil setiap kali ada pesanan dari calon pembeli.

Artinya setelah naskah anda kirimkan ke penerbit indie untuk dibukukan, dan setelah melakukan beberapa prosedur yang harus dipenuhi maka buku akan siap cetak.

Salah satu penerbit indie yang menerima naskah adalah jejakpublisher.com. Di sana apabila anda berhasil mendapatkan PO pertama minimal 20 eksemplar maka anda akan dikirimkan 1 buku terbit secara gratis.

Selain itu, buku yang diterbitkan memiliki kode ISBN ke perpustakan nasional RI. Sangat membanggakan bukan?

Oleh karena itu, setelah buku anda diterbitkan dan dipasarkan oleh penerbit secara online. Anda bisa memesan atau memasarkan buku tersebut kepada pembaca wattpad termasuk teman-teman dekat anda.

Selain bisa menjual buku fisik, beberapa penerbit indie juga memberikan sistem jual buku digital melalui Google Play Book.

Sehingga anda akan mendapatkan keuntungan dari menjual buku fisik dan buku digital (e-book).

1.2 Kirim Tulisan Wattpad Ke Penerbit


Sebenarnya jika tulisanmu sangat populer di wattpad dan memiliki banyak sekali pembaca dan respon positif. Bisa jadi tulisanmu akan dilirik oleh penerbit untuk dibukukan.

Perlu diketahui bahwa pembaca di wattpad tidak hanya ada pembaca biasa saja. Di sana juga terdapat banyak penulis professional termasuk orang-orang yang bekerja di dunia penerbitan.

Melalui wattpad biasanya mereka akan melirik tulisan-tulisan populer wattpad lalu jika mereka menyukainya maka penulis wattpad akan diajak untuk menerbitkan bukunya melalui perusahan penerbitan mereka.

Salah satu tulisan wattpad yang cukup populer dan kini telah dibukukan adalah tulisan wattpad dari penulis bernama Erisca Febriani yang berjudul “Dear Nathan” sebuah kisah cinta remaja SMA antara Salma dan Nathan.

Dalam salah satu ulasan di situs brilio.net mereka telah mengulas beberapa cerita dari wattpad yang sukses bahkan ada yang diangkat ke layar lebar. Ini membuktikan bahwa tulisan di wattpad mempunyai potensi besar memberikan penghasilan bagi penulisnya.

Tapi, semua itu butuh proses yang panjang serta tentu saja tulisan anda di wattpad wajib memiliki prestasi yang bagus.

Jika anda merasa tulisan wattpad anda cukup berkualitas dan memiliki banyak sekali pembaca namun belum ada penerbit yang melirik tulisan anda.

Anda bisa mengirimkan tulisan wattpad anda tersebut ke penerbit untuk dibukukan.

Caranya bisa melalui Wattpad!

Sebagaimana yang sudah saya jelaskan di atas! Bahwa di wattpad juga terdapat banyak akun-akun dari pihak penerbit buku yang menerima karya-karya wattpad untuk diterbitkan.

Anda cukup melakukan pencarian dengan mengetik keyword ‘kirim naskah’ pada kolom pencarian wattpad.

Agar Menulis di Wattpad Bisa Mendapatkan Uang

Lalu di sana akan terdapat beberapa penerbit lokal yang bisa anda coba untuk mengirimkan naskah atau tulisan anda di wattpad agar diterbitkan menjadi buku -fisik maupun digital- yang bisa anda pasarkan melalui wattpad maupun ke calon pembeli secara online maupun offline.

2. Buat Tulisanmu di Wattpad Menjadi Ebook


Salah satu cara agar membuat tulisanmu di wattpad bisa menghasilkan uang adalah dengan membuat tulisanmu tersebut menjadi buku digital atau ebook.

Jika pada poin satu di atas anda menerbitkan buku dalam bentuk fisik dan ebook melalui jasa penerbit. Maka pada poin ke dua ini anda bisa melakukannya secara mandiri.

Cara yang dilakukan adalah silakan mengumpulkan tulisan wattpad anda dalam satu dokumen. Bisa menggunakan Ms Office Word atau aplikasi pengolah kata lain yang sejenis.

Setelah itu save atau convert file tulisan anda tersebut ke dalam format PDF.

Setelah selesai anda bisa mempromosikan e-book anda secara langsung ke calon pembaca termasuk pembaca-pembaca anda di wattpad, sehingga mereka bisa membaca cerita wattpad anda secara offline di ponsel mereka tanpa koneksi internet.

Sebagai salah satu promosi yang baik untuk menjual e-book adalah melalui Google Play Book karena ebook yang anda jual nanti akan lebih mudah dibeli pembaca.

Buku digital yang dijual melalui Google Play Book dapat dibeli pembaca menggunakan pulsa seluler yang mereka miliki.

Oleh karenanya jangan dijual mahal-mahal, Rp 10.000 – Rp 15.000 mungkin sudah cukup.

Setelah buku anda berhasil dimasukan ke Google Play Book untuk dijual, selanjutnya tinggal dipromosikan saja secara online melalui wattpad maupun sosial media lain yang anda miliki.

Note…
Pembuatan akun Google Play Book mungkin memiliki biaya atau persyaratan pendaftaran. Sebaiknya anda pelajari bagaimana cara menjual buku digital anda di Google Play Book secara mandiri tanpa melalui jasa penerbit.

3. Pindah Ke Platfrom Lain


Poin ke tiga ini, menjadi alternatif terakhir bila anda ingin mendapatkan bayaran dari tulisan-tulisan yang kamu buat susah payah.

Pada poin ke tiga ini kita sebenarnya telah melenceng dari judul pembahasan yang seharusnya yakni agar menulis di wattpad bisa mendapatkan uang.

Tapi apa boleh buat! Ini adalah pilihan dan langkah terakhir yang bisa anda coba. Maka ambilah kesempatan ini semoga berutung.

Pindah ke platfrom menulis lain adalah solusi terbaik.

Berikut Beberapa Tempat Menulis Online Dibayar Selain Wattpad:


3.1 Menulis di Plukme


Plukme adalah salah satu platfrom menulis seumpama wattpad dan merupakan platfrom lokal. Sistem plukme akan memberikan benefit pada setiap tulisan -cerita, puisi serta jenis tulisan umum lainnya- yang terbit di plukme.

Di plukme anda bisa menulis cerpen dan puisi lalu mendapatkan benefit berupa pluk yang dapat dicairkan menjadi rupiah melalui transfer bank ke rekening lokal apabila telah mencapai minimal 100.000 pluk (mata uang plukme).

Note!
Saat ini plukme sedang tidak dapat diakses, informasi terakhir yang kami dapatkan dijelaskan bahwa plukme sedang dalam perbaikan. Kedepannya semoga platfrom menulis buatan anak bangsa ini bisa berlayar lagi.

3.2 Kirim Tulisanmu ke Mojok


Mojok adalah sebuah situs atau blog unik yang memiliki semboyan “Sedikit Nakal Banyak Akal” sebagai identitas dan cerminan dari konten -tulisan atau artikel- yang mereka publikasikan.

Di ‘mojok’ anda bisa mengirim tulisan curhat, berita maupun tulisan opini atau catatan harian anda dalam balutan komedi yang menghibur dan mengedukasi. Lalu mendapatkan honorium yang lumayan untuk mengajak pacar makan di restoran elit (kata ‘mojok’).

Untuk informasi lengkap mengenai cara mengirim artikel atau tulisan ke ‘mojok’ silakan langsung menuju situsnya mojok.co.

3.3 Kirim Tulisanmu Ke ‘Basibasi’


Sama seperti ‘mojok’ anda juga bisa mengirim tulisanmu ke ‘basabasi’ dan mendapatkan honor yang lumayan jika tulisanmu tersebut diterbitkan.

Hanya saja untuk mendapatkan honor atau bayaran dari ‘basabasi’ anda perlu mengirimkan tulisan berupa cerpen, kumpulan puisi, tulisan essai maupun resensi.

Mengenai cara mengirim tulisan anda ke ‘basabasi’ saya telah menulisnya di artikel “tempat menulis cerpen online mendapatkan uang”!

Silakan dibaca di sana ada sekitar 8 situs termasuk beberapa email redaksi untuk mengirim naskah cerpen dan kumpulan puisi untuk mendapatkan uang (honorium).

DOWNLOAD APLIKASI BASABASI
Bukan aplikasi official BasaBasi melainkan Aplikasi yang dibuat oleh MATAHAYA.COM

Bagi anda yang ingin memperolah bayaran dari menulis selain dari wattpad silakan bisa mencoba ‘basbasi’ semoga jodoh.

Informasi selengkapnya mengenai cara mengirim tulisan ke ‘basabasi’ silakan langsung menuju situs resmi mereka di basabasi.co.

Baiklah, mungkin saya akan cukup perjumpaan kita sampai di sini.

Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat untuk anda yang saat ini sedang ingin memperoleh pendapatan melalui kegiatan menulis seperti di wattpad.

Jangan lupa meninggalkan jejak dengan berkomentar. Sehingga saya bisa terhibur…

Sukses selalu untuk anda!

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Sebisa mungkin tidak berkomentar dengan tujuan berpromosi disertai link hidup, karena otomatis akan dianggap sebagai tindakan spam.