ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Mungkin dari sobat blogger yang membaca tulisan saya kali ini sepakat dengan pernyataan yang ditulis pada judul di atas. Mengapa harus membeli domain kalau ternyata masih ada domain yang gratisan.

Bisa di dapat tanpa perlu membeli apalagi mengeluarkan uang…

Sebagai seorang blogger yang baru pertama menggeluti dunia blogging saya dulunya sepakat dengan pernyataan ini. Bahwa membeli domain adalah tindakan yang sia-sia karena menggunakan domain gratisan pun blog tetap bisa eksis dan berkembang, asalkan diurus dan dioptimasi dengan baik.

Pun saat ini blog pun bisa kok tetap tayang dan tampil di hasil pencarian google meski menggunakan subdomain dari platfrom blog yang digunakan. Misal: blogspot maupun wordpress, dll.
Kenapa Perlu Beli Domain, Kalau ada yang Gratis?
Namun ada satu masalah yang kemudian membuat semuanya menjadi sia-sia adalah ketika seorang blogger memutuskan untuk menggunakan domain gratisan, domain yang bisa di-order secara gratis tanpa membayar biaya sepeserpun.

Sebab hal yang paling baik adalah menggunakan subdomain bawaan dari platfrom blog yang digunakan misalnya blogspot.com ketimbang mengubahnya dengan domain yang didapatkan secara gratis.

Alasan mendasar mengapa mengganti subdomain blogspot.com dengan domain gratisan menjadi sia-sia dikarenakan domain gratis yang didaftarkan hanya akan berlaku selama satu tahun saja. Sehingganya pada tahun berikutnya blog akan kembali menjadi blogspot.com lagi.

Artinya kalau blog yang tadinya ternyata telah terindex oleh mesin pencari dengan domain gratisan, ketika beralih kembali ke blogspot akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk di-index kembali.

Hal ini kemudian membuat trafick blog mengalami penurunan dan kehilangan pengunjung.

Padahal jika blogger tetap menggunakan subdomain dari blogspot atau wordpress saja akan lebih baik. Sebab jika suatu waktu blog dengan subdomain tersebut telah mengalami peningkatan trafick dan di-index dengan baik oleh mesin pencari.

Maka saat blogger mengganti subdomain tersebut dengan domain yang dibeli. Blog tidak akan kehilangan pembaca atau pengunjungnya.

Kalaupun mengalami penurunan trafick hal itu dalam beberapa hari biasanya akan kembali normal.

Namun tentu saja blogger perlu menggunakan domain berbayar bukan yang gratisan disertai komitmen untuk memperpanjang umur domain setiap akan berakhir masa aktif domain yang telah dibeli.

Sebab jika kembali menggunakan subdomain seperti blogspot lagi, maka index blog oleh mesin pencari masih mengindex domain yang sudah dibeli sehingga blog akan mengalami penurunan trafick lagi dan perlu menunggu beberapa waktu untuk di-index ulang.

Lah kok sama yah?

Domain Gratisan dan Domain yang beli jika tidak diperpanjang akan membuat blog mengalami penurunan trafick karena membutuhkan pengindexan ulang akibat pergantian alamat url atau alamat blog (domain ke subdomain).

Memang sama saja…

Tapi perbedaannya adalah domain berbayar adalah domain yang kualitasnya lebih baik ketimbang domain gratisan.

Alasan mendasar mengapa domain gratisan tidak baik dan tidak berkualitas dikarenakan domain yang didapatkan secara gratis umumnya adalah domain yang banyak digunakan untuk tindakan spam, untuk membuat web palsu, termasuk seperti blog-blog berisi iming-iming modus berhadiah.

Karena domain tersebut bisa didapat cuma-cuma!

Hal ini akhirnya membuat domain-domain gratisan mengalami tingkat kepercayaan yang rendah oleh mesin pencari sehingga sulit muncul di hasil pencarian.

Jika sobat membaca ulasan ini dan merupakan salah seorang blogger yang saat ini masih menggunakan domain gratisan.

Yakni domain gratisan dari freenom seperti: domain .ga, .ml, .cf, maupun .tk.

Sebaiknya kembali saja menggunakan subdomain blogspot.com ketimbang menggunakan domain tersebut. Karena oleh beberapa referensi termasuk yang dibahas oleh PanduanIM domain gratisan tersebut umumnya dianggap sebagai domain spam oleh mesin pencari.

Akibatnya domain gratisan tersebut tidak baik untuk SEO dan akan diabaikan oleh mesin pencari sehingga sulit mendapatkan pengunjung.

Namun, saya tak berani melarang jika sobat blogger masih setia menggunakan domain gratisan tersebut.

Tetapi jika kemudian blog mengalami susah mendapatkan trafick atau pengunjung mungkin sobat perlu untuk mempertimbangkan persoalan ini.

Baca Juga: Bukti Blog Subdomain Blogspot Mampu Bersaing di Google

Selain itu pada tahun 2019 ini, berdasarkan referensi yang diulas oleh dewaweb. Sebuah domain memiliki prioritas pencarian oleh mesin pencari akan didasarkan pada lokasi.

Dengan kata lain jika user mencari informasi di mesin pencari maka mesin pencari akan mengutamakan domain sesuai lokasi user. Sehingganya jika user adalah orang Indonesia maka mesin pencari akan merekomendasikan blog-blog Indonesia berdasarkan domain.

Seperti domain .id, .ac.id, dan domain Indonesia lainnya.

Oleh karenanya jika hal ini baik untuk SEO, maka sangat penting bagi blogger Indonesia menggunakan domain asli Indonesia.

Tetapi penggunaan domain Indonesia hanya satu pemicu saja. Sebab mesin pencari tentu juga mengenal bahasa konten di dalam blog sehingga pada hasil pencarian di internet tidak semuanya menayangkan blog-blog dengan domain Indonesia saja.

Oleh karenanya menggunakan domain lain pun boleh, seperti yang paling banyak digunakan di seluruh dunia adalah domain .com!

Sebenarnya… saran terbaik adalah menggunakan domain asli Indonesia, jika blog yang dibuat menyasar pembaca dari Indonesia.

Tetapi jika membeli domain .id dianggap cukup mahal karena berada di harga Rp 250.000 / Tahun, maka bisa menggunakan domain .com dengan kisaran harga Rp 120.000 / tahun.

Jangan Lewatkan: Cara Beli Domain Murah 10.000 (Sepuluh Ribu) Saja

Atau pilihan lain adalah tetap menggunakan subdomain bawaan dari platfrom yang digunakan jika belum siap berlangganan dan memperpanjang domain setiap tahun nya.

Jadi simpulan ringkas mengapa perlu membeli domain? Dikarenakan domain mampu mempengaruhi tingkat kepercayaan mesin pencari terhadap blog sehingga memiliki potensi untuk ditemukan pembaca melalui mesin pencari.

Selengkapnya silakan baca pada ulasan matahaya di "6 Alasan Penting Kenapa Blog Perlu Domain Premium TLD" disana sudah dibahas lebih lengkap mengenai Kenapa Anda Perlu Beli Domain!

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link hidup tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.