Type something and hit enter

On
Menjadi seorang blogger adalah kegiatan dan aktivitas yang menyenangkan termasuk salah satu profesi menulis yang saat ini menjadi sangat umum dibicarakan dan digemari serta digeluit oleh banyak orang dari berbagai kalangan dan latar Pendidikan yang beragam.

Meski demikian kegiatan ini tidak jarang memiliki resiko dan ancaman kesehatan yang bisa saja menyerang blogger.

Beberapa blogger mengatakan bahwa hal tersebut adalah penyakit bagi blogger pemula, nyatanya gangguan kesehatan tersebut bisa saja menyerang setiap blogger. Hanya saja! Memang, resiko terbesar tentu mengancam blogger pemula.

Alasan mendasarnya adalah blogger pemula cenderung memiliki resiko yang cukup tinggi diserang berbagai penyakit akibat beberapa kesalahan mendasar seperti pembagian waktu kerja yang tidak teratur.
Gangguan Kesehatan Yang Mengancam Blogger
Tulisan berikut bukan hendak menyampaikan pandangan kesehatan sebagai ahli, sebab penulis sendiri adalah seorang blogger yang bukan memiliki latar belakang seorang di bidang kesehatan. 

Melainkan tulisan berikut diharapkan sebagai sebuah argumen sederhana yang ditujukan bagi blogger pemula agar memperhatikan waktu kerjanya sehingga bisa mengantisipasi beberapa ancaman gangguan kesehatan yang bisa menyerang blogger.

Berikut 4 Gangguan Kesehatan Yang Umumnya Mengancam Blogger


1. Sakit Mata dan Ancaman Kerabunan


Terlalu sering mengakses komputer baik PC maupun Laptop tentu memberikan efek radiasi yang bisa mengancam kesehatan mata seorang blogger.

Apalagi PC/Laptop yang digunakan belum memiliki teknologi layar monitor yang mampu mengurangi radiasi terhadap mata penggunannya.

Tentu saja, aktivitas menulis dan bertatapan lama dengan komputer akan memberikan efek radiasi secara berangsur-angsur yang bisa membuat mata sakit seperti kemerahan, kering atau berair hingga pada kondisi paling fatal adalah menyebabkan mata rabun atau minus.

Untuk menghindari hal tersebut, sebagai blogger yang aktivitasnya hampir selalu di depan komputer sebaiknya memiliki kesadaran tentang hal ini seperti mengantisipasinya dengan menggunakan kaca mata anti radiasi atau alat lain yang mampu mengurangi radiasi layar komputer langsung ke mata termasuk mengurangi aktivitas berlama-lama bertatapan langusung dengan layar atau monitor.

2. Insomnia atau Gangguan Tidur


Insomnia atau gangguan tidur yang bisa menyerang blogger adalah salah satu gangguan tidur yang dipengaruhi oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis seperti kebiasaan kurang tidur yang memicu depresi, kecemasan, dan kurang olahraga.
Insomnia (Gangguan Tidur)

Blogger yang aktivitasnya hampir seluruhnya dicurahkan untuk menulis dan menulis biasanya akan melupakan banyak aktivitas lain seperti olahraga, tidur yang teratur, rasa cemas yang berlebihan tentang konten blog yang dibuatnya tidak juga mendapatkan pengunjung dan hal-hal lain yang menyebabkan sulit tidur seperti mengonsumsi obat atau kopi.

Akhirnya gangguan tidur tersebut bisa berpengaruh kepada aktivitas siang hari yang dipakai untuk tidur bahkan terkadang aktivitas tidur di siang hari pun tidak memberikan kualitas istrahat yang cukup.

Sehingga lambat laun kebiasaan sulit tidur tersebut dalam jangka waktu yang lama akan menjadi kebiasaan dan mendatangkan banyak penyakit lain.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebagai blogger kita harus membuat jadwal yang teratur terutama memutuskan untuk tidur di jam istrahat malam, meluangkan waktu untuk berolahraga, dan melakukan aktivitas menulis pada waktu siang hari saja sehingga waktu tidur tidak tertukar dan menyebabkan gangguan tidur serta istrahat yang tidak cukup.

3. Terkena Penyakit Maag


Maag atau penyakit yang menyerang lambung dan menyebabkan sakit dan perih pada perut dan mulas biasanya menyerang para blogger yang selalu melalaikan waktu makan tepat pada waktunya padahal makan sangat penting untuk memberikan asupan gizi serta energi bagi tubuh dalam melakukan banyak aktivitas.
Sakit Maag
Jika kita sering telat makan bahkan selalu diabaikan maka lambung sangat berpotensi mengalami Maag atau peradangan.

Oleh karena itu, bagaimanapun kesibubakan kita dalam blogging kita harus tetap meluangkan waktu untuk makan tertutama makan tepat waktu sehingga aktivitas blogging kita menjadi lebih positif dan baik bagi kesehatan.

Baca Juga: 

4. Terkena Masuk Angin


Masuk angin termasuk salah satu penyakit yang juga secara umum bisa menyerang para blogger. Blogger yang terkena masuk angin biasanya dikarenakan oleh aktivitas blogging mereka yang berlebihan, seperti begadang semalaman termasuk tidak tidur hingga waktu pagi.

Meski termasuk salah satu penyakit atau gangguan kesehatan yang tidak terlalu berbahaya sehingga sering diabaikan blogger. Terkena masuk angin tetap saja akan menganggu aktivitas blogging kita nantinya, termasuk bisa mendatangkan penyakit lain seperti flu bahkan demam atau sakit.

Jika sudah begitu, tentu saja segala aktivitas yang dilakukan akan menjadi tidak menyenangkan bahkan termasuk makan sekalipun.

Sehingganya, untuk meminimalisir ancaman dan gangguan-gangguan kesehatan yang bisa mengancam kita sebagai blogger. Maka sejak dini perlu adanya pembagian waktu yang baik, tidak lupa makan dan minum secara teratur, istrahat yang cukup, membatasi aktivitas di depan monitor dan yang tidak kalah pentingnya lagi adalah meluangkan waktu untuk berolahraga.

Mohon tidak berkomentar dengan link aktif, termasuk berpromosi jasa dan lain-lain. Karena akan langsung dihapus

Click to comment