ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Cuplikan Unggulan pada hasil penelusuran google mengindikasikan sebuah postingan blog muncul pada halaman teratas google dengan cuplikan rangkuman isi artikel ditampilkan pada hasil pencarian yang dimunculkan oleh google.

Saat menulis ini saya sendiri cukup terkejut, sebab saya tidak tahu kalau ada artikel matahaya.com yang mendapatkan cuplikan unggulan pada hasil penelusuran google.

Salah satu artikel matahaya.com yang saya ketahui menampilkan cuplikan unggulan di hasil penelusuran google adalah artikel yang membahas manfaat kode otp dan bahaya penyalahgunaannya dalam modus penipuan.

Tampak seperti gambar berikut:

Cara Mendapatkan Cuplikan Unggulan di Google Melalui Optimasi Konten

Cukup terkejut memang, sebab ini adalah fitur yang baru saya ketahui, bahwa ternyata mesin pencari seperti google memiliki fitur ini untuk menampilkan cuplikan isi artikel blog pada hasil penelusuran seperti gambar di atas.

Jujur saya sendiri baru mengetahui hal ini.

Karena penasaran mengenai apa itu cuplikan unggulan yang ditampilkan pada hasil penelusuran google saya pun mencari informasi lebih lanjut mengenai cuplikan penelusuran ini.

Langkah awal yang saya lakukan adalah masuk ke “tentang hasil ini” dan mendapatkan penjelasan langsung dari google mengenai cuplikan unggulan di penelusuran google.

Cara Mendapatkan Cuplikan Unggulan di Google Melalui Optimasi Konten

Pada ulasan google tersebut dijelaskan:

Apa itu cuplikan unggulan di penelusuran google?


Cuplikan unggulan pada hasil penelusuran google adalah cuplikan khusus yang menampilkan hasil penelusuran pada bagian atas halaman di hasil penelusuran.

Cuplikan unggulan ini biasanya menampilkan ringkasan dari isi artikel di blog, termasuk tautan, gambar, judul, maupun URL artikel web atau blog.

Sepintas lalu cuplikan unggulan ini memberikan manfaat yang besar bagi artikel blog untuk dikunjungi atau dilirik oleh calon pembaca.

Dalam penjelasan google cuplikan unggulan tersebut diekstrak secara terprogram dari isi artikel di blog atau pada halaman web yang tujuannya menampilkan kumpulan informasi dengan lebih sempurna untuk menarik perhatian pengguna atau calon pengunjung maupun pembaca.

Dimana ketika calon pembaca menyadari bahwa informasi atau pertanyaan yang dicarinya dimunculkan dalam cuplikan unggulan akan memudahkannya melirik informasi yang ditampilkan dalam cuplikan unggulan tersebut.

Bagaimana Mendapatkan Cuplikan Unggulan di Penelusuran Google?

Meski fitur khusus ini sangat bermanfaat, nampaknya kita tidak bisa dengan pasti membuat semua halaman blog mendapatkan cuplikan unggulan di google.

Hal ini sebagaimana dijelaskan langsung oleh google bahwa kita tidak dapat melakukannya secara langsung untuk mendapatkan cuplikan unggulan di hasil penelusuran.

Hal ini dikarenakan google secara terprogram akan menentukan apakah suatu halaman atau artikel blog berisi jawaban paling tepat dari pertanyaan pengguna atau tidak? lalu menampilkannya melalui cuplikan unggulan di penelusuran.

Bahkan yang ada justru kita bisa mengatur blog atau web untuk memberikan sinyal ke google agar halaman blog tidak menampilkan cuplikan unggulan di hasil penelusuran.

Sebagaimana dijelaskan langsung bahwa kita bisa mencegah cupilkan unggulan muncul di halaman penelusuran menggunakan tag <meta name=”googleboot” content=”nosnippet”> di halaman web kita.

Dengan begitu hal ini akan menghapus semua cuplikan unggulan di halaman blog termasuk cuplikan unggulan di hasil penelusuran reguler.

Bagaimana Cara Kerja Cuplikan Unggulan di Penelusuran Google?


Cuplikan unggulan adalah hasil yang dimunculkan oleh google dengan beberapa pertimbangan mendasar sehingga artikel blog ditampilkannya pada halaman teratas dengan fitur cuplikan unggulan ini.

Dalam penjelasannya, google menyebutkan mereka menampilkan ringkasan cuplikan tersebut berdasarkan sistem yang terprogram untuk mendeteksi sebuah halaman web atau blog yang berisi konten atau kueri yang mengajukan pertanyaan pengguna dan menjawabnya atau memberikan solusi penyelesaian.

Dimana sebuah halaman web yang menjawab pertanyaan pengguna dalam hal ini bisa termasuk pembaca blog. Maka google akan memberikan hasil teratas sebagai cuplikan unggulan di hasil penelusuran mereka.

Selain itu, beberapa halaman web atau blog yang mendapatkan cuplikan unggulan di penelusuran sewaktu-waktu bisa lengser atau digantikan dengan halaman blog atau web yang lebih relevan dengan pertanyaan atau keyword yang dicari pengunjung.

Ini dikarenakan google selalu berupaya untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mendeteksi cuplikan yang paling bermanfaat sehingga hasil yang akan ditemukan di penelusuran dapat berubah sepanjang waktu.

Simpulan dan Pendapat


Meski google sendiri telah menyatakan bahwa kita tidak bisa membuat semua halaman web atau blog mendapatkan fitur cuplikan unggulan ini di hasil penelusuran mereka.

Dikarenakan telah ada sistem yang sudah otomatis terprogram untuk mendeteksi halaman blog yang relevan dan paling bermanfaat serta lengkap untuk mendapatkan cuplikan unggulan tersebut.

Nyatanya hal tersebut bukan berarti tidak bisa diupayakan.

Yang perlu dilakukan adalah dalam penciptaan konten, kita harus memiliki dasar yang kuat untuk membangun konten yang berisi informasi terkait pertanyaan atau informasi yang banyak dicari pengguna internet.

Kemudian pertanyaan atas informasi yang dibutuhkan tersebut di susun dalam sebuah artikel yang terstruktur dan kalau perlu menjawab dan memberikan solusi atas informasi yang dicari oleh pengunjung atau pembaca. Semakin lengkap akan semakin baik.

Dengan begitu, setidaknya ada potensi yang bisa memberikan kesempatan bagi artikel blog terdeteksi sistem google untuk dimunculkan sebagai cuplikan unggulan di hasil penelusuran mereka.

Artinya kita hanya perlu menyederhanakan konten atau artikel blog agar menjadi ramah dan mendukung fitur cuplikan unggulan dari google.

Beberapa Hal Yang Membuat Blog Mendapatkan Cuplikan Unggulan di Penelusuran


Dalam sebuah artikel online yang dipublikasikan oleh blog SEO Killer, mengenai cara mendapatkan cuplikan unggulan di google beberapa hal yang mempengaruhi google mendeteksi sebuah konten blog untuk mendapatkan fitur cuplikan unggulan ini, diantaranya:

1. Artikel Cukup Berkualitas dan Fresh Content


Artikel berkualitas salah satu jenisnya adalah artikel yang memberikan informasi yang detail dan menjawab pertanyaan pengunjung atau pembaca atas informasi yang dicarinya. Sementara artikel fresh content adalah jenis artikel yang membahas informasi spesifik dan belum banyak blog yang membahasnya.

Sehingganya semakin berkualitas dan fresh sebuah informasi yang disampaikan maka akan semakin berpotensi artikel blog terdeteksi sistem google untuk dimunculkan sebagai cuplikan unggulan pada halaman teratas di hasi penelusuran.

2. Artikel Sudah Berumur Cukup Lama


Artikel yang sudah berumur cukup lama biasanya akan mendapatkan index atau hasil SERP yang baik di mesin pencari. Sehingga potensi menjadi lebih tinggi untuk memuncaki rangking mesin pencari sangat memungkinkan selama kualitas SEO nya pun cukup baik.

3. Artikel Berisi Atau Menjawab Sesuatu Informasi Serta Tersusun Secara Sistematis


Pada poin ketiga ini, jika pada suatu kondisi kita membuat artikel yang menjawab informasi tertentu. Maka susunlah secara sistematis konten tersebut dengan memberikan penomoran pada setiap jawaban yang diulas dalam penulisan artikel blog.

Caranya adalah dengan memberikan poin-poin jawaban tersebut dengan memanfaatkan bullet list atau numbering list sehingga mudah dipahami oleh robot google dalam mengekstrak isi artikel blog yang ditulis.

4. Gambar Konten Diupayakan Agar Mudah Dikenali Oleh Google


Meski google adalah sebuah mesin pencari yang cukup pintar, bukan berarti setiap gambar dalam postingan blog akan mudah dikenali oleh google. Sebab google biasanya membutuhkan informasi lain sehingga bisa memahami gambar dalam konten blog.

Oleh karenanya dengan memasukan deskripsi pada Title gambar dengan judul konten blog serta ALT dengan deskripsi singkat isi artikel akan membuat robot google mudah mengenali gambar pada artikel blog yang ditulis.

5. Artikel Blog Memenuhi Standar SEO – Tambahan Oleh Matahaya.com


Melihat kondisi yang ada, dimana sebuah artikel harus berkualitas, fresh content, bermanfaat dan menjawab kebutuhan informasi yang dibutuhkan pengguna internet atau pembaca blog.

Sehingga mampu memberikan potensi dan harapan agar blog mendapatkan hasil cuplikan unggulan di penelusuran google.

Mengindikasikan sebuah artikel akan mendapatkan cuplikan unggulan di penelusuran bilamana artikel blog tersebut memenuhi standar SEO dan kualitas yang dinilai baik oleh mesin pencari.

Dimana konten blog harus bermanfaat, disukai pembaca karena berisi informasi yang sangat dibutuhkan mereka, pembahasannya disusun secara sistematis sehingga tidak membingungkan pembaca, dan mampu memberikan kenyamanan bagi pengunjung karena human friendly.

So melihat kondisi tersebut saya berasumsi bahwa artikel yang mampu mendapatkan cuplikan unggulan di penelusuran google setidaknya mampu memenuhi standar SEO yang baik.

Demikian, semoga ulasan di atas bisa memberikan manfaat dan paham baru mengenai pengoptimalan konten blog agar mendapatkan hasil penelusuran khusus dengan cuplikan unggulan di google.

Sumber Materi yang digunakan dalam penulisan artikel ini:

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Sebisa mungkin tidak berkomentar dengan tujuan berpromosi disertai link hidup, karena otomatis akan dianggap sebagai tindakan spam.