ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Dewasa ini banyak blogger yang terobsesi untuk memiliki blog bagus dengan menggunakan sebuah domain TLD atau blog dengan domain premium.

Banyak alasan yang mendasari mengapa setiap blogger sangat ingin memiliki sebuah domain untuk blognya.

Beberapa alasan diantaranya adalah untuk terlihat professional, sebagai nama brand, supaya terpercaya, dan tentu saja berharap blognya akan lebih SEO atau mudah ditemukan di mesin pencari seperti google, bing, yahoo, dll.

Yap.., harus diakui bahwa membuat blog dan mempunyai domain sendiri memang akan terkesan cukup professional dan dapat dipercaya.

Poin plusnya mungkin saja dapat dengan mudah ditemukan di mesin pencari karena setiap nama domain berbeda untuk setiap orang. Sehingga membuat google mudah mengenali blog kita saat dicari calon pengunjung.


Tapi, walaupun domain sebagai salah satu cara untuk membuat blog anda memiliki sisi profesionalisme, dapat dipercaya oleh mesin pencari dan pembaca blog anda. Tidak serta merta dengan memiliki sebuah domain, blog akan langsung sukses dan menjadi besar.

Banyak proses yang perlu dipelajari supaya membuat blog kita bisa muncul di mesin pencari dan mendapatkan banyak kunjungan pembaca.

Bahkan ada beberapa kasus blog dengan domain premium pun banyak yang tidak mampu bersaing di mesin pencari, sehingga blog menjadi sepi pengunjung dan pembaca.

Oleh karena itu, saya akhirnya melakukan riset kecil-kecilan dan menelaah beberapa blog milik blogger Indonesia yang nyatanya hingga saat ini masih menggunakan subdomain gratis seperti blogspot namun tetap eksis.

Bahkan blog tersebut mampu bersaing bersama blog-blog lain yang sudah menggunakan domain berbayar di mesin pencari, karena mampu menembus page one google.

Beberapa blog yang masih menggunakan subdomain gratis namun mampu menembus page one google, diantaranya:

1. Blog Struktur Kode

Blog Struktur Kode adalah salah satu blog populer menurut saya yang saat ini banyak membagikan artikel dan informasi seputar blogging dan cara menghasilkan uang melalui aktivitas online.

Blog struktur kode berdasarkan pengamatan penulis, adalah salah satu blog populer yang sudah cukup lama malang melintang di dunia perbloggeran Indonesia.

Namun saat ini masih setia melabeli dirinya dengan subdomain bawaan blogger yaitu blogspot.

Satu hal yang menarik lagi dari blog ini, meski hanya menggunakan subdomain bawaan blogger atau masih menggunakan blogspot, nyatanya blog struktur kode sangat baik dan mampu bersaing dengan blog-blog berdomain premium di mesin pencari.

Terlihat pada screenshoot berikut, saat saya melakukan pencarian artikel di google menggunakan keyword “teknik membangun backlink” nampaknya salah satu artikel yang nagkring di hasil pencarian tersebut adalah blog struktur kode.

Masuk page one google.

Siapa bilang subdomain blogspot tidak mampu bersaing dan muncul di mesin pencari? Ini buktinya
Silakan anda buktikan sendiri untuk menelusuri keyword tersebut pada browser anda, dan saksikan artikel struktur kode nangkring pada urutan ke berapa?

Di laptop saya blog struktur kode masuk page one google di posisi ke 5 bersaing dengan blog kompetitor lain yang menggunakan domain premium.

Posisi rangkingnya mungkin berbeda untuk setiap komputer. (Saya menggunakan Google untuk menelusuri keyword tersebut)

2. Blog Jumpueng

Jumpueng blogspot adalah salah satu blog yang dibangun oleh blogger bernama Taufik Al Mubarak, merupakan seorang founder atau pendiri website acehpunggo.com.

Beliau adalah seorang blogger, jurnalis yang aktif menulis isu aceh dan berbagi tulisan motivasi melalui website acehpunggo.com maupun blog yang dikelolanya di jumpueng.blogspot.com.

Pernah suatu waktu, saat saya melakukan pencarian artikel dengan keyword “cara daftar google news” Nampak salah satu artikel dari blog jumpueng masuk page one google dan berada pada rangking ke 4 bersaing dengan blog kompetitor yang sudah menggunakan domain premium.

Siapa bilang subdomain blogspot tidak mampu bersaing dan muncul di mesin pencari? Ini buktinya
Anda bisa lihat sendiri pada screenshoot di atas!

Di sana terlihat, meski jumpueng masih mengandalkan blogspot nyatanya salah satu artikelnya dengan keyword “cara daftar google news” masih mampu bersaing dengan blog-blog lain yang telah menggunakan domain seperti: domain.my.id, .id, dan .net.

3. Blog Tips SEO Killer

Satu lagi blog dengan subdomain blogspot namun memilki popularitas yang baik di mesin pencari adalah blog Tips SEO Killer.

Hal ini sebagaimana waktu saya mencari artikel online mengenail cara mendapatkan cuplikan unggulan di penelusuran google nampaknya salah satu artikel dari Blog Tips SEO Killer nangkring pada posisi teratas.

Masuk page one google dan berada pada rangking 1 teratas.


Pada gambar di atas, terlihat blog Tips SEO Killer memuncaki kolom hasil penelusuran google di rangking 1 teratas mengalahkan beberapa blog yang menggunakan domain premium.

Ini sekali lagi memberikan bukti bahwa blog yang menggunakan subdomain sekalipun, memiliki potensi yang sama dengan blog-blog lain yang sudah berdomain premium untuk bersaing di mesin pencari.

4. Blog Trik Mudah SEO

Blog trik mudah SEO adalah salah satu blog yang saya temukan pada hasil pencarian google dengan penggunaan keyword atau kata kunci “agar blog jadi SEO”.

Dapat dilihat seperti hasil screenshoot berikut:

Siapa bilang subdomain blogspot tidak mampu bersaing dan muncul di mesin pencari? Ini buktinya
Melihat gambar di atas! Meski sebenarnya blog trik mudah SEO ini masuk page one google dan berada pada rangking ke 6.

Nyatanya blog tersebut mampu menampilkan 3 artikelnya sekaligus dalam satu keyword dengan judul pembahasan materi blog mengenai SEO.

Hal ini secara tidak langsung blog trik mudah seo mengandalkan kata kunci SEO itu sendiri melalui nama blognya dan pada judul artikel yang dibuatnya. Itulah kemudian yang membuat 3 artikelnya yang membahas materi SEO secara bersamaan muncul dalam satu hasil pencarian.

Poin ini menunjukan bahwa penggunaan kata kunci yang tepat pada subdomain maupun domain dan pada judul artikel blog. Akan memberikan kesempatan yang besar bagi blog meski masih menggunakan blogspot untuk muncul pada hasil telusur oleh mesin pencari.

Oleh karena itu, berdasarkan ulasan di atas!

Kini ada wawasan baru yang perlu kita pikirkan bersama. Bahwa supaya artikel blog yang dibuat mampu masuk pada page one google tidak semata-mata bergantung pada penggunaan domain premium.

Subdomain gratisan pun seperti blog-blog di atas, nyatanya masih mampu menunjukan eksistensinya untuk bersaing bersama banyak blog di mesin pencari.

Tidak kalah pentingnya, blog-blog saingannya adalah blog-blog yang telah menggunakan domain premium atau berbayar.

Ini adalah bukti sebuah prestasi dan bukti nyata untuk blogger yang masih menggunakan blogspot janganlah berkecil hati.

Kesempatan untuk blog subdomain blogspot bersaing di mesin telusur sangat terbuka dan potensial.

Teruslah menulis, semakin baik tulisan yang dibuat dan bermanfaat. Maka bukan tidak mungkin akan semakin baik pula tulisan tersebut muncul pada hasil telusur google.

So… tetaplah optimis!

Penting…!
  1. Mohon untuk tidak menyertakan link hidup pada komentar, sebab blog yang isinya tidak relevan dengan konten matahaya.com akan dianggap sebagai spam. Mari membangun backlink yang baik.
  2. Praktik pada pembahasan di atas, menggunakan mesin telusur google. Oleh karenanya mungkin akan ada hasil yang berbeda saat menggunakan mesin telusur lain seperti yahoo maupun bing. 

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Sebisa mungkin tidak berkomentar dengan tujuan berpromosi disertai link hidup, karena otomatis akan dianggap sebagai tindakan spam.