ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Tulisan ini mungkin sedikit menjengkelkan. Karena beberapa blogger pasti akan menganggap tulisan ini omong kosong belaka. 

Tapi sebelum itu, sebaiknya anda membaca tulisan ini lebih lanjut mengapa membeli domain ataupun menggunakan domain gratis itu tidak penting. Bahkan kalau perlu janganlah membeli domain untuk blog anda apalagi menggunakan domain gratisan.

Akhir-akhir ini mungkin banyak blogger yang mendapatkan tawaran promo domain murah dari berbagai layanan hosting di Indonesia.

Tak tanggung-tanggung bahkan ada yang memberikan promo domain secara gratis dan bahkan ada yang menjual domain cukup murah 10 ribuan saja pertahun.

Saya tak melarang jika teman-teman blogger hendak mengambil promo tersebut, mendapatkan domain gratis atau membeli domain murah yang dipromosikan.

Toh, semua itu adalah hak anda untuk memilih… 

Baca Juga:

Tetapi jika mau mendengar saran ini, sebaiknya anda tak perlu menggunakan domain yang di-promosikan gratis atau dijual dengan harga cukup murah.
Jangan membeli domain apalagi menggunakan domain gratis, jika..? 

Berikut alasannya mengapa anda tidak perlu membeli domain untuk blog anda!

1. Jika Tidak Serius

Sebenarnya dalam tulisan ini saya tidak melarang bagi siapapun yang hendak mengambil promo domain gratisan atau promo domain murah. Sebab saya bukan mau merusak lapak pihak web hosting yang mungkin memberikan promo seperti di atas.

Tetapi sebaiknya anda tidak perlu membeli domain untuk blog anda, jika blogging yang anda jalani tidak diseriusi.

Sebab, jika anda tidak serius menjalankan aktivitas blogging lalu menggunakan domain yang di-promo secara gratis atau di promo murah lalu anda menggunakan domain tersebut.

Maka akan tiba suatu waktu anda tidak lagi menggunakan domain gratis atau domain murah tersebut. Jika ternyata masa berlaku domain nya telah habis!

Jika sudah demikian. Bahwa yang tadinya blog menggunakan domain premium lalu tiba-tiba tidak lagi menggunakan domain karena ada biaya perpanjangan dan tidak diperpanjang. Maka sudah tentu blog anda akan mengalami kerugian.

Karena pengalihan domain premium ke blog subdomain akan mempengaruhi penurunan traffick akibat berubahnya url atau alamat sebuah blog.

Oleh karena itu, Jika anda serius maka serius juga untuk memperpanjang umur domain tersebut apabila sudah habis masa berlakunya. Sehingga blog tidak mengalami penurunan traffick yang besar.

Bayangkan selama setahun menggunakan domain, tiba-tiba tidak diperpanjang dan kembali menggunakan subdomain. Maka tentu google atau mesin pencari harus meng-crawl ulang blog anda untuk muncul di hasil pencarian.

Rugi, jika tidak diperpanjang! Sebab mesin pencari telah mengindex blog yang telah menggunakan domain premium.

2. Harga Domain Bisa Saja Mahal di Tahun Berikutnya

Kasus lain, mungkin saja saat ini anda mendapatkan promo domain gratis per tahun atau domain murah per tahun.

Namun sudah siapkah anda untuk memperpanjang domain tersebut di tahun berikutnya?

Sebagai contoh kasus, saya dulu pernah mendapatkan promo domain Indonesia gratis. Yaitu domain .ID.

Di tahun pertama saat menggunakan domain tersebut blog saya mendapatkan traffick yang bagus. Namun di tahun berikutnya ternyata saya harus memperpanjang domain tersebut dengan harga Rp 500.000,- waktu itu.

Saat ini harga domain .ID di pasaran sudah turun 50% yakni ada pada kisaran harga Rp 250.000,- per tahun.

Akhirnya karena saya tidak siap memperpanjang domain saya waktu itu dengan kisaran harga yang saat itu masih Rp 500.000 per tahun dan cukup mahal.

Saya pun mengurungkan niat untuk memperpanjang domain .ID saya yang pada tahun sebelumnya saya dapatkan gratis.

Jika mau berbicara rugi, saya memang rugi tidak lagi memperpanjang domain .ID saya di tahun berikutnya. Karena saya harus mengorbankan traffick dan memulai ulang untuk men-submit blog agar di crawl ulang oleh mesin pencari.

Ibaratnya seperti membangun blog baru, padahal jika menggunakan domain .ID yang sebelumnya tentu saya hanya perlu terus mengoptimalkan blog dengan membangun banyak konten berkualitas.

Serta terus membangun pemirsa dan mendapatkan traffick yang seiring meningkat.

Tapi, apa boleh buat saya tidak siap memperpanjang umur domain .ID saya tersebut, sebab saat itu harganya menurut saya cukup mahal.

Oleh karena itu, bagi anda yang terobsesi untuk membuat blog dengan domain TLD atau domain premium. Pikirkan matang-matang bahwa anda telah siap untuk terus memperpanjang umur domain anda.

Sebab jika tidak diperpanjang, maka aktivitas blogging kita pada satu tahun pertama menggunakan domain akan menjadi sia-sia.

Dari itu, Jangan mudah tergiur karena mendapatkan domain tersebut secara gratis atau dijual murah. Sebab biasanya harga perpanjangan domain tersebut bisa lebih mahal dari yang dibayangkan.

Sehingga saran terbaik bagi anda yang ingin menggunakan domain premium adalah anda harus siap untuk memperpanjang umur domain anda setiap akan berakhir masa aktif penggunaan domain tersebut.

Ingat domain sebenarnya tidak dibeli untuk selamanya, melainkan di sewa pertahun, per dua tahun, dll.

Jadi domain bukan dibeli permanen.

Maka dari itu, jika tidak serius dan tidak siap memperpanjang sewa beli domain di tahun-tahun berikutnya, ada baiknya anda tetap menggunakan sub domain gratisan buat blog anda. Misalnya: kembali menggunakan blogspot bagi anda pengguna platfrom blogger.com.

Jadi, begitulah alasannya untuk tidak membeli domain buat blog anda bila situasinya seperti di atas!

Sementara itu, anda pun tak perlu khawatir menggunakan blog yang masih blogspot. Sebab anda dapat terus membangun blog anda hingga sukses.

Mengenai perkara SEO blog dengan subdomain blogspot saat ini masih bisa bersaing dan mampu kok muncul di hasil pencarian google. Jadi tak perlu takut…

Sebab ada banyak faktor yang membuat sebuah artikel blog muncul di hasil pencarian google. Tidak semata-mata harus mempunyai domain.

Oleh karena itu, teruslah percaya diri dan berusaha untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca blog anda. Lambat laun blog anda pasti mampu bersaing dengan blog-blog ternama lainnya.

Dan nanti kalau sudah siap, barulah silakan membeli domain untuk blog anda sehingga blog bisa berkesan lebih professional dan bertanggung jawab.

Demikian, semoga dimaklumi dan semoga bermanfaat…

Note:…
Tulisan di atas sepenuhnya saran bagi blogger yang menggunakan platfrom blog gratisan seperti blogger.com.

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Sebisa mungkin tidak berkomentar dengan tujuan berpromosi disertai link hidup, karena otomatis akan dianggap sebagai tindakan spam.