ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Beberapa hari terakhir saya melihat statistik blog saya marak menangkap informasi yang sensitif terhadap pembahasan cara mendapatkan uang dari menulis cerpen online.

Berangkat dari persoalan tersebut akhirnya saya menulis artikel ini sekaligus merangkum dan merekomendasikan 3 tempat menulis dan mengirim cerpen online dan berpeluang untuk menghasilkan uang.
Foto Menulis - Pixabay.com
Jika kamu adalah seorang pelajar SMP, maupun SMA atau bahkan anak SD sekalipun namun kamu sudah memiliki kemampuan menulis yang lumayan baik. Khususnya kamu suka menulis cerpen namun tidak tahu bagaimana agar cerpen-cerpen buatan kamu itu bisa menghasilkan uang dari internet. Maka ini sangat cocok dan layak untuk dicoba selain untuk Umum.

Oleh karenanya semoga tulisan sederhana dari saya berikut ini akan memberikan sedikit solusi dan kesempatan yang bisa kalian coba sendiri untuk menghasilkan uang dari cerpen atau karya tulis yang kalian buat.

Lumayan dicoba untuk pelajar yang ingin mencari uang tambahan untuk membeli buku dan kebutuhan sekolahnya sekaligus meringankan beban ekonomi keluarga.

Note! - Mendapatkan uang dari menulis cerpen sebenarnya bisa saja dilakukan dengan menulis kumpulan cerpen lalu dikirimkan ke penerbit, atau menulis cerpen lalu dikirimkan ke media massa seperti koran daerah, serta beberapa koran lokal seperti kompas, dll. Namun tentu saja akan ada seleksi yang cukup ketat sebelum nantinya cerpen yang dikirimkan diterima dan diterbitkan.

1. Vebma 

Vebma adalah salah satu platform menulis yang menurut saya cocok untuk digeluti bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan dengan menulis cerpen online dan mendapatkan bayaran.

Di Vebma sebenarnya kita tidak hanya bisa menulis dan menerbitkan Cerpen saja melainkan kita pun bisa menuliskan tulisan-tulisan informatif lainnya seperti tulisan opini, edukasi hingga tulisan berita dan tulisan-tulisan umum lainnya.

Sistem pembayaran yang diberikan Vebma dihitung berdasarkan jumlah tayangan atau jumlah views dari artikel atau cerpen yang berhasil dipublikasikan ke Vebma. Dimana setiap satu kali kunjungan (view) artikel akan mendapatkan nilai Rp 2 yang akan terus diakumulasikan hingga mencapai ambang pembayaran Rp 500.000 (Lima ratus ribu rupiah) baru dapat dicairkan ke rekening Bank.

Selengkapnya Baca: Sistem Pembayaran Terbaru Vebma!

Melihat hal ini, maka peluang pendapatan menulis cerpen di vebma dihitung berdasarkan jumlah views atau berapa banyak artikel dibaca. Makin banyak pembaca maka pendapatan yang didapatkan makin banyak.

Untuk itu, penulis Vebma harus rajin mempromosikan tulisannya di media sosial dan mendapatkan banyak pembaca ke artikel atau cerpen-cerpen yang ditulisnya di Vebma.

Meski kelihatannya tidak instan tetapi vebma adalah peluang yang bisa dicoba untuk mendapatkan uang dari menulis cerpen online.

2. Plukme

Satu lagi platform menulis yang cukup populer akhir-akhir ini adalah Plukme. Saya dibeberapa kesempatan sudah pernah menulis mengenai platform ini yakni pada tulisan saya: Plukme Jadikan Menulis Online Menghasilkan Uang.

Ada beberapa alasan mengapa saya mengatakan Plukme bisa menjadikan tulisan online yang dibuat penulisnya bisa menghasilkan uang.

Pertama, Di Plukme setiap penulis bebas menuangkan tulisannya. Baik tulisan umum hingga cerpen dan mendapatkan benefit dari tulisan-tulisannya yang berhasil dipublikasikan ke Plukme.

Kedua, Di Plukme ada aktivitas earning, Dimana selain setiap satu kali artikel terbit mendapatkan benefit dari 2000 - 10.000 IDR, aktivitas earning seperti membaca artikel orang lain di plukme termasuk artikel yang kita tulis dibaca oleh orang lain maka kedua aktivitas tersebut bisa menambah jumlah benefit setiap satu kali kunjungan dan seterusnya.

Sehingga aktivitas membaca di plukme pun mendapatkan benefit begitupun sebaliknya ketika artikel atau cerpen yang ditulis dibaca pengguna plukme lainnya atau pembaca pada umumnya.

So, jika anda mempunyai hobi menulis cerpen dan tulisan-tulisan umum lainnya anda bisa mencoba Plukme dengan menuangkan tulisan anda di sana maka terkumpulah benefit atau uang.

Ambang pembayaran di Plukme pun cukup kecil dimana bila saldo telah mencapai 100.000 Pluk maka uang tersebut sudah dapat dicairkan ke rekening Bank yang Anda miliki.

Saat ini anda belum bisa melakukan aktivitas menulis cerpen maupun tulisan lainnya di Plukme. Sebab Situs plukme sendiri belum bisa diakses. Hingga postingan ini kami update 6 April 2019 hari ini. Beberapa referensi menyatakan plukme sedang melakukan beberapa perbaikan di situs mereka. Semoga Plukme bisa diakses kembali dilain waktu...

3. BASABASI.CO

BASABASI.CO adalah Platform digital yang menyediakan bahan bacaan yang berkualitas bagi pembacanya termasuk menyediakan ruang kirim tulisan berupa cerpen, puisi dan berbagai jenis tulisan lainnya seperti opini, review film hingga tulisan-tulisan lainnya seperti review buku pendidikan, review buku cerpen, novel, dll.

Untuk anda yang belum mengenal apa itu BASABASI.CO bisa membaca artikel-artikel mereka melalui situs BASABASI.CO atau melalui Aplikasi Android. Download Aplikasi BASABASI.CO di Bawah ini:

DOWNLOAD BASABASI.CO
Aplikasi bukan aplikasi official BasaBasi.CO melainkan Aplikasi yang dibuat oleh MATAHAYA.COM

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengirim tulisan ke BASABASI.CO dan mendapatkan Bayaran. Beberapa syarat dan ketentuan tersebut diantaranya:

  1. Tulisan atau Karya yang hendak dikirimkan belum dipublikasikan dalam bentuk apa pun (cetak atau digital).
  2. Setiap tulisan yang dipublikasikan akan mendapatkan bayaran: cerpen Rp300.000, puisi Rp250.000, esai Rp300.000, resensi buku Rp200.000. dan artikel ringan Rp200.000.
  3. Jika dalam dua bulan sejak pengiriman tulisan tidak dipublikasikan dan tidak mendapatkan informasi akan dipublikasikan maka otomatis tulisan yang dikirimkan dinyatakan tidak lolos.
  4. Tema, gaya bercerita, aliran, eksplorasi, dan penjang cerpen bebas dan diketik dalam 1.5 spasi dengan margin (4-4-3-3). Sementara puisi ya dikirim minimal 5-10 puisi perpengiriman dengan Genre dan Tema Puisi bebas.
  5. Tulisan dikirim ke email: gerobaknaskah@basbasi.co dengan subjek wajib disesuaikan dengan jenis tulisan yang dikirimkan (PUISI/CERPEN)
  6. Sertakan data diri dengan benar: Nama, Alamat Lengkap (Akan dikirimkan Kaos), nomor rekening, akun media sosial, foto pribadi, dan keterangan lain yang diperlukan.
  7. Pembayaran akan ditransfer paling lambat satu minggu setelah tulisan dipublikasikan, Biaya transfer antar bank (kecuali Bank Mandiri) ditanggung penulis.
  8. Penulis bisa mengirim lebih dari satu tulisan dan akan diseleksi oleh kurator jurnal BASABASI.CO
  9. Setiap penulis yang tulisannya berhasil dipublikasikan oleh BASABASI.CO akan mendapatkan 1 T-Shirt basbasi. Tidak berlaku untuk karya kedua, ketiga dan seterusnya.

Jadi setelah melihat persyaratan di atas! Bagi anda yang ingin mencoba BASABASI.CO untuk menerbitkan Cerpen Online Anda. Silakan untuk mengirimkan Naskah Anda ke email mereka di atas.

Jika lolos dan diterima maka anda akan langsung berkesempatan mendapatkan bayaran Rp300.000/cerpen yang berhasil dipublikasikan serta bayaran tersebut dikirimkan ke rekening anda setelah satu minggu karya anda dimuat BASABASI.CO.

Update 6 April 2019 - 6 Redaksi dan Media Untuk Mengirim Cerpen dan Dapat Uang 

4. Republika

Selain ketiga situs di atas, Jika kamu memang sudah memiliki keahlian menulis cerpen tingkat mahir dan merasa tulisan cerpenmu memiliki nilai ‘seni’ maka kamu bisa mencoba untuk mengirimna ke koran republika.

Penting diingat, bahwa mengirim cerpen ke redaksi republika tergolong sulit.

Namun sebagai pertimbangan, berdasarkan pengalaman beberapa orang yang telah mencoba mengirim cerpen di Republika. Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan ketika akan mengirim cerpen ke redaksi republika.

Poin-poin penting tersebut diantaranya:

  • Fokuskan diri untuk membuat dan mengirim cerpen konvensional atau eksperimental bertema bebas dengan pendekatan islami atau semangat pencerahan.
  • Republika berideologi Islam kosmopolitan, sehingganya cenderung tidak akan memuat maupun mempromosikan karya (estetik dan tematik) yang bertolak belakang dengan nuansa atau ajaran islam.

Bayaran yang diterima ketika karya cerpenmu diterima berkisar antara 300 – 400 ribu rupiah per tulisan (cerpen).

Jika berminat dan ingin menjajal bagaimana legitnya mendapatkan uang dari menulis cerpen di republika.

Maka silakan kirimkan tulisan cerpen milikmu ke redaksi republika melalui email di: sekretariat@republika.co.id

5. Kompas

Situs atau redaksi berikutnya adalah kompas. Di sini anda tidak hanya dibolehkan mengirim karya berupa cerpen untuk dipublikasikan ke media mereka. Melainkan anda juga bisa mengirim tulisan berupa puisi maupun dongeng.

Honor yang bisa didapatkan dari mengirim cerpen di media kompas terbilang cukup besar. Bayararan untuk cerpen bisa mencapai Rp 1.400.000, puisi, Rp 550.000, sementara untuk tulisan seperti dongeng berikisar sekitar Rp 150.000,-

Jika karya anda lolos dan berhasil dipublikasikan di kompas, maka pembayaran tersebut akan dilakukan setiap pertengahan bulan.

Berminat menjadi seorang cerpenis di kompas? Kirim karyamu ke nusantarabertutur@gmail.com

6. Jawa Pos

Siapa yang tidak tahu Jawa Pos? Pastilah banyak yang mengetahuinya. Hal ini dikarenakan Jawa Pos adalah salah satu redaksi yang cukup populer di Indonesia.

Sebab selain memuat berita juga gosip artis, Jawa Pos juga sering menampilkan cerpen-cerpen berkualitas untuk pembacanya. Tidak hanya itu, anda juga bisa menulis resensi buku termasuk puisi untuk dikirimkan ke redaksi Jawa Pos.

Untuk setiap cerpen yang lolos di Jawa Pos maka akan dihargai sekitar Rp 925.000 hingga Rp 1.000.000,- sementara puisi dan resensi buku bisa memperoleh pembayaran Rp 700.000 – 725.000.

Pembayaran atau honor tersebut biasanya akan dibayarkan setelah 2 minggu atau 14 hari karya dimuat di Jawa Pos.

Cukup gede kan honornya?

Berminat menjadi cerpenis di Jawa Pos bisa langsung mengirim karya kamu ke beberapa email redaksi berikut: editor@jawapos.co.id, ariemetro@yahoo.com maupun ke ari@jawapos.co.id.

7. Media Indonesia

Redaksi lain yang bisa menjadi salah satu tempat anda menulis cerpen dan mendapatkan uang bisa melalui Media Indonesia.

Sebagaimana pada semua redaksi cerpen yang dikirimkan harus terjamin keorisinalitasnya dan belum pernah dipublikasikan di media lain dalam bentuk apapun.

Honor yang bisa didapatkan dari setiap cerpen yang lolos sebsar Rp 705.000,-

Selain itu Media Indonesia juga menerima tulisan atau karya lain dalam bentuk puisi dengan honor yang lumayan yakni sekitar Rp 625.000.

Jika ingin mencoba mendapatkan uang dari menulis cerpen melalui redaksi Media Indonesia, maka silakan kirimkan naskah anda ke cerpenmini@mediaindonesia.com

Sementara khusus untuk karya berupa puisi dapat dikirim ke surel Medi Indonesia puisi@mediaindonesia.com

Note..!
Media Indonesia berdasarkan beberapa referensi dinyatakan tidak lagi menerima naskah! Sudah sejak lama.

8. Tempo

Tempo adalah salah satu media yang sangat populer dan cukup fenomenal di Indonesia. Cerpen yang dikirimkan ke redaksi tempo biasanya dihargai sekitar Rp 750.000 sementara untuk karya berupa puisi bisa memperolah bayaran sebesar Rp 600.000.

Selain cerpen dan puisi kamu juga bisa mengirim tulisan lain berupa resensi buku dengan honor yang cukup lumayan yakni Rp 700.000 per resensi buku yang lolos dan dipublikasikan oleh tempo.

Untuk mengirim tulisan atau karya kamu ke tempo bisa melalu surel mereka di sastra@tempo.co.id

Silakan dijajal salah satunya atau semuanya pun tidak masalah.

Semoga berkah dan karya-karya anda berupa cerpen bisa bermanfaat untuk banyak orang termasuk untuk diri pribadi karena kini tulisan cerpenmu bisa menghasilkan uang dari honor menulismu di beberapa situs dan media di atas.

Demikian informasi singkat mengenai Tulis Cerpen Online Dapat Uang? Kirim Ke 8 Situs Ini dan mendapatkan Bayaran. Semoga Bermanfaat...

Referensi untuk membuat artikel ini bersumber dari:

6 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link hidup tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

  1. berarti enakan nulis di vebma ya kalo gitu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan... pilih sesuai dengan kenyamanan aja...

      Delete
  2. Dari delapan situs, yang mana yang menjadi favorit mu?

    ReplyDelete
  3. Yang mana yg paling bagus, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini mungkin yg paling direkomendasikan bisa memilih basabasi(.)co

      Dengan mengirim cerpen di sana maka akan diseleksi oleh tim kurator nya. Jika lolos maka dan cerita nya dipublikasikan maka akan mendapatkan honor. Bisa dibaca pasa informasi cara mengirim tulisan di basabasi[.]co

      Delete
  4. Jika menulis cerita ingat majalah Annida dulu. Soalnya hampir isinya berisi cerita sastra dan populer yang digabung dalam satu majalah.
    Btw, thanks informasinya.

    ReplyDelete