Type something and hit enter

author photo
Post by On
Ingin menjadi YouTuber sukses namun modal yang dimiliki minim untuk membeli peralatan tempur YouTube seperti kamera dan kebutuhan lainnya? 

Hmm, apa bisa?

Ya, tentu saja bisa! Menjadi YouTuber sukses ternyata tidak perlu memiliki modal yang besar! Jika Anda terus berpikir bahwa menjadi YouTuber harus menunggu memiliki banyak uang dulu untuk membeli kamera mahal, maka semua itu tidaklah benar. Untuk menjadi YouTuber sukses, terkenal, dan bisa menghasilkan uang memang dibutuhkan kerja keras, semangat, kedisiplinan, kepercayaan diri, serta visi misi yang jelas.

Seseorang tidak akan mencapai suksesnya jika kerja keras yang dilakukan tidak diiringi dengan kedisiplinan kerja, kepercayaan diri, dan tujuan.

So, sebelum Anda mencelupkan diri dalam kolam YouTube dan bergabung dengan banyak YouTuber sukses lainnya, Anda sudah harus memiliki persiapan yang mantap, termasuk menentukan tema dari konten YouTube yang akan Anda buat, nama kanal YouTube Anda, menentukan jadwal produksi dan jadwal upload video, menentukan target Anda ke depannya, serta melakukan evaluasi setiap bulan atau pertiga bulannya.

Setelah semua siap, berarti persiapan diri Anda sudah mantap!

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda tempuh untuk mulai menjadi YouTuber sukses dengan modal minim atau seadanya. 

1. Beli Kamera Murah Berkualitas
Xiaomi Yi Discovery Camera
Meski Anda memiliki modal yang minim, usahakanlah sisihkan sedikit uang untuk menabung dan membeli kamera vlogging. Saat ini, telah banyak kamera murah yang bisa Anda dapatkan di pasaran dengan kualitas yang cukup bagus. Xiaomi Yi Discovery Camera 4K 20fps adalah salah satu kamera yang bisa Anda beli di situs jual beli online seperti Shopee Indonesia. Kamera mungil ini mempunyai kemampuan dalam mengambil gambar yang sudah 4K at 20fps dan 1080p at 60fps yang tentunya akan memberikan hasil video yang cukup memuaskan.

Dilengkapi dengan touchscreen LCD mini berukuran 2 inci, kamera ini mudah dioperasikan melalui layar sentuh. Selain itu, kamera ini juga telah dibenamkan fitur Wi-Fi yang sangat bermanfaat untuk mengontrol langsung melalui ponsel (smartphone) yang Anda miliki.

Kemampuan low light-nya juga cukup oke dan dapat diandalkan karena kamera ini mempunyai bukaan aperture sebesar f/2.4 yang mampu mengambil gambar dengan keadaan minim cahaya.

Yang paling penting, Anda bisa mendapatkan Xiaomi Yi Discovery Camera 4K 20fps ini dengan harga di kisaran 1 jutaan, bahkan bisa lebih murah.

Jadi, sekarang Anda bisa merekam vlog dengan kualitas yang sudah cukup bagus dengan kamera murah berkualitas Xiaomi Yi Discovery Camera.

2. Beli Smartphone Murah Berkualitas di Bawah 2 Juta
Redmi Note 4X (HP Gaming Murah)
Saat ini, smartphone sudah banyak yang dibanderol dengan harga murah. Dengan rentang harga 1,5 juta hingga 2 juta, Anda sudah bisa mendapatkan smartphone yang sudah cukup bagus dan berkualitas.

Smartphone memiliki fungsi yang cukup banyak. Saat ini, smartphone digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti untuk fotografi dan video editing, termasuk untuk vlogging.

Jadi, jika Anda mempunyai satu smartphone yang cukup berkualitas baik untuk kebutuhan vlogging, Anda tidak perlu memiliki modal yang banyak untuk memusingkan diri membeli kamera mahal.

Xiaomi Redmi Note 4X (4GB-64GB) adalah salah satu smartphone yang direkomendasikan untuk alat tempur Anda di YouTube. Smartphone murah ini berada pada kisaran harga di bawah 2 juta.

Keunggulan dari smartphone ini adalah sudah dibekali dengan dapur pacu yang super kencang, yakni Snapdragon 625 yang mampu meningkatkan performa HP menjadi semakin baik sehingga tidak gampang panas terutama saat bermain game. Baterai 4100 mAh bersama dapur pacu yang sudah cukup mumpuni juga membuat Xiaomi Redmi Note 4X ini mampu bertahan 9 jam full untuk bermain dan 12-15 jam saat pemakaian normal dengan lama pengisian daya baterai hingga full adalah dua setengah jam.

Smartphone ini juga memiliki layar yang cukup tajam dengan warna yang akurat serta memiliki saturasi yang cukup baik. Kamera depannya memiliki resolusi 5 MP dan kamera belakangnya memiliki resolusi 13 MP sehingga sudah cukup baik untuk aktivitas vlogging Anda.

Memiliki RAM 4GB serta memori internal 64GB akan semakin mendukung penyimpanan video-video yang Anda rekam. Anda juga masih bisa menambahkan memori hingga 256GB pada slot MicroSD jika menggunakan satu SIM.

Saya pernah suatu waktu membuat video menggunakan Xiaomi Redmi Note 4X, Anda bisa menyaksikan sendiri bagaimana kualitas gambar yang dihasilkan dengan menonton video saya di bawah ini. (video sudah di-edit dan diberi efek warna)


Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X terdiri dari dua versi. Versi pertama adalah Note 4X Mediatek, sementara versi terbarunya yang dirilis pada tahun 2017 kemarin adalah Note 4X Snapdragon. So, jika ingin membeli, pastikan mencari Xiaomi Redmi Note 4X yang sudah menggunakan dapur pacu Snapdragon, tentunya bisa kamu temukan di Shopee Indonesia.

3. Beli Lampu LED untuk Pencahayaan Video Anda 
Lampu LED
Saat merekam vlog, terutama saat di area indoor seperti rumah atau di dalam kamar, tentu Anda tidak hanya mengandalkan sebuah lampu di ruangan. Anda juga memerlukan alat tambahan seperti lampu LED sebagai sumber pencahayaan video yang akan Anda buat nantinya. 

Tidak perlu mahal, Anda juga bisa membeli lampu LED strip meteran dengan kisaran harga di bawah 50 ribuan, tinggal modifikasi menjadi lighting bermodel lingkaran atau sesuai keinginan Anda.

Dengan begitu, video yang Anda buat akan lebih tajam dikarenakan pencahayaan yang baik.

4. Beli Mic Eksternal untuk Merekam Audio dari Video Anda

Agar video yang Anda buat memiliki audio atau suara yang jernih, Anda perlu menyiapkan alat tambahan seperti external mic untuk merekam audio. Mic clip on adalah salah satu rekomendasi external mic murah yang bisa Anda temukan Di Shopee dengan kisaran harga Rp 20.000-Rp 40.000.
external mic
Namun, jika Anda menginginkan kualitas yang lebih, Boya external mic untuk smartphone dengan harga sekitar Rp 400 ribuan bisa menjadi pilihan Anda karena sudah memiliki hasil rekaman yang cukup bagus dan dilengkapi dengan penyaring suara angin saat melakukan vlogging di area outdoor.

5. Beli Gorilla Pod untuk Smartphone 
gorilla pod smartphone
Agar guncangan kamera akibat tangan yang bergetar saat vlogging menjadi stabil, silakan gunakan tripod khusus untuk smartphone yang multifungsi seperti gorilla pod. Tripod tersebut mudah dibawa dan diatur sesuka hati saat digunakan.

Gorilla pod dapat berfungsi untuk menyangga kamera smartphone Anda saat sedang melakukan perekaman video di dalam ruangan maupun di luar, sekaligus meringankan beban Anda dalam pengambilan gambar melalui banyak sudut. Harga gorilla pod untuk smartphone cukup murah, berkisar dari Rp 20.000-Rp 80.000 di Shopee Indonesia.

Kesimpulan 

Menjadi seorang YouTuber dan sukses di YouTube tidak membutuhkan modal yang besar. Dengan sebuah kamera atau smartphone murah, dilengkapi dengan beberapa alat pendukung lainnya Anda sudah bisa menjadi YouTuber.

Mohon tidak berkomentar dengan link aktif, termasuk berpromosi jasa dan lain-lain. Karena akan langsung dihapus

Click to comment