Type something and hit enter

author photo
Post by On
Kode OTP bagi orang yang telah banyak memiliki pengalaman malang melintang dalam usaha dan bisnis online pasti bukan lagi sesuatu yang baru. Kode OTP adalah salah satu sistem keamanan yang dibutuhkan seseorang untuk mengamankan akun onlinenya seperti akun bank, akun media sosial, termasuk akun bisnis.

Dengan kode OTP seseorang bisa memiliki akses untuk mengubah password akun kita, mengganti profil, mengganti riwayat bank, dan lain sebagainya. Dimana intinya jika kode OTP diketahui oleh orang lain maka ia akan mempunyai akses penuh untuk mengelola akun bank kita, akun sosial media, termasuk akun bisnis online yang kita kembangkan.

OTP sendiri merupakan singkatan dari One Time Password yang artinya password unik yang hanya dapat digunakan sekali pada waktu tertentu.

Biasanya Kode OTP dipergunakan oleh platform online seperti Mobile dan Internet Banking, Akun media sosial seperti WhatsApp dan Telegram, hingga akun bisnis online shop seperti bukalapak dan toko online Indonesia lainnya serta beberapa platform lainnya yang tidak disebutkan.


Penggunaan kode OTP akan dihubungkan langsung dengan nomor HP aktif pemilik akun, oleh karena itu saat ini setiap mendaftarkan akun online baik di media sosial, akun bisnis, termasuk akun bank (mobile/internet banking) maka pendaftar wajib untuk memasukkan nomor HP aktif yang dimilikinya.

Manfaat Kode OTP


Kode OTP memiliki banyak manfaat beberapa diantaranya:

1. Memproses dan menyetujui transaksi internet Banking


Jika kita menggunakan internet Banking kemudian melakukan transaksi seperti transfer uang, biasanya akan diminta kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor HP kita.

Kode tersebut adalah kode rahasia yang hanya berlaku sekali pakai dan dengan batas waktu tertentu. Tanpa kode OTP Bank tersebut maka transaksi internet Banking yang kita lakukan tidak dapat diproses.

2. Mengubah Password Akun yang Dilupa


Jika kita menggunakan platform toko online seperti di shoppe maupun bukalapak termasuk akun media sosial WhatsApp dan Telegram biasanya ada fitur lupa password yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk mengubah atau mengganti password akunnya jika sudah tidak diingat lagi.

Termasuk jika saat kita mengakses aplikasi dengan perangkat seluler yang berbeda maka sistem biasanya akan memproses verifikasi melalui Kode OTP untuk memvalidasi bahwa login yang dilakukan melalui perangkat seluler yang berbeda adalah benar-benar pemilik akun asli.

3. Mengganti Akun Bank Pada Website Toko Online


Jika anda adalah seorang yang menjalankan bisnis online dan menjual produk online di salah satu toko online indonesia seperti shoppe, bukalapak dan lainnya. Maka kode OTP sangat bermanfaat untuk memanajemen data pembayaran ke Bank anda di Platfrom toko online yang anda gunakan.

Biasanya saat produk kita terjual secara online melalui bukalapak, shopee maupun toko online lain yang menggunakan fitur rekening bersama. Uang pembelian akan tersimpan pada dompet digital di toko online yang kita gunakan. 

Uang hasil penjualan tersebut biasanya akan terkumpul kemudian dicairkan ke akun Bank yang kita miliki. 

Sepintas lalu tidak ada masalah dari jalur transaksi tersebut, namun manakala ketika kita ingin mengganti akun bank di toko online tersebut biasanya akan melalui proses validasi menggunakan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel kita.

Jika aktivitas tersebut dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggungjawab dan meminta kode OTP kepada kita dan diberikan. Maka akses akun akan disalahgunakan termasuk mengubah daftar Bank kita. Bila sudah demikian maka uang hasil penjualan akan masuk kepada rekening bank oknum yang berbuat jahat tersebut.

Sehingganya jika dikemudian hari anda menerima telepon dari orang yang tidak dikenal dan mengaku-ngaku dari pihak Bank, dari pihak toko online, hingga dari telegram atau dari platform digital lain yang anda gunakan dan meminta sebuah kode unik yang dikirimkan ke nomor HP anda, maka jangan sekali-kali kode tersebut diberikan.

Kode tersebut adalah kode OTP yang kerahasiaannya sangat dijaga, pihak yang berwenang seperti bank, dan beberapa platform lain telah mengingatkan kepada setiap pengguna untuk tidak memberikan kode tersebut kepada siapapun yang menelpon dan mengaku-ngaku dari pihak mereka. 

Sebab pihak bank dan beberapa pihak bersangkutan seperti pihak yang memiliki platform digital yang kita gunakan tidak pernah meminta kode OTP kepada penggunannya.

Sering penipuan kode OTP tersebut terjadi dengan alasan bahwa kode tersebut adalah kode kupon yang mereka berikan untuk memvalidasi hadiah sekian juta dari undian yang mereka (penipu) lakukan. Dan jika kita (korban) termakan dengan aksi penipuan tersebut dan memberikan kode OTP kita kepada si penipu maka akun kita akan disalahgunakan.

Jika itu adalah akun bisnis termasuk akun bank yang memiliki dana yang cukup besar, maka bisa-bisa uang di seluruh akun anda akan dikuras oleh mereka.

So hati-hati terhadap penipuan telepon yang mengiming-imingi kita hadiah sekian juta, selama anda tidak merasa pernah mengikuti undian yang mereka lakukan. 

Jika menemukan hal seperti ini segera untuk menguhubungi dan melaporkannya ke CS terkait guna mendapatkan informasi yang lebih jelas.

Saya pernah suatu waktu menerima panggilan sejenis ini, pada panggilan tersebut katanya mereka dari pihak telegram dan dari undian yang mereka lakukan nomor saya katanya mendapatkan hadiah sebesar 4 juta lebih.

Syaratnya adalah saya akan dikirimkan kode kupon menang undian ke nomor HP saya yang nyatanya kode tersebut adalah Kode OTP yang biasanya digunakan untuk mengakses akun telegram saya. Karena malas melayani dan ikut memuaskan aksi penipu tersebut saya memutuskan untuk berdebat kecil dan akhirnya saya pun kena makian khas mereka (penipu).

Dengarkan Rekaman percakapan saya dengan Penipu mengaku dari telegram di sini:



Demikian, semoga ulasan sederhana ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk teman-teman pembaca yang saat ini belum memaksimalkan pemanfaatan OTP untuk keamanan akun online-nya.

Sukses selalu...

Mohon tidak berkomentar dengan link aktif, termasuk berpromosi jasa dan lain-lain. Karena akan langsung dihapus

Click to comment