IBX5A95CAB07C114

Type something and hit enter

author photo
Post by On
Banyak blogger yang resah mengenai penyebab iklan adsense mereka tidak muncul di situs blog yang mereka gunakan. Keresahan tersebut nampak jelas ketika saya masuk ke grub-grub blogger Indonesia. Ternyata masih banyak blogger yang bingung dan mempertanyakan hal tersebut.

Namun, paling sering pertanyaan tersebut dilontarkan dan dialami oleh blogger pemula. Hal ini menjadi wajar dikarenakan mereka belum pernah menggunakan adsense sebelumnya.

Oleh karenanya pada tulisan ini saya tidak hanya merangkum mengenai cara mengatasi iklan adsense yang tidak muncul di blog melainkan saya juga ikut mengulas beberapa hal umum yang bisa menyebabkan iklan adsense tidak muncul di blog.
picture by: pixabay.com

Perhatian…!

Sebelum mencari solusi untuk mengatasi iklan adsense yang tidak muncul atau bermasalah sebaiknya periksa terlebih dahulu akun adsense teman-teman. Pastikan tidak ada peringatan dari pihak google adsense terkait penayangan iklan adsense kita.

Ada banyak problem yang menyebabkan iklan adsense tidak muncul, tetapi untuk menyelesaikan masalah tersebut kita butuh sabar dan perlu mengetahui persoalannya terlebih dahulu sehingga kita bisa menemukan cara yang tepat untuk mengatasinya.

Berikut beberapa penyebab utama yang membuat iklan adsense tidak muncul di blog!


1. Akun Adsense Hosted

Masalah pada akun Adsense Hosted adalah akun yang terdaftar pada salah satu layanan google. Misalnya: Anda mendapatkan akun adsense melalui youtube dan bisa menayangkan iklan di youtube maka akun anda masuk ke dalam akun adsense hosted.

Begitupun jika adsense anda diajukan melalui blog anda yang masih blogspot maka anda akan mendapatkan akun adsense hosted yang hanya bisa menayangkan iklan adsense di blog anda yang masih berdomain blogspot.

Misalnya: Domain blog anda tersebut adalah “blogkamu.blogspot.com” iklan hanya bisa ditayangkan pada “blogkamu.blogspot.com” tidak bisa ditayangkan di blog lain selain blog kamu tersebut meski masih sama-sama blogspot.

Jika anda mendapatkan akun adsense hosted, maka wajarlah jika suatu waktu ketika anda mengubah alamat blog anda seperti mengganti domain yang berbayar maka secara otomatis iklan adsense tidak akan muncul.

Untuk mengatasi hal tersebut kita perlu mengajukan ulang blog baru dengan domain premium ke google adsense untuk mendapatkan akun adsense non hosted yang bisa dipasangkan ke semua jenis blog yang anda miliki.

Blog domain premium adalah blog dengan domain .COM, .NET, .ID dan Sejenisnya tidak menggunakan blogspot lagi!

2. Script / Kode Iklan Adsense Belum Terpasang di Blog

Masalah kedua ini cukup sepele sebenarnya apabila blogger adalah pengguna blog dari blogspot. Meski ketika telah menghubungkan blog ke adsense pastikan pula untuk membuat salah satu unit iklan adsense untuk dipasangkan ke blog. Sehingga pihak adsense akan memproses permintaan anda dan meninjau situs blog yang anda ajukan.

Jika anda sudah mendapatkan persetujuan adsense maka iklan di blog anda akan otomatis ditayangkan!

Selalu perhatikan script / kode iklan sudah dipasang dengan benar, sebab jika kode yang terpasang tidak sempurna atau sesuai dengan yang dianjurkan adsense maka bisa saja iklan yang dipasang tidak akan muncul.

Begitu pun jika script iklan belum dipasang di blog, maka sudah tentu iklan tidak akan tayang!

3. Unit Iklan Baru Dipasang

Jika anda baru saja membuat dan memasang satu unit iklan baru dari google adsense, maka setidaknya anda membutuhkan waktu sekitar 15 menit agar iklan dapat tampil di blog. Pun demikian terkadang waktu yang dibutuhkan bisa lebih lama hingga sekitar 1 jam atau 60 menit.

Jika masalah ini anda temui, pantau terus perkembangan iklan anda dengan selalu refresh halaman blog milik anda setiap 5 menit sekali. Hingga 60 menit. Kemudian setelah hal tersebut dilakukan dan iklan tidak muncul juga berarti kita perlu untuk mencari penyebab lainnya.

4. Kesalahan dalam Script

Kesalahan dalam script biasa terjadi ketika anda tidak teliti melakukan copy kode iklan adsense. Hasil copy yang tidak sempurna seperti ada bagian kode yang hilang bisa memicu kesalahan kode yang menyebabkan iklan adsense yang dipasangkan di blog tidak dapat muncul dan ditampilkan.

Masalah ini cukup sederhana oleh karenanya pastikan anda melakukan copy kode iklan adsense dengan benar dan sempurna sehingga tidak ada kesalahan yang membuat iklan adsense tidak muncul di blog.

5. Pemasangan Kode / Script Iklan Asinkron

Sebenarnya kode iklan asinkron selain sebagai sript iklan yang tergolong baru, secara umum kode iklan ini merupakan cara yang efisien untuk menampilkan iklan di blog. Manfaat umum dari kode asinkron adalah berguna untuk me-laod iklan dengan waktu yang cukup cepat.

Namun, nyatanya kode iklan asinkron memiliki masalah kompabilitas dengan banyak script lainnya. Beberapa script yang terpasang di blog bisa saja memblokir kode asinkron adsense sehingga menghalangi iklan dapat ditayangkan di blog.

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa menggunakan kode iklan yang biasa saja. Selanjutnya kita bisa mencari script yang menghalangi kinerja iklan asinkron di blog. Sehingga masalah ini bisa diselesaikan dengan baik.

6. Terdapat Widget dan Script Bermasalah yang Memblokir Iklan

Masalah lain yang bisa menyebabkan iklan adsense tidak muncul di blog dapat juga dipengaruhi oleh barbagai widget dan script-script lain yang kinerjanya ternyata memblokir iklan adsense untuk muncul dan ditampilkan di blog.

Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa memcopot semua widget dan script yang terpasang di blog anda. Setelah itu, lihat apakah iklan dapat muncul dan ditampilkan dengan baik atau tidak di blog anda.

Jika ternyata iklan muncul dan ditampilkan dengan baik, maka silakan kembali memasukan widget dan script lain ke blog anda satu persatu untuk mengetahui widget dan script mana yang menganggu kinerja iklan di blog anda.

Setelah mendapati widget dan script yang kemungkinan bermasalah karena memblokir iklan adsense anda . Maka anda bisa memutuskan untuk mencopot widget dan script tersebut atau memperbaikinya.

7. Browser Anda Menggunakan AdBlock

Apakah anda menggunakan browser yang mengaktifkan AdBlock? Adblock adalah salah satu ekstensi browser yang memiliki fungsi untuk memblokir script tertentu seperti script iklan. Jika anda melihat blog anda tidak menampilkan iklan sementara pada browser dan komputer lain iklan ditampilkan dengan baik.

Maka penyebab tersebut bisa saja dipengaruhi oleh salah satu extensi browser yang disebut AdBlock. Oleh karenanya untuk melihat bagaimana kinerja iklan apakah dapat muncul dengan baik di blog, maka anda perlu menonaktifkan AdBlock di Browser anda atau menggunakan browser lain tanpa AdBlock.

8. Akun Adsense Masih Masuk Tahap Review Ke dua

Jika anda pengguna baru adsense, perhatikan! bahwa adsense memberlakukan proses verifikasi akun adsense kita melalui dua kali review. Review pertama adalah ketika kita mengajukan blog ke google adsense.

Tahap pertama ini, kita langsung akan mendapatkan satu akun adsense namun meski demikian agar akun adsense tersebut bisa menayangkan iklan di blog perlu melalui review tahap kedua.

Review tahap kedua dilakukan dengan cara, kita membuat satu unit iklan adsense kemudian memasangnya di blog. Ketika iklan dipasang jangan harap bahwa iklan langsung ditayangkan. Sebab pihak adsense akan kembali mereview blog kita yang terpasang unit iklan adsense baru, kemudian mereka akan memutuskan blog kita diterima atau tidak.

Informasi hasil review tahap ke dua tersebut akan diinformasikan melalui email google anda. Baik berisi penolakan dan persetujuan. Jika anda menerima email persetujuan yang menyatakan selamat blog anda telah disetujui sepenuhnya. Maka iklan sudah bisa ditampilkan di blog anda.

9. Iklan Pernah Dinon-Aktifkan

Jika akun kita sebelumnya pernah dinon-aktifkan karena pelanggaran tertentu, maka untuk kembali bisa menayangkan iklan biasanya kita membutuhkan waktu hingga 48 jam. Tetapi jika kemudian akun kena banned maka kita tidak dapat lagi menayangkan iklan adsense di blog.

10. Akun dalam Tahap Verifikasi PIN

Biasanya setelah akun adsense kita mengumpulkan 10 dollar lebih, maka kita akan mendapatkan PIN Verifikasi dari Google Adsense. Pin Verifikasi tersebut akan dikirimkan google adsense melalui POS ke alamat kita sesuai identitas yang terdaftar di akun adsense.

Pada tahap tersebut umumnya iklan akan diberhentikan sementara untuk tayang di blog. Sampai kemudian setelah PIN diterima dan kita melakukan Verifikasi PIN barulah iklan dapat tayang kembali seperti biasanya.

Demikian ulasan saya mengenai penyebab dan cara mengatasi iklan adsense tidak muncul di blog. Semoga ulasan di atas bisa bemanfaat dan membantu teman-teman dalam memecahkan masalah iklan adsense yang tidak muncul di blog anda.

Jika ternyata informasi di atas belum bisa menyelasikan masalah yang teman-teman hadapi. Mungkin teman-teman bisa membaca informasi lain terkait pemecahan masalah iklan adsense ke halaman support google.

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau mempromosikan Jasa, dll. Sebab akan kami anggap sebagai SPAM dan otomatis dihapus admin. Mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan kita semua...

Click to comment