IBX5A95CAB07C114

Type something and hit enter

author photo
Post by On
Bagi Pemula - Saat ini jika kita tidak melek terhadap perkembangan digital terutama teknologi internet maka kita akan dikalahkan oleh zaman dan makin tertinggal. Di kota-kota besar yang akses internet sudah sangat stabil, internet telah banyak memberikan manfaat kepada masyarakatnya.

Manfaat tersebut diantaranya masyarakat perkotaan telah mampu beradaptasi dengan kemajuan zaman untuk menciptakan pangsa pasar yang besar dan luas melalui bisnis online dan menumbuhkan perekonomian mereka.

Sementara di daerah-daerah terpencil yang akses internetnya masih terbatas juga tidak mau kalah dan tertinggal. Kini telah ada layanan internet berbasis satelit (VSAT) yang dapat membantu masyarakat Indonesia di pedesaan untuk mengembangkan bisnis UKM mereka dengan membangun portal online maupun website UKM dan memasarkan produk UKM melalui internet.

Namun tentu saja semua itu akan sangat dipermudah dengan adanya bantuan pemerintah setempat dan aparat desa yang bersangkutan untuk mencanangkan internet desa berbasis satelit (VSAT) guna mengembangkan perekonomian masyarakat melalui internet memperkenalkan produk-produk UKM desa.


Tidak terlepas dari poin-poin di atas, berdasarkan hasil survey yang dilakukan kominfo pada tahun 2017 menunjukkan tingkat penggunaan internet di Indonesia meningkat seiring waktu. Pengguna internet tahun 2017 telah mencapai 143.26 juta jiwa yang setara dengan 54,68 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. Jumlah tersebut menunjukan kenaikan sebesar 10,56 juta jiwa berdasarkan hasil survey yang dilakukan pada tahun sebelumnya.

Pun demikian hal tersebut masih diperkirakan akan terus meningkat, mengingat pemerintah sedang meningkatkan percepatan pembangunan teknologi broadband yang menyasar pedesaan melalui internet satelit (VSAT).

Melihat tingginya pengguna internet di Indonesia berdasarkan hasil survey kominfo tersebut, tentu saja hal ini memberikan angin segar kepada pebisnis online Indonesia untuk meraup keuntungan yang lebih besar dengan menargetkan pasar (konsumen) melalui internet.

Namun muncul pertanyaan penting! peluang-peluang bisnis online seperti apakah yang dapat dijalankan melalui Internet?

Secara sederhana segala sesuatu yang dilakukan secara online melalui internet dengan tujuan mendapatkan pasar termasuk menghasilkan uang maka hal tersebut dapat disebut sebagai bisnis online. Sementara pelaku usaha yang sebagian maupun keseluruhan aktivitas bisnisnya dilakukan dengan memanfaatkan internet mereka disebut sebagai pelaku bisnis online.

Lantas jenis bisnis apa saja yang dapat dilakukan secara online?

1. Bisnis UKM di Bidang Pertanian, Peternakan Hingga Kerajinan (Bisnis dari Pedesaan)

Siapa bilang bisnis UKM dari desa tidak dapat dilakukan secara online! Semuanya bisa saja dilakukan melalui internet berbasis satelit (VSAT). Dengan pemanfaat internet tersebut kita dapat mencari pelanggan secara online dengan mempromosikan hasil atau produk UKM kita melalui internet.

Hasil dan Produk UKM di Bidang Pertanian dan Peternakan yang dipasarkan secara online akan dengan mudah mendapatkan calon-calon peminatnya yang tersebar di berbagai belahan dunia termasuk di seluruh daerah Indonesia.

Jika menguntungkan hasil UKM di bidang pertanian dan peternakan bisa saja mendapatkan pembeli dari luar negeri dan kitapun bisa meraup pendapatan yang lebih besar dengan mengekspor hasil atau produk Bisnis UKM tersebut.

Meski demikian peluang bisnis online UKM pedesaan tidak hanya melulu di bidang pertanian dan peternakan saja, produk-produk lainnya seperti kerajinan dan sejenis produk fashion pun dapat dimulai dari daerah pedesaan tidak hanya di daerah perkotaan. Semua akan lebih menjanjikan dengan adanya akses internet yang memadai di desa.


Salah satu bisnis online UKM di Bidang kerajinan kreatif adalah Gitar dan Jam tangan Bambu yang dikembangkan oleh Indonesia Bamboo Community (IBC).

Dilansir kontan.co.id berdasarkan tuturan Hafid Fadilah Wakil Ketua Indonesia Bamboo Community (IBC) “Selain pasar lokal, produk jam tanggan bambu mereka tersebut banyak dipesan konsumen dari Rumania, Brazil, dan negara-negara di ASEAN.

Melihat hal ini tentunya, internet sangat bermanfaat untuk mengenalkan produk-produk UKM dan mendapatkan pelanggan dari internet.

2. Berjualan Semi Online

Bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) di atas adalah salah satu bisnis yang umumnya dikembangkan dan dijalankan secara berkelompok. Jika jenis bisnis di atas masih belum mampu dijalankan! Kita bisa memulai bisnis online lain seperti berjualan semi online.

Bisnis semi online atau berjualan semi online yang dimaksudkan adalah: Kita menjalankan sebuah bisnis yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan internet dan tanpa internet.

Bisnis jenis ini saya kategorikan sebagai bisnis online yang daerah cakupannya cukup kecil. Misalnya: hanya berlaku di satu perkotaan saja atau ruang lingkup yang terbatas.

Contohnya adalah si udin membuka sebuah toko konter hape yang menjual berbagai smartphone android dan iphone melalui toko konternya tersebut. Di daerahnya tersebut si udin ingin mendapatkan pelanggan maka si udin bisa mempromosikan barang jualannya melalui internet. Sehingga toko konter hapenya berdatangan pembeli.

Meski si udin tidak memasarkan produknya dengan luas untuk mendapatkan pembeli luar daerahnya, bisnis atau berjualan semi online yang dilakukan si udin berpotensi mendapatkan banyak pembeli berdatangan ke tokonya.

3. Bisnis Online Beli Produk Jual Kembali

Bisnis online beli produk lalu jual kembali memiliki kesamaan dengan bisnis semi online. Yakni hanya menjangkau pasar yang cukup sempit seperti bisnis semi online di atas. Hanya saja bisnis online yang satu ini dapat dilakukan oleh semua kalangan termasuk siswa, mahasiswa, dan umum meski dengan modal kecil.

Sehingganya jenis bisnis ini bisa kita kategorikan sebagai bisnis modal kecil. Umumnya cara kerja bisnis online yang satu ini mengharuskan si pelaku bisnis membeli produk terlebih dahulu dengan harga grosir melalui situs e-commerce Indonesia ataupun dari luar negeri lalu menjualnya kembali di daerahnya dengan harga yang menguntungkan.

Pemasarannya pun terbilang mudah, yakni dengan memanfaatkan media sosial pelaku bisnis mempromosikan produknya melalui forum-forum online seperti forum jual beli online khusus untuk daerahnya.

Dimana jika anda pembeli, maka produk bisa diantarkan langsung ke lokasi pembeli atau sebaliknya sesuai dengan kesepakatan bersama.

4. Bisnis Online Makanan Delivery

Bisnis online yang satu ini umumnya dijalankan oleh ibu-ibu rumah tangga atau pelaku bisnis yang menjalankan usaha warung makan. Jenis pemasaran bisnis ini masih sama dengan bisnis online beli produk jual kembali dan memiliki cakupan pasar yang sempit hanya pada daerah yang dapat dijangkau.

Pada bisnis online Makanan Delivery pelaku bisnis tidak perlu membeli produk melainkan menciptakan produknyaa langsung yakni bahan makanan.

Cara kerja bisnis jenis ini umumnya memberlakukan waktu, misalnya hanya bisa delivery pagi hari, siang bahkan ada pun yang membuka hingga waktu tengah malam. Di mana pelaku bisnis bisa menjual Makanan Delivery-nya secara online melalui salah satu forum jual beli online di daerahnya pada jam-jam tertentu.

Sehingganya jika ada pelanggan (konsumen) yang memesan makanan delivery yang dijualnya, pesanan dapat langsung diantar kepada konsumen.

5. Bisnis Online Jasa dan Layanan Profesional

Bisnis online jasa dan layanan professional umumnya adalah jenis bisnis online yang pengembangannya dilakukan melalui website ataupun blog dan media sosial.

Bisnis online Jasa dan layanan adalah jenis bisnis online yang menawarkan jasa dan layanan tertentu kepada pelanggan melalui media internet memanfaatkan website, blog, sosial media, dan turut serta beriklan untuk mendapatkan banyak calon pelanggan. Khusus pada kasus beriklan biasanya menggunakan iklan berbayar dan meski bisa saja tanpa beriklan.

Jenis bisnis online ini contohnya adalah bisnis jasa pembuatan website, bisnis layanan hosting dan domain, bisnis jasa belajar bisnis online, bisnis jasa pembuatan konten video, jasa penyuntingan dan penerjamahan artikel, dan masih banyak lagi.

6. Bisnis Online Afiliasi dan Dropshipper

Bisnis Online Afiliasi dan Dropshipper adalah salah satu jenis bisnis yang dapat dijalankan dengan modal tertentu bahkan bisa tanpa modal. Bisnis afiliasi sendiri adalah salah satu jenis bisnis online yang cara kerjanya mengharuskan si pelaku bisnis untuk mempromosikan produk dan bisnis tertentu. Lalu akan mendapatkan komisi bila ada pelanggan yang tertarik dan mengikuti ataupun ikut menggunakan bisnis afiliasi yang dia promosikan.

Bisnis jenis ini umumnya berisi rekomendasi kepada pelanggan untuk mengikuti bisnis yang sedang dia promosikan. Sehingganya pelaku bisnis bisa mendapatkan komisi dari hasil ajakan dan komisi lain dari kinerja bisnis orang yang diajak.

Keuntungan dari bisnis afiliasi adalah keuntungan mengajak dan bonus tambahan lain dari komisi orang yang diajak. Bisa karena orang tersebut membeli produk yang dipromosikan bisa pula karena orang tersebut telah mengikuti afiliasinya meski tidak membeli produk. Tergantung jenis afiliasi yang diikuti oleh pelaku bisnis afiliasi.

Sementara bisnis online dropshipper adalah salah satu bisnis yang dapat dijalankan si pelaku bisnis tanpa harus memiliki produk sama sekali. Biasanya bisnis dropshipper ikut menempel dengan bisnis afiliasi. Dimana si pelaku bisnis dapat menjalankan dropshipper menjual dan mempromosikan produk orang lain ke pelanggan dan mendapatkan keuntungan (komisi) dari hasil penjualan.

Sementara bisnis afiliasi yang menempel pada dropshipper adalah mengajak orang lain untuk mengikuti bisnis yang digelutinya sehingga bisa mendapatkan keuntungan tambahan bila ada yang mengikuti bisnis dropshipper melalui jaringan bisnis yang dia bangun.

Masih banyak jenis bisnis online yang dapat digeluti, namun secara umum jika kita mampu memanfaatkan internet untuk menjalankan bisnis kita secara online maka proses tersebut sudah bisa memberikan kita gambaran bahwa bisnis online adalah bisnis yang dilakukan untuk mendapatkan pelanggan atau konsumen melalui internet.

Informasi di atas hanya menggambarkan peluang bisnis online dan jenis-jenis usaha online secara umum serta yang masih dekat dengan keseharian kita.

Penulis bukan seorang pebisnis online mahir dan ahli, melainkan hanya mengemati perkembangan internet dan jenis bisnis online yang dimungkinkan dapat diikuti dan terterima dengan baik oleh masyarakat umum dan awam.

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau mempromosikan Jasa, dll. Sebab akan kami anggap sebagai SPAM dan otomatis dihapus admin. Mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan kita semua...

Click to comment