IBX5A95CAB07C114

Type something and hit enter

author photo
Post by On
Selamat datang teman, semoga anda mendapatkan informasi yang bermanfaat di dalam blog ini. Pada kesempatan ini saya akan berbagi ulasan sederhana mengenai cara pembuatan blog di blogger yang tentunya gratis.

Dan anda bisa langsung membuat blog sendiri secara mandiri!

Sebenarnya teman-teman bisa saja membuat blog dengan menggunakan layanan berbayar salah satunya yang popular adalah wordpress.org dengan menggunakan self host. Dimana biaya penyewaan hosting pertahun terkadang menjadi kendala utamanya.

Jika memiliki modal yang cukup tidak mengapa membuat blog yang berbayar. Tetapi, untuk yang memulai blogging dengan modal minim, blogger.com bisa menjadi solusi sebagai Platfrom blog yang paling mumpuni dan bisa dicoba dan sudah cukup powerfull dan bisa diandalkan.

Apalagi kita ketahui bahwa platform blog yang satu ini merupakan layanan blog langsung yang dimiliki google. Salah satu perusahan terbesar di dunia dan merupakan salah satu nama mesin pencari (search engine) nomor satu yang saat ini banyak digunakan oleh orang-orang di belahan dunia termasuk indonesia.

Saya sendiri memilih membuat blog gratis menggunakan layanan blogger.com dengan alasan penghematan biaya sekaligus sebagai langkah awal memulai blogging dengan menjejakinya dari bawah.

Namun tidak menutup kemungkinan suatu saat saya akan beralih ke blog dengan hosting sendiri. Menyewa hosting berbayar.

***

Baiklah, teman yang sedang berkunjung pada postingan saya ini, pasti sedang mencari sebuah ulasan dan panduan mengenai pembuatan blog bukan?

terutama mengenai cara membuat blog secara gratis dan mudah.

Namun sebelum lanjut pada ulasan membuat blog, ada beberapa tahapan yang perlu teman-teman ketahui.

Ini menurut pendapat saya, diikuti silakan dan tidak diikuti pun tidak masalah. Tetapi saya sangat menyarankan untuk memahami hal-hal berikut sebelum nantinya teman-teman membuat blog.

Hal-hal ini perlu dipertimbangkan guna menunjang visi dan misi blog teman-teman nantinya.

#1. Teman-teman perlu untuk mengetahui dulu jenis-jenis blog


Sebagaimana telah diulas oleh Herman Yudiono seorang full time blogger dari Makassar. Sedikitnya ada lima jenis blog yang perlu kita ketahui dan kita pahami tujuan dan manfaat blog tersebut.

1. Blog Pribadi

Sesuai namanya blog pribadi, umumnya adalah blog yang berisi tentang tulisan-tulisan seorang blogger yang berkutat tentang hal-hal yang sedang dikerjakannya. Blog seperti ini biasanya menceritakan aktivitas sehari-hari seorang blogger, menceritakan pengalamannya, termasuk menulis sesuatu yang berhubungan dengan keahlian yang dimilikinya.

Intinya, blog jenis ini membahas dan berisi tulisan-tulisan harian seorang blogger karena blog dimanfaatkan sebagai tempat menerbitkan catatan online miliknya.

Blog jenis ini dibuat dengan tujuan mereka aktivitas harian si penulis (blogger) dan umumnya dibuat sebagai tempat curhat dan tidak diutamakan sebagi blog yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang melalui internet.

2. Blog Otoritas

Blog otoritas adalah blog yang dibuat oleh blogger serius, blog jenis ini bertujuan untuk menjadi ahli pada bidangnya.

Membahas sebuah informasi secara mendetail dan padat serta diulas tuntas. Sehingganya blog jenis ini dibangun secara serius guna menyajikan topik dan informasi yang akurat dan terupdate.

Selain itu blog otoritas tidak selalu mengandalkan riset keyword dan kata kunci untuk mencapai rating pencarian di mesin pencari. Melainkan fokus utamanya adalah mendapatkan pengunjung melalui promosi di sosial media terutama melalui fans page blog.

Oleh karena itu, meski tidak mendapatkan kunjungan dari mesin pencari, blog otoritas masih bisa mendapatkan pembaca melalui sosial media (facebook, twitter, Instagram, dll).

Blog otoritas cenderung sulit dibuat karena blogger harus memiliki tanggungjawab yang besar dalam menyajikan informasi terpercaya dan mendetail berdasarkan topik blog yang dibuatnya.

Intinya, blog otoritas membangun topik blog yang menargetkan minat pembaca, sehingganya blog jenis ini mampu dengan mudah mendapatkan pembaca setianya meski hanya melalui promosi di sosial media.

Blog otoritas di Indonesia contohnya adalah:

  • Blogodolar.com (blog otoritas yang membahas dunia blogging)

Sementara untuk blog otoritas luar negeri misalnya adalah:

  • Problogger.com (blog otoritas yang membahas dunia blogging)

Blog otoritas punya tantangan besar untuk berkembang karena seorang blogger harus benar-benar menguasai topik blog yang dibuatnya, tetapi meski berat proses mengembangkannya blog otoritas punya potensi sukses dan bisa berpenghasilan besar melalui internet misalnya sebagai publisher iklan.

3. Blog Niche


Hampir sama dengan Blog otoritas, namun blog Niche cenderung mengulas topik berdasarkan kata kunci khusus yang ditargetkan untuk mendapatkan pengunjung blog melalui referensi mesin pencari.

Sehingganya perbedaan yang mendasar dari blog niche dan blog otoritas adalah jika blog otoritas tidak mementingkan kata kunci melainkan hanya menulis informasi dan menjaring pengunjung melalui promosi di sosial media.

Sementara blog niche memiliki pola yang berbeda yakni dengan topik berdasarkan kata kunci yang ditargetkan blog niche akan melalui proses dengan melakukan riset kata kunci, menulis konten, dan melakukan optimasi di mesin pencari.

Hal ini dilakukan, karena blog niche memilih topik dengan menargetkan kata kunci tertentu sehingga blog dapat dengan mudah mendapatkan kunjungan pembaca dari mesin pencari seperti google, dll.

Blog jenis ini sangat cocok untuk blogger yang memang ingin memaksimalkan aktivitas bloggingnya demi meraih pendapatan melalui blog yang dibuatnya.

Namun kendala terbesar dari blog niche adalah bila mesin pencari mengubah algoritma mereka maka blog bisa kehilangan pengunjung dalam waktu singkat. Meski terkadang bisa juga sebaliknya.

4. Blog Perusahaan


Blog Perusahan adalah blog khusus yang dibuat oleh perusahan untuk membagikan informasi penting kepada pelanggan dan pengunjung. Informasi tesebut dapat berupa promosi, memperkenalkan produk dan jasa, membagikan tips untuk pelanggannya, dan hal-hal lain yang dirasa perlu untuk diketahui pelanggan dan pengunjungnya sehingga perusahan mereka lebih dikenal.

Blog jenis ini dibuat bukan untuk tujuan menghasilkan uang dari internet melainkan sebagai wadah informasi bagi pelanggan terkait layanan dan jasa dari perusahaan bersangkutan.

5. Blog Spam

Blog spam adalah blog yang dibuat dengan tidak terlalu memperhatikan kualitas konten yang dibuatnya. Blog spam umumnya dibuat oleh blogger yang tidak bertanggungjawab. Dimana konten blog yang dibuatnya merupakan hasil copy paste atau curian konten dari blog-blog orang lain.

Ada yang dibuat secara manual ada pun yang menggunakan tools atau program khusus untuk mengisi konten blog mereka secara otomatis mengambil artikel-artikel blog yang dimiliki oleh blog lain. Sehingganya tidak sedikit blog seperti mendapatkan complain dari blogger lain yang merasa dirugikan karena artikel blog mereka dicuri.

Blog spam adalah blog yang tidak bermutu dan tidak cocok untuk menghasilkan uang. Sebab blog jenis ini akan menjadi bidikan empuk sang Google dalam membersihkan konten-konten blog yang tidak berkualitas dan bermutu. Termasuk menghilangkan blog dari mesin pencari yang membuat blog kehilangan bahkan tidak mendapatkan pengunjung sama sekali.

Setelah mengetahui 5 Jenis Blog di atas berdasarkan ulasan Herman Yudiono pemilik blogodolar.com, selanjutnya adalagi satu jenis blog. Blog jenis ini umunya banyak terdapat di blog-blog indonesia. yaitu:

6. Blog Gado-Gado

Blog gado-gado adalah blog yang memuat banyak topik bahkan topik yang dibahas di dalamnya pun terlalu melebar dan campur aduk sesuai namanya.

Blog pribadi adalah salah satu contoh blog gado-gado karena di dalamnya bisa berisi berbagai macam artikel dengan berbagai topik yang berbeda. Selain itu ada juga blog gado-gado yang pembahasannya tidak terlalu melebar atau sedikitnya tidak jauh-jauh dari topik artikel utama yang dibahasanya. Namun sedikit ditemukan di blog Indonesia.

Blog gado-gado memang memiliki potensi berkembang, tetapi sulit mendapatkan pembaca tetap dikarenakan topik yang dibahasnya terlalu luas. Sehingga pengunjung dengan minat tertentu cenderung bingung untuk mengesplor seluruh konten blog gado-gado.

Akhirnya pengunjung hanya membaca satu artikel yang dibutuhkan, lalu pergi dan tidak mengunjungi blog gado-gado lagi di lain waktu, kecuali menemukan salah satu artikel blog gado-gado yang ia butuhkan melalui mesin pencari.

Oleh karena itu, blog gado-gado sangat sulit mendapatkan pengunjung tetap. Kecuali pengunjung yang langsung direferensikan oleh mesin pencari. Sehingganya tantangan terbesar dari blog gado-gado adalah riset kata kunci jitu dan menguasi teknik SEO agar blognya bisa mendapatkan pengunjung.

Mengenai potensi menghasilkan, blog gado-gado tetap bisa menghasilkan. Semua tergantung kreativiyas dan inovasi yang dilakukan blogger si pemilik blog gado-gado tersebut.

Sampai di sini, m teman-teman akan melihat dan menulai blog jenis apa sebenarnya kira-kira akan kita buat nantinya? 

Intinya bila membuat blog untuk menghasilkan uang maka pastinya konsisten dan tanggungjawab merupakan kunci sukses tersebut. Terserah apa jenis blognya! Asalkan bukan blog Spam.

Selanjutnya silakan tentukan pilihanmu akan membuat blog yang seperti apa?

#2. Jangan Lupa untuk Tentukan Domain Blogmu Terlebih Dahulu


Sebelum lanjut, masih ada satu hal penting yang perlu diperhatikan sebelum nantinya teman-teman memutuskan untuk membuat blog. Yakni menentukan domain blog.

Di blogger.com kita bisa membuat blog secara gratis dan langsung dihadiahi sebuah subdomain dengan alamat, misalnya: namablogmu.blogspot.com

Meski demikian sebenarnya kita bisa meng-custom atau mengganti subdomain tersebut dengan domain yang kita inginkan, misalnya: namablogmu.com

  • Subdomain: namablogmu.blogspot.com (didapatkan secara gratis saat pertama kali membut blog di blogger.com
  • Domain: namablogmu.com (didapatkan hanya dengan membeli domain premium misalnya di salah satu layanan hosting murah dengan hanya membeli domain)

Domain premium namablogmu.com bisa dibeli setelah kita berhasil membuat blog gratis di blogger.com

Cara untuk mengganti namablogmu.blogspot.com menjadi namablogmu.com akan saya tulis pada artikel terpisah. Intinya teman-teman sudah membuat blog gratisnya dulu dengan subdomain namablogmu.blogspot.com

Namun semua harus diputuskan! Pilihlah akan membuat blog dengan subdomain gratisan atau akan membeli domain premium? Dipikir-pikir dulu…

Baiklah sekarang kita ke pembahasan intinya.

Cara Buat Blog Gratis di Blogger.com


Sebelum lanjut pastikan teman sudah memiliki email google (email gmail). Jika belum silakan membuat email gmail terlebih dahulu.

Baiklah saya anggap teman-teman sudah memiliki email gmail, sekarang untuk membuat blog gratis di blogger silakan ikuti panduan berikut

1. Bukan Browser teman-teman lalu kunjungi www.blogger.com
2. Setelah laman blogger.com sudah tampil, langsung saja memilih "BUAT BLOG" lihat seperti gambar


3. Masukkan email gmail anda! Lalu pilih berikutnya!
4. Pada halaman selanjutnya silakan kembali masukkan password email GMAIL anda, lalu lanjutkan dengan memilih berikutnya! Lihat seperti gambar di bawah


5. Selanjutnya, untuk pertama kali! Anda akan mendapatkan tampilan seperti berikut! Silakan memilih "SELESAI" untuk melanjutkan!


6. Setelah itu, anda akan diperhadapkan untuk membuat profil blogger! Anda bisa memilih menggunakan profil google plus maupun profil google terbatas! Untuk panduan ini silakan membuat profil terbatas lebih dulu dengan memilih pada pilihan profil blogger terbatas!


7. Setelah memilih profil blogger terbatas! Anda akan dituntun membuat nama untuk profil blogger anda! Anda bisa menggunakan nama sendiri atau yang diinginkan. Lalu silakan pilih "Lanjutkan ke Blogger"


8. Selanjutnya, untuk pertama kalinya silakan pilih "BUAT BLOG BARU"


9. Selanjutnya silakan untuk membuat nama blog, alamat blog, dan teman blog yang anda inginkan!

Perhatian, khusus pada "alamat blog" pastikan halaman blog yang digunakan tersedia, jika tidak tersedia maka gunakan alamat yang lain hingga alamat blog yang anda inginkan tersedia. Gunakan alamat blog unik!


10. Setelah melanjutkan dengan memilih "BUAT BLOG" selamat pada tahap ini blog anda telah sukses dibuat.

Perhatian, akan muncul informasi penwawaran google domain sebelum anda masuk ke dashbord blog anda. Jika anda merasa ingin langsung mengganti domain blogspot.com menjadi domain namablogmu.com anda langsung bisa membelinya di sana! Namun pembayarannya kemungkinan membutuhkan kartu kredit.


Oleh karena itu, kita bisa pilih saja "lain kali" di mana kita mungkin disuatu waktu akan membeli domain baru bisa di salah satu web hosting indonesia, apa lagi saat ini sudah banyak layanan hosting murah yang bisa dicoba untuk membeli domain blog kelas atas seperti namablogmu.com yang tanpa blogspot.com lagi. Pembayarannya pun mudah bisa melalui Transfer Bank, ATM, dan Mobile Banking.
Sekarang, silakan mulai menulis tulisan anda di blog yang sudah anda buat!

Jika anda masih bingung, dengan ulasan di atas mengenai cara membuat blog di blogger.com, anda bisa menonton tutorial video di bawah ini! Saya menyarankan anda menontonnya melalui youtube:



Demikian semoga postingan ini memberikan manfaat kepada teman-teman semua! 

Jika teman memiliki pertanyaan mengenai postingan ini, atau ada yang hendak ditanyakan mengenai blogging bisa berkomentar pada kotak komentar di bawah. Mari berbagi dan belajar bersama...

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau mempromosikan Jasa, dll. Sebab akan kami anggap sebagai SPAM dan otomatis dihapus admin. Mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan kita semua...

Click to comment