Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Blog yang Perlu Diketahui Blogger Pemula

Jenis-jenis blog ada banyak macam ragamnya. Sebagai seorang blogger pemula, Anda mungkin saja bingung hendak membuat blog seperti apa nantinya untuk blog Anda.

Oleh karenanya mengetahui jenis-jenis blog adalah langkah awal yang mungkin perlu anda ketahui. Sehingga dengan demikian diharapkan saat anda memutuskan menjadi blogger anda akan tahu konten dan jenis blog seperti apa nantinya yang akan anda kembangkan.

Jenis-Jenis Blog yang Perlu Diketahui Blogger Pemula

Oleh karenanya berikut jenis-jenis blog yang perlu diketahui.

1. Blog Pribadi

Sesuai namanya blog pribadi, umumnya adalah blog yang berisi tentang tulisan-tulisan seorang blogger yang berkutat tentang hal-hal yang sedang dikerjakannya. Blog seperti ini biasanya menceritakan aktivitas sehari-hari seorang blogger, menceritakan pengalamannya, termasuk menulis sesuatu yang berhubungan dengan keahlian yang dimilikinya.

Intinya, blog jenis ini membahas dan berisi tulisan-tulisan harian seorang blogger karena blog dimanfaatkan sebagai tempat menerbitkan catatan online penulisnya.

Blog jenis ini dibuat dengan tujuan merekam aktivitas harian si penulis (blogger) yang umumnya dibuat sebagai tempat curhat dan tidak diutamakan sebagai blog yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang melalui internet, meskipun secara khusus blog ini bisa saja menghasilkan uang jika berniat di-monetisasi.

2. Blog Otoritas

Blog otoritas adalah blog yang dibuat oleh blogger serius, blog jenis ini bertujuan untuk menjadi ahli pada bidangnya.

Membahas sebuah informasi secara mendetail dan padat serta diulas tuntas. Sehingganya blog jenis ini dibangun secara serius guna menyajikan topik dan informasi yang akurat dan ter-update.

Selain itu blog otoritas tidak selalu mengandalkan riset keyword atau kata kunci untuk mencapai rating pencarian di mesin pencari. Melainkan fokus utamanya adalah mendapatkan pengunjung melalui promosi di sosial media terutama melalui sosial media fans page.

Oleh karena itu, meski tidak mendapatkan kunjungan dari mesin pencari, blog otoritas masih bisa mendapatkan pembaca melalui sosial media (facebook, twitter, Instagram, dll).

Blog otoritas cenderung sulit dibuat karena blogger harus memiliki tanggungjawab yang besar dalam menyajikan informasi terpercaya dan mendetail berdasarkan topik blog yang dibuatnya.

Intinya, blog otoritas membangun topik blog yang menargetkan minat pembaca, sehingga blog jenis ini mampu dengan mudah mendapatkan pembaca setia nya meski hanya melalui promosi di sosial media.

Blog otoritas di Indonesia contohnya adalah:

  • Blogodolar.com (blog otoritas yang membahas dunia blogging)

Sementara untuk blog otoritas luar negeri misalnya adalah:

  • Problogger.com (blog otoritas yang membahas dunia blogging)

Blog otoritas punya tantangan besar untuk berkembang karena seorang blogger harus benar-benar menguasai topik blog yang dibuatnya, tetapi meski berat proses mengembangkannya blog otoritas punya potensi sukses dan bisa berpenghasilan besar melalui internet misalnya sebagai publisher iklan jika blog di monetisasi.

3. Blog Niche

Hampir sama dengan Blog otoritas, namun blog Niche cenderung mengulas topik berdasarkan kata kunci khusus yang ditargetkan untuk mendapatkan pengunjung blog melalui referensi mesin pencari.

Sehingga perbedaan yang mendasar dari blog niche dan blog otoritas adalah jika blog otoritas tidak mementingkan kata kunci melainkan hanya menulis informasi dan menjaring pengunjung melalui promosi di sosial media.

Maka blog niche memiliki pola yang berbeda yakni dengan topik yang umumnya berdasarkan kata kunci yang ditargetkan, blog niche akan melalui proses dengan melakukan riset kata kunci, menulis konten, dan melakukan optimasi di mesin pencari agar blog dan artikel yang dibuat menjadi SEO.

Hal ini dilakukan, karena blog niche memilih topik dengan menargetkan kata kunci tertentu sehingga blog dapat dengan mudah mendapatkan kunjungan pembaca dari mesin pencari seperti google, dll.

Blog jenis ini sangat cocok untuk blogger yang memang ingin memaksimalkan aktivitas blogging nya meraup pendapatan melalui blog yang dibuatnya.

Namun kendala terbesar dari blog niche adalah bila mesin pencari mengubah algoritma mereka maka blog bisa kehilangan pengunjung dalam waktu singkat. Begitu pun sebaliknya.

4. Blog Perusahaan

Blog Perusahaan adalah blog khusus yang dibuat oleh perusahaan untuk membagikan informasi penting kepada pelanggan dan pengunjung. Informasi tersebut dapat berupa promosi seperti: memperkenalkan produk dan jasa, membagikan tips untuk pelanggan nya, dan hal-hal lain yang dirasa perlu untuk diketahui pelanggan dan pengunjungnya sehingga perusahaan menjadi lebih dikenal dan informatif.

Blog jenis ini dibuat bukan untuk tujuan menghasilkan uang dari internet melainkan sebagai wadah informasi bagi pelanggan terkait layanan dan jasa dari perusahaan yang bersangkutan.

5. Blog Spam

Blog spam adalah blog yang dibuat dengan tidak terlalu memperhatikan kualitas konten yang dibuatnya. Blog spam umumnya dibuat oleh blogger yang tidak bertanggungjawab. Dimana konten blog yang dibuatnya merupakan hasil copy paste atau curian konten dari blog-blog orang lain.

Ada yang dibuat secara manual ada pun yang menggunakan tools atau program khusus untuk mengisi konten blog mereka secara otomatis mengambil artikel-artikel blog yang dimiliki oleh blog lain. Sehingga tidak sedikit blog seperti ini mendapatkan complain dari blogger lain yang merasa dirugikan karena artikel blog mereka dicuri.

Blog spam adalah blog yang tidak bermutu dan tidak cocok untuk menghasilkan uang. Sebab blog jenis ini akan menjadi bidikan empuk sang Google dalam membersihkan konten-konten blog yang tidak berkualitas dan bermutu. Termasuk menghilangkan blog dari mesin pencari yang membuat blog kehilangan bahkan tidak mendapatkan pengunjung sama sekali.

6. Blog Gado-Gado

Blog gado-gado adalah blog yang memuat banyak topik. Blog pribadi adalah salah satu contoh blog gado-gado karena di dalamnya bisa berisi berbagai macam artikel dengan berbagai topik yang berbeda.

Blog gado-gado memiliki potensi berkembang, tetapi sulit mendapatkan pembaca tetap dikarenakan topik yang dibahasnya terlalu luas. Sehingga pengunjung dengan minat tertentu cenderung bingung untuk meng-eksplor seluruh konten blog gado-gado.

Oleh karena nya penyajian informasi dan konten di dalam blog gado-gado harus dapat diakali sedemikian rupa. Yakni salah satu caranya adalah membagikan banyak konten untuk setiap kategorinya. Ini dilakukan agar pengunjung dapat memilih topik yang diinginkannya berdasarkan label khusus yang dibuat oleh pemilik blog.

Meski banyak yang menganggap blog gado-gado sangat sulit mendapatkan pengunjung tetap. Kecuali pengunjung yang langsung direferensikan oleh mesin pencari. Nyatanya hal tersebut tidak juga dapat dibenarkan.

Karena mengenai potensi mendapatkan pengunjung dan menghasilkan uang, blog gado-gado tetap bisa eksis selama blogger mampu berinovasi dan mengembangkan topik-topik di dalam blog yang dikelolanya sehingga pengunjung blog akan dengan mudah membaca informasi yang dibutuhkan berdasarkan kategori khusus untuk setiap jenis artikel yang tayang di blog gado-gado.

Sampai di sini, teman-teman akan melihat dan menilai sendiri serta memutuskan akan memulai blogging dengan membangun blog jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Intinya bila membuat blog untuk menghasilkan uang maka pastinya konsisten dan tanggungjawab merupakan kunci sukses tersebut. Terserah apa jenis blognya! Asalkan bukan blog Spam.

Selanjutnya silakan tentukan pilihanmu akan membuat blog yang seperti apa?

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Blog yang Perlu Diketahui Blogger Pemula"

Berlangganan via Email